Luar Biasa, Ini 4 Manfaat Jagung Bagi Kesehatan Tubuh

Luar Biasa, Ini 4 Manfaat Jagung Bagi Kesehatan Tubuh

08 May 2021 by kreditpintar
manfaat jagung

Jagung adalah salah satu jenis bahan pangan yang banyak dikonsumsi, di mana ternyata manfaat jagung sendiri sangatlah banyak terutama bagi tubuh manusia. Tanaman yang mempunyai nama latin Zea mays ini sering dijadikan salah satu sumber makanan utama. Di mana memang ada banyak sekali kebaikan yang didapatkan ketika mengkonsumsi jagung. 

Manfaat Jagung untuk Kesehatan 

Jagung sendiri di Indonesia sering dijadikan lauk pauk yang dicampur dalam masakan, dijadikan cemilan seperti popcorn atau tortilla, bahkan juga menggunakan minyak jagung untuk memasak. Tentu saja ada banyak manfaat yang akan diperoleh ketika Sobat Pintar mengkonsumsi jagung dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini manfaatnya: 

1. Mengatasi Sembelit 

Manfaat jagung yang pertama sendiri dipercaya dapat mengatasi sembelit, di mana hal ini tak lepas dari kandungan serat yang cukup tinggi. Untuk mencegah sembelit atau konstipasi, Sobat Pintar sangat dianjurkan untuk berolahraga, minum air putih secukupnya, serta mengkonsumsi serat yang cukup. 

Serat yang terkandung dalam jagung sendiri terbilang tinggi, karena jagung sendiri adalah salah satu padi-padian utuh yang memiliki manfaat baik untuk pencernaan. Namun, sangat disarankan ketika mengkonsumsi jagung atau olahan jagung untuk tidak menambahkan garam atau mentega. Hal ini sendiri dimaksudkan agar manfaatnya dapat dirasakan secara penuh. 

2. Mengontrol Kadar Gula 

Bagi Sobat Pintar yang mempunyai resiko penyakit diabetes atau memang penderita diabetes, sangat disarankan untuk bisa mengatur kadar gula melalui makanan dan minuman yang dikonsumsi. Jagung sendiri termasuk dalam jenis makanan yang indeks glikemik yang rendah, sehingga sangat baik dikonsumsi bagi Sobat Pintar yang sudah memiliki resiko penyakit diabetes. 

Penderita diabetes memang sangat disarankan untuk memilih sumber karbohidrat dengan sangat bijak. Mengingat bahwa karbohidrat merupakan sumber glukosa yang cukup tinggi. Pemilihan jagung sebagai salah satu sumber karbohidrat adalah keputusan yang terbilang tepat. Di mana karbohidrat dalam jagung adalah jenis karbohidrat kompleks yang baik untuk kesehatan tubuh. 

3. Menjaga Kesehatan Jantung 

Jantung adalah salah satu organ tubuh yang sangat penting sekali untuk dijaga. Menurut penelitian, kadar serat dan protein tinggi serta menjauhi lemak jahat adalah salah satu cara yang paling disarankan agar jantung tetap sehat. 

Mengkonsumsi jagung adalah salah satunya, di mana jagung mempunyai kadar nutrisi serta serat yang tinggi. Sobat Pintar dapat dengan rutin mengkonsumsi jagung dengan jenis kacang-kacangan lain untuk sehari-hari. Dengan mengkonsumsi jagung secara rutin, maka kemungkinan untuk terkena penyakit atau masalah  jantung sangatlah kecil. 

4. Mengatasi Depresi 

Manfaat jagung yang selanjutnya adalah dapat membantu mengatasi depresi. Asupan makanan sehat memang tidak hanya untuk menjaga kesehatan tubuh saja tapi juga kesehatan mental. Di mana dengan mengkonsumsi makanan sehat dan seimbang maka kebutuhan nutrisi dalam tubuh dapat terpenuhi. 

Walaupun hingga saat ini belum ada cara untuk dapat menyembuhkan depresi, tapi penelitian menunjukan bahwa mengkonsumsi makanan dengan nutrisi yang seimbang akan membantu mental tetap dalam keadaan yang sehat. 

Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi jagung, di mana jagung mengandung nutrisi seperti asam lemak omega 3, vitamin B dan karbohidrat kompleks. Ketiga kandungan nutrisi tersebut sangatlah baik untuk kesehatan otak. 

Itulah beberapa khasiat jagung yang ternyata memang sangat baik untuk kesehatan tubuh dan mental. Namun, sangat disarankan bagi Sobat Pintar yang ingin mengkonsumsi jagung demi mendapatkan nutrisinya, untuk tidak mengkonsumsi jagung olahan. Contoh jagung olahan adalah seperti syrup jagung. Di mana ada baiknya Sobat Pintar mengkonsumsi jagung utuh agar tetap mendapatkan nutrisi lengkap.

kredit pintar