5 + Manfaat Jagung untuk Kesehatan

08 May 2021 by kreditpintar, Last edit: 24 Mar 2022

Jagung menjadi makanan yang banyak dikonsumsi orang Indonesia. Makanan satu ini dapat mengenyangkan dalam waktu lama. Tak hanya mengenyangkan, manfaat jagung untuk kesehatan juga sudah terbukti khasiatnya.

Jagung, Makanan, Lapangan, Sayur-Mayur

Fakta tentang jagung yang jarang diketahui orang, jagung adalah biji-bijian sereal yang berasal dari Meksiko Selatan. Kernel atau biji jagung adalah bagian yang dapat dimakan. Tapi saat matang, tongkol jagung atau bagian di mana kernel tumbuh menjadi lebih keras dan tidak bisa dimakan. 

Bagian kernel tersebut terbagi menjadi berbagai jenis dan warna, tergantung di mana mereka tumbuh dan spesies atau varietas apa mereka. Berikut berbagai jenis jagung berdasarkan tekstur kernel.

Jenis Jagung

Terdapat lima jenis jagung yang sering Anda temui. Inilah jenis-jenisnya:

Dent Corn

Jenis pertama adalah dent corn atau sering disebut jagung gigi kuda. Memiliki keruh di mahkota kernel yang disebabkan oleh pengeringan yang tidak merata dari pati keras dan lunak yang membentuk kernel.  

Flint Corn

Nama lainnya adalah jagung mutiara. Mengandung sedikit pati lunak dan tidak memiliki depresi atau keruh.

Flour Corn

Sebagian besar terbuat dari pati lunak dan memiliki biji yang lembut, bertepung, dan mudah digiling. Flour corn sering kita sebut juga dengan nama tepung jagung.

Sweet Corn

Memiliki biji yang bening keriput. Gula tumbuhan jenis ini tidak diubah menjadi pati seperti pada jenis lainnya, sehingga memberikan rasa manis.

Popcorn

Jenis jagung flint ekstrim yang dicirikan oleh kernel kecil dan keras tanpa pati lunak. Seperti ktia tahu, memanaskan popcorn bisa menyebabkan kelembaban di dalam sel mengembang, membuat kernel meledak. 

Nutrisi Pada Jagung

Jagung menampilkan profil nutrisi yang cukup mengesankan, mencakup semua makronutrien esensial seperti karbohidrat, serat, lemak, dan protein, bersama dengan level penting mikronutrien utama yakni vitamin dan mineral. Kandungan ini memiliki kadar kolesterol dan natrium yang dapat diabaikan, untuk meningkatkan kesehatan jantung. Selain itu, jagung mengandung vitamin C dan E dalam jumlah yang cukup besar, untuk meningkatkan kekebalan tubuh, kesehatan kulit dan rambut.

Baca juga: Manfaat alpukat bagi kesehatan

Apa Saja Manfaat Jagung?

Jagung, Memanen, Makanan, Jagung Hias

Nutrisi yang ada pada jagung, membuat jagung baik dikonsumsi bagi tubuh. Anda bisa merasakan banyak manfaat jagung, seperti:

  1. Menjaga Kadar Gula Darah

Kandungan jagung memang tinggi kalori dan karbohidrat, juga mengandung banyak fitat, tanin, polifenol. Hal ini menurunkan gula darah tinggi pada mereka yang menderita Diabetes Melitus.

Menurut sebuah penelitian dari Journal of Medicinal Food, konsumsi biji jagung dapat membantu dalam pengelolaan non-insulin-dependent Diabetes Melitus dan mungkin efektif melawan hipertensi karena adanya fitokimia fenolik dalam jagung utuh. Fitokimia dapat mengatur penyerapan dan pelepasan insulin dalam tubuh, yang dapat mengurangi kemungkinan lonjakan dan penurunan bagi penderita diabetes dan membantu mereka mempertahankan gaya hidup sehat.

  1. Mencegah Sembelit

Jagung dapat membantu dalam mengurangi masalah pencernaan seperti sembelit dan wasir, karena jagung menjadi gandum utuh. Satu studi menemukan bahwa lumbung jagung secara signifikan.

Serat makanan dapat membantu mengecilkan dan melunakkan kotoran dalam tubuh, dapat membantu meningkatkan eliminasi secara teratur, dan mengurangi rasa sakit. Proses ini dilakukan dengan merangsang gerak peristaltik dan produksi getah lambung dan empedu.

  1. Perawatan Mata dan Kulit

Jagung kuning diperkirakan merupakan sumber yang kaya beta-karoten, yang membentuk vitamin A dalam tubuh dan sangat penting untuk pemeliharaan penglihatan dan kulit yang baik. Sesuai sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Science, beta-karoten adalah sumber vitamin A yang bagus karena diubah ke dalam tubuh sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan. Jumlah beta-karoten dalam tubuh yang tidak diubah menjadi Vitamin A bertindak sebagai antioksidan yang sangat kuat, seperti semua karotenoid dan dapat memerangi penyakit.

  1. Menambah Berat Badan

Pada jenis jagung kuning, yang umum dikonsumsi banyak orang, bisa menjadi sumber kalori yang kaya. Kandungan kalori jagung manis kuning dan putih adalah 96 kalori per 100 gram. Inilah sebabnya mengapa jagung sering dianjurkan untuk menambah berat badan dengan cepat. 

Untuk memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan yang optimal bagi anak kecil, jagung rebus disarankan untuk disajikan sebagai camilan setelah aktivitas fisik yang intens. Ini disebabkan karena kandungan tepungnya, jagung mempengaruhi penambahan berat badan yang sehat, sekaligus membantu perkembangan rutin mereka.

  1. Mengurangi Peradangan

Peradangan adalah cara tubuh Anda merespons ancaman seperti patogen, radikal bebas, logam berat, zat antara beracun, overdosis, defisiensi, rangsangan eksternal, dan hal negatif lainnya. Protein dan fitokimia yang ada di berbagai bagian jagung menawarkan perlindungan bagi tubuh Anda dari agen pro-inflamasi tersebut. Gluten jagung adalah salah satu protein tersebut.

  1. Memberikan Mineral Esensial
Botol, Air Mineral, Kaca, Menuangkan

Manfaat jagung lain adalah kandungan berupa mineral penting yang dapat membantu memastikan pertumbuhan yang tepat dan melawan penyakit. Menurut sebuah studi tahun 2017, yang diterbitkan dalam Journal of Food Science and Technology, jagung adalah sumber penting untuk Fe, Zn, Cu, Mn, Mg, dan P. Namun, komposisi nutrisinya dapat bervariasi sesuai dengan cara panennya.

Jagung juga diperkirakan mengandung mineral seperti selenium, yang sulit ditemukan di sebagian besar makanan. Selenium berperan penting untuk menangkap radikal bebas, meningkatkan imunitas tubuh, mendukung kesehatan dan fungsi tiroid, mengurangi risiko penyakit jagung dan juga tidak kalah pentingnya dapat mengurangi gejala asma.   

  1. Meningkatkan Kadar Zat Besi

Anemia berkembang sebagai akibat dari kekurangan zat besi dalam tubuh Anda. Penurunan kadar hemoglobin menyebabkan beberapa masalah perkembangan. Anak anemia memiliki pertumbuhan, perkembangan kognitif dan psikomotor yang terhambat serta sistem kekebalan yang lemah. 

Menambahkan jagung atau turunan jagung ke dalam makanan Anda dalam jumlah yang dibutuhkan dapat mengatasi masalah yang berkaitan dengan anemia, terutama pada anak-anak dan wanita. Memiliki zat besi yang optimal dalam tubuh Anda juga penting untuk kesehatan mata, rambut, dan kulit.

Cara Memilih dan Menyimpan Jagung

Setelah mengetahui berbagai manfaat jagung, Anda perlu memperhatikan cara memilih dan menyimpan jagung agar kualitasnya terjaga. Jagung yang terjaga dengan baik akan memberikan nutrisi terbaik. 

Baca juga: Manfaat jagung bagi kesehatan

Saat memilih jagung segar, pastikan kulitnya tidak kering. Jagung ini mudah didapatkan di supermarket dan pasar. Pastikan untuk mengonsumsi jagung segar. Namun, jagung beku juga bisa digunakan, yang terbaik adalah menyimpannya dengan sekam dalam wadah kedap udara di lemari es. 

Kesimpulan

Mengonsumsi jagung bisa memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda serta mencegah dari penyakit serta meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Kandungan bergizi makanan satu ini mungkin belum banyak diketahui banyak orang. Namun, Manfaat jagung ternyata sudah terbukti menyehatkan dan juga nikmat untuk dikonsumsi.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, sebagai perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi Anda kemudahan dalam penyaluran pinjaman online. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
24 Mar 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download