11 Manfaat Alpukat Bagi Kesehatan, Bisa Dijadikan Menu Sehat

02 Jun 2021 by kreditpintar
11 Manfaat Alpukat Bagi Kesehatan, Bisa Dijadikan Menu Sehat

Avokad atau alpukat adalah buah yang berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah. Alpukat merupakan buah hijau yang memiliki tekstur kulit lembut dan yang tumbuh di iklim hangat. Alpukat merupakan satu-satunya buah yang memberikan sejumlah besar asam lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan. Selain rasanya yang enak dan dapat diolah menjadi berbagai macam jenis  olahan makanan, ternyata alpukat juga kaya akan nutrisi alami dan mengandung sekitar 20 vitamin dan mineral. Oleh karena itu manfaat alpukat cukup banyak bagi kesehatan. Nah kira-kira apa saja ya manfaat alpukat bagi kesehatan? 

1. Alpukat dapat Meningkatkan Kesehatan Mata

Kandungan lutein dan zeaksantin yang terdapat di dalam alpukat bermanfaat untuk meminimalkan kerusakan mata, terutama dari sinar ultraviolet. Selain itu, asam lemak tak jenuh tunggal di dalam alpukat juga meningkatkan penyerapan antioksidan berupa beta-karoten.

Dengan mengkonsumsi buah alpukat secara rutin, buah ini dapat mengurangi resiko gangguan penglihatan seperti katarak mata yang disebabkan faktor penuaan. 

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat buah alpukat lainnya, adalah mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Hal ini dikarenakan kadar lemak tak jenuh yang cukup tinggi di dalam alpukat, bermanfaat untuk mengurangi kolesterol darah dalam tubuh. Dengan kadar kolesterol tubuh yang stabil secara otomatis dapat mengurangi seseorang dari risiko penyakit jantung.

3. Mencegah Penyakit Kanker

Buah alpukat ternyata juga mempunyai manfaat yang berkaitan dengan pencegah penyakit kanker. Fitokimia di dalam buah alpukat dipercaya dapat menghambat pertumbuhan sel prakanker dan kanker serta mempercepat proses penghancuran sel tersebut.

4. Mencegah Osteoporosis

Dengan mengkonsumsi buah alpukat yang memiliki vitamin K yang cukup dapat mendukung kesehatan tulang dengan meningkatkan penyerapan kalsium dan mengurangi ekskresi kalsium melalui urine.

5. Mengurangi Risiko Depresi

Manfaat alpukat kali ini, yaitu dapat mengurangi risiko depresi. Hal ini dikarenakan alpukat mengandung folat dalam kadar yang tinggi. Folat ini dapat membantu mencegah penumpukan homocysteine. Homocysteine ini adalah zat yang dapat mengganggu sirkulasi dan pengiriman nutrisi ke otak. 

6. Bermanfaat Bagi Ibu Hamil

Selain dapat mengurangi risiko depresi folat juga sangat penting bagi ibu hamil. Manfaat alpukat ini bagi ibu hamil adalah mengatasi masalah pencernaan, seperti sembelit dan wasir akibat perubahan hormonal serta dapat mengurangi risiko keguguran, dan cacat pada janin.

7. Baik Untuk Kesehatan Otak

Salah satu vitamin yang terkandung di dalam alpukat, adalah vitamin E yang dapat membantu melindungi kita dari penyakit Alzheimer, yaitu perlambatan dalam kemampuan berpikir dan mengingat. Manfaat alpukat ini diperoleh dari kandungan antioksidan yang ada di dalam vitamin E. antioksidan ini mampu melakukan kerusakan sel yang terjadi akibat paparan polusi dan radiasi sinar matahari.

8. Baik Bagi Kesehatan Kulit

Sering mengkonsumsi alpukat secara teratur dapat memberikan dampak yang baik bagi kesehatan kulit. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin E dan lecithin di dalam alpukat akan melembabkan kulit secara alami. Selain melembabkan kulit mengonsumsi alpukat juga dapat bermanfaat untuk memudarkan kantung mata yang menghitam, mencegah kerutan, mencegah kulit berminyak dan mencegah jerawat.

9. Menurunkan Kolesterol

Mengkonsumsi satu buah alpukat dalam sehari ternyata dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh seperti LDL dan trigliserida. Kolesterol jahat inilah yang menumpuk di dinding pembuluh darah dan menjadi penyebab utama seseorang terkena serangan jantung atau stroke.

10. Membantu Sistem Pencernaan

Manfaat buah alpukat untuk kesehatan berikutnya adalah buah alpukat dapat membantu sistem pencernaan dalam penyerapan nutrisi makanan. Hal ini dikarenakan kandungan lemak dalam alpukat cukup besar. Beberapa nutrisi yang masuk ke dalam tubuh hanya bisa larut dalam lemak. Oleh karena itu perlu dikombinasikan dengan lemak lainnya agar tubuh mendapatkan manfaatnya dengan baik.

11. Bantu Menurunkan Berat Badan

Buah alpukat dapat membantu menurunkan berat badan. Meskipun mengandung lemak, alpukat juga bermanfaat dalam mengurangi berat badan. Sebuah penelitian mengatakan orang yang mengonsumsi alpukat akan merasa 23% lebih kenyang dan memiliki keinginan 28% lebih rendah untuk makan lagi selama 5 jam berikutnya, dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsi buah alpukat. 

Sehingga buah alpukat dapat dijadikan menu makanan diet yang sehat. Dan alpukat juga tinggi akan serat dan sangat rendah karbohidrat sehingga dapat membantu menurunkan berat badan.

Nah, itulah beberapa manfaat dari buah alpukat yang baik bagi kesehatan. Seperti kesehatan jantung, otak, ibu hamil hingga dapat mencegah penyakit kanker. Semoga informasi yang kami berikan ini dapat bermanfaat bagi Sobat Pintar.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload