Konsep Word of Mouth untuk Keuntungan Maksimal

23 Jul 2021 by Laruan, Last edit: 06 Aug 2021

Kalau kita perhatikan, tidak sedikit perusahaan yang menghabiskan uang dan waktu untuk beriklan, padahal di jaman ini, ini sosial media sudah banyak sekali digunakan oleh kaum milenial. Kenapa tidak menggunakan teknik word-of-mouth yang lebih terjangkau dan efisien. 

Konsep Word of Mouth
  1. Menjaga Reputasi itu Wajib!

Orang lain akan menilai kita berdasarkan image yang sudah kita bangun dari awal (atau dari omongan orang lain). Tapi jangan khawatir, tidak sulit untuk menjaga bahkan menaikkan reputasi Sobat Pintar. Karena yang kita butuhkan hanyalah fokus. Misalnya, ketika Sobat Pintar menjual sebuah pisang kepada tetangga. Apakah Sobat Pintar lebih memikirkan keuntungannya atau kualitas pisangnya yang Sobat Pintar jual? Nah, dari situ sudah bisa kita tebak, bukan?

Reputasi kita akan selalu berhubungan dengan layanan yang kita berikan. Sehingga kalau Sobat Pintar lebih fokus kepada keuntungan saja ketimbang kualitas pisang, maka sudah dapat dipastikan kalau tetangga Sobat Pintar akan gosip yang tidak-tidak kepada orang lain tentang usaha pisang Sobat Pintar (word-of-mouth)

  1. Memenangkan Konsumen

Ada teknik memenangkan hati konsumen yang perlu diketahui, yaitu dengan “3 E”, yaitu: engage, equip dan empower. Kata-kata ini memang mengerikan untuk didengar tapi memiliki makna yang cukup mengena di hati.

  1. Engaging

Pertama, Sobat Pintar harus memberikan pelayanan yang maksimal kepada konsumen-konsumen Sobat Pintar meskipun beberapa mungkin sangat menyebalkan. Cobalah berani dikit untuk mendekatkan diri dan gabung dalam kegiatan konsumen Sobat Pintar di media sosial atau kalau mereka ada di dalam toko, bicara saja dengan mereka. Jelaskan produk atau jasa Sobat Pintar dengan niat dan detail. Ingat, bahwa yang ingin Sobat Pintar kejar disini adalah kepercayaan mereka.

  1. Equipping

Kedua, berikan konsumen Sobat Pintar alasan untuk melakukan word-of-mouth yang baik tentang bisnis Sobat Pintar. Sebab kalau Sobat Pintar cuek, konsumen Sobat Pintar akan lebih cuek dan asbun (asal bunyi) kepada rekan-rekannya di media sosial. Dimulai dari menyediakan produk atau jasa yang berkualitas, melayani mereka dengan baik, atau coba bercanda dikit sama mereka. Hitung-hitung mencari kenalan, tidak rugi kan? 

  1. Empowering

Nah, yang terakhir tidak sedikit susah karena berhubungan dengan keterbukaan kepada konsumen Sobat Pintar. Berikan fitur atau cara tambahan untuk berkomunikasi dengan Sobat Pintar maupun dengan sesama konsumen. Kalau Sobat Pintar pernah mendengar Amazon, Tokopedia, bahkan Shopee sekalipun pastinya Sobat Pintar sudah mengenal sistem ulasan (review) dan bintang-bintangan (rating). Fitur itulah yang membentuk word-of-mouth bagi usaha Sobat Pintar. Jadi pastikan Sobat Pintar meninggalkan kesan-kesan yang baik sebelumnya!

Social Customer Service

Masalah zaman sekarang adalah banyak perusahaan yang hanya “koleksi manusia” dari pada fokus memperdalam hubungan dengan manusia. Contohnya: pasti Sobat Pintar pernah pergi ke tempat fitness dan ditanya alamat, nomor telepon, email, nama, dsb. Besoknya ada yang menghubungi Sobat Pintar, nanya kabar dan langsung ke intinya disuruh join! Awalnya manis, buntutnya tidak sekali.

Kalau  tidak join, mungkin ada keperluan mendesak. Jadi butuh empati dengan calon pelanggan Sobat Pintar. Mungkin bisa memberikan kupon “satu kali sauna gratis” atau “satu kali training gratis”. Buat  merasa nyaman sehingga tidak punya pikiran dikejar-kejar gitu. Setelahnya, kalo  sudah gabung jangan langsung cuek karena sudah mendapatkan cuan, tanyakan kondisinya seperti apa dan ajari cara menggunakan alat fitness dengan baik.

Ngomong-ngomong soal cuan, sudah tau belum kalau ada Kredit Pintar? tidak perlu pusing mikirin modal. Prosesnya yang cepet kok tidak pake ribet dan aman juga karena sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Sistem yang bagus kalau Sobat Pintar mau melatih karyawan Sobat Pintar tapi belum memiliki dana yang cukup.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
06 Aug 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download