8 Strategi Pemasaran Online Agar Bisnis Makin Sukses!

14 Jul 2021 by Laruan

Di zaman yang serba digital ini semua kegiatan beralih ke metode online.Pemesanan barang, pembayaran, pengiriman, bahkan pemasaran juga dilakukan secara online.

Sebagai seorang pengusaha tentunya Sobat Pintar harus mempunyai wawasan yang luas tentang strategi pemasaran online agar dapat membantu meningkatkan awareness terhadap produk yang dijual sehingga omset makin bertambah. Berikut adalah 8 cara marketing online yang bisa dicoba, baik untuk pengusaha pemula ataupun pengusaha yang sudah memiliki pengalaman sebelumnya. 

Strategi Pemasaran Online Agar Bisnis Makin Sukses!
  1. Content Marketing, Strategi Pemasaran Online dengan Melalui Konten

Content marketing merupakan cara marketing online yang dijalankan oleh pelaku usaha dengan cara memberikan informasi terkait dengan bisnis yang sedang dijalani melalui konten.  Informasi yang diberikan dapat berupa tentang sejarah bermulanya produk atau bahan bakunya, manfaat, ragam jenis, fakta unik, serta tips untuk menyimpan dan merawat produk tersebut.

Selain itu, Informasi yang disampaikan dengan cara ini bisa dikemas dalam bentuk narasi, artikel, video tutorial, gambar seperti komik dan infografis, ataupun ulasan. Konten yang sudah dibuat bisa diunggah lewat akun media sosial resmi perusahaan.

Sobat Pintar juga bisa repost dan di re-upload ke berbagai media sosial lain seperti WhatsApp, Instagram, Twitter, Facebook, Pinterest, dan lainnya. 

  1. Visual Marketing

Sebenarnya visual marketing masih merupakan bagian dari content marketing, hanya saja lebih berfokus di media visual seperti gambar ilustrasi, video, atau foto. 

Teknik visual marketing dikembangkan lebih jauh dikarenakan satu gambar dapat menceritakan suatu keadaan dari berbagai macam sudut pandang. Apalagi minat baca untuk suatu konten yang berbentuk teks sangatlah minim di negara kita ini. Maka dari itu, media visual dirasa akan lebih efektif apalagi yang berbentuk video.

Dalam suatu gambar atau video dapat mewakili semua detail informasi yang akan disampaikan oleh bisnis. Untuk membuat hal semacam itu biasanya perusahaan akan mencari editor video, desainer grafis, ataupun lulusan desain untuk membuat konten visual yang dapat meningkatkan awareness pada produk yang akan dijualnya.

Sama seperti konten, media visual tersebut bisa disebarkan melalui media online atau situs resmi perusahaan. 

  1. Mobile Marketing

Mobile marketing adalah salah satu strategi pemasaran di era digital yang dikhususkan untuk audiens yang menggunakan perangkat mobile, contohnya seperti smartphone dan tablet. Strategi ini merupakan pengembangan dari content marketing setelah hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pemesanan lebih sering dilakukan oleh konsumen dengan menggunakan smartphone daripada  PC.

Tampilan situs pada perangkat mobile disesuaikan agar lebih ramah bagi pengguna. Selain itu, ada banyak perusahaan yang mengembangkan aplikasi agar lebih gampang melakukan penjualan dan promosi secara efektif. 

  1. Continuous Marketing

Continuous marketing merupakan strategi pemasaran yang dilakukan dengan terus-menerus atau berkelanjutan melalui media sosial.  Setiap aplikasi media sosial biasanya sudah mempunyai algoritma untuk menentukan target audiens mulai dari rentang usia, jenis kelamin, minat, serta wilayah jangkauan.

Jika Sobat Pintar ingin menggunakan strategi ini, maka sebaiknya Sobat Pintar harus memiliki analisa data yang valid. Tujuannya supaya kriteria audiens yang ditargetkan bisa sesuai dengan target pasar yang memang  benar-benar memiliki potensi untuk membeli produk yang akan dipasarkan. Hal ini mengingat biaya untuk melakukan strategi tersebut juga lumayan tinggi. 

  1.  Integrated Digital Marketing, Strategi Pemasaran Online Yang Efektif

Dari namanya sudah bisa ketebak bahwa strategi ini menggunakan segala aspek sumber daya digital dalam memasarkan suatu produk. Mulai dari aplikasi, media sosial, website, influencer, dan media lain untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Sobat Pintar bisa membuat konten yang berisi tentang layanan pelanggan, kanal pemesanan, tutorial, dan ulasan produk. Hal ini dilakukan agar dapat menarik minat para audiens kepada produk tersebut.

Jika semakin lengkap sumber daya digital yang dimiliki, maka bisa memberi kesan positif bagi bahwasanya perusahaan tersebut memiliki kredibilitas yang baik dan memiliki produk yang berkualitas sehingga makin dipercayai oleh konsumen. 

  1. Affiliate Marketing

Affiliate marketing merupakan salah satu cara marketing online yang sangat ampuh. Istilah ini merujuk kepada strategi pemasaran dimana prosesnya dilakukan oleh dua pihak untuk mendapatkan keuntungan bersama. Strategi ini biasanya dilakukan oleh sesama pengusaha yang saling berkolaborasi, misalnya seperti toko sepatu dengan jasa cuci sepatu. 

Kedua usaha tersebut mempunyai audience dan target pasar yang sama. Selain itu juga, hubungan antara kedua bidang bisnis tersebut sangat saling berhubungan hingga keduanya bisa saling mereferensikan. Selain bekerja sama dengan para pemilik usaha,  Sobat Pintar juga dapat bekerja sama dengan influencer baik itu selebgram, youtuber, vlogger, dan blogger.  

Para influencer dapat merekomendasikan produk atau jasa di media sosial milik mereka,  kemudian memberi kode referal sebagai bentuk kerjasama.  Selanjutnya, setiap penjualan yang tercatat menggunakan kode referal dari influencer tersebut, ia akan memperoleh bagi hasil atau komisi. 

  1. Search Engine Optimization

Cara marketing online yang satu ini sering dilakukan oleh perusahaan yaitu dengan cara mengoptimasi website dengan teknik SEO (search engine optimization). Hal ini dilakukan supaya produk atau website perusahaan bisa muncul di urutan pertama di pencarian mesin pencarian Google. 

Jika website Ada berada di urutan teratas maka semakin banyak para audiens yang mengunjungi website dan tentunya berpotensi untuk membeli produk yang ditawarkan. Strategi ini biasanya memakai artikel dengan kata kunci tertentu disertai panjang kata yang telah ditentukan oleh perusahaan. 

Selanjutnya Sobat Pintar bisa menggunakan meta tags yaitu dengan cara memberi judul dan deskripsi  yang berfungsi untuk mempermudah search engine untuk memahami isi dari konten pada sebuah website. Penggunaan backlink yang tepat juga sangat berguna untuk memastikan bahwa artikel Sobat Pintar berada pada posisi pertama di mesin pencarian Google. 

  1. Social Media Marketing, Strategi Pemasaran Online Tanpa Modal Besar

Cara marketing online yang terakhir adalah social media marketing. Dari berbagai macam strategi pemasaran, strategi yang satu ini paling mudah untuk diterapkan oleh para pebisnis online. Alasannya karena memang hampir semua orang yang mempunyai media sosial, terutama media sosial dengan pengguna yang banyak seperti Facebook, Instagram, atau Tiktok. 

Social media marketing bergantung sekali kepada content marketing. Jika content marketing berisi tentang informasi yang tepat, maka bisa dipastikan bahwa social media marketing dapat berjalan dengan lancar.

Itulah 8 cara marketing online yang layak untuk Sobat Pintar coba. Strategi yang telah dijelaskan diatas terbukti sangat ampuh untuk mendatangkan pelanggan baru serta meningkatkan awareness pada produk dan jasa yang dijual. 

Jangan lupa juga untuk selalu melakukan evaluasi di setiap promosi yang akan Sobat Pintar lakukan.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload