11 Keuntungan Investasi Emas, Nabung Jadi Lebih Aman

02 Oct 2021 by Ary Wibowo, Last edit: 21 Sep 2022

Pandemi covid 19 saat ini masih membuat kondisi ekonomi berjalan tidak stabil dan terus berlanjut tanpa adanya kepastian sehingga adalah hal tepat jika Sobat Pintar memutuskan untuk mempelajari apa saja investasi dan keuntungan investasi emas. Sebagai logam mulia, emas akan terus mengkilap Bahkan dalam waktu beberapa tahun ke depan.

11 Keuntungan Investasi Emas, Nabung Jadi Lebih Aman

Selain itu, masyarakat Indonesia sendiri mempunyai minat tinggi dalam investasi emas karena komoditas tersebut sangat berperan penting untuk sarana lindung nilai. Emas dari tahun ke tahun terus berhasil mempertahankan nilainya sekaligus mampu mengalahkan inflasi.

Inilah Daftar Fintech Resmi OJK Terbaru Per 27 Juli 2021

11 Keuntungan Investasi Emas

Jika Sobat Pintar adalah seorang pemula yang belum pernah punya pengalaman sama sekali dalam investasi, maka adalah pilihan tepat untuk memilih emas sebagai bentuk investasi. Banyak orang menganggap bahwa emas adalah logam mulia dengan harga cenderung naik dalam jangka panjang.

Akan tetapi keuntungan dalam investasi ini justru lebih banyak sehingga tidak hanya tentang potensial gain saja, tetapi ada juga banyak manfaat investasi emas sebagaimana berikut:

1.  Jual beli online

teknologi mampu memudahkan kehidupan manusia bahkan dalam hal apapun termasuk untuk investasi emas. Saat ini Sobat Pintar bisa melakukan investasi tersebut secara online dengan proses jual dan beli. Artinya aplikasi tersebut mendukung supaya Sobat Pintar bisa beli ataupun jual emas dimanapun dan kapanpun.

2. Gampang dicairkan

keuntungan berikutnya yang bisa Sobat Pintar nikmati dengan melakukan investasi dalam bentuk emas adalah Sobat Pintar bisa menjual dimana saja dan kapan saja. Hal ini tentu akan membuat Sobat Pintar lebih mudah melakukan transaksi dalam berinvestasi sehingga tidak perlu harus pergi ke toko emas jika ingin beli ataupun jual. Kapan saja harga emas naik, Sobat Pintar hanya perlu membuka aplikasi kemudian cairkan tabungan emas tersebut untuk memperoleh keuntungan.

3. Harga penjualan juga pembelian mudah dipantau

Keuntungan investasi emas secara online tidak bisa diperoleh jika Sobat Pintar berinvestasi emas fisik seperti dengan cara beli perhiasan. Perhiasan  emas mempunyai harga tidak tetap sehingga seringkali berbeda antara penjual emas satu dan tokoh lainnya.

11 Keuntungan Investasi Emas, Nabung Jadi Lebih Aman

Ketika Sobat Pintar melakukan investasi emas secara online, harga emas saat beli dan jual sudah pasti tetap sehingga investor pasti akan memperoleh keuntungan.

4. Resiko kecil

Salah satu hal yang wajib Sobat Pintar ketahui tentang investasi emas adalah karena volatilitas harga pada logam mulia ini cenderung statis  pada jangka pendek. Itulah mengapa resiko investasi emas justru lebih rendah jika Sobat Pintar bandingkan dengan instrumen pada investasi lain.

Selain itu, tidak ada penurunan drastis pada harga emas atau juga peningkatan secara tajam mendadak. Sifat seperti ini justru berbeda jika Sobat Pintar bandingkan dengan saham yang punya pergerakan harga sangat ekstrem.

5. Bisa dengan modal kecil

adalah anggapan yang salah jika untuk memulai investasi emas pasti butuh dana yang fantastis sebagai modelnya. Padahal, Sobat Pintar bisa memulai investasi tersebut karena ada banyak platform yang mengizinkan para investor berinvestasi emas bahkan dengan nominal kecil. Platform platform online sering menawarkan emas di tokonya dengan harga mulai dari Rp500.000.

6. Investasi emas tanpa penyimpanan atau biaya perawatan

ketika melakukan investasi, terutama dalam bentuk emas, Sobat Pintar tidak perlu menyiapkan tempat khusus untuk menyimpan. Hal ini karena investasi emas online juga tidak memerlukan perawatan. Apalagi ketika Sobat Pintar menggunakan emas online sebagai bentuk investasi maka hal seperti ini sama dengan emas investasi digital.

Jika Sobat Pintar berinvestasi emas online pada platform terpercaya, maka Sobat Pintar akan memperoleh emas dalam bentuk saldo sehingga bisa diambil atau bisa dalam bentuk emas batangan apabila sudah sesuai berat minimum.

7. Emas melindungi nilai

Manfaat investasi emas berikutnya adalah emas lebih tahan terhadap inflasi Jika Sobat Pintar bandingkan dengan uang. Misalnya saja Sobat Pintar mempunyai uang 10 juta rupiah untuk beli emas. Maka nilai tukar tersebut tidak jauh lebih rendah Jika Sobat Pintar bandingkan dengan menjualnya pada 10 tahun ke depan.

Harus diakui bahwa emas Justru lebih kuat menghadapi inflasi Jika Sobat Pintar bandingkan dengan uang. Misalnya, ketika Sobat Pintar ingin beli emas yang mencapai harga Rp 10 juta, nilai tukar tersebut tidak akan lebih rendah Jika Sobat Pintar bandingkan dengan jual emas tersebut pada 10 tahun mendatang.`

Hal tersebut berbanding terbalik ketika Sobat Pintar mempunyai uang sebanyak 10 juta rupiah dalam bentuk barang seperti barang elektronik ataupun kendaraan karena harga jualnya juga pasti akan menurun setiap waktu. 10 tahun ke depan nilai tukar pada barang elektronik ataupun kendaraan tersebut justru lebih rendah Jika Sobat Pintar bandingkan pada saat membeli di awal.

8. Harga emas meningkat

harga emas terus meningkat walaupun tidak langsung secara drastis tetapi bisa memberikan prospek menjanjikan. Apalagi emas juga menjadi pilihan tepat ketika terjadi krisis ekonomi. Sobat Pintar bisa menggunakan aset sebagai cara supaya memperoleh keuntungan saat menghadapi krisis termasuk pada saat pandemi.

Dalam beberapa kasus harga emas justru menunjukkan peningkatan nya ketika menghadapi krisis. Misalnya pada tahun 1976 ketika terjadi krisis ekonomi Amerika Serikat, harga emas menunjukkan peningkatan dan dapat disimpulkan bahwa emas merupakan salah satu bentuk investasi yang tak terpengaruh karena kondisi ekonomi mikro maupun makro.

9. Investasi tepat saat resesi ekonomi

investor dalam bidang saham maka sangat penting untuk diversifikasi portofolio investasi yang Sobat Pintar lakukan. Contohnya untuk pilihan diversifikasi Investasi adalah emas. Ketika harga saham buruk, investasi tidak akan rugi total karena nilai emas selalu stabil.

Sobat Pintar bisa melihat sendiri bagaimana  situasi pandemi membuat harga saham hancur namun harga emas justru terus menguat.

10. Emas sesuai untuk dana darurat

apa yang bisa Sobat Pintar lakukan jika Sobat Pintar butuh uang mendadak? Mungkin Sobat Pintar ingin melakukan penjualan aset ataupun mencairkan investasi. Tetapi Bagaimana jika Sobat Pintar tidak ingin melakukan hal tersebut? Jawabannya terletak  pada penggunaan emas.

Tidak selalu berupa uang tunai dengan nilai yang bisa terkena inflasi, dana darurat bisa Sobat Pintar konversikan dalam bentuk tabungan Emas yang dapat Sobat Pintar cairkan kapan saja tanpa terkena inflasi.

11. Investasi emas sangat bervariasi

Jika Sobat Pintar ingin melakukan investasi emas online ada banyak platform yang bisa Sobat Pintar manfaatkan. Investasi emas pada platform yang telah diakui dan secara resmi telah memperoleh izin dari pemerintah.

Itulah informasi lengkap tentang bagaimana keuntungan investasi emas pada tahun 2021 dan jika Sobat Pintar ingin memulai berinvestasi emas sebagai pemula Sobat Pintar bisa memulainya dengan bantuan platform online.

Ketidakpastian ekonomi karena pandemi covid 19 akan terus berlanjut. Sehingga investasi emas dalam bentuk logam mulia merupakan cara terbaik yang bisa berguna pada waktu masa depan. Apalagi sampai saat ini Animo masyarakat terhadap investasi emas sangat tinggi karena menjadi komoditas bermanfaat untuk lindung nilai. Berbeda dengan uang biasa, emas dari waktu ke waktu bisa mempertahankan nilai dan bahkan bisa mengatasi inflasi.

Investasi bisa diandalkan dalam jangka waktu yang cukup panjang, namun apabila Sobat Pintar membutuhkan dana tunai untuk segala keperluan mendesak, silakan ajukan pinjaman melalui aplikasi Kredit Pintar yang telah terdaftar dan diawasi OJK.

Promo Shopee 9.9 2021, Menantimu. Yuk Cari Tahu Tips Agar Kamu Bisa Rasakan Semua Promonya!

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
21 Sep 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download