Kenali Penyebab dan 4 Cara Mengatasi Kulit Kering

Kenali Penyebab dan 4 Cara Mengatasi Kulit Kering

10 May 2021 by kreditpintar
cara mengatasi kulit kering

Kulit yang halus dan bercahaya adalah impian banyak orang namun tidak banyak yang bisa mendapatkan kulit sempurna itu. Salah satu kesulitannya adalah cara perawatannya. Memiliki kulit yang kering memanglah sangat mengganggu. Banyak orang yang ingin mengetahui cara mengatasi kulit kering. Namun, beberapa dari mereka hanya ingin tahu caranya saja tanpa ingin tahu penyebabnya. Sebelum membahas caranya, kita perlu bahas penyebabnya. 

Perlu diketahui bahwa salah satu Sobat Pintar kulit kering adalah kulit Sobat Pintar bersisik dan mudah mengelupas.  Kami tahu bahwa mengatasi kulit kering tidak mudah karena memerlukan perjuangan yang berat mulai dari perawatan ke dokter, perubahan pola hidup dan perubahan pola makan. Bahkan beberapa dokter kulit juga mengeluhkan sulitnya mengendalikan pasien untuk taat pada tips-tips yang sudah diberikan oleh dokter kulit. Biasanya pasien juga diberikan tips bersamaan dengan lotion yang sudah diresepkan.

Penyebab kulit kering

Mungkin Sobat Pintar mengira bahwa cuaca yang kering kemudian lotion yang salah adalah salah satu penyebab kulit kering yang paling menonjol. Sobat Pintar melihat kulit Sobat Pintar sangatlah kering namun hanya bisa menyalahkan faktor alam. Salah satu alasan yang paling menonjol kenapa kulit Sobat Pintar sering kering adalah kulit Sobat Pintar kemungkinan kurang terhidrasi. Kulit kering sering disebut sebagai kulit dehidrasi karena kulit kering mengacu atau  kulit dehidrasi mengacu pada kondisi kulit yang kekurangan minyak entah itu karena genetik tampak bersisik dan kasar.

Namun kekurangan air menjadi salah satu faktor terbesar kenapa kulit Sobat Pintar kering. Selain kekurangan air, mengonsumsi alkohol dan kafein juga dapat menyebabkan kulit Sobat Pintar kering karena alkohol dan kafein sangat menguras air dalam tubuh Sobat Pintar. Sehingga membuat kulit Sobat Pintar tampak kusam dan terlalu kencang.

Beberapa ahli kulit mengatakan bahwa kulit yang sangat kering biasanya tidak dapat menghasilkan minyak atau sebum. Oleh karena itu dengan tidak adanya minyak untuk memperlebar pori-pori atau membiakkan bakteri, kulit kering biasanya memiliki pori-pori yang kecil dan tidak pernah pecah kulit. Hal itu membuat kulit kering jarang memiliki noda dan memiliki pori-pori kecil. Mungkin kedengarannya bagus padahal sebenarnya kulit itu tidak sehat.

Cara mengatasi kulit kering akan lebih sulit jika tidak mengetahui penyebabnya. Penting untuk memahami kontribusi minyak dalam menjaga kesehatan kulit.  Saat kulit tidak memiliki minyak, kulit Sobat Pintar akan kesulitan menjaga kelembaban. Tanpa minyak, kulit Sobat Pintar akan tampak kasar dan bersisik sehingga kerutan pada kulit Sobat Pintar akan terlihat lebih jelas. Intinya jika Sobat Pintar tidak memiliki cukup minyak pada kulit Sobat Pintar artinya Sobat Pintar memiliki pori-pori kecil dan tidak berjerawat. Sobat Pintar akan cenderung memiliki kulit yang kering dan mudah mengelupas dan mudah iritasi

Kurangi alkohol dan penggunaan penggosok kulit

Jika Sobat Pintar terlalu banyak minum alkohol dan juga meminum kafein, jangan heran jika kulit Sobat Pintar akan mengalami dehidrasi. Selain karena dehidrasi, penggunaan sikat pembersih wajah atau penggosok kulit pada badan Sobat Pintar juga menjadi salah satu faktor kenapa kulit Sobat Pintar kering. Terlalu banyak menggunakan retinol dan serum asam juga bisa menimbulkan masalah pada kulit salah satunya adalah kulit kering. Mungkin Sobat Pintar menggunakan penggosok kulit sebagai salah satu cara Sobat Pintar untuk membersihkan kulit yang mengelupas.

Padahal hal tersebut bisa jadi menjadi salah satu faktor utama kenapa kulit Sobat Pintar sering kering. Terlalu banyak menggosok kulit akan merusak pelindung kelembaban kulit Sobat Pintar. Biasanya akan mengakibatkan iritasi dan kekeringan pada permukaan. Segala bentuk pengelupasan kulit akan merusak kulit dan memicu respon peradangan pada kulit

Namun, jangan tidak mengelupas sama sekali. Pengelupasan kulit kering dan sensitif tetap penting untuk menghilangkan kulit mati pada permukaan. Hanya saja penting untuk tidak menggosok terlalu sering dan keras. Jika tidak terjadi pengelupasan normal, produk pelembab dan perawatan tidak akan terserap dengan baik. Jika Sobat Pintar memiliki kulit kering, Sobat Pintar bisa menghubungi dokter kulit untuk melakukan perawatan untuk menghindari peradangan. 

Memang peradangan akut dapat membantu merangsang kolagen dan sintesis elastin namun peradangan jangka panjang atau kerusakan pada pengelupasan kulit dapat memperburuk masalah pada kulit . Hal itu bisa menimbulkan komplikasi lain pada kulit Sobat Pintar.. Sobat Pintar perlu berhati-hati dalam merawat kulit. Penting bagi Sobat Pintar untuk periksa ke dokter kulit untuk apapun.

Cara Mengatasi Kulit kering dengan mudah

Setelah mengetahui beberapa penyebab kulit kering sekarang kita perlu mengetahui bagaimana caranya untuk mengatasi kulit kering tersebut. Berikut caranya;

1. Asupan air yang cukup

Salah satu cara yang paling manjur untuk mengurangi kulit kering adalah dengan minum secara teratur. Untuk wanita, Sobat Pintar setidaknya harus minum dua setengah liter perhari dan untuk laki-laki Sobat Pintar harus minum setidaknya 3 liter sehari. Dengan memiliki asupan air yang cukup, Sobat Pintar selangkah lebih maju dalam memelihara kulit Sobat Pintar. Ketika Sobat Pintar minum cukup kulit Sobat Pintar juga ikut terhidrasi dengan baik.

2. Pola Makan

Selain minum teratur dan cukup Sobat Pintar juga harus mengubah pola makan dan juga pola hidup. Pola makan yang bisa Sobat Pintar terapkan untuk menjaga kulit Sobat Pintar tetap lembab lembut dan sehat adalah dengan mengkonsumsi banyak buah dan sayur. Ketika Sobat Pintar memiliki asupan antioksidan dan nutrisi yang baik dari sayur dan buah, kulit Sobat Pintar akan otomatis lembut dan sehat. Kebalikannya jika Sobat Pintar sembarangan makan seperti makan junk food, makan gorengan, makan makanan yang tinggi pengawet, akan memperburuk kondisi kulit Sobat Pintar yang sudah kering.

Penting bagi Sobat Pintar untuk mengubah pola makan. Kebiasaan itu akan menjadi pola makan yang sehat selain baik untuk kesehatan badan Sobat Pintar. 

3. Perbaiki Pola Tidur dan Olahraga

Cara mengatasi kulit kering yang selanjutnya adalah pola tidur dan olahraga. Selain mengubah pola makan dan pola minum, Sobat Pintar juga harus mengubah pola hidup. Sobat Pintar harus rajin olahraga, rajin tidur tepat waktu untuk menjaga kesehatan Sobat Pintar dan juga kesehatan kulit Sobat Pintar. Dengan berolahraga olahraga rutin dan memiliki istirahat yang cukup Sobat Pintar akan dijamin memiliki kulit yang sehat.

4. Lakukan Perawatan 

Cara yang terakhir adalah dengan melakukan perawatan rutin dengan dokter. Mungkin biayanya terdengar sangat mahal namun kombinasi pola hidup yang bagus dan perawatan dengan dokter yang tepat akan mempercepat penyembuhan kulit kering Sobat Pintar. Apalagi jika kulit kering yang sudah Sobat Pintar alami sangat akut. Sobat Pintar sangat dianjurkan untuk bertemu dengan dokter kulit karena ditakutkan terjadi peradangan pada kulit Sobat Pintar yang bisa memperburuknya keadaan kulit.

Sobat Pintar bisa gunakan Kredit Pintar untuk mengatur jadwal perawatan Sobat Pintar. Sobat Pintar tidak perlu ragu untuk mengambil pinjaman di Kredit Pintar karena mereka adalah pinjaman online 24 jam yang selalu siap untuk menyediakan pinjaman tepat bagi Sobat Pintar untuk kebutuhan apapun. Dengan pinjaman online 24 jam yang diberikan Kredit Pintar, Sobat Pintar bisa merencanakan perawatan kulit lebih awal sehingga kulit kering Sobat Pintar akan teratasi lebih cepat.

kredit pintar