Investasi Emas di Pegadaian dan Cara Tabung Emas

03 May 2022 by Laruan, Last edit: 09 May 2022

Salah satu tempat melakukan investasi emas yang paling terkenal di Indonesia adalah Pegadaian. Jika Sobat Pintar tertarik untuk melakukan investasi emas, simak artikel ini untuk mengetahui berbagai layanan investasi emas di Pegadaian.

Pegadaian

Nama Pegadaian pasti sudah tidak asing di telinga Sobat Pintar. Pegadaian merupakan perusahaan gadai milik negara Indonesia yang dioperasikan sebagai anak perusahaan Bank Rakyat Indonesia. Semakin lama layanan yang mereka tawarkan makin berkembang termasuk layanan investasi emas di Pegadaian.

Baca juga: Macam-macam Pinjaman Pegadaian untuk Modal Usaha

Jenis-jenis investasi emas

Sebelum lanjut ke topik berikutnya mengenai jenis-jenis investasi emas di Pegadaian, sebaiknya Sobat Pintar memahami terlebih dahulu jenis-jenis investasi emas.

1. Perhiasan emas

Memiliki perhiasan emas (tentunya harus emas yang asli) merupakan suatu investasi karena di masa depan harganya bisa naik. Semakin besar nilai karat perhiasan emas Anda, semakin tinggi harganya.

2. Emas batangan

Investasi emas batangan dinilai paling menguntungkan karena memiliki tingkat likuiditas tinggi dan harganya relatif tidak terpengaruh oleh faktor eksternal. Harganya cenderung terus naik dan tidak begitu berfluktuasi. Emas batangan paling cocok untuk dijadikan investasi jangka panjang.

3. Tabungan emas

Yang terakhir dan paling baru adalah tabungan emas. Ini berarti Sobat Pintar tidak memegang emas secara fisik, tetapi memiliki tabungan dengan saldo dalam mata uang gram emas. 

Layanan Investasi Emas di Pegadaian

Pegadaian menyediakan beberapa jenis layanan investasi emas. Ini memungkinkan Sobat Pintar untuk melakukan lebih dari satu jenis investasi emas di Pegadaian.

1. Gadai emas

Sebagai perusahaan gadai, tentunya layanan emas pertama yang disediakan Pegadaian adalah gadai emas. Sobat Pintar bisa mendapatkan nilai pinjaman sebesar 85% dari harga emas.

Penitipan emas di Pegadaian selama empat bulan, dan dapat diperpanjang dengan tambahan biaya sewa. Biaya gadai dihitung per 15 hari masa pinjaman di Pegadaian, dan 10 hari di Pegadaian Syariah.

2. Beli emas batangan

Pegadaian menjual emas Antam yang bisa dibeli di kantor Pegadaian. Cara beli emas batangan di Pegadaian adalah sebagai berikut.

  1. Pergi ke kantor Pegadaian Galeri 24 terdekat. Bawa dokumen identitas seperti KTP atau paspor.
  2. Sampaikan pada petugas bahwa Sobat Pintar ingin membeli emas.
  3. Pilih emas Antam yang ingin Sobat Pintar beli. Anda bisa membeli emas batangan mulai dari 1 gram hingga 1 kilogram.
  4. Lakukan pembayaran.
  5. Sobat Pintar akan diberikan sertifikat dan kwitansi atas pembelian emas tersebut. Dokumen ini akan dibutuhkan saat Anda hendak menjual emas.

Tak perlu khawatir uang belum cukup, pembelian emas di Pegadaian juga bisa dilakukan dengan mencicil. DP yang harus dibayarkan hanya sekitar 20-30%, dengan waktu cicilan 1-36 bulan.

Baca juga: Serba Serbi Emas Antam dan Tata Cara Jual Belinya

3. Titip emas

Sobat Pintar juga bisa menitipkan emas yang Anda dimiliki di Pegadaian. Mereka menjaminkan keamanan serta biaya murah. Emas yang disimpan di Pegadaian diasuransikan, jadi tak perlu khawatir emas Anda akan hilang.

Tarif penitipan emas di Pegadaian Rp 20.000 per 100 gram tiap bulan. Caranya sangat mudah, tinggal bawa emas Anda ke outlet atau cabang Pegadaian. Selanjutnya Sobat Pintar akan diminta untuk mengisi formulir.

4. Arisan emas

Seperti arisan biasa, Pegadaian menawarkan layanan di mana Sobat Pintar membentuk kelompok 6 orang atau lebih, menyetor uang, dan tiap bulan pemenang arisan akan diundi.  Dalam tiap kelompok harus ditunjuk ketua arisan karena ketua arisan harus mengumpulkan iuran, melakukan transaksi ke Pegadaian, dan menyampaikan nama pemenang arisan ke Pegadaian tiap bulan.

Pegadaian menerapkan harga flat untuk arisan emas. Maka dari itu harga emas tidak akan berubah sejak awal perjanjian.

5. Tabungan emas Pegadaian

Layanan investasi emas di Pegadaian yang terakhir dan yang paling diminati saat ini adalah tabungan emas Pegadaian. Sistem menabung emas di Pegadaian sangat sederhana, pengguna jasa tinggal menyetorkan uang. 

Uang itu kemudian akan dikonversikan ke dalam satuan pecahan emas, jadi seperti menggunakan gram emas sebagai mata uang.

Misalnya Sobat Pintar menyetor Rp500 kepada platform penyedia layanan tabungan emas. Uang Rp500 Anda kemudian ditukar dengan 0,005 gram emas (berapa gram yang didapatkan sesuai dengan harga emas pada saat itu).

Di masa depan, Sobat Pintar bisa kembali menukarkan tabungan emas Anda menjadi rupiah saat harganya sudah naik. Emas 0,005 gram yang tadinya dibeli dengan harga Rp500 bisa saja berharga Rp600 di tahun berikutnya, jadi Anda mendapat untung Rp100.

Keuntungan Tabungan Emas Pegadaian

1. Mudah diakses

Tabungan Emas Pegadaian tersedia di seluruh outlet Pegadaian, Pegadaian Digital Servis, Agen Pegadaian, dan bahkan beberapa marketplace. Anda bisa menabung emas Pegadaian melalui Tokopedia dan Shopee.

2. Harga kompetitif

Sebagai perusahaan yang sudah lama menawarkan berbagai layanan investasi emas, harga emas di Pegadaian kompetitif. Harga buyback-nya pun juga cukup kompetitif

3. Pembelian tabungan mulai dari 0,01 gram

Jika Sobat Pintar ingin mulai investasi emas tapi uang Anda masih sedikit, jangan khawatir karena nilai minimal menabung emas di Pegadaian adalah 0,01 gram.

4. Minimal transfer ke rekening Tabungan Emas 0,1 gram

Minimal transfer ke rekening Tabungan Emas Pegadaian juga relatif kecil sehingga Sobat Pintar bisa dengan mudah perlahan-lahan mengembangkan Tabungan Emas Anda.

5. Minimal cetak emas 1 gram

Dengan minimal cetak emas yang relatif rendah, Sobat Pintar bisa segera mencetak tabungan Anda menjadi emas batangan yang merupakan investasi yang lebih solid.

6. Buyback mulai dari 1 gram

Nilai minimal buyback juga 1 gram.

7. Emas dijamin 24 karat

Pegadaian adalah perusahaan yang sangat kredibel jadi Sobat Pintar bisa mempercayai bahwa emas yang Anda tabung adalah 24 karat.

8. Biaya administrasi relatif murah

Biaya murah selalu menjadi nilai plus. Biaya penanganan tabungan emas Pegadaian relatif murah dan sangat sepadan dengan pelayanan reputasi tinggi yang didapatkan.

9. Pengelolaan yang profesional dan dengan transparansi tinggi

Syarat membuka Tabungan Emas Pegadaian

1. Memiliki kartu identitas yang masih berlaku, bisa berupa KTP atau paspor.

2. Mengisi formulir pembukaan Rekening Tabungan Emas.

3. Membayar biaya transaksi Tabungan Emas.

Biaya pembukaan rekening Tabungan Emas Pegadaian adalah Rp10.000 jika dilakukan di outlet atau agen Pegadaian. Sementara itu, jika dilakukan di Pegadaian Digital atau Pegadaian Syariah Digital tidak dikenakan biaya.

Cara membuka Tabungan Emas Pegadaian di Outlet

  1. Pergi ke outlet Pegadaian terdekat dengan membawa kartu identitas.
  2. Sampaikan pada petugas bahwa Anda ingin membuka Tabungan Emas.
  3. Isi formulir pembukaan Rekening Tabungan Emas.
  4. Serahkan ke petugas dan bayar biaya administrasi.
  5. Anda akan diberikan Buku Tabungan Emas. Anda bisa mulai menabung minimal 0,01 gram.

Cara membuka Tabungan Emas Pegadaian Secara Online

  1. Download aplikasi Pegadaian Digital.
  2. Pilih menu Tabungan Emas.
  3. Masukkan data diri dan pilih cabang lokasi terdekat untuk membuka rekening.
  4. Pilih metode pembayaran yang diinginkan.
  5. Lakukan pembelian emas pertama Anda. Di Pegadaian Online, minimal beli pertama adalah Rp50.000.
  6. Lakukan pembayaran.
  7. Anda berhasil mengaktifkan rekening emas. Ambil buku rekening Tabungan Emas i kantor cabang yang telah dipilih maksimal 6 bulan setelah membuka rekening.

Baca juga: Ingin Memulai Investasi? Yuk Belajar Investasi di Platform Berikut

Itulah segala hal yang perlu Sobat Pintar ketahui tentang investasi emas di Pegadaian. Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
09 May 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download