Hindari Tipe Peminjam Uang Berikut!

13 Jul 2021 by Laruan

Membantu orang lain seperti teman atau kerabat dalam hal finansial pada umumnya pernah kita lakukan. Selain sebagai makhluk individu, manusia juga berperan sebagai makhluk sosial yang mau tidak mau tidak bisa benar-benar hidup sendiri tanpa berinteraksi dengan orang lain. Dalam kehidupan, kita bisa bergantian saling membantu orang lain, seperti misalnya dalam hal meminjamkan uang. Namun perlu waspada, hindari tipe peminjam uang yang seperti ini!

Hindari Tipe Peminjam Uang Berikut!
ilustrasi beri uang, bayar utang
  1. Tipe Peminjam Uang Yang Bergaya Hidup Mewah

Apabila di logika, tentu sangat aneh apabila seseorang dapat bergaya hidup mewah namun ternyata masih perlu meminjam uang kepada Sobat Pintar. Tipe peminjam uang yang suka bergaya hidup mewah biasanya adalah tipe orang yang kurang mampu mengelola keuangannya dengan baik. Pada saat memohon untuk mendapatkan pinjaman, biasanya orang dengan tipe ini akan memelas kasihan kepada Sobat Pintar.

Namun sebaliknya, ketika tiba waktu pelunasan yang dijanjikan, mereka justru melupakan dan cenderung susah untuk ditagih. Tak jarang pula mereka menunjukkan sikap yang tidak bisa diajak bekerja sama atau cenderung menghindar dari tanggung jawab untuk melunasi. Pada umumnya, penyebab mereka tidak bisa membayar hutang adalah karena pengelolaan uang yang lebih diprioritaskan untuk bergaya hidup mewah.

  1. Tipe Memohon Hutang Lagi Sebelum Melunasi Hutang Sebelumnya

Tipe peminjam uang yang selanjutnya perlu untuk dihindari adalah tipe orang yang memanfaatkan belas kasihan dari Sobat Pintar demi mendapatkan suntikan dana tambahan lagi. Mereka justru tidak merasa malu sama sekali ketika kembali berhutang padahal hutang yang sebelumnya bahkan belum dilunasi atau dicicil sama sekali.

  1. Peminjam Uang Yang Menghilang

Tipe peminjam yang satu ini sangat sering dijumpai dalam kehidupan. Telah menjadi rahasia umum bahwa orang yang ingin meminjam uang akan memelas dan menceritakan cerita pilu yang menyebabkan Sobat Pintar merasa tidak tega dan kemudian membantunya. Namun ketika waktu yang dijanjikan untuk pelunasan telah tiba, orang tersebut sangat sulit untuk dihubungi.

Tidak hanya menghilang dengan tidak membalas pesan atau bahkan tidak mengangkat telepon, tipe peminjam uang yang satu ini bahkan tidak segan-segan untuk memblokir setiap akun media sosial atau aplikasi pesan. Jika hal ini terjadi pada Sobat Pintar, Sobat Pintar perlu mengambil tindakan tegas dengan menghampiri rumahnya secara langsung atau menanyakannya melalui teman-teman atau keluarganya agar orang tersebut tidak kabur dari tanggung jawabnya untuk melunasi uang yang telah dipinjam.

  1. Tipe Peminjam Yang Pelupa

Tipe orang yang satu ini biasanya adalah tipe yang lumayan menyebalkan. Sebenarnya, mereka meminjam uang bukan untuk keperluan mendesak, seperti misalnya ketika hang out bareng dan mereka menitip pesanan makanannya untuk dijadikan dalam satu bill yang Sobat Pintar bayarkan terlebih dahulu. Jika Sobat Pintar tidak mengingatkannya, bisa jadi tipe peminjam ini akan selamanya lupa bahwa ia memiliki hutang. Padahal sebenarnya mereka punya itikad baik dan tidak bermaksud untuk lalai dari tanggung jawab melunasi hutangnya.

  1. Peminjam Yang Kasar

Berbeda dari tipe peminjam yang berhutang kemudian menghilang, tipe peminjam yang kasar justru tetap meladeni Sobat Pintar namun hanya saja dalam respon yang negatif. Tipe peminjam yang kasar pada umumnya tidak malu untuk mengeluarkan perkataan yang kasar dan galak tiap kali Sobat Pintar menagih hutang kepadanya. Biasanya orang ini merupakan orang yang lebih tua atau memang orang dengan kepribadian yang kurang memiliki attitude.

Demikianlah berbagai tipe peminjam uang yang perlu untuk dihindari. Meminjamkan uang kepada orang lain mungkin merupakan suatu bentuk kebaikan, namun apabila si peminjam tidak dapat diandalkan dan tidak memiliki tanggung jawab tentu saja justru akan menjadi boomerang yang akan merugikan diri Sobat Pintar sendiri. Sebelum meminjamkan uang, yuk lebih selektif terkait kepada siapa Sobat Pintar meminjamkan uang.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload