Mengenal Jenis-Jenis Berlian dan Harganya

16 Jun 2022 by Laruan, Last edit: 29 Jun 2022

Jika Anda ingin lebih tahu mengenai jenis-jenis berlian, maka itu merupakan keputusan yang tepat. Terutama apabila Anda memang dasarnya seorang yang menyukai barang-barang yang bernilai tinggi, barang yang mewah serta barang-barang yang memiliki citra yang elegan seperti berlian. Tentu akan berdampak pada harga berlian akan tinggi atau tidak. 

Pada umumnya, berlian sering menjadi instrumen atau alat untuk melakukan investasi yang sering digunakan oleh perempuan. Sebab, nilai barang yang begitu tinggi, mahal tetapi nilainya akan selalu stabil.

Pada hakikatnya, berlian merupakan satu dari sekian banyak pilihan yang bisa Anda pilih sebagai investasi yang sifatnya cukup terjamin. Namun, apabila seorang investor tidak cerdas dalam proses memilih, maka Anda sebagai investor mungkin dapat terjebak di gaya hidup mewah yang penuh dengan kepalsuan.

Karena, sampai sekarang banyak berlian palsu yang beredar di masyarakat. Berdasarkan hal tersebut, tentunya Anda harus tahu lebih rinci mengenai apa saja jenis dari berlian beserta dengan ciri-ciri berlian yang asli, tentu saja supaya Anda jauh lebih hati-hati dan supaya Anda bisa menjadi pribadi yang cermat khususnya dalam memilih.

Baca juga : Emas Putih, Logam Mulia yang Cantik dan Elegan

Sekilas Tentang Berlian

Berlian merupakan intan yang telah selesai melalui tahapan proses pemolesan beserta proses pemotongan, yang disesuaikan dengan 4C, yaitu sebuah cut, color, carat & clarity.

Berlian ini ialah mineral yang memiliki sifat terkeras, berlian juga begitu indah sebab mempunyai hal unik yakni mampu memantulkan cahaya maka membuat daya tarik berkian ini sangatlah memukau siapaun yang melihatnya.

Segala kecantikan yang ditawarkan berlian itu, tentunya tidak mutlak hadir seperti itu saja. Berlian dibuat dari karbon murni, yakni terdapat atom karbon ada pada berlian yang sudah diikat dengan kuat, maka akan membuat berlian terasa keras bagaikan batu.

Apabila diamati berdasarkan kandungan zat berlian, dapat dikatakan bahwa berlian tersebut mempunyai zat yang begitu susah untuk di ulik. Karena, kilauan yang dipancarkan oleh berlian sendiri merupakan hasil dari kombinasi pantulan cahaya, dispersi serta refraksi.

Singkatnya, perhatikan pancaran dari cahaya yang akan melintas melalui berlian lalu kemudian akan membiaskan cahayanya.

Kemudian, pembiasan cahaya itu akan dipantulkan bila sebagian dari sisi pada bagian paling bawah dari batunya serta pada bagian teratas batu. Kemudian ketika sedang refraksi, maka pada sinarnya akan dibiaskan ke suatu sudut yang agak berbeda atau dispersi.

Baca juga : Rekomendasi Merk Jam Tangan Pria Murah dan Berkualitas 

Ciri-Ciri Berlian Asli

Walaupun informasi mendasar mengenai berlian kini telah di luar kepala Anda, tetapi tidak ada salahnya apabila Anda tahu lebih jauh mengenai ciri-ciri pada berlian yang asli. Hal ini sangat berguna untuk Anda terutama, jika Anda sedang menimbangkan rencana untuk membeli berlian. Berikut ulasannya.

Pertama, berlian yang asli tak akan tergores dengan cara yang mudah, sebab tekstur dari berlian itu sendiri yang kurang lembut, kemudian, berlian yang asli bisa membuat goresan pada semua benda, bahkan bisa menggoreskan pada kaca.

Kedua, berdasarkan banyaknya jenis berlian, berlian yang berwarna merah telah jadi berlian yang paling langka dan bahkan nilainya tinggi, yaitu hingga mencapai ribuan US dolar per karatnya.

Ketiga, berlian yang asli tentu saja bisa memantulkan cahayanya pada semua sisi berlian tersebut.

Keempat, mempunyai cerminan yang cenderung kurang jelas, sebab pada semua sudutnya tidak bisa melakukan pembiasan cahaya pada garis secara lurus, tetapi pada garis ke pusat yang lain.

Kelima, berlian yang tidak palsu pastinya tidak dapat  kabutnya, dikarenakan berlian mempunyai karakter sebagai penghantar panas, maka panas akan tersebar hanya dalam hitungan detik saja.

Jenis-Jenis Berlian 

  1. White Diamond

Pertama, white diamond merupakan jenis berlian dengan keberadaanya paling banyak di seluruh penjuru negara-negara. Karena, white diamond ini banyak dijumpai serta lebih banyak penggunaannya sebagai permata yang ditemukan pada kebanyakan cincin kawin.

Selain itu, white diamond lebih banyak menjadi pilihan hadian khusus untuk yang disayang. Bahkan ukurannya dapat Anda sesuaikan dengan selera dan kebutuhan Anda.

  1. Yellow Diamond

Berlian kuning sering sekali disebut sebagai Canary Diamond, yellow diamond berwarna kuning, yang diartikan oleh orang-orang sebagai lambang bahagia yang abadi.

Meskipun Yellow Diamond berwarna dasar kuning, tetapi berlian ini berwarna kuningnya bermacam-macam jenisnya secara keseluruhan, yaitu kuning muda sampai warna kuning canary dengan warna yang sangat pekat. Namun, perlu diketahui jika warnanya kuning pekat yang kuat, maka nilainya semakin bertambah. 

  1. Orange Diamond 

Orange Diamond sangat terkenal dengan berlian dengan memberikan simbol sukses & kreatif. Warna orange yang sangat terlihat jelas yang khas, pasti sangat begitu mencuri perhatian siapapun yang melihatnya, terutama para wanita. Perlu Anda ketahui, warna yang disajikan begitu banyak, yaitu fancy orange sampai warna vivid orange yang dengan ciri khas warna pekat dan terlihat dengan jelas di mata.

  1. Purple Diamond 

Selanjutnya nomor 4, terdapat Purple Diamond. Berdasarkan namanya saja sudah tidak perlu ditanyakan lagi, berlian ini berwarna ungu, tidak hanya ungu biasa saja tetapi warna ungunya sangat cantik dan memukau. 

Perlu Anda ketahui , jika wanra ungu ialah warna asli dari berlian asli atau bukan merupakan ciptaan dari tangan manusia. Maka dari itu, berlian ungu bukanlah berlian yang pasaran yang mudah didapatkan. Selain itu, terdapat tanbang-tambang di penjuru negara-negara yang telah berhasil menemukan berlian ungu, yakni Tambang Argyle, berada si negara  Australia.

Harga Berlian Tahun 2022

  1. 4C Berlian Asli

Setiap berlian memiliki ciri khas masing-masing. Pada umumnya, berlian yang bisa diartikan dengan cara 4C yakni beratnya atau bisa disebut dengan carat weight, lalu potongan atau cut, kemudian ada dengan cara kejernihan atau clarity, serta yang terakhir dari warna atau colour. Pertama yang paling penting merupakan karat yang merujuk kepada berat dari berlian serta mempunyai diameter besar berlian yang simetris.

Namun, jangan sampai salah arti jika karat berlian yang besar maka sudah dipastikan nilainya tinggi serta lebar dari diameter berlian. Mengapa begitu, disebabkan berlian yang memiliki potongan yang lebih dangkal maka akan mempunyai diameter yang besar jika daripada berlian yang mempunyai berat karat yang sama, tetapi mempunyai hasil pemotongan yang cukup dalam.

Kedua, potongan atau Cut, sebab potongan pada berlian yang bagus dapat berdampak pada tampilan kilauan berlian. 

Ketiga, kerjenihan atau clarity. Jika terdapat batu yang menyelip di dalam atau inklusi serta apabila terdapat kecacatan pada luar berlian semacam goresan dan titik hitam, hal tersebut dapat berpengaruh pada pengurangan dari kejernihan pada berlian.

Keempat, warna berlian yang asli atau alami, dengan ciri khas warna yang bervariasi, pada hal  transparan, jika terdapat warna yang agak kuning bahkan mendekati warna coklat, maka akan mempengaruhi  nilai dari berlian.

Daftar Harga Perhiasan Berlian

Cincin berlian eropa dengan spesifikasi 1 karat, dibandrol dengan harga Rp 12 juta. Kemudian yang nomor dua ada gelang berlian eropa dengan berat 1 karat diberi nilai sebesar Rp 12.8 juta. Nomor tiga ada berlian eropa pear dengan berat 1 karat ini diberi harga Rp 16.950 juta. Selanjutnya ada cincin berlian natural dengan berat 1 karat dibandrol dengan nilai sebesar Rp 33.500 juta. 

Demikian beberapa jenis, ciri-ciri berlian asli dan harga berlian dan perhiasan berlian yang dapat Anda temukan. Sebelum Anda membeli berlian, pastikan ketahui keasliannya terlebih dahulu dan siapkan dana tabungan juga. Berbagai macam pilihan jenis berlian dan harga berlian, bisa menjadi bahan untuk referensi Anda. 

Baca juga : 10 HP Termahal di Dunia, Harganya Tembus Miliaran!

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech berizin dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
29 Jun 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download