Apa itu Google Scholar: Cara Membuat dan Menggunakannya

18 Nov 2021 by Rindang Maulidia

Sobat Pintar ingin membuat karya ilmiah, tapi bingung mencari rujukan jurnal sebagai pendukung penelitiannya? Kalau iya, Sobat Pintar bisa memanfaatkan Google Scholar yang bisa mencari berbagai jurnal ilmiah secara gratis. 

Platform ini bisa diakses melalui mesin pencarian Google dengan cara mengetikkan alamat scholar.google.com. Tools ini bekerja seperti halnya saat pengguna mengakses situs google.com untuk mencari informasi, hanya saja tools ini berfungsi sebagai mesin pencari khusus untuk jurnal ilmiah. 

Baca juga: Cara Membuat Google Classroom Khusus Oleh Pengajar

Cari tahu definisi, cara pembuatan akun, dan cara penggunaan Google Scholar selengkapnya dalam artikel ini.

Google Scholar

Apa itu Google Scholar?

Layaknya perpustakaan, Google Scholar adalah “surga” yang dirindukan oleh akademisi yang mencari referensi jurnal ilmiah secara gratis. Google Scholar umumnya menyediakan berbagai jurnal ilmiah dalam bahasa Inggris, namun masyarakat Indonesia tetap bisa mengakses jurnal ilmiah dari Google Scholar Indonesia dengan cara mengetikkan kata kunci “Google Cendekia” dalam kolom pencarian Google.

Setelah berhasil mengaksesnya Sobat Pintar bisa memasukkan topik jurnal ilmiah yang dicari, ke dalam kolom pencarian untuk mencari jurnal di Google Cendekia.

Cara Membuat Akun Google Scholar dan Agar Jurnal Ilmiah Bisa Terindeks di Dalamnya

Setelah mengetahui cara mengaksesnya, mungkin ada yang penasaran tentang bagaimana tools ini menghimpun berbagai data jurnal ilmiah yang relevan sesuai topik yang dimasukkan dalam kolom pencarian.

apa itu Google Scholar

Ternyata, jurnal-jurnal tersebut berasal dari kontribusi akademisi yang mendaftarkan dirinya dan mengunggah jurnal ilmiahnya secara independen.

Berikut ini adalah info lengkap tentang bagaimana cara artikel atau tulisan online kita terindeks oleh platform tersebut.

1. Bagi Sobat Pintar yang sudah memiliki akun Google, silakan menuju halaman scholar.google.com untuk melakukan sign in/masuk untuk mengakses halaman utama.

2. Kemudian, klik menu “My Citation” yang ada di bagian atas.

3. Masukkan berbagai informasi sesuai petunjuk yang ada di layar.

4. Setelah itu, klik menu “add articles group” dan “add article manually” yang ada di sidebar dan masukkan data publikasi sesuai dengan petunjuk yang ditampilkan. 

5. Untuk membuat artikel yang diunggah dapat terindeks di Google, pastikan bahwa profil Sobat Pintar terbuka untuk umum/open for public. 

Perbedaannya Dengan Jurnal Berbayar

Google Scholar yang bisa diakses secara gratis adalah hal yang menyenangkan bagi akademisi yang tidak berlangganan jurnal berbayar.

Berdasarkan berbagai ulasan umum yang beredar, akses langganan jurnal berbayar umumnya dilakukan oleh suatu institusi pendidikan, seperti perguruan tinggi untuk memfasilitasi civitas akademika yang ada di dalamnya.

Google Scholar Indonesia

Sementara itu, harga langganan jurnal berbayar dinilai cukup tinggi untuk dilakukan secara personal. Dengan adanya perbedaan biaya yang mencolok antara akses gratis dari platform ini dan jurnal berbayar, Sobat Pintar wajib mengetahui perbedaan yang akan dirasakan, sebagai berikut.

  1. Hasil pencarian yang ditampilkan belum tentu membawa pengguna untuk mengunduh jurnal ilmiah yang dibutuhkan

Platform ini bisa saja menampilkan banyak hasil pencarian tentang suatu topik yang dibahas dalam jurnal ilmiah. Beberapa dari hasil pencariannya, tentu akan menarik perhatian Sobat Pintar untuk melakukan klik pada tautan tersebut.

Sayangnya, ternyata tautan tersebut membawa Sobat Pintar untuk melihat abstrak artikel ilmiah yang diunggah dalam e-journal berbayar.Dengan kata lain, Sobat Pintar tetap membutuhkan akses jurnal berbayar untuk bisa mengunduh artikel tersebut.

Baca juga: Cara Mencari Jurnal Internasional Untuk Tulisan Ilmiah

Kalau Sobat Pintar tidak memiliki akses jurnal berbayar, tidak ada pilihan lain selain kembali ke halaman pencarian dan menyeleksi hasil pencarian yang menampilkan artikel yang diinginkan dalam format .pdf.

Bagi beberapa pengguna, hal ini cukup merepotkan karena menyita waktu, namun inilah konsekuensi dari mengakses Google Scholar journal secara gratis.

  1. Berpotensi mendapatkan hasil dari jurnal predator

Sejauh ini, yang kami pahami, Google tidak melakukan kurasi terhadap artikel yang diunggah melalui platform ini. Artinya, dengan menggunakan tools ini, akan ada potensi bahwa jurnal predator akan muncul dalam hasil pencarian.

Jurnal predator adalah penerbit artikel ilmiah yang kualitasnya diragukan. Umumnya, jurnal predator melancarkan aksi penipuan yang ditujukan kepada akademisi untuk mempublikasikan tulisan ilmiah yang dibuat demi memenuhi kuantitas publikasi semata.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Google Finance

Untuk itu, pengguna perlu berhati-hati jika mendapatkan artikel yang diunduh melalui platform ini agar kualitas tulisan ilmiah yang dibuat tetap bisa dipertanggungjawabkan oleh penulis yang membawa institusi pendidikan yang mengampunya.

Itulah berbagai informasi lengkap tentang apa itu Google Scholar dan cara menggunakannya. Semoga artikel ini dapat membantu Sobat Pintar mendapatkan artikel ilmiah secara gratis melalui platform ini!


Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

18 Nov 2021
mobile-closeKredit PintarDownload