Cara Mencari Jurnal Internasional Untuk Tulisan Ilmiah

30 Oct 2021 by Laruan

Sudahkah Sobat Pintar tahu bagaimana cara mencari jurnal internasional? Jurnal internasional biasanya digunakan sebagai tambahan materi ataupun referensi, yang dibutuhkan oleh mereka yang akan membuat sebuah tulisan ilmiah. Dalam hal ini, jurnal tipe ini yang telah diterbitkan secara internasional, dianggap lebih kredibel dan terpercaya. 

Cara Mencari Jurnal Internasional Untuk Tulisan Ilmiah

Meskipun begitu, mencari jurnal internasional merupakan sebuah tantangan tersendiri. Pasalnya tidak semua orang tahu bagaimana cara mencari jurnal internasional, terutama yang bisa di akses secara gratis. Nah, jika Sobat Pintar tengah berada dalam yang sama, tidak perlu khawatir, karena dalam artikel ini akan dijelaskan bagaimana cara mencari jurnal internasional yang gratis dan kredibel. 

Apa Itu Jurnal Internasional?

Sebelum Sobat Pintar mengetahui bagaimana cara mencari jurnal internasional. Alangkah baiknya Sobat Pintar memahami terlebih dahulu apa itu jurnal internasional. Jurnal internasional sendiri pada dasarnya merupakan tulisan ilmiah yang diciptakan oleh penulis dan dipublikasikan secara internasional serta memiliki target pembaca yang luas. 

Perlu Sobat Pintar ketahui, tidak semua jurnal  yang berbahasa inggris merupakan jurnal Internasional. Ada beberapa syarat yang harus dilalui untuk bisa mengatakan sebuah jurnal merupakan jurnal internasional. Salah satunya yaitu sebuah jurnal harus telah memiliki nomor ISSN atau International Standard of Serial Number.  

Tidak berhenti sampai disitu, ada beberapa kriteria tertentu untuk sebuah karya dapat dikatakan sebagai jurnal internasional. Ini dia beberapa kriteria sebuah karya dikatakan sebagai jurnal internasional.

  • Karya ilmiah telah melewati proses penyuntingan Dewan Editorial Internasional. 
  • Karya ilmiah sudah harus terindeks pada database internasional.
  • Karya ilmiah harus  diterbitkan dalam beberapa makalah. 
  • Karya ilmiah harus ditulis menggunakan etika keilmuan yang berlaku.
  • Karya ilmiah harus menggunakan bahasa resmi PBB.

Cara Mencari Jurnal Internasional

Setelah mengetahui apa itu jurnal internasional, selanjutnya akan dibahas mengenai cara mencari jurnal internasional. Pada dasarnya, ada banyak cara yang dapat dilakukan dalam mencari jurnal internasional ini. 

Mula-mula, Sobat Pintar bisa mulai dengan mengetikkan judul yang diinginkan pada mesin pencarian. Setelah itu, mesin pencarian secara otomatis akan mencarikan jurnal yang dimaksud untuk Sobat Pintar. 

Meskipun begitu, terkadang cara yang satu ini tidak membuahkan hasil yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan. Oleh karena itu, Sobat Pintar perlu memperhatikan cara mencari jurnal internasional yang akan dijelaskan di bawah ini. 

  1. Mencari Jurnal di Google Scholar

Cara mencari jurnal internasional yang pertama yaitu menggunakan Google Scholar. Google Scholar merupakan sebuah layanan yang disediakan oleh Google yang memungkinkan Sobat Pintar mencari berbagai publikasi di dalamnya. Semua karya yang telah dipublikasi dan terindeks Google Scholar memiliki kredibilitas dan kualitas yang baik. Jadi, referensi yang hendak Sobat Pintar gunakan terjamin kredibilitasnya.

Lalu bagaimana  cara menggunakannya untuk mencari jurnal internasional? Ikuti setiap langkah-langkah cara mencari jurnal internasional di Google Scholar di bawah ini. 

  • Langkah pertama yang harus Sobat Pintar lakukan yaitu mengunjungi situs Google Scholar dengan mengklik ini
  • Pada langkah kedua, Sobat Pintar akan melihat sebuah halaman yang bertuliskan Google Cendekia dan kolom pencarian. 
  • Langkah ketiga yaitu memasukkan kata kunci jurnal internasional yang ingin dicari. Sebagai contoh, Sobat Pintar hendak mencari jurnal mengenai hubungan internasional, maka masukkan kata tersebut pada kolom pencarian. 
  • Setelah Sobat Pintar memasukkan kata kunci, nantinya Google Scholar akan menampilkan berbagai karya ilmiah yang relevan dengan kata kunci. 
  • Langkah selanjutnya yaitu, scrolling hingga Sobat Pintar menemukan karya ilmiah yang sesuai dengan persyaratan jurnal internasional yang disebutkan sebelumnya.
  • Setelah mendapatkan jurnal internasionalnya, maka Sobat Pintar bisa langsung mengklik kiri pada jurnal yang diinginkan. 

Itulah cara mencari jurnal internasional di Google Scholar. Apabila Sobat Pintar menggunakan cara tersebut, maka hasil yang ditampilkan akan terlalu banyak lalu membuat Sobat Pintar merasa lelah untuk menyortirnya. Oleh karena itu, lakukan cara berikut ini untuk mempersempit pencarian dan mempermudah Sobat Pintar menemukan jurnal internasional yang diinginkan. 

  • Apabila Sobat Pintar ingin mencari karya ilmiah yang terbaru, maka pilih opsi pada kiri layar. Umumnya akan tertulis “sejak 2019“sejak 2020” “kapan saja” dan “rentang khusus”. Jika Sobat pintar ingin mencari karya ilmiah yang dipublikasi dari tahun 2018-2020, maka pilih “rentang khusus” lalu masukkan tahun 2018 dan 2020. 
  • Apabila Sobat Pintar ingin mencari karya ilmiah yang diurutkan berdasarkan relevansinya maka klik pada opsi di kiri layar “Urutkan berdasarkan tanggal”
  1. Mencari Jurnal di DOAJ

Selain menggunakan Google Scholar, Sobat Pintar juga bisa menggunakan  DOAJ atau Directory of Open Access Journals. DOAJ itu sendiri merupakan  sebuah layanan  direktori dalam jaringan yang mengindekskan  serta menyediakan akses untuk jurnal yang berkualitas, dan memiliki akses yang terbuka. Penasaran bagaimana cara mencari jurnal internasional menggunakan DOAJ? Mari simak langkah-langkahnya di bawah ini. 

  • Langkah pertama dalam mencari jurnal internasional di DOAJ yaitu mengunjungi websitenya di sini.
  • Setelah Sobat Pintar mengunjungi website DOAJ,  maka akan tampil halaman pencarian. 
  • Di kolom pencarian ini, Sobat Pintar bisa mencari jurnal internasional berdasarkan judul, penulis, subjek hingga abstraknya. 
  • Setelah itu, Sobat Pintar akan melihat banyak karya ilmiah yang relevan dengan kata kunci yang dimasukkan di kolom pencarian. 
  • Untuk melihat informasi mengenai mengenai karya ilmiah yang digunakan, Sobat Pintar hanya perlu mengklik pada judul karya ilmiah yang diinginkan. Nantinya,  akan muncul berbagai informasi mulai dari penulisnya, volume  jurnal, halaman jurnal, alamat DOI, hingga nomor ISSN. 
  • Sobat Pintar selanjutnya perlu menyesuaikan berbagai karya yang muncul dengan syarat jurnal internasional yang telah dijelaskan  di atas.
  • Apabila sobat pintar telah menemukan jurnal yang sesuai, maka klik “read online” pada karya ilmiah yang dipilih.

Nah itulah dia cara mencari jurnal internasional melalui Google Scholar dan juga DOAJ atau Directory of Open Access Journals. Jika Sobat Pintar menemukan jurnal internasional yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan namun ternyata jurnal tersebut tidak terbuka aksesnya, baik di Google Scholar maupun DOAJ, maka Sobat Pintar bisa menggunakan bantuan Sci-Hub. 

Sci_Hub merupakan mesin pencarian berbagai karya ilmiah yang memungkinkan penggunanya dapat mengunduh langsung karya ilmiah yang diinginkan tanpa pemblokiran. Cara menggunakannya Sci-Hub sebenarnya cukup mudah, di mana Sobat Pintar hanya perlu mengunjungi website Sci-Hub. Nantinya Sobat Pintar akan melihat kolom pencarian dengan logo kunci dan  tulisan open. Setelah itu Sobat Pintar perlu mengcopy paste url atau DOI dari jurnal internasional yang diinginkan. Lalu klik “open”, maka jurnal ilmiah yang Sobat pintar inginkan telah terdownload

Meskipun begitu, Sci-Hub ini merupakan tempat mendapatkan jurnal ilmiah dengan cara ilegal. Selain itu, tidak semua jurnal internasional berbayar dapat dibuka dengan gratis oleh platform ini. Beberapa penyedia jurnal berbayar dalam hal ini selalu berusaha meningkatkan keamanan websitenya agar jurnal-jurnal tersebut tidak bisa dibuka sembarangan melalui website seperti Sci-Hub.Nah, segitu dulu penjelasan tentang cara mencari jurnal internasional dan segala seluk-beluknya. Jurnal internasional sebenarnya bisa diakses dengan cara yang legal, namun Sobat Pintar memang perlu merogoh kocek lebih. Berkaitan dengan ini, Kredit Pintar siap hadir untuk membantu permasalahan yang Sobat Pintar hadapi. Kredit Pintar bisa memberikan pinjaman agar Sobat Pintar bisa menggunakannya untuk membeli akses ke jurnal internasional yang dibutuhkan.  

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
08 Nov 2021
mobile-closeKredit PintarDownload