Mengenal Apa Itu Google Finance

08 Oct 2021 by Laruan

Siapa yang tidak mengetahui tentang Google finance, singkatnya website tersebut ini hadir untuk membantu para investor dalam mengambil sebuah keputusan untuk investasi yang tepat.

Mengenal Apa Itu Google Finance

Karena seperti yang sudah kita ketahui tanpa adanya sebuah pertimbangan dan juga sebuah analisis yang tepat maka resiko untuk mengalami kerugian maka akan semakin tinggi.

Tentunya hari ini ini sangat dihindari oleh para investor maka dengan adanya website tersebut ini bisa menjadi solusi bagi para investor untuk mempertimbangkan dan juga menganalisis.

Bagi Sobat Pintar yang yang mungkin ingin mengetahui lebih detailnya tentang Google finance ini Sobat Pintar bisa menyimak pembahasannya berikut ini.

Artikel menarik lainnya: 

3 Cara Dapat Uang 500rb Sehari: Direkomendasikan Oleh Kredit Pintar

Apa Itu Google Finance?

Listen money matters mengatakan bahwa website tersebut merupakan sebuah tempat yang di mana Sobat Pintar bisa mendapatkan berbagai jenis informasi terkait dengan saham.

Dan tidak hanya itu pada website tersebut ini juga Sobat Pintar bisa memantau tentang portofolio investasi, pada website tersebut para investor bisa lebih banyak mempelajari tentang sebuah investasi.

Dan juga ekuitas sebelum mereka menanamkan sebuah uang pada investasi tersebut agar nantinya mendapatkan keuntungan ketika mulai menjadi investor.

Website tersebut ini memberikan beberapa berita-berita terkait tentang bahan pertimbangan kita sebelum melakukan investasi.

Tentu saja dengan adanya berita-berita ini akan lebih dapat menginspirasi bagi para calon investor dalam melakukan sebuah investasi nantinya.

Kita juga bisa menentukan berbagai jenis strategi paling tepat yang dinilai akan membuat portofolio investasi Sobat Pintar semakin besar dan memiliki untung banyak.

Untuk dapat mengakses website tersebut ini caranya cukup mudah kita hanya membutuhkan sebuah akun Google terlebih dahulu lalu kemudian dengan akun tersebut kita bisa membuat sebuah portofolio investasi.

Bagi Sobat Pintar yang ingin mengetahui bagaimana untuk membuat portofolio saham pada website tersebut ini Sobat Pintar bisa menyimak pembahasannya berikut ini.

Cara Membuat Portofolio Saham

Yang telah dijelaskan diatas untuk hal yang pertama yang harus kita persiapkan ketika ingin membuat sebuah portofolio saham maka kita harus mempunyai terlebih dahulu akun Google.

Jika Sobat Pintar sudah mempunyai akun Google Sobat Pintar hanya perlu masuk ke https://www.google.com/finance/ lalu membuat akun di sana.

Jika Sobat Pintar ingin membuat portofolio Sobat Pintar bisa mengklik link yang bertuliskan portofolio pada bagian atas di halaman tersebut.

Nantinya pada portofolio ini Sobat Pintar bisa melihat dan juga menambahkan saham ataupun sebuah reksadana yang ingin Sobat Pintar perhatikan nilainya setiap hari.

Adapun disana nantinya akan ada dua mode yang bisa Sobat Pintar gunakan yaitu;

  1. Mode overview 
  2. Mode fundamental.

Untuk mode overview sendiri bisa digunakan untuk melihat beberapa hal, yaitu salah satunya adalah harga saham, pergerakan saham, market, volume, serta indeks tertinggi dan juga terendah di setiap harinya.

Adapun untuk mode pernah minta bisa kita gunakan untuk memantau baik itu harga akhir volume rata-rata indeks tertinggi terendah 52 Minggu dan masih banyak lagi.

Untuk portofolio ini nantinya bisa Sobat Pintar ubah kapan saja sesuai dengan keputusan dari investasi Sobat Pintar dan untuk melakukan hal tersebut Sobat Pintar hanya perlu untuk merubahnya dengan klik edit portofolio.

Tidak hanya itu Sobat Pintar juga bisa merubah pilihan saham dan juga reksadana yang ingin Sobat Pintar ubah dan bisa Sobat Pintar sesuaikan dengan apa yang telah digunakan pada portofolio Sobat Pintar.

Untuk pencatatan transaksi saham Sobat Pintar bisa menggunakannya lewat menu edit transaksi yang mana pada menu tersebut kita bisa melakukan sebuah import data saham yang ingin Sobat Pintar beli dan juga jual dengan tanggal dan juga harganya.

Istilah dalam Google Finance

Jika Sobat Pintar nantinya akan menggunakan website tersebut, tentunya Sobat Pintar juga harus mempelajari beberapa istilah yang terdapat di dalamnya agar ketika Sobat Pintar menggunakannya Sobat Pintar tidak kebingungan dengan istilah-istilah nya.

Dan juga memahami istilah-istilah saham ini merupakan sebuah langkah yang penting agar bisa membantu Sobat Pintar nantinya dalam mengambil sebuah keputusan investasi yang baik.

Adapun bagi Sobat Pintar yang ingin mengetahui apa saja istilah-istilah yang terdapat pada website tersebut Sobat Pintar bisa menyimpan pembahasannya sebagai berikut.

1. Range

Data range biasanya ditampilkan dalam bentuk angka yang dimana artinya dari segala angka-angka tersebut memiliki nilai tertinggi dan terendah pada sebuah saham perdagangan.

Nantinya ketika saham tersebut ataupun perdagangannya sudah ditutup maka Sobat Pintar tidak bisa melihat nilai ataupun tidak bisa melihat angka pada perdagangan tersebut.

2. 52 week

52 week merupakan sebuah matriks yang nantinya akan menunjukkan sebuah besaran pergerakan dari suatu saham selama kurun waktu 52 Minggu ke belakang.

Nantinya dengan kita melihat grafik tersebut kita bisa mengetahui seberapa besar dari fluktuatif saham dalam jangka panjang ataupun tahun kebelakang.

3. Vol/avg

Istilah ini mempunyai dua kata yaitu volume dan average ataupun rata-rata.

Untuk volume sendiri merupakan banyak slot saham yang dapat kita beli oleh investor ataupun seorang trader.

Dan untuk volume rata-rata dari saham tersebut bisa kita ketahui sampai dengan 30 hari kebelakang.

4. Open

Open bisa diartikan dengan harga saham ketika pasar dibuka sama halnya seperti range open ini tidak akan ada angkanya ketika pasar ataupun perdagangan tersebut tutup.

Istilah ini menjadi salah satu hal yang wajib diketahui oleh para investor karena ketika kita tidak mengetahui istilah ini tentu saja kita akan ketinggalan tentang saham apa saja yang telah dibuka pada bursa perdagangan.

5. P/E

Istilah ini merupakan singkatan dari price to earning ratio yang di mana apabila nilai dari rasio tersebut rendah maka harga dari sebuah saham akan rendah juga.

6. Market cap

Market cap ini bisa didefinisikan sebagai kap pasar yang artinya adalah harga saham dibandingkan dengan jumlah saham yang ada pada pasar.

Nantinya pada market cap ini akan memberikan kita informasi dan juga sebuah gambaran tentang seberapa besarnya ukuran dari sebuah perusahaan yang telah dianalisis oleh pasar.

Itu dia beberapa istilah yang bisa Sobat Pintar gunakan ataupun Sobat Pintar pelajari ketika nantinya akan menggunakan website tersebut untuk merancang strategi Sobat Pintar dalam melakukan investasi dan juga menjadi trader.

Sobat Pintar bisa mempelajari lebih detailnya secara lengkap tentang istilah-istilah tersebut di beberapa sumber yang lain.

Penutup

Mungkin hanya itu saja pembahasan kali ini tentang Mengenal Apa Itu Google Finance semoga bisa bermanfaat bagi Sobat Pintar yang membaca, akhir kata terima kasih!

Artikel menarik lainnya: 6+ Cara Mendapatkan Dana Bantuan Pemerintah 2021

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload