Contoh Surat Proposal Pengajuan Dana Online

01 Jan 2022 by Laruan, Last edit: 03 Jan 2022

Proposal merupakan salah satu syarat penting apabila kita ingin mengajukan dana online. Menurut KBBI, surat proposal sendiri merupakan rancangan atau usulan kerja yang dituangkan dalam bentuk tertulis serta mengandung penjelasan yang sangat terperinci mengenai suatu kegiatan yang hendak dijalankan. Lantas, seperti apa contoh surat proposal pengajuan dana online yang baik?

Jenis-jenis Surat Proposal

Contoh surat proposal sendiri memiliki berbagai jenis. Klasifikasi jenis proposal dibedakan menjadi 2, yakni berdasarkan tujuan dan berdasarkan formatnya. Berdasarkan tujuannya, proposal terbagi menjadi proposal penelitian, proposal kegiatan, proposal bisnis, dan proposal proyek.

Sedangkan berdasarkan formatnya, proposal terbagi menjadi 3 yakni proposal formal, proposal semi formal dan proposal non formal. Ketiganya dibedakan oleh strukturnya. Proposal formal memiliki susunan yang lengkap, sedangkan proposal semi formal dan non formal tidak memiliki struktur selengkap proposal formal.

Baca Juga : Contoh Proposal Usaha Untuk Kemajuan Bisnis

Manfaat dan Fungsi Proposal

Adapun proposal pengajuan dana memiliki beberapa peran, fungsi dan manfaat sebagai berikut. Pertama, yakni untuk melakukan penelitian yang berkaitan dengan topik pembahasan dan studi tertentu. Penjelasan proposal jenis ini tentu bisa ditemukan di jurnal ilmiah yang dipublikasi secara umum.

Kedua, yakni untuk pendirian sebuah usaha dan mengajukan tender dari beberapa institusi. Proposal jenis ini kemudian akan diajukan pada lembaga tertentu untuk mendapatkan dukungan atau bantuan secara finansial.

Ketiga, yakni untuk mengadakan rangkaian acara atau rangkaian kegiatan. Proposal biasanya juga menjadi sarana perizinan serta permohonan bantuan untuk mendukung suatu kegiatan tertentu.

Surat proposal permohonan dana disusun sekaligus sebagai rancangan yang akan mengarahkan bisnis Sobat Pintar kepada sebuah tujuan yang pasti. Selain itu, untuk mencari donatur dan sponsor, surat proposal permohonan dana merupakan bentuk keseriusan dalam mengundang sebuah institusi untuk terlibat dalam rangkaian acara, kegiatan atau usaha Sobat Pintar.

Struktur Surat Proposal

Terdapat beberapa struktur dari Surat Proposal pengajuan dana usaha yang harus diperhatikan. 

  1. Pendahuluan, memaparkan terkait latar belakang, visi & misi serta pengenalan perusahaan.
  2. Profil badan usaha, bagian ini memaparkan terkait jenis usaha, nama perusahaan serta lokasi perusahaan.
  3. Struktur organisasi perusahaan, menerangkan tentang struktur manajerial perusahaan Sobat Pintar sehingga investor dapat memproyeksikan kredibilitas perusahaan Sobat Pintar. Pastikan Sobat Pintar melampirkan pemilik usaha, pengelola usaha, marketing, dan jajaran staf lainnya.
  4. Produk yang ditawarkan, pastikan Sobat Pintar melampirkan jenis produk, pembuatan produk serta keunggulan produk dalam bagian ini. 
  5. Target pasar, setelah memberikan pemaparan terkait produk usaha Sobat Pintar, Sobat Pintar juga perlu memaparkan terkait target pasar. Hal ini meliputi, daerah, umur serta kelas ekonomi manakah yang hendak Sobat Pintar sasar.
  6. Promosi dan pemasaran, Sobat Pintar juga perlu meyakinkan investor dengan mencantumkan strategi pemasaran dan promosi yang hendak Sobat Pintar lakukan untuk mengembangkan usaha Sobat Pintar.
  7. Laporan keuangan, ini menjadi bagian yang paling penting dan biasanya paling menentukan apakah proposal Sobat Pintar dapat ditindaklanjuti atau tidak. Rincian anggaran dana atau laporan keuangan perusahaan Sobat Pintar, termasuk laba, rugi dan persentase bagi hasil. Cantumkan serealistis mungkin kalkulasi dari kemungkinan yang akan terjadi ketika memasarkan produk Sobat Pintar.
  8. Penutup, tuliskan kembali beberapa hal yang dapat meyakinkan calon investor. Sobat Pintar dapat melampirkan harapan dan doa serta ekspektasi Sobat Pintar kepada kerja sama yang hendak Sobat Pintar jalin dengan calon investor.
  9. Lampiran, hal ini memuat dokumen pendukung perusahaan Sobat Pintar seperti, surat izin usaha, surat perjanjian, sertifikat usaha atau dokumen penting lainnya yang meyakinkan. 

Pastikan Sobat Pintar melampirkan struktur contoh surat proposal pengajuan dana secara lengkap dan informatif. Hal ini dibutuhkan agar calon investor mendapatkan informasi singkat terkait perusahaan Sobat Pintar.

Pada proposal pengajuan dana untuk kegiatan organisasi seperti himpunan pelajar atau mahasiswa, pada bagian struktur dapat diganti dengan struktur organisasi atau struktur kepanitiaan. Pastikan juga Sobat Pintar melampirkan rincian kegiatan sebagai bukti keseriusan acara dan kegiatan yang hendak Sobat Pintar gelar.

Baca Juga : Proposal Investasi Guna Mendapatkan Investor

Mekanisme Pencairan Dana

Mekanisme pencairan dana Kredit Online dengan Kredit Pintar tergolong mudah dan cepat. Pastikan Sobat Pintar mengunduh aplikasi Kredit Online dari App Store, Play Store ataupun App Gallery. Setelah mengunduh, Sobat Pintar dapat melakukan pendaftaran akun dan mengisi beberapa data yang dibutuhkan.

Sobat Pintar tidak perlu khawatir untuk melampirkan data pribadi Sobat Pintar karena Kredit Pintar telah mendapatkan pengawasan dari Otoritas Jasa Keuangan. Selain itu, Kredit Pintar juga menjamin keamanan data Sobat Pintar dari tindakan kejahatan atau kecurangan pihak lainnya.

Masukan nomor rekening Sobat Pintar untuk verifikasi pinjaman. Tambahkan beberapa dokumen tambahan. Selanjutnya, Sobat Pintar hanya perlu mengajukan sejumlah kredit yang Sobat Pintar butuhkan.

Pengajuan Sobat Pintar akan diproses oleh Kredit Pintar, sehingga Sobat Pintar hanya perlu melakukan pengecekan pada rekening pribadi Sobat Pintar. Mudah sekali bukan?

Apabila Sobat Pintar mengalami kesulitan dalam pencairan dana, Sobat Pintar dapat menghubungi Call Center Kredit Pintar untuk melakukan konsultasi. Dapatkan diskon dan berbagai voucher serta keuntungan lainnya untuk setiap transaksi Sobat Pintar.

Pembiayaan kegiatan atau pendanaan program kerja memang sangat identik dengan suatu organisasi demi berlangsungnya kegiatan mereka. Oleh karena itu, penting bagi Sobat Pintar untuk mengetahui mekanisme serta cara yang benar untuk menyusun sebuah proposal pencairan dana kredit online, dimasa pandemi.

Contoh proposal pengajuan dana kredit online juga berlaku pada mekanisme usaha Sobat Pintar. Sobat Pintar dapat mencari investor dengan menggunakan proposal pengajuan dana untuk membiayai perusahaan Sobat Pintar. Sehingga Sobat Pintar akan merasa lebih mudah mengelola perusahaan karena mendapatkan suntikan dana dalam jumlah tertentu.

Tak hanya itu, opsi lain yang bisa Sobat Pintar gunakan adalah dengan mengajukan kredit atau pinjaman online di Kredit Pintar untuk menghindari terjadinya penipuan dan penggelapan data. Bunga ringan dan proses cepat membuat Sobat Pintar tak perlu khawatir untuk mendapatkan suntikan dana bersama Kredit Pintar.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
03 Jan 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download