Proposal Investasi Guna Mendapatkan Investor

25 Nov 2021 by Laruan, Last edit: 26 Nov 2021

Dalam sebuah bisnis maupun organisasi, proses pengajuan proposal bukanlah hal yang asing lagi. Saat itulah dimana pengajuan proposal melibatkan beberapa pihak untuk bekerjasama dalam hal permodalan yang membutuhkan perhitungan yang teliti supaya hubungan kerjasama kedepannya dapat berjalan dengan baik dan tidak menemui hambatan yang berarti oleh kedua pihak. Sama halnya dengan proposal investasi yang mana ditujukan untuk sebuah rangkaian yang sistematis dan terperinci dalam sebuah tulisan yang menjadi acuan pada berlangsungnya rencana.

Lalu, mengapa proposal investasi itu penting? Sebab dengan rangkaian dan rencana yang sudah tertulis secara lengkap dan terperinci akan menjadi daya tarik para investor untuk mau berinvestasi. Oleh sebab itu, dalam tujuan membuat proposal ini agar supaya para pengusaha dapat menggaet investor dengan mudah.

Secara garis umum, proposal investasi merupakan bagian dari proposal usaha yang berisikan tentang beberapa rencana perusahaan lengkap dengan latar belakang dan target yang jelas dan rinci untuk menarik investor.

Jadi dapat disimpulkan bahwa proposal ini juga termasuk dalam proposal usaha yang tercatat dalam tulisan dan memuat secara lengkap tentang rancangan usaha yang akan dibaca oleh pihak lain.

Mulai dari prospek kedepannya, bagaimana jalannya proses usaha, biaya yang dibutuhkan hingga perhitungan kembalinya modal dan lain sebagainya.

Proposal ini akan menjadikan pertimbangan calon investor apakah nantinya akan menerima tawaran kerjasama atau tidak karena prospek usaha yang dijalankan bisa terlihat dari proposal usaha ini.

Tujuan dan Fungsi Utama dari Proposal Investasi untuk Menarik Investor

Melihat penjabaran diatas, tujuan utama dari jenis proposal ini yakni untuk menambah dana bagi usaha yang sedang atau akan dikerjakan. 

Tak hanya itu, proposal investasi juga memiliki tujuan untuk menumbuhkan ketertarikan dan kepercayaan pada investor untuk lebih memilih usaha yang kita jalankan dibandingkan dengan usaha orang lain.

Oleh sebab itu, dalam pembuatan penulisan proposal investasi ini harus dibuat dengan jelas serta menarik dan kreatif agar dapat menyita perhatian investor karena semakin terperinci dan semakin menarik proposalnya, maka akan semakin besar juga peluang diterima.

Berikut beberapa fungsi dari proposal investasi yang sudah Kredit Pintar rangkum dari beberapa sumber agar Sobat Pintar dapat memiliki gambaran saat ingin membuat proposal ini guna menambah dana bagi usaha sobat: 

  • Menjadi perbandingan antara perkiraan dan keadaan yang terjadi saat suatu usaha dijalankan.
  • Menguji strategi bisnis yang sudah dirancang oleh pihak yang lain.
  • Membuat bisnis semakin matang, karena para pengusaha akan dituntut untuk lebih objektif dan lebih kritis.
  • Memperhitungkan tingkat keberhasilan bisnis juga memprediksi pelaksanaan.
  • Transparansi biaya yang jelas, baik berupa dana yang masuk ataupun keluar.
  • Mampu memprediksi kemungkinan risiko dan merancang langkah antisipatif.
  • Mengetahui potensi pasar dan perkiraan market share.
  • Memberikan peluang kerjasama dengan pihak yang lain.
  • Mendatangkan modal usaha dari investor.
  • Memberi gambaran hak dan kewajiban dari pemilik usaha.
  • Dapat digunakan untuk kebutuhan mengurus perizinan usaha.
  • Nantinya dapat dijadikan evaluasi keuangan.

Tips membuat Proposal Keuangan yang Mudah Agar Segera Diterima Oleh Investor

Mengingat tujuan dari proposal investasi yakni agar mudah menarik investor agar mau menanamkan uang mereka di bisnismu, maka dalam membuat proposal investasi sobat harus bisa membuatnya semenarik mungkin dan membuat para investor akan memutuskan untuk menanam modal.

Berikut ini susunan dan tips membuat proposal investasi yang tepat guna mendatangkan investor:

  1. Buat BAB Pendahuluan

Hampir semua proposal bahkan skripsi dan tesis menggunakan ini, bab pendahuluan sangatlah penting bagi banyak investor karena dari bab inilah para investor bisa mengetahui latar belakang dan tujuan dari bisnis tersebut.

Diketahui, bahwa dalam isi dari bab pendahuluan harus berisi mengenai visi dan misi perusahaan ataupun usaha serta gambaran kedepan yang akan diraih oleh usaha Sobat Pintar.

Bab ini yang bisa dikatakan sebagai first impression dari sebuah dokumen curiculum vitae disaat sobat ingin melamar sebuah pekerjaan di suatu perusahaan.

Jadi berikan kesan pertama terlebih dahulu kepada calon investor yang akan Sobat targetkan dan berharap para investor tersebut yakin dan bisa meraih untung jika menanamkan modal di usaha sobat.

  1. Profil Badan Usaha

Setelah menentukan sebuah visi dan misi dengan tujuan yang jelas pada bab pendahuluan, ada baiknya untuk membuat sebuah profil dari badan usaha yang sobat miliki.

Memiliki tiga poin utama pada susunan profil badan usaha, yakni:

  • Jenis usaha yang dijalankan
  • Nama usaha atau brand
  • Lokasi usaha

Dari ketiga informasi tersebut merupakan salah satu poin terpenting pada proposal investasi yang mana memiliki tujuan yang sangat jelas agar investor mengetahui jenis usaha yang dijalankan dan berada dimana.

Informasi ini juga dapat dijadikan analisis pasar oleh para investor guna menentukan seberapa besar potensi yang dimiliki untuk mendapatkan kesuksesan, dan membuat investor tidak akan berpikir berkali-kali jika ingin menginvestasikan dananya ke usaha sobat.

  1. Tulis Struktur Organisasi

Karena setiap usaha atau organisasi pasti memiliki struktur organisasi agar investor mengetahui lebih jelas mengenai bagaimana susunan tugas yang ada dalam usahamu. Dari siapa pemiliknya, nama karyawan, dan lain sebagainya.

  1. Informasi Produk Usaha

Tulis semua informasi yang terkait dengan produk usaha dengan jelas, sebab calon investor pasti ingin mengetahui produk apa saja yang akan ditawarkan kepada masyarakat dan apakah produk tersebut dapat diterima dengan baik atau tidak dengan keunggulan-keunggulan yang ada.

  1. Target Pasar

Poin terpenting dalam sebuah usaha adalah target market, dan dalam sebuah proposal investasi harus juga memiliki poin penting ini. 

Secara umum, membuat target pasar akan mempermudah investor mengetahui siapa yang akan menjadi target usahamu dan konsumen mana yang tepat untuk semua produk-produk kami.

  1. Tuliskan Promosi dan Pemasaran

Dalam bidang apapun, mempromosikan dan memasarkan sebuah produk menjadi bagian terpenting guna kelancaran dalam usaha. 

Investor tidak akan mau jika cara promosi dan pemasaran masih menggunakan cara yang terbilang kuno. Buat penjelasan yang menarik serta jelas bagaimana produk yang ada dapat dikenal dan diterima masyarakat.

  1. Laporan Keuangan

Dari semua poin diatas, persentase keputusan investor akan terletak pada laporan posisi keuangan yang ada. 

Buatlah secara rinci dan transparan. Alokasikan dana usaha yang dibutuhkan, buatlah skema perhitungan laba yang bisa diraih, kemudian buat sistem perhitungan bagi hasilnya.

  1. Bab Penutup serta Lampiran

Berikan kata-kata penutup dengan menggunakan kata yang sangat tepat dengan tidak lupa menyatakan rasa terima kasih kepada calon investor karena telah meluangkan waktunya untuk membaca proposal investasi sobat.

Tak hanya itu, berikan beberapa lampiran seperti Surat Izin Usaha, Sertifikat Usaha, hingga Sertifikat Pelatihan. 

Beberapa dokumen tersebut dapat membantu meyakinkan bahwa bisnis yang sobat jalankan sesuai peraturan dan memiliki legalitas.

Itulah beberapa tips agar proposal investasi yang Sobat Pintar buat dapat diterima dengan baik oleh para calon investor guna mendapatkan tambahan dana agar usaha semakin maju dan berkembang.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
26 Nov 2021
mobile-closeKredit PintarDownload