Belum Sempat Berkurban? Persiapkan Idul Adha Tahun Depan dari Sekarang

Bagi umat Muslim yang sudah berpenghasilan tentunya memiliki keinginan untuk menyumbang hewan kurban tiap tahunnya. Entah itu kambing atau sapi, secara keluarga atau perseorangan, berkurban merupakan suatu keharusan bagi umat Muslim yang sudah berpenghasilan.

READ MOREright-icon
Tambah Penghasilan dengan Kerja Online

Bagi Sobat Pintar yang butuh penghasilan tambahan, kerja online bisa jadi alternatif yang terbukti efektif. Selain bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun, kerja online juga tidak butuh modal. Hanya butuh koneksi internet saja, pundi-pundi uang sudah siap dipetik. Namun masih banyak orang yang belum tahu bagaimana cara memulainya, di situs mana saja bisa kerja online, hingga bidang apa saja yang banyak dicari.

READ MOREright-icon
Identik dengan Gaya Hidup Berlebihan, Haruskah Generasi Milenial Ubah Pola Pikir?

Dengan hanya membaca judul, kebanyakan dari Sobat Pintar pasti berpikiran kalau generasi milenial lah yang harus mengubah cara hidupnya. Karena seperti stigma yang sudah melekat, generasi milenial dipandang sebagai generasi yang konsumtif yang gemar menghamburkan uangnya untuk berbelanja online atau sekadar ngopi di kafe. Nah, sekarang kita coba melihat kehidupan dari segi generasi milenial. Kebiasaan untuk ngopi di kafe ataupun belanja online sebenarnya didasari karena maraknya orang yang membuka bisnis tersebut.  

READ MOREright-icon
Guilty Pleasure yang Merugikan untuk Keuangan Pribadi

Sobat Pintar pernah nggak sih, dengar istilah “guilty pleasure”? Istilah bahasa Inggris ini memang belum ada padanan langsungnya ke dalam bahasa Indonesia. Kalau diterjemahkan secara literal akan jadi “kesenangan bersalah”… terdengar aneh ya.

READ MOREright-icon
Kerja Freelance? Yuk Cari Tahu Perencanaan Keuangan yang Baik

Pernah menjumpai orang yang betah nongkrong di coffee shop, bahkan terkadang dari pagi hingga sore hari? Yep, bisa jadi orang tersebut kerja freelance. Freelancer atau pekerja lepas sekarang menjadi pilihan karir bagi banyak orang karena keleluasaan waktu dan tempat bekerja. Memang bagi sebagian orang bekerja di kantor dalam rumusan waktu 9-5 ditengah aturan-aturan yang berlaku membuat mereka merasa terbatasi. Ragam bidang freelance pun lumayan banyak, seperti penulis lepas, penerjemah dokumen, pemandu wisata, hingga fotografer.

READ MOREright-icon
Cara Mengatur Keuangan dengan Formula Budgeting 50/20/30

Jika Sobat Pintar terhitung baru dalam hal perencanaan keuangan pribadi, mengatur keuangan bisa jadi hal yang memusingkan. Bukan cuma menyesuaikan jumlah pemasukan dan pengeluaran saja, banyak keputusan yang harus dibuat supaya kita tidak menghamburkan uang. Bisa aja sih bergantung pada pengalaman manajemen keuangan orang lain, tapi kan kondisi dan cara mengatur keuangan masing-masing orang berbeda. Sewa kamar kost seharga Rp 2,5 juta sebulan mungkin hal yang wajar bagi sebagian orang, tapi bisa jadi tidak akan cocok untuk kita.

READ MOREright-icon
Bikin Gajian Sobat Pintar Makin Bermakna, Ini Cara Terbaik Mengaturnya!

Gajian adalah momen sakral yang ditunggu karyawan tiap bulan. Baik gaji yang sedikit atau banyak, gajian sendiri bisa dibilang menopang kebutuhan karyawan sebagai konsumen.

READ MOREright-icon
Kecanduan Belanja Online, Bahayanya Nggak Bisa Diremehkan!

Era e-commerce dengan tawaran kemudahan dalam belanja online memang menguntungkan banyak pihak, tapi masih ada banyak orang yang kesulitan mengatur kondisi keuangan. Nggak tanggung-tanggung, hanya dalam kurun waktu seminggu ada orang yang mengeluh:

READ MOREright-icon
Hubungan Buruk Generasi Milenial dan Produk Keuangan

Di tengah banyaknya tantangan keuangan yang mengintai di masa depan, generasi milenial yang terkenal akan kebiasaannya menghabiskan waktu dan uang untuk minum kopi di kafe ternyata juga merupakan generasi yang sadar menabung untuk masa depan.

READ MOREright-icon
Pahami Bedanya Masalah Keuangan Dahulu dan Sekarang, Yuk!

“Lain dulu lain sekarang” sepertinya makin relevan untuk digunakan dalam konteks membandingkan hal yang ngetren sekarang dengan jaman dulu. Kemajuan teknologi yang memudahkan kehidupan di era sekarang, dibandingkan dengan dulu yang terhitung berbelit-belit, contohnya bila ingin mengirim uang harus ke kantor pos untuk pakai wesel, sekarang transfer uang bisa melalui smartphone masing-masing. Perkembangan jaman ini secara langsung juga mengakibatkan perubahan pola pikir kita. Banyak pemikiran jaman dahulu yang tidak bisa diaplikasikan sekarang. Nah, hal ini pun menimbulkan perbedaan masalah keuangan yang dihadapi.

READ MOREright-icon