Contoh Isi Surat Pengalaman Kerja Untuk Melamar Pekerjaan

Contoh Isi Surat Pengalaman Kerja Untuk Melamar Pekerjaan

19 May 2021 by kreditpintar
isi surat pengalaman kerja

Saat Sobat Pintar menulis lamaran kerja, lampiran sudah hampir pasti menjadi yang paling tebal di antara semuanya. Surat pengalaman kerja adalah salah satu yang dapat Sobat Pintar cantumkan pada lampiran. 

Surat pengalaman kerja umumnya dikeluarkan oleh perusahaan tempat Sobat Pintar bekerja sebelumnya. Namun terkadang, perusahaan tidak memiliki cukup waktu untuk menulis keseluruhan isi surat penanda pengalaman kerja Sobat Pintar dan hanya memiliki waktu untuk menunjukkan bagian surat yang harus direvisi dan menandatanganinya saja.

Jadi, Sobat Pintar pun harus mengetahui komponen isi yang harus ada pada surat penanda pengalaman kerja yang Sobat Pintar miliki. Dari situ, Sobat Pintar dapat mengenal cara menyusun surat ini. Berikut ulasannya:

Isi Surat Pengalaman Kerja

Pertama-tama, surat pengalaman kerja milikmu harus mencantumkan nama resmi perusahaan tempat Sobat Pintar bekerja, bukan hanya nama merek produknya saja. Bagian departemen pekerjaan dan nama lengkapmu juga harus tertulis jelas dan lengkap sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.

Dalam surat pengalaman kerja yang Sobat Pintar miliki, kop surat berisi nama dan alamat lengkap perusahaan, nomor telepon, email, atau akun media sosial perusahaan. Logo perusahaan juga harus ada pada kop surat pengalaman kerja.

Bagian uraian surat pengalaman kerja menandakan berapa lama dan sejak kapan Sobat Pintar menjabat pada posisi dalam perusahaan lamamu, alasan Sobat Pintar mengundurkan diri, dan pencapaian apa yang Sobat Pintar lakukan bersama perusahaan lamamu.

Cara Membuat Surat Pengalaman Kerja

Setelah mengenal isi surat pengalaman kerja, Sobat Pintar akan mengetahui cara membuat surat penanda pengalaman kerjamu. 

Cara membuat surat penanda pengalaman kerja pada umumnya dapat dilakukan menggunakan Microsoft Word. Tidak perlu mengunduh versi terkini, karena versi cloud dari Microsoft Word juga tersedia dalam bentuk Google Docs.

Pada umumnya, perusahaan memiliki warna dan template default yang disesuaikan dengan visi, misi, dan nilai-nilai yang dianut oleh perusahaan. Warna dan template default ini tercermin dari jenis, warna, dan ukuran font yang digunakan.

Cara menyusun surat penanda pengalaman kerja untuk perusahaan-perusahaan yang tidak memiliki warna dan template default tidak jauh dari memanfaatkan font yang biasa dipakai namun memiliki tingkat keterbacaan tinggi, seperti Arial atau Times New Roman 12.

Setelah siap dengan isi surat pengalaman kerja, kini saatnya Sobat Pintar mengejar bagian dalam perusahaan yang dapat memberikan tanda tangan dan stempel perusahaan, yang juga merupakan elemen penting dari surat pengalaman kerja. 

Bagian dalam perusahaan tersebut biasanya adalah direktur atau HRD, namun juga dapat memiliki sebutan lain tergantung dari budaya perusahaan yang dimiliki. 

Ketika Sobat Pintar sudah merevisi semua bagian yang diperlukan dan mendapatkan tanda tangan dan stempel perusahaan, Sobat Pintar dapat memperoleh nomor resmi surat untuk pengalaman kerja yang hanya dapat dikeluarkan perusahaan yang bersangkutan.

Jadi, Bagaimana Selanjutnya?

Sobat Pintar sudah mengetahui isi surat penanda pengalaman kerja. Sobat Pintar pun sudah belajar tata cara menyusun surat pengalaman kerja yang tidak memberatkan perusahaan tempatmu bekerja dahulu.

Perlu diingat bahwa surat pengalaman kerja hanya salah satu lampiran yang Sobat Pintar butuhkan untuk lamaranmu. Sobat Pintar masih harus melengkapinya dengan ijazah, sertifikasi, dan tentunya mental dan kemampuan untuk menghadapi tes-tes sebelum diterima sebagai karyawan.

Kalau Sobat Pintar sudah diterima sebagai karyawan, selamat! Sobat Pintar bisa melakukan apa saja dimulai dari gaji pertamamu. Mengajukan pinjaman online yang mudah, cepat, dan berbiaya murah, seperti Kredit Pintar, adalah salah satunya.

Akhirnya, semoga surat pengalaman kerja yang Sobat Pintar miliki dapat membuatmu lolos seleksi karyawan dan juga memperoleh pinjaman online yang mudah seperti Kredit Pintar, ya!

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk