Mengenal Chainlink secara Ringkas

20 Sep 2022 by Kredit Pintar, Last edit: 21 Sep 2022

Akhir-akhir ini geliat investasi semakin meningkat, mungkin karena efek pandemi hingga banyaknya endorsement tentang investasi. Berbagai macam produk investasi telah muncul dengan segala keunggulan dan kekurangannya. Dan yang terkenal saat ini adalah chainlink coin.

Perkembangan teknologi dan informasi memberi dampak di sektor investasi, memperlihatkan bahwa investasi digital kini semakin canggih. Kecanggihan tersebut dibuktikan dengan adanya produk investasi berupa crypto atau cryptocurrency. 

Jenis investasi ini menawarkan skema return tinggi, tetapi resikonya juga tinggi. Secara singkat, kripto merupakan mata uang digital di dunia maya. Investasi kripto dapat dijangkau oleh semua orang di dunia.

Investasi kripto semakin digandrungi oleh khalayak umum, terutama generasi muda yang tahu akan keuntungan dari investasi jenis ini. Berbagai aset mata uang kripto semakin diminati oleh para investor, sebut saja Dogecoin, BNB, Ethereum, hingga Bitcoin.

Artikel ini akan membahas mata uang kripto yang sekarang cukup populer, yaitu Chainlink coin. Chainlink merupakan mata uang kripto yang diproduksi oleh perusahaan Chainlink, simak selengkapnya di bawah ini:

Baca juga: Apa itu Metaverse Coin? Dan Token Apa Saja?

Mengenal Mata Uang Kripto Chainlink

Chainlink merupakan jaringan oracle dengan sifat desentralisasi yang ditujukan untuk menghubungkan smart contract dan data dunia nyata. Sergey Nazarov dan Steve Ellis adalah dua pengembang yang mendirikan jaringan ini.

Chainlink adalah token kripto yang mempunyai kode nama LINK atau $LINK. Chainlink membuat mata uang kripto ini di jaringan ETH (Ethereum) dengan kode token ERC677 berdasarkan standar fungsi token ERC20. 

Pada dasarnya, token ini ditujukan untuk melakukan transaksi di platform kepunyaan mereka sendiri. Transaksi seperti penarikan atau transfer data di jaringan Chainlink akan menggunakan Chainlink Coin ($LINK) dengan token ERC20.

Mekanisme LINK adalah memberikan data eksternal pada smart contract berdasarkan aturan software dan node. Pengguna yang bertransaksi melalui pengambilan data harus membayar sejumlah token LINK. 

Pembayaran LINK tersebut akan digunakan sebagai reward bagi Chainlink Node Operator. 

Cara Mendapatkan Chainlink Coin

Chainlink (LINK) Address Activity Hits 3-Month High, Price Tops $28

Sobat harus memiliki dompet Ethereum ketikaingin mendapatkan mata uang kripto LINK (Chainlink coin) ini, karena jaringan token LINK tersedia di Ethereum. Untuk memperoleh LINK, sama seperti ketika sobat ingin mendapatkan coin ETH. 

Jadi, di bawah ini akan dibahas mengenai tata cara pendaftaran dompet Ethereum beserta cara mendapatkannya:

Membuat Dompet Ethereum

Fungsi dompet adalah untuk mengirim transaksi, terhubung dengan aplikasi, dan membaca saldo. Dompet ini sebagai alat untuk mengelola akun Ethereum, berikut ini langkah-langkah dalam membuat dompet Ethereum:

  • Download aplikasi dompet Ethereum dari aplikasi resmi, seperti Play Store, AppStore, dan lain-lain
  • Jika sudah, silahkan buka dompet dan klik “Membuat Dompet Baru”
  • Silahkan buat kata sandi dengan kombinasi huruf, angka, dan symbol, jangan sampai lupa.
  • Jika sudah silahkan klik “Buat Dompet Baru”
  • Dapatkan private key dengan cara mengunduhnya (Keystore ini penting, jangan sampai lupa, karena digunakan untuk membuka wallet, simpan private key di tempat yang aman dan mudah diingat)
  • Jika sudah disimpan dan diingat, maka klik “Lanjutkan”
  • Simpan private key, sekali lagi jangan sampai lupa atau hilang. Silahkan catat di tempat aman, seperti di notebook, catatan kertas, atau di tempat yang sobat rasa aman. Hal ini untuk mengantisipasi ketika sobat lupa password.
  • Gunakan private key atau kunci pribadi ketika membuka dompet Ethereum.
  • Kini dompet Ethereum sudah dapat sobat gunakan

Baca juga: Yang Perlu Anda Ketahui tentang Ethereum dan ETH

Cara Memperoleh Ethereum

LINK active addresses are rising but this brings many concerns - The Coin  Republic: Cryptocurrency , Bitcoin, Ethereum & Blockchain News

Jika sobat sudah mempunyai dompet Ethereum, maka langkah selanjutnya adalah bagaimana cara mendapatkan Ethereum? Karena caranya sama seperti ketika sobat ingin mendapatkan Chainlink coin, berikut ini cara-cara yang dapat sobat lakukan:

1. Mining Ethreum

Mining Ethereum, yaitu menciptakan coin ETH baru dan melakukan penyimpanan catatan transaksi uang digital. Hal ini biasa disebut “penambangan”, penambangan dilakukan dengan cara verifikasi dan menambah transaksi Ethereum di perangkat komputer canggih dalam sebuah buku kas.

2. Faucet

Faucet Ethereum merupakan cara yang hamper sama dengan bitcoin faucet. Perbedannya terletak di perolehan imbalan, yaitu berupa token ETH. Tugas-tugas yang harus diselesaikan antara lain: menonton iklan, bermain game, menyelesaikan captcha, hingga melakukan penambangan data. 

3. Games

Cryptokitties adalah suatu permainan yang dapat sobat coba, karena imbalan bermain game ini adalah token ETH sehingga cocok untuk sobat yang sedang mencari token ETH.

4. Airdrop

Mungkin sudah banyak yang tahu, cara selanjutnya adalah Airdrop atau Bounty, yaitu berpartisipasi aktif dalam menyebarkan kampanye pengembangan suatu game. Cara ini cukup menggiurkan, karena tugas yang dilakukan tidak berat dan berpotensi mendapatkan koin ETH dengan reward besar.

5. Melakukan Pembelian Ethereum

Cara terakhir ya sudah pasti membeli koin ETH. Sobat bisa melakukan pembelian melalui Bursa atau Exchange, yaitu pasar mata uang kripto. Caranya sebagai berikut:

  • Buat akun di online Exchange
  • Verifikasi terkait identitas
  • Menyetorkan uang fiat, bisa berupa dollar atau rupiah
  • Jika sudah setor, maka silahkan mulai trading bursa
  • Menarik ETH atau uang ke dompet ETH yang sobat punya
  • Setelah selesai daftar dan berhasil verifikasi, maka barulah sobat dapat melakukan transaksi pembelian Ethereum atau jual beli koin kripto lainnya

Jual beli LINK atau Chainlink di Ethereum kurang lebih sama seperti tata cara di atas, sobat hanya perlu pilih aset dan menentukan jumlah yang ingin dibeli. Begitu pula saat menjual, sobat hanya perlu memilih aset dan menentukan jumlah yang akan dijual.

Investasi kripto merupakan investasi digital dengan high return, tetapi juga tinggi resiko. Sebenarnya investasi ini lebih praktis dan udah untuk dilakukan, asalkan sobat sudah memiliki pengetahuan tentang kripto. 

Baca juga: Cryptocurrency Bursa List dan Platform Terbaik

Semua prosesnya dilakukan secara online, bagaimana sobat? Apakah sobat tertarik untuk membeli Chainlink coin? Yang penting sobat telah memiliki ilmu dalam menekuni dunia kripto, jangan sampai hanya karena ikut-ikutan tren saja. 

Pelajari lebih dalam, karena kripto tidak mudah dan beresiko tinggi.Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
21 Sep 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download