Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android 2022

12 Jul 2022 by Laruan, Last edit: 11 Jul 2022

Saat membeli smartphone baru, biasanya sudah terinstall beberapa aplikasi bawaan. Kebanyakan, aplikasi tersebut tidak berguna dan malah menghabiskan memori penyimpanan. Tapi tenang, cara menghapus aplikasi bawaan bisa dilakukan dengan mudah. Yuk simak langkah-langkahnya lebih lengkap dibawah ini!

Baca juga: Masih Bingung Perbedaan Utang dan Piutang? Simak berikut! | Kredit Pintar 

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan HP Android Tanpa Root

1. Uninstall Aplikasi

Cara menghapus aplikasi bawaan dapat dilakukan meski kamu tidak melakukan rooting. Berikut adalah cara meng uninstall aplikasi di HP Android.

  • Masuk ke “Settings” dan cari menu “Apps.”
  • Lalu, seleksilah aplikasi apa saja yang ingin Sobat Pintar hapus. Misal, Contact Manager, Device Service, dan aplikasi lainnya.
  • Sobat Pintar dapat menghapus aplikasi yang memiliki simbol “Kotak” di bagian kanan dengan mengklik atau checklist kotak tersebut.
  • Setelah itu, klik “Uninstall.”

Cara ini dapat digunakan di HP Android manapun. Meskipun Sobat Pintar menggunakan HP Android yang berbeda, namun konsep dasar menghapus aplikasi bawaan ini tetap sama.

2. Disable Aplikasi

Menghapus aplikasi bawaan yang paling baik adalah melakukan rooting terlebih dahulu. Namun, jika Sobat Pintar tidak ingin mengambil resiko, kalian bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka “Settings” dan pilih menu “Apps.”
  • Lalu, geser ke arah kanan hingga muncul tab “All Category.”
  • Carilah aplikasi yang ingin kamu hapus dan klik tombol “Disable.”
  • Kamu akan mendapatkan pesan peringatan untuk tidak melakukan disable aplikasi.
  • Jika sudah yakin ingin menghapus, tekan “OK.”

Perlu Sobat Pintar ingat, tidak semua aplikasi bawaan dapat kalian disable sesuka hati. Ada beberapa aplikasi penting yang memang tidak boleh di disable, seperti Contact, SMS, Call, dan lain-lainnya.

Setelah menyelesaikan langkah-langkah tersebut, aplikasi yang sudah Sobat Pintar disable tidak akan aktif lagi. Jadi, HP Sobat Pintar akan jauh lebih menghemat baterai daripada sebelumnya.

Cara mengaktifkan kembali aplikasi yang sudah di disable juga mudah. Sobat Pintar hanya perlu melakukan langkah-langkah di atas. Lalu, pilih aplikasi yang ingin kamu aktifkan kembali dan klik tombol “Enable.”

Baca juga: Cara Ternak Ayam Modal 1 Juta untuk Pebisnis Pemula | Kredit Pintar 

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Setelah Rooting

Metode selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah melakukan root. Trik ini sangat terkenal dan sangat bermanfaat bagi para pemilik HP Android. 

Terdapat beberapa cara untuk membuang aplikasi bawaan setelah melakukan rooting. Salah satunya adalah dengan mengunduh aplikasi Custom ROM yang berfungsi untuk menghapus aplikasi bawaan.

1. Root Explorer

Root Explorer adalah aplikasi yang harus dimiliki oleh pengguna HP Android. Pada dasarnya, aplikasi hampir sama seperti aplikasi File Explorer pada umumnya. Namun, aplikasi Root Explorer dapat membuka, mengedit, dan menghapus berbagai macam file yang ada di dalam sistem Android.

Cara menghapus aplikasi bawaan dengan Root Explorer juga sangat mudah. Sobat Pintar hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Langkah pertama, buka aplikasi Root Explorer dan klik “Mount as R/W” yang terletak di bagian pojok kanan atas.
  • Pastikan posisinya sudah berada di “R/W” atau read and write dan bukan “R/O” atau read only.
  • Lalu, buka Folder System App. Sobat Pintar akan melihat berbagai aplikasi bawaan yang ada di sistem Android.
  • Seleksi aplikasi apa saja yang akan kalian hapus.
  • Setelah selesai menyeleksi, tekan “Delete.”

Perlu Sobat Pintar ingat, saat ingin menghapus aplikasi bawaan, pastikan aplikasi tersebut bukanlah aplikasi yang penting atau vital buat Android. Jika Sobat Pintar salah menghapus, HP kalian tidak akan berjalan dengan normal.

2. ES Explorer

Sama seperti Root Explorer, EX Explorer adalah aplikasi File Explorer yang dapat memodifikasi file system. Hal yang membedakan aplikasi ini dengan sebelumnya adalah memiliki tampilan yang sangat bersahabat dan memiliki fitur yang jauh lebih lengkap.

Cara menggunakan aplikasi ini sangat mudah. Sobat Pintar hanya perlu memberikan akses root. Setelah itu, pilahlah aplikasi apa saja yang ingin Sobat Pintar hapus dan lakukan langkah-langkah yang sama seperti panduan sebelumnya.

3. Link2SD

Aplikasi ini tidak hanya berfungsi untuk memindahkan aplikasi ke SD Card, Sobat Pintar juga bisa mengandalkan aplikasi ini untuk menghapus berbagai bloatware yang tidak penting.

Pertama- tama, instal aplikasi Link2SD. Lalu, pilih aplikasi apa saja yang akan dihapus. Centang opsi uninstall dan klik tombol “Action”. Peringatan akan muncul setelah aksi ini, klik OK untuk melanjutkan proses.

4. Titanium Backup

Titanium Backup adalah salah satu aplikasi yang harus ada untuk HP Android yang telah di root. Aplikasi ini bisa dibilang selaku Swiss Knife- nya Android sebab mempunyai banyak fitur yang sangat berguna.

Salah satu keunggulannya adalah dapat menghapus aplikasi bawaan atau aplikasi yang ada di dalam sistem. Cara melakukannya juga sangat mudah, Sobat Pintar hanya perlu membuka aplikasi ini dan pilah aplikasi apa saja yang mau kalian hapus.

Setelah selesai memilah, tekan aplikasi tersebut hingga muncul opsi “Delete” atau “Uninstall.” Setelah itu, aplikasi akan hilang dari HP Android kamu.

5. Custom ROM

Jika Sobat Pintar tidak mau menggunakan banyak aplikasi, kalian bisa menginstall aplikasi Custom ROM saja. Aplikasi ini memiliki reputasi yang cukup baik di komunitas gadget.

Salah satu keunggulan aplikasi ini adalah mereka memiliki banyak pendukung dari komunitas. Jadi, jika Sobat Pintar mengalami masalah atau kendala, kalian bisa masuk ke dalam forum dan bertanya-tanya secara langsung dengan mereka.

6. CC Cleaner

Cara menghapus aplikasi bawaan yang terakhir bisa dilakukan dengan CC Cleaner. Aplikasi ini berfungsi dan bekerja sebagai pembersih cache yang tertinggal atau tertanam di HP. Cara menggunakan aplikasi ini juga mudah, yaitu:

  • Unduh CCleaner di Google Play Store dan buka aplikasi setelah selesai install.
  • Pilih “Option” yang terletak di bagian kiri atas aplikasi dan cari “App Manager.”
  • Setelah itu, Sobat Pintar akan melihat aplikasi yang sudah dikategorikan berdasarkan statusnya, Installed, System, dan Disable.
  • Pilih tab System dan klik aplikasi yang ingin Sobat Pintar nonaktifkan. Lalu, klik gambar tempat sampah yang ada di bagian kanan bawah.
  • Jika muncul notifikasi, lakukan “Reboot Now” untuk menghapus aplikasi secara permanen.

Aplikasi CCleaner dapat digunakan di berbagai jenis Android karena aplikasi ini dapat diunduh di Google Play Store.

Baca juga: Penyebab Gigi Kuning dan Cara Mencegahnya Tanpa Pusing | Kredit Pintar 

Tambah Ruang Penyimpanan Dengan Menghapus Aplikasi Bawaan

Jadi itulah beberapa cara menghapus aplikasi bawaan HP Android yang bisa Sobat Pintar terapkan. Cara ini akan membuat HP Sobat Pintar irit baterai dan juga meningkatkan ruang penyimpanan di memori internal HP kalian.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
11 Jul 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download