Cara Mengatasi Muka Berminyak Agar Percaya Diri

02 Nov 2022 by Ary Wibowo, Last edit: 02 Nov 2022

Memiliki muka yang berminyak, mungkin membuat beberapa orang menjadi tidak percaya diri saat bertemu dengan orang lain. Namun mengatasi kulit berminyak ini mungkin belum banyak diketahui orang. Padahal ada banyak cara mengatasi muka berminyak yang mudah dilakukan. 

Lantas apa saja cara mengatasi muka berminyak tersebut? Mari simak terus penjelasan di bawah ini untuk mengetahui cara mengatasi muka berminyak yang bisa Sobat Pintar terapkan.

Kulit Berminyak

Pada dasarnya, minyak pada muka adalah hal yang wajar bahkan bermanfaat untuk kulit muka. Minyak pada muka ini akan mencegah munculnya keriput dan juga menjaga kelembabannya. Akan tetapi, saat minyak pada muka mulai berlebih akan menimbulkan berbagai masalah seperti muka terlihat mengkilap hingga menyumbat pori-pori sehingga muncul komedo dan jerawat. 

Baca Juga: Cara Membersihkan Karang Gigi Sendiri

Penyebab Muka Berminyak

Sebelum Sobat Pintar mengetahui apa saja cara mengatasi muka berminyak, sebaiknya pahami terlebih dahulu apa saja penyebab produksi minyak berlebih. Berikut ini beberapa penyebab muka berminyak yang perlu Sobat Pintar Ketahui.

  • Skin care yang tidak cocok: Sebelum Sobat Pintar menggunakan skin care, sebaiknya pahami jenis kulit terlebih dahulu. Apabila Sobat Pintar menggunakan skin care yang tidak sesuai dengan jenis kulit, maka bisa menimbulkan masalah seperti iritasi atau produksi minyak berlebih. 
  • Pori-pori terlalu besar: Seiring dengan bertambahnya usia, maka pori-pori muka akan semakin membesar. Selain itu kenaikan berat badan juga bisa menyebabkan pori-pori membesar. Pori-pori yang besar ini akan membuat produksi minyak menjadi lebih banyak dibanding orang normal. 
  • Berlebihan merawat kulit: Merawat kulit adalah hal yang penting dilakukan. Akan tetapi, sebaiknya jangan melakukannya dengan berlebihan karena menyebabkan kulit menjadi berminyak. Pasalnya, perawatan kulit muka yang berlebihan dapat menghilangkan minyak alami yang dibutuhkan. 
  • Genetik: Penyebab kulit menghasilkan minyak berlebih yang selanjutnya yaitu karena genetik. Jika dalam keluarga  Sobat Pintar ada yang memiliki masalah kulit berminyak, maka kondisi ini bisa diturunkan ke orang lain dalam keluarga. Risiko akan semakin tinggi, apabila yang mengalami masalah kulit berminyak dalam keluarga adalah orang tua sendiri. 
  • Konsumsi gula terlalu banyak: Penyebab kulit berminyak terakhir yaitu konsumsi gula yang berlebih. Pasalnya, gula yang berlebih bisa menyebabkan peradangan pada tubuh termasuk kulit sehingga kulit akan semakin berminyak. 

Baca Juga: Rekomendasi Sereal untuk Diet

Cara Mengatasi Muka Berminyak

Setelah Sobat Pintar mengetahui apa saja penyebab muka berminyak, saatnya Sobat Pintar mengetahui berbagai cara mengatasi muka berminyak. Oleh karena itu, mari simak beberapa cara mengatasi muka berminyak yang bisa Sobat Pintar terapkan di bawah ini.

  1. Rutin mencuci muka

Agar muka terhindar dari minyak berlebih, Sobat Pintar perlu rutin mencuci muka. Sangat disarankan untuk mencuci muka sebanyak dua kali dalam sehari saat pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Namun, jangan terlalu sering mencuci muka terutama menggunakan sabun pembersih muka karena bisa menghilangkan minyak alami yang dibutuhkan kulit. 

Agar kulit muka tetap sehat, sebaiknya gunakan sabun cuci muka yang lembut. Selain itu, hindari menggosok muka terlalu keras saat mencuci muka karena bisa menyebabkan iritasi pada kulit muka. Sebaiknya lakukan dengan lembut, sembari memberikan pijatan ringan. 

  1. Keringkan muka

Setelah mencuci muka, sebaiknya keringkan muka dengan benar. Mungkin beberapa dari Sobat Pintar akan mengeringkan muka dengan cara menggosoknya menggunakan handuk atau kain kasar. Namun sebenarnya, ini merupakan cara yang salah karena menyebabkan muka menghasilkan minyak yang semakin banyak

Cara mengeringkan muka yang benar yaitu menggunakan handuk yang lembut. Lalu bukan dengan digosok, melainkan ditepuk-tepuk secara perlahan hingga muka kering. 

  1. Gunakan tabir surya

Cara mengatasi muka berminyak yang bisa Sobat Pintar lakukan selanjutnya yaitu dengan menggunakan tabir surya atau sunscreen. Tabir surya ini sangat penting digunakan sebelum Sobat Pintar beraktivitas di luar ruangan. Sebaiknya, gunakan 30 menit sebelumnya,  agar tabir surya mampu menyerap dengan baik ke dalam kulit. 

Kegunaan dari tabir surya ini yaitu untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang bisa merusak kulit. Pasalnya paparan sinar matahari dapat menyebabkan munculnya jerawat, flek hitam, kulit keriput hingga kanker kulit. 

  1. Gunakan pelembap

Pada orang-orang yang memiliki muka dengan minyak berlebih, mungkin akan menghindari pelembap karena dapat membuat kulit tampak berminyak. Namun sebenarnya, orang dengan muka berminyak tetap butuh pelembap untuk mengatasi muka berminyak. Akan tetapi, bagi Sobat Pintar yang memiliki muka berminyak sebaiknya pilih pelembab tanpa kandungan minyak. 

Sobat Pintar juga bisa menggunakan pelembap alami seperti gel lidah buaya. Pasalnya, di dalam gel lidah buaya terdapat efek yang menenangkan kulit sehingga mampu mengobati jerawat dan juga merawat kulit berminyak. Namun perlu berhati-hati, pastikan tidak menimbulkan iritasi saat menggunakan pelembap alami ini. 

Baca Juga: Ada Masalah Penglihatan? Ini Biaya Lasik Mata

  1. Gunakan kertas minyak

Salah satu cara efektif mengatasi muka berminyak yaitu dengan menggunakan kertas minyak atau blotting paper. Kertas minyak ini mampu mengangkat minyak berlebih dengan cepat, sehingga muka tidak tampak mengkilap. Namun, kertas minyak ini hanya bisa mengangkat minyak berlebih bukan mengendalikan minyak berlebih pada muka. 

Cara menggunakan kertas minyak ini cukup mudah, Sobat Pintar hanya perlu menempelkan kertas pada area yang berminyak selama beberapa detik. Setelah itu, angkat kertas tersebut maka minyak di muka akan ikut terangkat. Namun, jangan gunakan kertas minyak yang sudah terpakai untuk kulit bagian lainnya karena hanya menyebarkan minyak ke area lainnya. 

  1. Hindari menyentuh muka

Apakah Sobat Pintar sering menyentuh muka saat sedang beraktivitas? Jika iya, sebaiknya segera hentikan kebiasan yang satu ini. Pasalnya, kebiasaan menyentuh muka merupakan salah satu penyebab muka berminyak karena terdapat bakteri, kotoran dan minyak pada tangan yang berpindah ke muka.

Apabila Sobat Pintar hendak menyentuh muka, sebaiknya cuci tangan terlebih dahulu menggunakan sabun. Dengan begitu, tangan sudah terbebas dari kotoran dan bakteri yang dapat merusak kulit. Namun, sebaiknya Sobat Pintar tidak perlu terlalu sering menyentuh muka jika tidak diperlukan. 

Mungkin cukup sekian penjelasan mengenai berbagai cara mengatasi muka berminyak yang bisa Sobat Pintar terapkan. Agar masalah muka berminyak yang sedang dialami bisa teratasi, sebaiknya terapkan beberapa cara di atas dengan konsisten agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Jika masalah kulit berminyak tidak teratasi cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter.  Artikel tentang cara mengatasi muka berminyak ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
02 Nov 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download