Cara Membersihkan Karang Gigi Sendiri

30 Mar 2022 by Laruan, Last edit: 25 Apr 2022

Pada umumnya, karang gigi akan sulit dihindari oleh seseorang jika tak mau menjaga kebersihan mulut. Banyak dari seseorang yang sering menyepelekan mengenai karang gigi yang mana dapat menimbulkan kerusakan pada gigi secara permanen. Sementara itu, dalam intensitas yang cukup ringan, gangguan yang dialami dapat diatasi dengan beberapa langkah sederhana. Lalu, bagaimana cara membersihkan karang gigi tanpa harus pergi ke dokter? 

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa Karang gigi juga dikenal sebagai kalkulus yakni, terdiri dari penumpukan plak dan mineral yang mengeras (kalsifikasi) pada gigi. Karang gigi menumpuk di antara gigi dan di bagian depan dan belakang gigi, terasa keras saat disentuh, dan menyajikan rona kuning atau coklat. 

Karang gigi dihasilkan dari makan makanan tinggi gula dan pati dan dengan menyikat gigi dan flossing kurang dari dua kali per hari. Pembentukan karang gigi juga spesifik untuk kimia tubuh masing-masing orang. Beberapa orang akan membentuk karang gigi yang berlebihan saat menyikat gigi dan flossing tiga kali sehari sementara yang lain menyikat hanya sekali dan tidak memiliki tanda-tanda Karang gigi. Stres, usia dan kesehatan sistem kekebalan merupakan faktor signifikan yang mempengaruhi keberadaan kalkulus pada populasi orang dewasa.

Baca Juga: 4 Syarat Pinjaman Online Mudah dari Kredit Pintar

Tanda-tanda Penumpukan Karang gigi

Karang gigi yang terbentuk di atas garis gusi mungkin berwarna kuning, cokelat, atau berwarna kusam dan sering menyebar untuk menutupi sebagian besar gigi jika tidak dicabut. Karang gigi yang terbentuk di bawah garis gusi mungkin berwarna coklat atau hitam dan dapat menyebabkan  gusi menyusut , keropos tulang, dan/atau penyakit periodontal. Tanda-tanda lain dari penumpukan karang gigi termasuk bau mulut, gusi yang teriritasi dan berdarah, gigi sensitif , dan gigi berlubang. Gusi juga dapat terangkat dan berwarna merah cerah karena peradangan.

Bagaimana Karang gigi Mempengaruhi Kesehatan Mulut Anda?

Penumpukan karang gigi menimbulkan efek yang merugikan pada kesehatan mulut Anda, akhirnya menyebabkan bau mulut kronis, radang gusi, gigi berlubang, penyakit gusi, keropos tulang dan akhirnya kehilangan gigi. Karang gigi bisa sangat sulit dihilangkan tanpa perawatan profesional dan meningkatkan risiko berbagai masalah kesehatan lainnya jika tidak ditangani. Misalnya, penyakit gusi yang dipicu oleh penumpukan karang gigi meningkatkan risiko diabetes, penyakit jantung, dan stroke, seperti dilansir Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan .

Bisakah Anda Menghilangkan Karang gigi Di Rumah?

Karang gigi dapat dihilangkan di rumah menggunakan satu atau kombinasi pengobatan alami. Flossing dan menyikat gigi dua kali sehari dapat membantu melonggarkan dan menghilangkan karang gigi, terutama jika Anda menggunakan sikat gigi elektrik. Menggunakan pasta gigi soda kue juga dapat menghilangkan karang gigi, mengingat sifat abrasif soda kue. 

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam  Journal of Clinical Dentistry, para peneliti mengetahui bahwa mereka yang menyikat gigi dengan pasta gigi soda kue memiliki pertumbuhan plak yang lebih sedikit dalam waktu 24 jam dibandingkan mereka yang menggunakan pasta gigi non-baking soda.

Pengobatan rumahan lainnya untuk menghilangkan karang gigi termasuk menarik minyak dan menggunakan flosser air bertenaga tinggi. Scaler gigi plastik juga tersedia tanpa resep dan dapat digunakan untuk menghilangkan beberapa blok Karang gigi dan kalkulus yang lebih besar. 

Sebagian besar pengobatan rumahan untuk menghilangkan Karang gigi ini tidak menghilangkan lapisan terakhir dan paling penting dari Karang gigi pada gigi dan oleh karena itu relatif tidak efektif dalam mencegah penyakit gusi. Pembersihan profesional oleh ahli kesehatan gigi berlisensi menggunakan scaler tajam sangat penting untuk berhasil menghilangkan kalkulus/Karang gigi dan membantu mencegah penyakit gusi.

Baca Juga: 5+ Cara Membuat Lilin Aroma Terapi Dengan Mudah

Mengapa Anda Harus Menemukan Dokter Gigi untuk Menghilangkan Karang gigi

Meskipun mungkin untuk mempelajari cara membersihkan karang gigi dari gigi Anda sendiri, prosesnya seringkali bisa memakan waktu beberapa bulan atau tahun jika Anda melakukannya di rumah. Menyikat dan flossing hanya menghilangkan karang gigi secara bertahap dari waktu ke waktu, seperti halnya menarik minyak dan menggunakan flosser air. Seorang dokter gigi dan ahli kesehatan gigi memiliki alat pembersih profesional dan keahlian yang dibutuhkan untuk menghilangkan karang gigi sepenuhnya hanya dalam beberapa kunjungan gigi yang nyaman.

Seorang dokter gigi dapat secara efektif menghilangkan karang gigi dari tempat yang sulit dijangkau dan memiliki visibilitas yang lebih besar untuk menghilangkan karang gigi jika dibandingkan dengan Anda mencoba hal yang sama, berdiri di depan cermin kamar mandi. Seorang dokter gigi juga memiliki ahli kesehatan gigi yang dapat memberikan bantuan tambahan sesuai kebutuhan. Seorang dokter gigi tidak hanya dapat menghilangkan karang gigi secara efektif tetapi juga dapat menyaring Anda untuk kondisi yang lebih serius seperti radang gusi atau penyakit gusi melalui pemeriksaan menyeluruh.

Cara Mencegah Penumpukan Karang gigi

Menyikat gigi dan flossing setidaknya dua kali sehari dapat membantu Anda mencegah penumpukan karang gigi. Mengunjungi dokter gigi secara teratur setiap enam, empat, atau tiga bulan… atau sesuai kebutuhan, juga dapat mencegah penumpukan karang gigi karena dokter gigi Anda akan mengikis plak dan karang gigi yang ada dan menggunakan perawatan fluoride yang membantu pencegahan.

Langkah-langkah lain yang dapat Anda ambil untuk mencegah penumpukan karang gigi termasuk mengurangi asupan gula, meningkatkan asupan buah-buahan dan sayuran segar, dan mengunyah permen karet yang mengandung sorbitol atau xylitol sebagai lawan dari gula asli. Perilaku ini dapat membantu mengurangi jumlah bakteri di mulut Anda yang berkontribusi terhadap penumpukan karang gigi.

Adapun cara sederhana yang dapat dilakukan rutin setiap harinya agar seseorang tak mengalami masalah pada giginya yakni dengan beberapa cara berikut ini:

1. Rutin dalam menyikat Gigi

Dalam menyikat gigi secara teratur merupakan salah satu cara membersihkan karang gigi yang paling ideal. Dengan melakukannya selama dua kali dalam sehari yakni setelah makan pagi dan sebelum tidur di malam hari akan membuat gigi akan selalu bersih.

2. Menyikat Gigi dengan teknik yang benar

Tak hanya rutin menyikat gigi dalam dua kali sehari untuk membersihkan karang gigi atau sisa makanan yang masih menyangkut pada rongga-rongga mulut, ada beberapa teknik yang benar agar proses menyikat gigi lebih baik lagi yakni dengan gerakan memutar dari atas kebawah dengan dimulai dengan gigi bagian paling dalam atau gigi geraham di sisi kanan dan kiri dan pastikan untuk tidak menyikat terlalu keras.

Baca Juga: Tanaman Pengusir Nyamuk di Pekarangan Rumah

3. Membersihkan dengan benang halus

Ada beberapa bagian yang tak dapat di jangkau oleh sikat gigi untuk membersihkan celah-celah yang ada pada rongga mulut, terutama pada bagian setiap batas gigi. Dengan menggunakan benang halus akan membantu proses pembersihan pada celah-celah gigi yang mana akan sangat membantu proses pembersihan gigi.

Itulah beberapa cara mudah yang dapat dilakukan untuk cara membersihkan karang gigi dirumah tanpa harus bantuan dokter sekaligus agar dapat menekan biaya. Namun, alangkah baiknya jika sudah memang dirasa harus untuk menggunakan jasa profesional, sesegera mungkin untuk menghubungi dokter spesialis agar bahaya pada gigi tidak lebih buruk lagi. 

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
25 Apr 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download