Rekomendasi Sereal untuk Diet

15 Apr 2022 by Laruan, Last edit: 18 Apr 2022

Saat sedang menjalani program diet, penting untuk mengatur pola makan dan selektif dengan makanan yang akan dikonsumsi. Misalnya saja saat sarapan. Sereal untuk diet bisa jadi pilihan terbaik.

Sereal merupakan makanan yang berasal dari biji-bijian baik itu dari jagung, gandum hingga oat. Tak hanya jadi pilihan praktis untuk sarapan, sereal juga bisa dikonsumsi saat diet.

Namun, bukan sembarang sereal. Karena produk sereal yang kebanyakan beredar di pasaran memiliki jumlah kalori yang cukup tinggi. Padahal tujuan utama kita diet untuk menurunkan berat badan. Sehingga harus mengonsumsi makanan dengan jumlah kalori yang sedikit.

Baca juga: 7+ Ide Jualan Paling Laris di Bulan Ramadhan 2022

Sereal yang dikonsumsi untuk diet haruslah sereal yang rendah gula. Sereal berwarna-warni yang banyak dijual di pasaran bukan lah pilihan yang tepat. Karena sereal dengan jenis tersebut mengandung gula yang tinggi serta miskin nutrisi.

Agar program diet berjalan dengan sukses, pilih lah sereal yang tepat. Berikut tips memilih sereal diet yang sehat dan membantu turunkan berat badan:

  1. Cari tahu bahan dasar sereal untuk diet yang dipilih

Baiknya, sereal diet mengandung bahan dasar seperti jagung (corn flakes) atau gandum. Kandungan gizi berupa serat, fosfor, folat, magnesium, vitamin C, omega 3 dan 6 membantu pencernaan Anda jadi lebih lancar ketika menjalani program diet. 

Selain jagung dan gandum, bisa juga memilih sereal dengan bahan dasar oat. Oat mengandung sumber karbohidrat, vitamin dan serat yang tentunya cocok bagi Anda yang sedang menjalankan diet. 

  1. Pilih sereal diet yang mengandung gula rendah

Bacalah label makanan terlebih dulu sebelum memutuskan untuk membeli sereal diet. Cek kandungan gula yang ada di dalamnya. Pilih lah sereal diet dengan kandungan gula di bawah 5 gram per porsi.

Baca juga: Mengenal Ragam Manfaat Kunyit bagi Kesehatan Tubuh

Jika mengonsumsi sereal yang tinggi gula, maka kadar gula darah dan insulin di dalam tubuh akan meningkat tajam. Dalam beberapa jam kemudian, tubuh kita akan membutuhkan karbohidrat. Akibatnya bisa membuat kita makan berlebihan.

  1. Pilih rasa sereal diet yang bisa dinikmati

Bagi orang yang baru pertama kali mengonsumsi sereal dengan rasa original biasanya akan merasa aneh karena tidak terbiasa. Anda bisa memilih sereal diet dengan varian rasa seperti cokelat, vanila hingga madu. 

Bahkan, ada juga produk sereal yang mengandung varian buah kering. Padukan dengan susu skim atau susu rendah lemak.

Selain itu, sereal diet juga bisa diolah menjadi sajian lain seperti pancake dan smoothie. Dijamin rasa sereal diet yang Anda konsumsi pun jadi semakin enak.

Jenis sereal diet yang cocok dikonsumsi saat sarapan

Tak sulit untuk menemukan sereal diet. Ada berbagai macam jenis sereal diet yang bisa dibeli dengan mudah baik itu lewat e-commerce maupun di supermarket. Saking banyaknya pilihan sereal diet, terkadang justru membuat Anda kebingungan untuk memilihnya.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut jenis sereal diet yang cocok untuk dikonsumsi saat sarapan. Apa saja sih?

  1. Cornflake

Cornflake merupakan jenis sereal yang tinggi karbohidrat, zat besi dan vitamin B kompleks. Sereal jenis ini cocok dikonsumsi oleh anak-anak maupun orang dewasa. Jika ingin mendapatkan rasa yang lebih enak, tambahkan potongan buah seperti pisang, stroberi atau bisa juga taburan kismis.

Rekomendasi merk sereal cornflake untuk diet adalah Kellogg’s Corn Flakes. Produk yang satu ini merupakan pionir sereal jagung yang sudah berusia lebih dari satu abad. Kellogg’s Corn Flakes mengandung kalori yang rendah dan nutrisi lengkap sehingga cocok dikonsumsi saat sarapan.

  1. Oatmeal

Untuk penderita kolesterol dan diabetes, sereal oatmeal merupakan opsi yang tepat untuk sarapan. Oatmeal mengandung serat yang tinggi sehingga dapat menyeimbangkan gula darah dan membantu menurunkan risiko orang yang rentan depresi.

Rekomendasi merk sereal oatmeal untuk diet adalah Quaker Instant Oatmeal. Produk ini dikenal sebagai sereal diet terbaik karena terbuat dari oat berkualitas yang baik untuk saluran pencernaan. 

Cara mengonsumsinya pun cukup mudah. Cukup diseduh dengan susu skim atau air hangat. Anda juga bisa menambahkan topping seperti madu dan buah-buahan agar rasanya lebih nikmat.

  1.   Wheat flake

Sereal wheat flake adalah modifikasi dari bubur gandum. Teksturnya padat, renyah dan berbentuk kepingan. 

Baca juga: 10 Manfaat dan Bahaya Teh Bunga Telang

Sereal jenis ini bentuknya mirip cornflake dan biasa disajikan dengan susu rendah lemak dan buah kering. Jangan lupa memilih sereal wheat flake yang sudah difortifikasi dengan kalsium agar lebih bermanfaat untuk tubuh dan diet pun berjalan lancar.

Rekomendasi merk sereal wheat flake untuk diet adalah General Mills Wheaties Toasted Whole Wheat Flakes. Merk ini dikenal karena menampilkan para atlet ternama di kemasannya dan jadi ikon budaya di Amerika Serikat.

  1. Muesli

Jenis sereal yang satu ini terdiri dari empat macam gandum yang berbeda, raisin dan kadang almond. Jika dikonsumsi bersama susu rendah lemak atau yoghurt maka rasanya pun akan semakin enak.

Rekomendasi merk sereal muesli untuk diet adalah Chia-Yo Homemade Muesli. Produk ini memiliki kandungan kalori dan gula yang rendah sehingga cocok dijadikan menu sarapan saat diet. Selain itu, Chia-Yo Homemade Muesli kaya akan protein dan asam lemak omega-3 yang berasal dari kacang-kacangan.

Selain Chia-Yo Homemade Muesli, Minime Toasted Muesli juga bisa jadi pilihan. Produk ini mengandung rolled oats, sunflower seeds, rice krispies, dried wild blueberry, pumpkin seeds, sliced almonds, goji berries, cranberries hingga chia seeds. Anda dapat mengonsumsinya sebagai camilan atau overnight oats agar tidak bosan.

Manfaat mengonsumsi sereal diet

Sereal diet tentunya membantu Anda mempertahankan berat badan yang ideal. Kandungan di dalam sereal diet dapat membuat pencernaan lebih lancar dan sehat.

Namun, tahukah Anda bahwa mengonsumsi sereal diet juga memiliki manfaat lainnya? Mengonsumsi sereal yang mengandung gandum utuh dapat meningkatkan kualitas kesehatan serta menurunkan risiko kematian dari berbagai macam penyakit.

Selain itu, mengonsumsi 28 gram gandum utuh per hari juga menurunkan risiko serangan jantung. Risiko kematian akibat serangan jantung dapat diminimalisir sebanyak 14 persen lebih rendah. 

Setelah membaca rekomendasi sereal diet di atas, apakah sudah ada produk yang menarik perhatian Anda? Memilih sereal yang tepat untuk diet tidak sesulit itu kok. Yang paling penting adalah pilih lah sereal berdasarkan bahannya, cek kandungan nutrisinya dan varian rasa yang Anda sukai. 

Demikian tips dan rekomendasi memilih sereal diet yang tepat. Semoga menemukan produk yang tepat untuk program diet Anda. Jalani lah diet dengan hati yang gembira dan penuh sukacita!

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
18 Apr 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download