Cara Mencari Grup Telegram Terpopuler Tahun 2022

25 Mar 2022 by Laruan, Last edit: 05 Apr 2022

Semakin kesini, proses pencarian informasi semakin mudah dilakukan. Apalagi setelah aplikasi chatting menyediakan fitur grup chat bagi anggotanya. Di Telegram bahkan sudah ada grup chat populer yang memiliki lebih dari 10.000 anggota. Jika kamu ingin memanfaatkan aplikasi ini untuk mendapatkan informasi, maka kamu harus tahu bagaimana cara mencari grup telegram terpopuler. 

Melalui grup chat, anggotanya bisa bertukar informasi lebih cepat dan lebih luas. Banyak pengguna telegram yang memanfaatkan grup sebagai forum diskusi atau berbagi berbagai macam hal kepada sesama anggotanya. 

Cara mencari grup telegram terpopuler

Di dalam aplikasi Telegram sendiri, ada dua jenis grup. Pertama grup private dan kedua grup publik. Grup private singkatnya adalah grup yang tidak bisa diakses oleh semua orang. Sedangkan grup publik bisa diakses siapa saja. 

Baca juga: Apa Itu Telegram?

Untuk bisa masuk ke dalam grup private, kamu harus mendapatkan link yang memberikan akses ke grup tersebut. Sementara untuk grup publik, kamu bisa langsung bergabung tanpa perlu mendapatkan link terlebih dulu. 

Grup chat di Telegram juga mempunyai kapasitas yang jauh lebih banyak dari grup Whatsapp, yaitu 100.000 orang. Karena itu, saat ini Telegram mulai menyaingi Whatsapp dalam jajaran aplikasi chatting paling populer di Indonesia. 

Untuk mencari grup Telegram terpopuler juga ada caranya sendiri. Caranya terbilang mudah namun sayang masih belum banyak yang mengetahuinya. Lantas bagaimana caranya? Simak penjelasan lengkap dari Kredit Pintar di bawah ini. 

Cara Mencari Grup Telegram Terpopuler Melalui Telegram Web

Agar kamu bisa mencari kumpulan grup telegram dengan mudah, kamu bisa memanfaatkan Telegram web. Telegram web sendiri adalah jalan mengakses Telegram tanpa perlu menginstall aplikasinya di smartphone atau PC kamu. 

Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mencari grup telegram terpopuler melalui Telegram web: 

  1. Siapkan PC, laptop, atau smartphone milikmu 
  2. Buka situs resmi Telegram web lewat browser seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox
  3. Setelah masuk ke dalam Telegram web, pilih menu “Pencarian” atau “Searching”
  4. Lalu masukkan nama grup yang ingin kamu cari. Ingat, pastikan kamu mengeja dan mengetik nama grupnya dengan benar, ya.
  5. Setelah itu tekan enter, maka akan tampil berbagai kumpulan grup yang sesuai dengan yang kamu cari
  6. Pilih salah satu yang menurut kamu paling tepat 
  7. Klik tombol bergabung yang tersedia di situ

Cara Mencari Grup Telegram terpopuler melalui software di PC

Kamu juga bisa mencari grup Telegram dengan memanfaatkan melalui software Telegram untuk PC atau Laptop. Tentu saja, sebelum melakukannya kamu harus mengunduh software-nya kemudian install di PC atau laptop milikmu. 

Setelah itu, kamu bisa langsung mencari grup yang kamu inginkan dengan cara berikut ini: 

  1. Buka dan jalankan software Telegram yang sudah kamu install sebelumnya
  2. Pilih bagian “Menu”
  3. Kemudian masukkan nama grup yang ingin kalian cari di bagian “Pencarian” atau “Search” 
  4. Tekan enter dan tunggu sampai hasilnya muncul
  5. Pilih grup yang sedang kamu cari
  6. Tekan nama grup nya jika kamu ingin bergabung

Cara Mencari Grup Telegram Terpopuler melalui HP Android & iOS

Berikutnya kamu bisa mencari grup Telegram melalui Smartphone Android dan iOS. Namun sebelumnya, kamu harus mendownload aplikasi Telegram melalui Google Play Store atau App Store.

Jika sudah berhasil diunduh dan diinstall, kamu bisa mengikuti cara mencari grup telegram terpopuler di HP Android dan iOS berikut ini: 

  1. Buka aplikasi Telegram yang sudah kamu install sebelumnya
  2. Pilih bagian “Menu” 
  3. Tuliskan nama grup yang ingin kamu cari
  4. Tekan enter dan tunggu hasilnya muncul
  5. Pilih grup yang kamu cari untuk bergabung langsung

Cara Mencari Grup Telegram Terpopuler melalui mesin pencari Google

Kamu juga bisa menggunakan mesin pencari Google untuk menemukan grup telegram terpopuler. Caranya lumayan mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja: 

  1. Pertama, buka browser melalui PC/Laptop/smartphone milikmu
  2. Klik kolom pencarian lalu masukkan kata kunci “site:t.Me (nama grup yang ingin kamu cari) 
  3. Tekan enter
  4. Tunggu sampai hasilnya muncul
  5. Setelah muncul, pilih salah satu nama grup untuk bergabung ke dalamnya

Baca juga: 16 Rekomendasi Filter IG Aesthetic

Kegunaan dan Manfaat Grup Telegram

Masyarakat Indonesia sejak dulu sudah senang berkumpul di dalam sebuah forum saat berada di dunia maya. Hal ini terbukti pada medio 2000-an saat Kaskus menjadi forum terbesar di Indonesia. 

Lebih dari satu dekade kemudian, budaya ini masih bertahan meski dengan berbagai format baru. Contohnya melalui grup di media sosial dan aplikasi chatting seperti Telegram. Kira-kira apa saja kegunaan dan manfaat grup Telegram? Yuk cek daftarnya di sini:

1. Dapat Menampung Banyak Orang

Dengan adanya grup Telegram, kamu bisa mengumpulkan banyak orang di dalam satu wadah sehingga terbentuk sebuah ruang diskusi khusus. Dengan begitu proses diskusi antar anggota di dalamnya pun bisa jadi lebih menarik dan dinamis lagi. 

Selain itu, informasi yang dibagikan juga akan langsung tersampaikan ke semua anggota dengan cepat dan mudah tanpa perlu menggunakan fitur “Broadcast chat”. Dengan kapasitas mencapai 100.000 anggota, kamu bisa mengundang banyak orang ke dalam grup tersebut. 

2. Menjalin Hubungan Persaudaraan

Manfaat selanjutnya adalah untuk menjalin hubungan persaudaraan diantara sesama anggota grup. Kamu bisa membuat grup khusus untuk keluarga, teman satu kelas, teman satu komunitas, bahkan teman satu kantor. 

Nantinya di dalam grup tersebut, kamu bisa mengajak anggotanya untuk membicarakan berbagai macam hal. Mulai dari pembahasan yang serius sampai yang remeh sekalipun. Namun kamu harus memastikan topik yang dibahas bukan topik yang sensitif untuk menghindari perselisihan antara anggota grup. 

3. Informasi Lebih Banyak dan Lebih Cepat

Dengan memanfaatkan grup, penyampaian informasi pun bisa menjadi lebih cepat. Selain itu, jumlah informasi yang dibagikan pun jadi lebih banyak. Dengan kata lain, kamu bisa menjadikan grup tersebut sebagai sumber informasi tambahan. 

Akan tetapi, pastikan kamu menetapkan aturan yang ketat untuk menghindari penyebaran hoax atau informasi yang tidak valid. Kalau perlu, kamu cek satu-satu informasi yang sudah dibagikan oleh anggota lainnya. 

4. Untuk hiburan dan menghilangkan kebosanan

Terakhir, kamu bisa menggunakan grup sebagai sarana hiburan dan juga penghilang rasa bosan. Kamu bisa membuat grup tentang hobi yang sedang kamu tekuni, misalnya tentang motor, mobil, anime, atau yang lainnya.

Baca juga: Cara Mencari Tweet Lama dengan Mudah!

Di dalam grup tersebut kamu bisa membicarakan banyak hal seputar hobi mu dengan orang lain. Mulai dari topik yang serius sampai gosip-gosip terbaru. Asalkan topik pembicaraan tetap dijaga agar tidak sampai menyerang orang lain. 

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
05 Apr 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download