Apa Itu Telegram?

01 Mar 2022 by Laruan, Last edit: 14 Mar 2022

Ketahui Aplikasi Telegram  serta Pro Kontranya pesaing Whatsapp atau Facebook Messenger. Apa Itu Telegram ? layanan pesan multi-platform pengusaha Rusia Pavel Durov. Ini pertama kali dirilis di iOS dan Android pada akhir 2013, dan sekarang memiliki basis pengguna bulanan sekitar 550 juta orang. Jumlah pengguna aplikasi ini cenderung meningkat setiap kali salah satu pesaing utamanya terlibat dalam skandal privasi.

Apa Itu Telegram?

Fitur utama Telegram mirip dengan kebanyakan aplikasi perpesanan lainnya: Anda dapat mengirim pesan ke pengguna lain, memulai diskusi grup, menghubungi kontak, melakukan panggilan video, dan bertukar file dan stiker. 

Baca juga: Pelajar, Tidak Ada Salahnya Mencari Uang Jajan dari Bisnis Online. Ini Caranya! 

Yang membuat aplikasi ini istimewa adalah fitur privasi, yang dicapai melalui enkripsi ujung ke ujung. Inilah yang mencegah pihak lain di luar dialog dua arah untuk melihat apa yang telah dikirim, apakah mereka perusahaan, pemerintah, peretas, atau orang lain.

MANFAAT TELEGRAM

Apa Itu Telegram?

Meskipun banyak fitur utama yang serupa dengan aplikasi lain, ia memiliki sejumlah keunggulan berbeda dibandingkan para pesaingnya. Berikut adalah ikhtisar singkat dari beberapa fitur utama yang dapat meyakinkan Anda untuk beralih aplikasi perpesanan.

Baca juga: Ringkas Dibawa Pergi, Inilah Rekomendasi Tablet Advan 

  1. Secret Chat

Anda dapat menggunakan “secret chat”  untuk terlibat dalam pesan terenkripsi ujung ke ujung dengan kontak yang dituju. Tapi itu bukan satu-satunya keuntungan: “secret chat” juga mencegah pengguna meneruskan pesan atau mengambil tangkapan layar dalam aplikasi ini.

  1. Timer pesan

Telegram memungkinkan Anda untuk mengatur penghitung waktu penghancuran diri untuk pesan dalam Secret Chat Anda jika Anda tidak ingin mereka tetap berada di sekitar tanpa batas. Saat Anda menerima pesan, pesan itu tetap berada di obrolan untuk waktu yang telah ditentukan — Anda dapat memilih dari satu detik hingga seminggu — sebelum menghapusnya.

Fitur ini tidak tercatat dalam log book, dengan demikian anda tidak bisa mencari sejarah/history percakapan rahasia anda. Secret chat tidak dimiliki Facebook Messenger, WhatsApp, dan WeChat.

  1. Akses ke Cloud

Karena obrolan dan file non-rahasia disimpan di cloud, Anda dapat mengaksesnya dengan masuk ke akun Anda dari perangkat apa pun. Anda tidak perlu khawatir tentang penyimpanan di perangkat atau kehilangan informasi penting lagi, tetapi Anda akan kehilangan privasi dan keamanan dalam prosesnya.

  1. Penghapusan pesan global

Aplikasi ini telah memungkinkan pengguna untuk menghapus pesan yang diterima oleh pengguna lain di semua perangkat sejak pembaruan pada 2019. Ini adalah fitur yang memecah belah orang. Tidak menyenangkan jika komunikasi Anda dihapus oleh orang lain. Namun, jika interaksi Anda adalah dengan seseorang yang Anda percayai, ini adalah teknik lain yang berguna untuk melacak komunikasi online Anda.

  1. Gratis

Aplikasi ini gratis untuk digunakan oleh publik. Perusahaan asal Rusia ini akan mulai menggunakan metode monetisasi baru pada tahun 2021, tetapi bisnis inti obrolan akan tetap gratis untuk semua orang.

  1. Fleksibel di berbagai perangkat

Karena aplikasi ini menyimpan obrolan dan file di server jauh alih-alih perangkat Anda, Anda juga dapat mengakses semuanya (kecuali obrolan rahasia) dari web. Akses melalui portal web atau salah satu dari beberapa ekstensi Chrome. 

Telegram secara signifikan lebih ramah multi-platform daripada aplikasi obrolan lain seperti WhatsApp karena Anda dapat mengaksesnya dari perangkat apa pun yang terhubung.

  1. Tidak menggunakan Nomor Telepon, cukup menggunakan Username

Fitur keamanan lain yang menambah kegunaan adalah Username. Alih-alih memberi orang nomor telepon Anda, Anda cukup memberi mereka Username Anda. Dengan demikian anda bisa mengontrol informasi tentang anda dengan lebih baik tanpa khawatir ada stalker, dan bagaimana orang dapat menghubungi Anda.

Ini memudahkan untuk masuk di perangkat yang berbeda, memungkinkan Anda memiliki banyak akun di perangkat yang sama, dan menghilangkan kebutuhan untuk membagikan nomor telepon Anda dengan orang lain untuk menambahkannya sebagai kontak.

  1. Ukuran file besar.

Aplikasi ini mendukung pengiriman file hingga 2GB. Sedangkan WhatsApp memiliki batasan 100MB, WeChat memiliki batasan 100MB, dan Skype memiliki batasan 300MB. File di dalamnya juga disimpan di cloud dan dapat diakses dari perangkat apa pun.

  1. Kustomisasi

Aplikasi ini memiliki beberapa fitur penyesuaian yang tidak dimiliki oleh banyak pesaingnya, termasuk kemampuan untuk memilih warna aplikasi utama, cara aplikasi membuka tautan, apakah UI menampilkan animasi, dan banyak lagi. 

Ada juga integrasi chatbot, yang memungkinkan Anda menggunakan bot untuk meningkatkan pengalaman Anda. Menggunakan API Telegram, Anda bahkan dapat membuat tema, bot, dan aplikasi lengkap Anda sendiri. Aplikasi ini telah membangun ekosistem bot besar dari waktu ke waktu, yang menambahkan lebih banyak fungsionalitas ke aplikasi.

Baca juga: Kenali Perbedaan Web 2.0 dan 3.0

Kelemahan 

Inilah kelemahan yang dimiliki oleh aplikasi ini. 

  1. Pengumuman pengguna baru

Kesalahan privasi lebih lanjut adalah Telegram memberi tahu kontak Anda saat Anda bergabung — kecuali jika Anda tidak memberinya izin untuk mengakses kontak Anda. Aplikasi ini tidak memperingatkan Anda bahwa ini akan melakukan ping ke kontak Anda, dan itu adalah peringatan besar bagi mereka yang ingin menggunakan Telegram untuk tetap low-profile.

  1. Tidak ada Story dan status

Aplikasi ini tidak memiliki fitur Stories dari beberapa aplikasi perpesanan yang bersaing yang memungkinkan Anda memposting gambar atau video pendek tanpa mengirim pesan ke kontak secara langsung. Memang itu bukan fitur penting bagi kebanyakan orang.

  1. Pengguna

Mungkin kelemahan terbesar Telegram dibandingkan pesan yang lebih populer adalah: popularitas. Terlepas dari ratusan juta penggemarnya, Telegram masih berada di belakang WhatsApp, Facebook Messenger, dan WeChat dalam pengguna aktif bulanan.

Setelah mengetahui Apa itu Telegram, apakah kamu tertarik menggunakan aplikasi ini? Coba saja dulu dengan mendownload di appstore atau playstore!

Artikel tentang “Apa Itu Telegram?” ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
14 Mar 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download