Ide Bisnis Online Untuk Pelajar

01 Mar 2022 by Laruan, Last edit: 19 May 2022

Ide-ide bisnis online tanpa modal cocok untuk pelajar yang ingin mempunyai usaha sendiri. Berbagi waktu antara bisnis dan sekolah mungkin cukup sulit. Namun, dengan munculnya internet, masyarakat yang masih bersekolah juga bisa merintis bisnis online untuk pelajar. Bisnis online untuk pelajar tersedia dalam berbagai ide yang bisa diwujudkan tanpa menyita waktu belajar. Simak ide selengkapnya berikut ini.

Baca juga:  Kumpulan Aplikasi Untuk Mempermudah Bisnis Online

1. Blogging

Situs web atau blog adalah platform online bisa menjadi rekomendasi bisnis online untuk pelajar masa kini. Blogging tidak memerlukan skill khusus, anda cukup pandai menulis dan lakukan secara konsisten. Baik antara setiap minggu hingga setiap bulan, agar audiens anda tidak bosan dan bertambah. 

Setelah anda memiliki audiens yang banyak, kini saatnya dimonetisasi! Apabila anda sudah mengumpulkan banyak halaman blog, Anda bisa menempatkan iklan online di situs web atau blog Anda. Selain itu Anda juga dapat bekerja sebagai pengiklan atau pemasar afiliasi.

Ide lain untuk menghasilkan uang dari blogging adalah mempelajari cara membuat situs web dan blog untuk orang lain.  Dengan mempelajari desain sederhana di platform membuat website yang gratis, anda bisa membebankan biaya untuk layanan Anda. Mudah sekali bukan!!

2. Video di Internet (V-logging)

Video blog, sering dikenal sebagai video log atau vlog, adalah jenis blog yang menggunakan video sebagai medianya dan merupakan jenis web televisi.Dengan lebih dari 2 miliar orang menonton ratusan juta jam video setiap hari, Youtube adalah salah satu situs web paling populer di planet ini. 

Bisnis online untuk pelajar yang satu ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan jangkauan YouTube. Anda hanya perlu meningkatkan frekuensi penayangan berbagai video anda secara teratur. Buatlah materi bermanfaat yang ingin ditonton orang, seperti video panduan atau video pembicaraan tentang topik yang relevan dengan minat Anda – kemungkinannya tidak terbatas.

Aspek terbaiknya adalah, Anda dapat memasukkan iklan dalam film-film tersebut. Anda mendapatkan lebih banyak uang jika lebih banyak orang menonton materi Anda. Ide bagus bukan? selain mendapat untung dari Youtube, anda juga bisa dapat untung dari sponsor!

Baca juga: Tips Jitu Berbisnis di Facebook

3. Pengembangan Aplikasi Seluler

Ide bisnis online untuk pelajar lainnya adalah membuat aplikasi seluler untuk perangkat seluler, seperti asisten digital pribadi, asisten digital perusahaan, atau smartphone. Hampir setiap situs web sekarang memiliki aplikasi seluler, karena mereka ramah data dan, dalam banyak kasus, cukup cepat karena ringan dan memuat dengan cepat jika dibandingkan dengan versi online.

Sebagai pelajar, mempelajari cara mendesain aplikasi adalah keterampilan yang akan menghasilkan banyak uang bagi Anda. Cukup pasarkan ide dan bakat anda dari teman ke teman, maka anda juga sudah bisa mendapatkan pasar yang cukup untuk pekerjaan sampingan anda. 

4. Pemasaran Afiliasi

Ide Bisnis Online Untuk Pelajar

Jika Anda memiliki audiens yang besar, Anda dapat membantu bisnis dalam menjual barang atau jasa mereka di platform yang Anda miliki dengan imbalan komisi. Bahasa populernya adalah menjadi influencer dengan melakukan endorse barang dari sponsor. Situs web, blog, atau bahkan halaman jejaring sosial Anda bisa menjadi platform yang dimaksud.

Menjadi afiliasi anda juga bisa mengikuti Multi Level Marketing dengan produk yang anda percayai bisa bermanfaat untuk orang lain. Tidak semua orang menyukai ini karena sangat menguntungkan perusahaan, tetapi untuk memulai bisnis online pertama anda, anda bisa belajar dari produk-produk yang ingin anda dukung juga. 

5. Berjualan Online

Berjualan Online adalah jenis berjualan dengan mempromosikan produk dan layanan melalui internet dan teknologi digital berbasis online seperti komputer desktop, telepon seluler, serta media dan platform digital lainnya. Dari mahasiswa hingga ibu rumah tangga seringkali melakukan pekerjaan ini dirumah, dengan menjual produknya sendiri atau menjadi reseller produk orang lain. 

Berjualan online berarti anda bisa mengatur pendapatan anda sendiri, yaitu sebagai owner UMKM.  Dalam memulai berjualan online anda harus menetapkan product knowledge, branding, hingga pemasaran. Bila anda butuh modal, maka gunakanlah Kredit Pintar, pinjam modal dengan cepat dan langsung cair! Tentu saja seperti semua bisnis lainnya, selalu biasakan untuk konsisten. 

6. Pemasaran Media Sosial

Penggunaan platform media sosial dan situs web untuk mempromosikan produk atau layanan dikenal sebagai pemasaran media sosial. Pemasaran media sosial semakin populer di kalangan praktisi dan peneliti, terlepas dari kenyataan bahwa frasa pemasaran elektronik dan pemasaran digital tetap lazim di dunia akademis.

Sebagian besar platform media sosial memiliki alat analisis data bawaan, memungkinkan bisnis melacak kemajuan, kinerja, dan keterlibatan kampanye iklan. Tanpa modal apapun, Anda dapat menggunakan halaman media sosial Anda untuk menjual produk atau layanan Anda kepada audiens Anda dan mendapat untung besar.Sebagai seorang pelajar, ini akan sangat sederhana untuk memulai, karena saya percaya 99% pelajar memiliki setidaknya satu akun media sosial.

7. Freelancer (Pekerja Lepas)

Pekerja lepas adalah pekerja mandiri yang mendapatkan upah per pekerjaan atau per tugas, biasanya untuk pekerjaan jangka pendek. Pekerja lepas bertanggung jawab atas segala macam hal yang tidak dilakukan oleh karyawan tradisional, seperti mengatur jam kerja mereka, melacak waktu yang dihabiskan untuk berbagai proyek, menagih klien, dan membayar pajak pekerjaan dan bisnis mereka sendiri. 

Berbagai perusahaan, organisasi, dan lembaga pemerintah mempekerjakan pekerja lepas. Anda akan menemukan pekerjaan di hampir setiap karir yang bisa dibayangkan, dan pekerjaan lepas bervariasi dari proyek kecil hingga proyek jangka panjang. Selain itu, sebagai pekerja lepas, anda bisa berkomitmen pada beberapa pekerjaan sekaligus.

Menjadi freelancer melibatkan banyak komunikasi seperti menegosiasikan tarif yang lebih tinggi atau putus dengan klien—dan menanganinya dengan bijaksana dan profesional. Dengan hasil yang memuaskan, tarif anda bisa langsung cair.

Baca juga: Rekomendasi Bisnis Online Modal Minim, Untung Maksimal

Ini adalah bidang yang paling banyak mempekerjakan freelancer:

  1. Akuntansi & Keuangan.
  2. Administratif.
  3. Menulis.
  4. Pelayanan pelanggan.
  5. Penerjemah.
  6. Komputer & TI.
  7. Kesehatan medis.
  8. Mengedit tulisan.
  9. SDM & Perekrutan.
  10. Pengajar dan pelatih.

Bagaimana? Cepat, tanpa modal dan wajib konsisten. Apakah anda siap membuat bisnis online anda sendiri? 


Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
19 May 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download