Kumpulan Aplikasi untuk Mengelola Bisnis Online Lebih Mudah

21 Feb 2022 by Ary Wibowo, Last edit: 21 Sep 2022

Membuka bisnis online merupakan salah satu jenis usaha yang banyak dipilih orang-orang. Para pebisnis dengan berbagai kalangan, seperti anak mudah, pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga, dan siapa pun itu, dapat menjalankan usaha ini. Dan tahukah Sobat Pintar bahwa saat ini sebagai bisnis era digital, ada banyak aplikasi untuk mengelola bisnis online yang mudah dijalankan. Disadari atau tidak, berbagai aplikasi untuk mengelola bisnis online tersebut memiliki kegunaan berbeda-beda namun masih dapat digunakan untuk satu tujuan. Dalam bisnis, semua penunjang ini dapat dibuat sebagai fasilitas bisnis yang memadai.

aplikasi bisnis online

Akan tetapi, sebelum membahas uraian tentang aplikasi untuk mengelola bisnis online, penting untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi lancar atau tidaknya bisnis online. Karena bisa jadi berbagai faktor tersebut menjadi hal yang selama ini sedikit di kesampingkan, padahal jika diperhatikan memiliki peran yang begitu penting.

Baca juga: Apa Saja Tips Agar Bisnis Online Bisa Terus Bertahan? Baca di Sini!

Faktor yang Mempengaruhi Kelancaran Bisnis Online

1. Komunikasi dalam Bisnis

Dalam sebuah perjalanan bisnis, baik online maupun bukan, hubungan yang bagus antara penjual dan konsumen memang perlu dibangun. Itulah mengapa dalam usaha besar-besaran biasanya selalu ada yang namanya humas, promotor, dan sebagainya. Agar proses bisnis berjalan dengan lancar, maka komunikasi menjadi jembatan satunya-satunya. 

aplikasi bisnis online 2

Jika komunikasi yang baik tidak dijunjung tinggi, maka bisnis online pun sulit berkembang. Apalagi dalam segala kegiatan bisnis, komunikasi dipakai dalam promosi produk dan jasa, konsultasi, hingga untuk melakukan deal antara penjual dan pembeli.

Komunikasi dalam proses berbisnis ini dapat dilihat dari berbagai bentuk atau pola. Baik itu komunikasi dari internal ke pihak eksternal (misalnya dari agen ke konsumen), dari atasan ke bawahan, bahkan sebaliknya. Komunikasi yang baik apabila dijunjung dan diterapkan dengan baik, maka bukan tidak mungkin membawa pengaruh yang baik pada usaha yang dijalankan.

2. Pinjaman Modal Bisnis

Mendirikan sebuah bisnis meskipun skala online, pasti sedikitnya memerlukan beberapa persiapan dari segi biaya. Ketika berniat membangun bisnis online, maka beberapa pertimbangan seperti anggaran biaya untuk membeli stok produk misalnya, memerlukan pasokan dana yang mencukupi.

Zaman sekarang ini ada banyak cara yang dapat dilalui untuk mendapatkan modal secara mudah. Selain dari tabungan, Sobat Pintar dapat melakukan pinjaman modal dari Kredit Pintar yang sudah berizin, terdaftar, dan diawasi oleh OJK.

Menggandeng investor yang berpengaruh juga bisa dilakukan, yaitu caranya melalui pembuatan proposal semenarik mungkin, meskipun skalanya bisnis online. Karena masa kini telah banyak perubahan yang terjadi.

3. Fasilitas dan Teknologi

Fasilitas dan teknologi yang ada juga berperan sebagai salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas dalam menjalankan bisnis atau toko online. Sebetulnya ada begitu banyak jenis fasilitas penunjang kebutuhan usaha. Beberapa fasilitas pendukung dalam kategori teknologi, adalah perangkat atau alat komunikasi.

Selain itu kini telah banyak aplikasi-aplikasi khusus maupun umum yang memiliki manfaat dalam menunjang kesuksesan bisnis online. Karena menjalankan bisnis online yang efektif tidak hanya dilakukan secara monoton, selebihnya Sobat Pintar dapat menggunakan fasilitas ini untuk melakukan gebrakan usaha agar semakin berkembang.

4. Pemahaman dan Kemampuan

Terakhir, faktor penting yang menentukan kelancaran bisnis online adalah peran langsung dari penjualnya. Dalam hal ini penjual, agen, atau reseller dituntut memiliki pemahaman dan kemampuan yang menjanjikan dalam menjalankan usaha.

Melalui kemampuan, Sobat Pintar dapat mengusung berbagai ide bisnis yang kreatif serta mencari berbagai solusi atas suatu permasalahan yang terjadi dalam aktivitas berbisnis online.

Baca juga: Bisnis Online Makin Cuan Dengan Promosi Endorsement

Daftar Aplikasi Bisnis Online Mudah Serta Kegunaannya

Berikut ini merupakan penjelasan dari masing-masing aplikasi yang populer digunakan untuk pengelolaan bisnis online tersebut.

1. Genie

Pemilik toko online biasanya akan mendaftarkan diri pada beberapa e-commerce yang sedang marak dan banyak jenisnya saat ini. Sebagai penjual tentu lebih baik mendaftarkan toko online di beberapa e-commerce tersebut, namun yang sering menjadi kendala adalah kerumitan untuk keluar masuk aplikasi toko online yang berbeda-beda tersebut.

Agar setiap toko online terintegrasi dan terpantau dalam satu genggaman, maka muncullah yang namanya omnichannel, dan Genie adalah satu aplikasi terbaiknya. Melalui Genie, pemilik dapat melakukan manajemen barang, manajemen pelanggan secara rapi, hingga riwayat transaksi.

2. Paper.id

Sesuai dengan namanya, ini merupakan jurnal aplikasi yang berguna sebagai keperluan untuk melaporkan keuangan, khususnya untuk digunakan bagi usaha kecil hingga menengah. Bisnis online pun tentu dapat menggunakan fasilitas pengatur keuangan ini dengan baik dengan Paper.id. Dalam fiturnya, Sobat Pintar dapat memberikan neraca keuangan, laporan invoice, dan laporan mitra melalui Paper.id.

3. Plann

Masih tentang aplikasi pendukung kerapihan unggahan produk, Plann ini memiliki kelebihan dapat terhubung langsung dengan Canva. Selain itu, pengguna juga dapat belajar langsung dari ahli media sosial mengenai strategi posting produk yang tepat melalui Plann.

4. Sellury

Sellury memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk menghapus background foto produk agar foto tampak lebih menarik untuk diupload ke platform bisnis online. Pengguna tidak perlu repot-repot menghapus background foto produk dengan Adobe Photoshop karena dengan Sellury, hal tersebut bisa dilakukan hanya dalam sekali sentuh. 

Selain itu, Sellury tersedia sebagai aplikasi yang cocok untuk smartphone dengan sistem operasi Android dan iOS, sehingga bisa didownload secara gratis melalui Google Play Store dan App Store.

Sellury menyediakan layanan pinjaman untuk pemilik online shop yang menjadi penggunanya

Dalam mengembangkan usaha toko online, Sellury memahami bahwa penggunanya yang terdiri dari pemilik toko online, membutuhkan tambahan modal. Berbeda dengan penyedia pinjaman yang umumnya menyediakan tenor cukup besar, kali ini Sellury yang bekerja sama dengan Kredit Pintar, menyediakan pinjaman dengan tenor yang berkisar mulai dari Rp600.000,- hingga Rp2.300.000,-. 

Dengan kisaran tenor tersebut, diharapkan pemilik toko online bisa menggunakannya sesuai kebutuhan. Selain itu, pengguna juga bisa mendapatkan cashback sebesar 1% dari besaran dana pinjaman yang diterima dengan ketentuan umum sebagai berikut; tidak ada batasan cashback, dan cashback akan dibayarkan secara kolektif ke rekening simpanan pinjaman setelah persetujuan pinjaman dan pembayaran selesai pada tanggal 15 bulan berikutnya. (Jika tanggal 15 libur, cashback akan dibayarkan pada hari berikutnya).

Baca juga:  Kenali Arti PO Dalam Menjalankan Bisnis

Informasi yang perlu diketahui seputar pinjaman ini

  1. Jumlah pinjaman Rp600.000,- hingga Rp2.300.000,-
  2. Bunga dan jangka waktu, tidak lebih dari 11% per tahun
  3. Tersedia di seluruh wilayah Indonesia
  4. Calon peminjam wajib berusia 21-55 tahun untuk mengajukan pinjaman
  5. Siapkan KTP untuk melakukan pendaftaran akun untuk mengajukan pinjaman
  6. Semua model bisnis boleh mendaftarkan diri untuk mengajukan pinjaman

Jadi, jangan ragu untuk install aplikasi Sellury untuk edit foto produk toko online dan ajukan pinjaman untuk mengembangkan usahamu demi bertambahnya pelanggan baru!


Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

kredit pintar
21 Sep 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download