Kumpulan Aplikasi untuk Mengelola Bisnis Online Lebih Mudah

08 May 2021 by kreditpintar, Last edit: 15 Jul 2021
aplikasi bisnis online

Membuka bisnis online merupakan salah satu jenis usaha yang banyak dipilih orang-orang. Para pebisnis dengan berbagai kalangan, seperti anak mudah, pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga, dan siapa pun itu, dapat menjalankan usaha ini. Dan tahukah Sobat Pintar bahwa saat ini sebagai bisnis era digital, ada banyak aplikasi untuk mengelola bisnis online yang mudah dijalankan. Disadari atau tidak, berbagai aplikasi untuk mengelola bisnis online tersebut memiliki kegunaan berbeda-beda namun masih dapat digunakan untuk satu tujuan. Dalam bisnis, semua penunjang ini dapat dibuat sebagai fasilitas bisnis yang memadai.

Akan tetapi, sebelum membahas uraian tentang aplikasi untuk mengelola bisnis online, penting untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi lancar atau tidaknya bisnis online. Karena bisa jadi berbagai faktor tersebut menjadi hal yang selama ini sedikit di kesampingkan, padahal jika diperhatikan memiliki peran yang begitu penting.

Faktor yang Mempengaruhi Kelancaran Bisnis Online

Komunikasi dalam Bisnis

Dalam sebuah perjalanan bisnis, baik online maupun bukan, hubungan yang bagus antara penjual dan konsumen memang perlu dibangun. Itulah mengapa dalam usaha besar-besaran biasanya selalu ada yang namanya humas, promotor, dan sebagainya. Agar proses bisnis berjalan dengan lancar, maka komunikasi menjadi jembatan satunya-satunya. 

Jika komunikasi yang baik tidak dijunjung tinggi, maka bisnis online pun sulit berkembang. Apalagi dalam segala kegiatan bisnis, komunikasi dipakai dalam promosi produk dan jasa, konsultasi, hingga untuk melakukan deal antara penjual dan pembeli.

Komunikasi dalam proses berbisnis ini dapat dilihat dari berbagai bentuk atau pola. Baik itu komunikasi dari internal ke pihak eksternal (misalnya dari agen ke konsumen), dari atasan ke bawahan, bahkan sebaliknya. Komunikasi yang baik apabila dijunjung dan diterapkan dengan baik, maka bukan tidak mungkin membawa pengaruh yang baik pada usaha yang dijalankan.

Pinjaman Modal Bisnis

Mendirikan sebuah bisnis meskipun skala online, pasti sedikitnya memerlukan beberapa persiapan dari segi biaya. Ketika berniat membangun bisnis online, maka beberapa pertimbangan seperti anggaran biaya untuk membeli stok produk misalnya, memerlukan pasokan dana yang mencukupi.

Zaman sekarang ini ada banyak cara yang dapat dilalui untuk mendapatkan modal secara mudah. Selain dari tabungan, Sobat Pintar dapat melakukan pinjaman modal dari Kredit Pintar yang sudah berizin, terdaftar, dan diawasi oleh OJK.

Menggandeng investor yang berpengaruh juga bisa dilakukan, yaitu caranya melalui pembuatan proposal semenarik mungkin, meskipun skalanya bisnis online. Karena masa kini telah banyak perubahan yang terjadi.

Fasilitas dan Teknologi

Fasilitas dan teknologi yang ada juga berperan sebagai salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas dalam menjalankan bisnis atau toko online. Sebetulnya ada begitu banyak jenis fasilitas penunjang kebutuhan usaha. Beberapa fasilitas pendukung dalam kategori teknologi, adalah perangkat atau alat komunikasi.

Selain itu kini telah banyak aplikasi-aplikasi khusus maupun umum yang memiliki manfaat dalam menunjang kesuksesan bisnis online. Karena menjalankan bisnis online yang efektif tidak hanya dilakukan secara monoton, selebihnya Sobat Pintar dapat menggunakan fasilitas ini untuk melakukan gebrakan usaha agar semakin berkembang.

Pemahaman dan Kemampuan

Terakhir, faktor penting yang menentukan kelancaran bisnis online adalah peran langsung dari penjualnya. Dalam hal ini penjual, agen, atau reseller dituntut memiliki pemahaman dan kemampuan yang menjanjikan dalam menjalankan usaha.

Melalui kemampuan, Sobat Pintar dapat mengusung berbagai ide bisnis yang kreatif serta mencari berbagai solusi atas suatu permasalahan yang terjadi dalam aktivitas berbisnis online.

Daftar Aplikasi Bisnis Online Mudah Serta Kegunaannya

Berikut ini merupakan penjelasan dari masing-masing aplikasi yang populer digunakan untuk pengelolaan bisnis online tersebut.

Genie

Pemilik toko online biasanya akan mendaftarkan diri pada beberapa e-commerce yang sedang marak dan banyak jenisnya saat ini. Sebagai penjual tentu lebih baik mendaftarkan toko online di beberapa e-commerce tersebut, namun yang sering menjadi kendala adalah kerumitan untuk keluar masuk aplikasi toko online yang berbeda-beda tersebut.

Agar setiap toko online terintegrasi dan terpantau dalam satu genggaman, maka muncullah yang namanya omnichannel, dan Genie adalah satu aplikasi terbaiknya. Melalui Genie, pemilik dapat melakukan manajemen barang, manajemen pelanggan secara rapi, hingga riwayat transaksi.

Jubelio

Masih terdapat omnichannel lainnya, selanjutnya ada Jubelio yang juga merupakan aplikasi untuk mengelola bisnis online dengan cara melakukan integrasi serta penyatuan pemantauan beberapa toko online melalui satu jenis akses yang dapat dilakukan.

Beberapa kegunaan yang diberikannya adalah, satu kali akses dapat memeriksa seluruh toko online yang dimiliki, melakukan pendataan produk yang ditawarkan, merinci semua tentang produk mulai dari deskripsi, varian, ukuran, hingga harga. Ada kelebihan lain yang dimiliki aplikasi Jubelio, yakni adanya menu POS (Point of Sale) yang berguna layaknya kasir untuk membantu proses pembukuan hasil transaksi jual beli.

Paper.id

Sesuai dengan namanya, ini merupakan jurnal aplikasi yang berguna sebagai keperluan untuk melaporkan keuangan, khususnya untuk digunakan bagi usaha kecil hingga menengah. Bisnis online pun tentu dapat menggunakan fasilitas pengatur keuangan ini dengan baik dengan Paper.id. Dalam fiturnya, Sobat Pintar dapat memberikan neraca keuangan, laporan invoice, dan laporan mitra melalui Paper.id.

Canva

Siapa yang tidak mengenal Canva. Aplikasi desain grafis yang dapat digunakan dalam mobile ini dinilai efisien. Ia memberikan manfaat bagi para penggunanya agar bisa membuat karya desainnya sendiri. Menariknya, Sobat Pintar dapat menggunakan aplikasi secara gratis maupun premium. 

Saat ini, aplikasi ini dinilai sangat positif, sehingga dapat untuk membuat desain promosi, iklan, membuat logo bisnis, dan sebagainya. Dengan begini kebutuhan para pemilik bisnis online menjadi terselamatkan. Karena sebagian besar visualisasi desain memberikan pengaruh yang luar biasa untuk menarik pembeli.

Preview

Aplikasi Preview juga hadir sebagai solusi untuk mendukung promosi bisnis online agar lebih menarik dari segi desain atau feed yang akan digunakan pada Instagram dan Carousel. Bagi Sobat Pintar yang akan membuat katalog menarik di akun media sosial, maka Preview tepat sekali untuk mendukung editing gambar. Seperti mengatur filter, feed, pallete warna, hingga template caption yang menarik.

Planoly

Memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda, Planoly juga merupakan aplikasi yang berguna mendukung kerapihan konten foto produk yang akan diunggah di media sosial. Dengan Planoly, katalog produk dapat disesuaikan dengan feed bagus sehingga memberikan kesan bisnis profesional.

Plann

Masih tentang aplikasi pendukung kerapihan unggahan produk, Plann ini memiliki kelebihan dapat terhubung langsung dengan Canva. Selain itu, pengguna juga dapat belajar langsung dari ahli media sosial mengenai strategi posting produk yang tepat melalui Plann.

Setelah mengetahui beberapa aplikasi untuk mengelola bisnis online, kini saatnya Sobat Pintar mulai menjalankan bisnis yang sudah direncanakan sejak dulu. Kalau ternyata modal Sobat Pintar tidak cukup, maka tidak perlu khawatir. Sobat Pintar bisa mengajukan pinjaman dana untuk modal ke aplikasi Kredit Pintar saat ini juga. Tidak perlu menunggu lama, dana Sobat Pintar akan cair segera, lalu digunakan untuk modal dan mengembangkan usaha atau bisnis tersebut.

kredit pintar
15 Jul 2021
mobile-closeKredit PintarDownload