Majukan Bisnis Online Dengan Promosi Endorsement

12 Oct 2021 by Laruan

Jika Sobat Pintar orang yang aktif bermain di sosial media, maka Sobat Pintar tidak akan asing lagi dengan istilah endorse atau endorsement. Istilah ini sangat populer di berbagai sosial media dan semakin populer semenjak naiknya popularitas instagram sebagai salah satu sosial media dengan pengguna terbanyak.

Endorse program sendiri biasanya dilakukan oleh orang-orang yang memiliki banyak pengikut di sosial medianya seperti selebritis, influencer, selebgram atau motivator. Orang-orang ini biasanya aktif mempromosikan produk-produk tertentu di halaman akunnya, ada yang dalam bentuk gambar lalu disertai dengan penjelasan tentang detail produk di kolom komentar bahkan ada yang sengaja mengunggah video tentang detail penggunaan produk demi menarik perhatian pengikutnya. Harapannya adalah para pengikut mau mengikutinya untuk memilih atau menggunakan produk yang dipromosikan.

Sebenarnya apakah itu endorse program? Mengapa banyak orang yang mau melakukan endorse dan mengapa yang bisa mempromosikannya hanya orang-orang terkenal ?

Pengertian Endorsement

Endorse berarti dukungan. Melakukan endorse terhadap suatu produk atau online shop berarti memberikan dukungan terhadap produk atau online shop tersebut yang dilakukan oleh orang-orang berpengaruh di sosial media. Sebenarnya endorse merupakan salah satu bentuk strategi pemasaran yang banyak dilakukan oleh pelaku bisnis karena dianggap mampu menaikkan penjualan dengan cepat.

Sistem promosi ini mengandalkan tingkat ketenaran dari public figure yang bersangkutan. Semakin besar jumlah pengikutnya maka kemungkinan produk lebih dikenal oleh masyarakat akan semakin besar. Dengan demikian antusias konsumen untuk membeli produk juga akan meningkat dengan sendirinya. Namun, semakin besar jumlah pengikut seseorang maka semakin besar bayarannya untuk melakukan sekali promosi. 

Dalam endorse program, selebritis atau orang yang di endorse harus berkenan untuk mengunggah foto atau video mengenai informasi produk mulai dari harga, promo, keunggulan produk hingga ajakan untuk membeli dan menggunakan produk tersebut. Nyatanya strategi ini banyak menemui keberhasilan karena memang masyarakat cenderung mau mengikuti apa yang digunakan oleh idolanya. 

Jenis-jenisnya

Sebelum mengetahui apa keunggulan dan kelemahan dari strategi endorse, mari kita lihat terlebih dahulu berbagai jenis endorse yang bisa dilakukan baik oleh pelaku bisnis maupun public figure. 

  1. Tipe endorse berdasarkan media yang digunakan
  2. Gambar atau foto

Kebanyakan endorse yang dilakukan di sosial media terutama instagram adalah dalam bentuk unggahan foto atau gambar. Biasanya selebritis atau selebgram akan memposting foto dirinya beserta produk yang dipromosikan. Tidak lupa, gambar atau foto diberi penjelasan dan ulasan singkat dibagian caption agar lebih mudah dipahami oleh para pengikutnya. Penjelasan ini biasanya ditentukan oleh si pemilik bisnis.

  1. Video pendek

Tipe selanjutnya yang juga umum digunakan namun memiliki tingkat bayaran yang lebih tinggi adalah berupa video pendek. Hal ini dinilai wajar mengingat lebih banyak waktu dan biaya yang digunakan untuk membuat satu konten video. Dalam video tersebut, orang yang diendorse akan melakukan ulasan mengenai produk yang dipromosikannya.

  1. Social media story

Hampir semua sosial media saat ini memiliki fitur yang disebut story. Jika itu di instagram maka disebut instastory. Fitur ini merupakan salah satu fitur unggulan di sosial media karena Sobat Pintar bisa mengunggah video atau foto sebanyak-banyaknya tanpa perlu merusak feed instagram-mu. Video dan foto dapat bertahan selama dua puluh empat jam.

  1. Tipe endorse berdasarkan bentuk kerjasama
  2. Paid promote

Bentuk endorse yang satu ini adalah yang paling umum dilakukan oleh para selebgram dan selebritis. Biasanya paid promote diminta oleh toko online yang masih berskala kecil atau bisnis yang baru saja mencari pelanggan. Sesuai kesepakatan, artis atau selebritis yang diendorse akan memajang foto atau video di akun mereka yang berisi promosi produk. 

  1. Sponsorship

Sedangkan untuk tipe sponsorship biasanya dilakukan oleh tipe bisnis yang lebih besar. Biasanya mereka akan memberikan fasilitas khusus kepada artis yang diendorse dan tentunya dengan bayaran yang tidak kecil. Selain itu, tipe ini  juga melakukan penandatangan kontrak secara eksklusif dengan artis tersebut selama rentang waktu tertentu. Dengan demikian si artis tidak diperkenankan menerima endorse program dari pihak manapun yang mau mempromosikan produk serupa. 

Contoh endorse tipe sponsorship yang banyak kita lihat di sosial media adalah yang dilakukan oleh banyak jasa penjualan tiket pesawat. Dimana artis yang diendorse mendapatkan fasilitas penerbangan gratis bahkan ke luar negeri.

Kelebihan endorsement

Setelah mengetahui berbagai tipe endorse, selanjutnya mari kita lihat berbagai kelebihan yang bisa diperoleh dengan strategi marketing ini.

  1. Mudah menarik minat pembeli

Setiap selebritis atau orang terkenal biasanya memiliki ciri khas pada dirinya yang selalu menjadi sorotan para pengikutnya. Sehingga ciri khasnya itulah yang menjadikannya cocok untuk mempromosikan tipe produk tertentu dan konsumen akan mudah tertarik untuk membeli karena merasa yakin terhadap apa yang dikatakannya. 

Sehingga penting bagi pebisnis untuk memperhatikan kriteria artis yang akan di endorse dan bagaimana citra nya di tengah masyarakat. Dengan demikian, Sobat Pintar akan mudah mendapatkan kepercayaan dari konsumen.

  1. Biaya promosi terjangkau, hasil memuaskan.

Bagi seorang pengusaha, biaya promosi merupakan salah satu alokasi dana yang cukup besar. Namun, biaya endorse program masih terjangkau jika dibandingkan dengan tipe promosi lainnya tapi mampu meningkatkan hasil penjualan secara signifikan.

Berbeda dengan iklan di TV, iklan melalui endorse program hanya melibatkan sang artis dan sosial medianya. Sehingga biaya yang diperlukan untuk memproduksi iklan relatif lebih murah. 

  1. Terciptanya brand awareness.

Kelebihan lain yang dapat Sobat Pintar peroleh jika mau mempromosikan bisnis dengan cara endorse ini adalah Sobat Pintar bisa menciptakan brand awareness terhadap produk yang Sobat Pintar jual, apalagi jika Sobat Pintar baru saja memulai bisnismu. 

Jadi ketika Sobat Pintar memutuskan untuk mengendorse seorang artis pastikan ia mencantumkan nama tokomu termasuk kontak dan media sosial yang dapat dihubungi agar konsumen dapat mengunjungi tokomu sewaktu-waktu.

Kekurangan endorsement

Meskipun memiliki banyak kelebihan, strategi promosi berbasis endorse juga memiliki beberapa kekurangan seperti yang diuraikan di bawah ini.

  1. Biaya yang bervariasi

Meskipun kadang terjangkau, tidak sedikit artis yang justru memasang tarif yang sangat tinggi untuk satu kali promosi. Untuk mendapatkan jatah dari artis dengan pengikut yang besar maka Sobat Pintar harus mengeluarkan biaya berkali-kali lipat. Namun, terdapat juga beberapa artis dengan follower yang tidak begitu banyak tapi tetap memasang tarif tinggi, hal ini menyebabkan biaya promosi terasa tidak sebanding. 

  1. Waktu iklan terbatas

Kekurangan lain dari endorse program artis adalah waktu tersedianya iklan sangat terbatas. Kebanyakan artis akan mengunggah foto atau video promosi di story sosial media mereka yang mana hanya akan bertahan dalam kurun waktu 24 jam. Untuk mendapatkan waktu yang lebih lama Sobat Pintar juga harus mengeluarkan biaya tambahan.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
15 Oct 2021
mobile-closeKredit PintarDownload