Cara Mencari Tweet Lama dengan Mudah!

11 Mar 2022 by Laruan, Last edit: 14 Mar 2022

Pengguna Twitter, sekarang sering memunculkan kembali tweet lama untuk bernostalgia ataupun membuat tweet ber-genre komedi dalam akun miliknya. Jika ingin mencobanya, Anda wajib mengetahui cara mencari tweet lama berikut ini. 

Siapa yang tak tahu Twitter? Twitter merupakan situs jejaring sosial yang terus berkembang dengan pesat sejak pertama kali diperkenalkan ke publik di tahun 2006.

Twitter didirikan oleh Jack Drosey, Noah Glazz, Biz Stone dan Evan Williams pada 21 Maret 2006. Kemudian media sosial berlambang burung biru ini dirilis ke public pada 15 Juli 2006.

Twitter merupakan salah satu media sosial yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Bahkan menurut data di tahun 2019, ada lebih dari 22,8% pengguna internet di Indonesia yang aktif menggunakan Twitter.

Anda bisa membahas hal apa saja di Twitter. Mulai dari sesuatu yang serius, receh hingga hal-hal politik sekalipun. Media sosial yang satu ini kerap kali dijadikan patokan untuk mengecek apa yang sedang ramai dibicarakan (trending) oleh banyak orang.  

Sebagai microblog daring, Twitter memungkinkan pengguna untuk mengirim, membaca dan membalas pesan teks hingga 280 karakter. Pesan yang Anda tulis di Twitter disebut dengan kicauan atau tweet.

Kicauan atau tweet diartikan ketika pengguna menulis dan membagikan tulisan atau postingan. Sedangkan membagikan tulisan pengguna lain ke beranda profil kita disebut dengan retweet.

Selain tulisan, kita juga bisa membagikan tweet dengan menggunakan foto, video, gif hingga tautan. Umumnya, tweet yang kita buat bisa dilihat oleh semua pengguna Twitter baik yang terdaftar maupun tidak terdaftar. Pengguna juga dapat mengatur batasan kiriman postingan hanya untuk pengikutnya (followers) saja.

Jika Anda merupakan pengguna lama Twitter, ada kalanya Anda ingin melihat tweet lama yang pernah diunggah dulu. Baik tweet di akun sendiri maupun di akun orang lain.

Sayangnya, Twitter tidak bisa menampilkan seluruh tweet dari sebuah akun. Platform jejaring sosial ini hanya bisa menampilkan 3200 tweet terakhir saja di timeline akun penggunanya.

Nah, Anda yang ingin bernostalgia dengan melihat tweet-tweet lama tidak perlu berkecil hati. Ada cara tertentu untuk melihat tweet lama di Twitter.

Baca juga: Apa Itu Binary Option?

Cara mencari tweet lama

Mencari tweet-tweet lama di akun pribadi maupun akun orang lain merupakan hal yang cukup melelahkan. Karena dulu jika ingin mencari tweet lama, pengguna harus mencarinya secara manual dengan men-scroll tweet di bagian profile.

Namun, sekarang tidak perlu lagi. Pencarian tweet lama bisa lebih mudah dan praktis dengan menggunakan cara-cara berikut ini. Tapi ingat, jangan sampai disalahgunakan untuk hal-hal negatif ya. Jangan sampai mengakibatkan cyber crime atau cyber bullying!

1. Manfaatkan fitur Search di bagian profile

Twitter telah meluncurkan pembaruan di Twitter dengan menghadirkan fitur Search atau pencarian di bagian profile. Fitur ini dapat memudahkan pengguna untuk mencari tweet lama.

Caranya, pengguna cukup memasukkan keyword atau kata kunci di kolom Search atau pencarian. Kemudian, Twitter akan menampilkan tweet-tweet lama dari pengguna berdasarkan keyword tersebut. 

Masih bingung? Ikuti langkah-langkah berikut ini ya!

  1. Masuk ke bagian profile akun yang ingin Anda cari tweet lamanya
  2. Pilih ikon Search yang terletak di bagian kanan atas
  3. Lalu masukkan keyword dari tweet lama yang ingin Anda cari di akun tersebut
  4. Kemudian klik enter
  5. Voila! Twitter secara otomatis akan menampilkan hasil pencarian berdasarkan keyword yang telah Anda masukkan

Fitur ini merupakan fitur baru yang diluncurkan pada 2021 lalu. Fitur Search sudah bisa digunakan di Indonesia. Jika masih belum menemukan fitur Search di bagian profile, pastikan Anda sudah menggunakan Twitter versi terbaru ya.

2. Gunakan kode pencarian

Cara kedua dan yang paling mudah adalah dengan menggunakan menu pencarian di Twitter. Kode pencarian memudahkan mencari tweet-tweet lama yang Anda butuhkan. Cukup menuliskan formatnya secara sederhana seperti berikut ini:

  1. Bukalah akun Twitter Anda atau akun Twitter yang ingin Anda cari tweet lamanya
  2. Klik kolom Search dan ketikkan format berikut ini: from:username since:year-month-day until: year-month-day. Contohnya from:sinta since:2010-06-30 until:2020-10-10
  3. Kemudian klik tombol Search
  4. Kemudian tweet-tweet lama yang diunggah oleh akun terkait akan ditampilkan

3. Gunakan SnapBird

Cara lainnya adalah dengan menggunakan SnapBird. SnapBird merupakan situs yang menyediakan pencarian tweet lama. Caranya pun cukup mudah, Anda tinggal mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Kunjungi situs SnapBird
  2. Masuk lah dengan akun Twitter Anda dan pilih Authorize App
  3. Tuliskan akun Twitter yang ingin Anda cari tweet lamanya di bagian WHO
  4. Kemudian pilih Search agar muncul tweet lama pada akun yang Anda cari
  5. Anda bisa mengklik ‘See for more tweets’ untuk melihat lebih banyak lagi tweet lama lainnya

Baca juga: Kumpulan Aplikasi Untuk Mengelola Bisnis Online Lebih Mudah

4. Gunakan fitur Search Advanced Twitter

Cara mencari tweet lama juga bisa dengan menggunakan Twitter Advanced Search. Mirip seperti SnapBird, Anda hanya perlu mengunjungi situs tersebut secara online. Berikut cara mencari tweet lama dengan menggunakan Twitter Advanced Search:

  1. Kunjungi situs Twitter Advanced Search yaitu twitter.com/search-advanced
  2. Pada kolom isian, isi semua dengan benar. Mulai dari Words, Language, Accounts, Filters, Links, Engagements dan Dates
  3. Jika semuanya sudah terisi, klik tombol Search
  4. Twitter pun akan langsung menampilkan tweet lama yang Anda inginkan

5. Gunakan arsip Twitter

Arsip Twitter bisa jadi cara lainnya untuk mencari tweet lama. Anda bisa memilih untuk melakukannya lewat website atau aplikasi. Berikut cara mencari tweet lama dengan menggunakan website arsip Twitter:

  1. Login dengan menggunakan akun Twitter
  2. Pilih menu ‘Selengkapnya’ yang terletak di tab menu samping kiri
  3. Lalu klik Pengaturan kemudian pilih Akun Saya
  4. Pada bagian ‘Unduh data Twitter Anda’, masukkan password akun Twitter milik Anda
  5. Tekan tombol konfirmasi
  6. Cek email akun Twitter. Anda akan menerima email dengan arsip Twitter yang berisi tweet-tweet lama yang Anda cari

Sedangkan ini cara mencari tweet lama dengan menggunakan aplikasi:

  1. Login di akun Twitter Anda
  2. Di halaman utama, cari menu Pengaturan
  3. Kemudian pilih Akun lalu Data Twitter Anda
  4. Pada bagian ‘Unduh data Twitter Anda’, masukkan password akun Twitter
  5. Kemudian klik Konfirmasi
  6. Arsip data Twitter akan dikirim ke email akun Twitter Anda

Baca juga: Inilah 6 Macam Online Board Games yang Seru

Media sosial besutan Jack Dorsey ini juga jadi pilihan utama jika ingin mendapatkan informasi yang up to date dan mencari topik yang tengah trending. Entah itu dalam hal politik, ekonomi, bisnis, hiburan masih banyak lagi. 

Pengguna juga perlu memilah-milih informasi yang diterima di Twitter. Jangan sampai terjebak dengan hoax!

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
14 Mar 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download