Cara Menanam Wortel yang Benar Sebagai Ide Bisnis!

21 Feb 2022 by Laruan, Last edit: 14 Mar 2022

Cara menanam wortel yang baik dan benar perlu Sobat Pintar Ketahui untuk membudidayakannya di rumah. Terlebih wortel merupakan salah satu jenis sayuran yang kaya akan vitamin A. Yuk cari tahu caranya melalui ulasan di bawah ini.
cara menanam wortel

Budidaya wortel sekarang sudah membudidaya ke berbagai negara, termasuk di Indonesia, baik ditanam di rumah maupun kebun. Namun untuk mendapat hasil panen maksimal, Sobat Pintar perlu memahami beberapa tahapannya terlebih dahulu. Jika tahapan dilakukan dengan benar maka wortel dapat berbuah cepat.

Menanam wortel tidak hanya dilakukan di tanah terbuka tapi bisa juga menggunakan pot atau polybag. Sobat Pintar dapat memanfaatkan area kosong di taman samping dan belakang rumah sebagai lahan bisnis. Sementara halaman depan biasanya lebih cocok untuk menyimpan sejumlah tanaman hias.

Baca Juga: Cara Menanam Strawberry Hidroponik di Daerah Panas 

Syarat Tumbuh Wortel  

Meski membudidayakan wortel terbilang mudah namun ada beberapa hal yang perlu Sobat Pintar pertimbangkan sebagai syarat tumbuhnya wortel. Berikut beberapa hal yang perlu Sobat Pintar pertimbangkan di antaranya:Panduan Cara Budidaya Tanaman Wortel Untuk Pemula – Ilmu Pengetahuan Dasar

  1. Tanah

Tanah merupakan salah satu hal yang perlu disiapkan agar wortel dapat tumbuh dengan subur. Misalnya tanah aluvial, latosol, andosol dan regosol. Keempat jenis tanah ini bisa ditemui di dataran tinggi. Tingkat keasaman tanah yang dibutuhkan untuk menanam wortel sekitar 5,5-6,5 pH.

  1.  Suhu

Hal selanjutnya yang perlu Sobat Pintar pertimbangkan adalah suhu. Ini karena suhu sangat berpengaruh terhadap proses metabolisme tanaman wortel. Suhu yang diperlukan agar wortel dapat tumbuh dengan maksimal ialah 15,6 hingga 21,1 derajat celcius.

  1.  Curah Hujan

Curah hujan erat kaitannya dengan ketersediaan air tanah. Kekurangan air ketika budidaya wortel akan menghambat tumbuh kembangnya wortel. Sedangkan jika kelebihan air tanaman wortel akan mudah terserang oleh hama penyakit.  Lokasi yang cocok untuk budidaya wortel ialah daerah beriklim basah atau agak basah.

  1.  Kelembaban Udara

Kelembaban udara yang baik untuk tumbuh kembang wortel yaitu sekitar 80 hingga 90%. Jika terlalu tinggi maka akan merangsang pertumbuhan cendawan yang dapat menimbulkan penyakit. Kelembaban akan mempengaruhi terhadap intensitas cahaya matahari nantinya. 

Baca Juga: Cara Menanam Daun Bawang dan 5 Syarat Tumbuhnya 

Cara Menanam Wortel yang Baik dan Benar

Cara menanam wortel meliputi serangkaian tahapan mulai dari menyediakan bibit, media tanam hingga proses perawatan. Berikut langkah-langkah menanam wortel di rumah:
Cara Menanam Wortel di Kebun Yang Baik dan Benar

  1.  Pemilihan Bibit Berkualitas

Pemilihan bibit dapat dilakukan melalui 2 cara yaitu dengan membelinya langsung dari toko atau membuatnya sendiri dari indukan yang memiliki kualitas unggul. Jika Sobat Pintar memilih membuat bibit sendiri, berikut langkah-langkahnya di antaranya:

  • Pilih wortel yang memiliki kualitas baik
  • Potong 1/3 ujung umbi wortel
  • Potong daun dan sisakan sekitar 10 cm saja
  • Siapkan bedeng
  • Tambahkan pupuk Trichoderma, air, dan ZPT organik satu kali setiap 2 minggu di atas permukaan wortel
  • Siram tanaman wortel setiap sore
  • Bunga biasanya akan muncul dalam 1 bulan dan mekar pada 2 minggu setelahnya
  • Jika bunga sudah terlihat kecoklatan maka tanaman siap untuk dipanen
  1.  Teknik Pembenihan Wortel

Memasuki tahap pembenihan wortel, Sobat Pintar perlu menanam bibit dengan pupuk cair organik terlebih dahulu selama 30 menit sebelum ditanam. Tahap perendaman dimaksudkan agar bibit wortel dapat tumbuh dengan cepat dan tidak terkena penyakit sehingga pertumbuhan wortel akan terlihat lebih seragam.

  1.  Mempersiapkan Media Tanam

Selain menyiapkan media tanah yang gembur, Sobat Pintar perlu mengetahui kedalaman untuk menanam wortel kurang lebih 40cm. Setelah itu segera taburkan pupuk kompos atau kandang sebagai media tanam wortel. Kemudian buat bedeng sebesar 100 cm dan tinggi antara 20 hingga 30 cm.

  1.  Proses Penanaman Wortel 

Setelah bibit dan media tanam siap, langkah selanjutnya masuk pada proses penanaman. Proses penanaman wortel dapat dilakukan melalui beberapa cara seperti di pot, polybag dan hidroponik. Berikut cara menanam wortel yang benar dan dapat Sobat Pintar coba di rumah, di antaranya:

  • Cara Menanam Wortel di Pot

Cara menanam wortel di pot dapat Sobat Pintar coba, namun agar hasilnya sesuai harapan seperti memiliki ukuran panjang dan tebal, pilihlah pot dengan kedalaman 30 hingga 40 cm. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buat lubung dengan jarak 3 hingga 5 cm di pot.
  2. Masukan 2 bibit pada setiap lubang lalu tutup kembali dengan media tanam.
  3. Siram bibit menggunakan air secukupnya, pastikan agar tetap lembab.
  4. Simpan pot di area yang terkena sinar matahari.
  5. Jika daun sudah mencapai 3 cm segera pangkas agar tidak mempengaruhi proses pertumbuhannya.
  6. Tambahkan media tanam jika posisi wortel mulai bengkok.
  7. Tutup akar yang mencuat ke atas agar tidak terkena sinar matahari karena wortel bisa berwarna hijau sehingga tidak dapat dimakan.
  8. Jika ketinggian wortel sudah mencapai 8 hingga 10 cm, tambahkan pupuk ke dalam tanah 1 kali dalam 2 minggu
  • Langkah Penanaman Secara Hidroponik 

Sobat pintar dapat melakukan penanaman secara hidroponik dengan menggunakan botol bekas dan air. Siapkan juga perlengkapan seperti paku, alat pemotong, sumbu, larutan nutrisi tanaman, sekam dan spons, berikut langkah-langkahnya:

  1. Siapkan botol lalu bagi 2, usahakan bagian bawah lebih panjang.
  2. Buat lubang kecil di bagian tutup sebagai tempat masuknya sumbu.
  3. Masukan bagian sumbu ke dalam lubang dekat tutup botol dan masukan bagian atas botol yang dipasang sumbu secara terbalik.
  4. Masukan media tanam seperti spons dan sekam di atas sumbu sebagai pijakan tanaman agar tidak layu.
  5. Buat cairan hidroponik dari campuran air dan larutan nutrisi menggunakan AB mix. Sebaiknya tidak sembarangan menggunakan air.
  6. Tanaman wortel siap dipanen setelah 2 hingga 2,5 bulan
  • Cara Menanam Wortel di Polybag

Menanam wortel di pot dan polybag sebetulnya tidak jauh berbeda. Sebagian besar orang banyak memilih polybag sebagai media tanam. Berikut langkah-langkah menanam wortel di polybag yang perlu Sobat Pintar ketahui di antaranya:

  1. Siapkan media tanam yang telah dicampurkan dengan pupuk dalam jangka waktu 3 hari.
  2. Siapkan polybag dengan diameter 30 cm dan beri lubang kecil agar tidak tergenang air saat dilakukan penyiraman.
  3. Masukan media dari penanaman bibit sebelumnya agar tanaman cepat beradaptasi.
  4. Masukan bibit dengan kedalaman kurang lebih 5 cm.

Baca Juga: 5 Cara Menanam Sawi yang Baik dan Benar

Setelah mengetahui cara menanam wortel yang benar, Sobat Pintar dapat menjadikannya sebagai sumber bisnis. Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
14 Mar 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download