Cara Menanam Daun Bawang dan 5 Syarat Tumbuhnya

19 Jan 2022 by Laruan, Last edit: 31 Jan 2022

Cara menanam daun bawang wajib dipelajari kalau Anda gemar memasak sendiri. Agar bisa sering-sering memasak, Anda perlu belajar membudidayakan sendiri beberapa bahan masakan.

Salah satu bahan masakan yang sangat mudah untuk dibudidayakan adalah daun bawang. Daun bawang sendiri adalah bahan yang mampu meningkatkan rasa makanan.

Bahan yang satu ini juga termasuk salah satu jenis sayuran yang mengandung banyak manfaat. Ada asam folat, kalium, kalsium, vitamin C, dan berbagai kandungan serat di dalamnya.

Cara Menanam Daun Bawang dengan Praktis

Yang menarik dari tanaman daun bawang ini adalah bisa ditanam di berbagai media. Anda boleh menanamnya di polybag, pot, hingga botol bekas. Tertarik untuk belajar cara paling mudah menanam daun bawang? Temukan jawabannya di bawah.

Baca juga: Mengenal Hummingbird Finance, Alternatif Kripto

Membudidayakan di dalam Pot

Daun bawang bisa tumbuh dengan mudah, bahkan dengan subur, kalau Anda menanamnya di daerah yang ketinggiannya antara 900 hingga 1700 mdpl. Ikuti cara menanam daun bawang ini untuk bisa membudidayakan daun bawang dengan sukses.

  • Siapkan media tanam serta polybag. Media tanam merupakan campuran dari tanah, kompos atau pupuk kandang, serta arang sekam. Perbandingan ketiga bahan tersebut adalah 2:1:1.
  • Aduk campuran tanah hingga benar-benar merata sebelum memasukkannya ke dalam polybag. Lalu biarkan selama kurang lebih 5 sampai 7 hari.
  • Pilih bibit daun bawang yang berkualitas. Anda boleh membeli bibit di toko atau memanfaatkan metode stek menggunakan akar daun bawang yang sudah ada. Pastikan untuk memilih daun bawang yang akarnya masih utuh kemudian potong atasnya sampai tersisa 5-10 cm saja.
  • Gali lubang dalam media tanam lalu letakkan bibit bawang merah di dalam media tanam. Selanjutnya timbun bagian bawah akar tersebut dengan tanah. Letakkan daun bawang di tempat yang teduh dan tidak terpapar di bawah sinar matahari secara langsung.
  • Sirami tanaman secara rutin dengan cara menyemprotnya sampai tunas bawang mulai muncul ke bagian permukaan.
  • Kalau tunasnya sudah muncul, rawat daun bawang dengan menyiramnya 2 sampai 3 kali sehari. Lakukan pemupukan lagi pada minggu keempat. Siangi gulma setidaknya dua minggu sekali. Dan jangan lupa memotong bagian yang busuk atau layu.

Cara menanam daun bawang yang pertama ini menghasilkan panenan daun bawang pada umur 2,5 bulan atau 75 hari setelah penanaman dilakukan. Petik daun bawang yang paling tua dengan ciri daun sedikit keras, berwarna hijau tua dengan bagian bawah daun mulai menguning.

Cara menanam daun bawang dengan hidroponik

Cara kedua untuk membudidayakan daun bawang adalah dengan memanfaatkan metode hidroponik. Metode ini juga sangat mudah. Hanya dibutuhkan langkah-langkah sederhana berikut ini untuk membudidayakan daun bawang:

  • Siapkan bawang bombay yang masih utuh atau akar bawang daun yang tersisa dari dapur. Persiapkan juga wadah hidroponik yaitu botol air bekas.
  • Letakkan bibit daun bawang secara tegak lurus di dalam botol bekas yang sudah kosong. Isi botol tersebut dengan air sampai akar daun bawang tenggelam. Tapi pastikan batang tanaman tidak tertutup air.
  • Kemudian letakkan botol air di lokasi yang terkena sinar matahari tapi tidak secara langsung. Tempat yang teduh akan mendukung pertumbuhan daun bawang dengan lebih baik.
  • Selalu ganti air dalam botol minimal dua kali setiap hari agar air tetap bersih dan cara menanam daun bawang ini bisa benar-benar berhasil.
  • Setelah 5 hingga 7 hari, akan tumbuh tunas yang baru dan bisa Anda potong setelah usianya sekitar 9 sampai 10 minggu.

Saat memanen tanaman daun bawang yang Anda budidayakan sendiri, gunakan gunting yang bersih untuk memotong bagian pangkal dari batang daun bawang. Dengan begitu, anakan daun bawang masih bisa tumbuh dan memberikan daun bawang baru untuk Anda gunakan.

Setelah mengambil daun bawang, cuci hasil panenan sebelum menambahkannya ke masakan. Bagaimana kalau Anda sudah mengikuti semua petunjuk cara menanam daun bawang di atas tapi daun bawang tidak bisa tumbuh dengan subur?

Baca juga: Rekomendasi Film Bioskop terbaik 2021 yang Seru

Pahami Syarat Pertumbuhan Daun Bawang

Seperti halnya berbagai jenis tanaman lain, daun bawang punya beberapa syarat untuk bisa tumbuh dengan baik. Kalau syarat-syarat tersebut tidak dipenuhi, daun bawang tidak bisa tumbuh secara maksimal.

  1. Daun bawang bisa tumbuh dengan subur jika ditanam di daerah dengan ketinggian antara 900 hingga 1700 meter diatas permukaan laut.
  2. Untuk menunjang pertumbuhan daun bawang, suhu udara di sekitarnya harus berkisar antara 19 hingga 24 derajat Celcius.
  3. Dibutuhkan kelembaban udara sekitar 80 sampai 90 persen agar tanaman daun bawang bisa tumbuh tanpa kendala.
  4. Sangat penting untuk mempelajari cara menanam daun bawang dan mempersiapkan tanah yang pH-nya netral, yaitu antara 6,5 sampai 7,5.
  5. Media tanam yang akan dipakai untuk menumbuhkan daun bawang harus merupakan tanah lempung berpasir atau tanah andosol.

Kalau semua syarat tersebut sudah dipenuhi, seharusnya tanaman daun bawang Anda bisa tumbuh dengan baik. Meskipun daun bawang lebih suka tempat yang dingin, bukan berarti tanaman ini tidak bisa dibudidayakan di dataran yang lebih rendah dan dengan suhu yang lebih panas.

Daun bawang tetap bisa bertumbuh di lokasi lain, tapi pertumbuhan tanaman ini tidak akan semaksimal pertumbuhan daun bawang yang ditanam di lokasi yang lebih ideal.

Cara Menanam Daun Bawang dari Biji

Penanaman daun bawang bisa dilakukan dengan menggunakan biji. Kalau Anda memilih untuk menggunakan cara ini, Anda perlu bersabar karena proses pertumbuhannya lebih lama daripada budidaya daun bawang dari stek batang. Cara membudidayakan biji daun bawang adalah:

  1. Siapkan pot dengan media tanam yang berkualitas lalu masukkan biji daun bawang dengan kedalaman 2 cm. Berikan jarak setidaknya 5 cm antar benih. Jangan menanam biji daun bawang terlalu berdekatan.
  2. Proses penanaman dari biji daun bawang ini bisa memakan waktu 14 hari atau 2 pekan. Pastikan untuk selalu menjaga kelembaban tanah. Setelah tunas muncul, Anda tetap harus menyirami tanaman secara teratur.
  3. Pemberian pupuk juga merupakan cara menanam daun bawang yang sangat penting. Lakukan pemupukan setiap bulannya agar asupan nutrisi tanaman tetap terjaga.
  4. Pemanenan tanaman daun bawang bisa dilakukan setelah tanaman ini tumbuh setinggi 15 cm. Biasanya, pertumbuhan daun bawang membutuhkan waktu kurang lebih 2,5 bulan sampai bisa dipanen.

Baca juga: Magang Kampus Merdeka, Yuk Kenali Programnya

Jika Anda berencana untuk membudidayakan daun bawang dalam jumlah besar dan butuh tambahan dana, Anda bisa mendapatkannya dari Kredit Pintar. Kredit Pintar merupakan aplikasi pinjaman dana yang bisa membantu Anda memperoleh tambahan modal.

Gunakan dana pinjaman dengan bunga rendah dari Kredit Pintar untuk mempersiapkan semua bahan serta peralatan untuk kepentingan budidaya daun bawang.

Daripada membeli daun bawang setiap kali akan memasak, pelajari baik-baik cara menanam daun bawang dan terapkan agar Anda bisa memperoleh daun bawang segar kapanpun Anda membutuhkannya untuk memasak.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
31 Jan 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download