Magang Kampus Merdeka, Yuk Kenali Programnya

14 Jan 2022 by Laruan, Last edit: 17 Jan 2022

Magang Kampus Merdeka merupakan salah satu kebijakan pemerintah oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia dalam memberikan kesempatan untuk mahasiswa guna mengasah kemampuan sesuai bakat dan minatnya.

Program magang merupakan salah satu wujudnya yang bisa mahasiswa dapatkan. Sehingga mereka lebih siap saat nantinya terjun langsung ke dunia kerja untuk persiapan karir di masa depan.

Nah, untuk lebih jelasnya mari simak ulasan di bawah ini hal-hal yang berkaitan dengan Kampus Merdeka, utamanya program magang.

Baca juga: Cara Registrasi Bibit Investasi dan 5 Tips untuk Profit 

Daftar Program Kampus Merdeka yang Bisa Mahasiswa Pilih

Ada beberapa daftar program Kampus Merdeka yang bisa mahasiswa pilih untuk menunjang pengalaman mereka. Berikut ini daftarnya.

1. Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka

Memberikan kesempatan kepada mahasiswa mengenai keagamaan nusantara serta memperluas jaringan akademik antar siswa. Bisa dikatakan sebagai program sarana lintas kampus.

2. Magang Kampus Merdeka Bersertifikat

Program magang Kampus Merdeka bisa mahasiswa ikuti selama 1 sampai 3 semester. Sama dengan program sebelumnya, magang bersertifikat ini memiliki bobot SKS 20.

Mahasiswa bisa belajar langsung di tempat kerja mitra sehingga mereka bisa memperluas jaringan dan hubungan dengan industri terkait.

3. Indonesian International Student Mobility (IISMA)

Merupakan program mobilitas internasional yang memberikan fasilitas mahasiswa untuk belajar di perguruan tinggi luar negeri. Mereka yang lolos seleksi akan berkesempatan untuk bisa kuliah satu semester di perguruan tinggi terpilih.

4. Studi Independen Bersertifikat

Cocok bagi mahasiswa yang mempunyai ide inovatif dan mempunyai minat melakukan riset. Durasi program ini berkisar antara 1-2 semester dan memiliki bobot 20 SKS.

Menariknya bidang ini tidak bergantung dengan jurusan mata kuliah, mahasiswa bisa melakukan lintas disiplin keilmuan selama memenuhi persyaratan.

5. Proyek Kemanusiaan

Program ini membantu mahasiswa terlibat dalam proyek bencana alam. Seperti menjunjung tinggi nilai kemanusiaan serta harapan untuk meningkatkan kepekaan sosial dan bisa memberikan solusi sesuai dengan keahlian.

6. Riset atau Penelitian

Cocok untuk mahasiswa yang menginginkan menjadi peneliti. Dalam program ini mereka akan belajar di laboratorium pusat riset. Bertujuan meningkatkan mutu mahasiswa dan ekosistem serta kualitas riset Indonesia.

7. Membangun Desa (KKN)

Merupakan program yang akan memberikan pengalaman hidup di tengah masyarakat luar kampus. Bersamaan dengan masyarakat setempat, mahasiswa diharapkan mengidentifikasi potensinya serta memberikan solusi untuk membantu mengembangkan potensi desa tersebut.

8. Program Kampus Mengajar

Tujuan dari program ini adalah untuk melatih skill dan memberikan kesempatan secara langsung sekaligus mengembangkan diri. Mahasiswa akan menjadi mitra guru dalam pembelajaran literasi, numerasi, dan adaptasi teknologi jenjang SD dan SMP.

Program tersebut berlangsung dalam 1 semester dan akan memperoleh pengakuan 20 SKS.

9. Program Wirausaha

Pada program ini mahasiswa akan mendapatkan berbagai kegiatan berkaitan dengan peningkatan kompetensi kewirausahaan. Seperti menyusun proposal wirausaha, menjalankan kegiatan wirausaha, menjalankan wirausaha di bawah bimbingan dosen atau mentor, dan lainnya.

Baca juga: Kementerian Investasi: Siapa dan Apa Tugas Mereka? 

Mengenal Program Magang Kampus Merdeka

Salah satu program dari Kampus Merdeka yang digagas pemerintah adalah magang bersertifikat. Penting bagi mahasiswa mengikuti program tersebut. Yang mana bisa membantu mereka bisa beradaptasi dengan lebih baik saat masuk ke dunia kerja nantinya.

Banyak hal yang bisa mahasiswa peroleh dengan mengikuti program magang bersertifikat tersebut.

  • Keberlanjutan karier, mendapatkan peluang yang lebih besar untuk diterima sebagai karyawan tempat magang;
  • Keterlibatan langsung secara mendalam yakni mendapatkan pengalaman kerja yang berharga setelah lulus dari kampus;
  • Memperoleh gambaran nyata dunia kerja, seperti praktik real dalam industri maupun sektor yang mahasiswa minati;
  • Bisa membantu memperluas jaringan dan koneksi dalam industri;
  • Mahasiswa juga akan mendapatkan tunjangan berupa uang saku dari mitra.

1. Waktu Pendaftaran Magang Kampus Merdeka

Program magang di Kampus Merdeka ada waktunya, dalam kurun waktu tersebut Anda bisa mempersiapkan diri untuk mendaftar. Di tahun 2022 ini presiden Jokowi menargetkan sebanyak 150 ribu partisipan untuk bisa mengikuti program magang tersebut.

Jumlah ini lebih banyak ketimbang tahun sebelumnya. Terkait dengan pendaftaran magang bersertifikat Kampus Merdeka telah diperpanjang sampai tanggal 14 Januari 2022.

Peserta yang terpilih bisa mengkonversi kegiatan magang dan studi independen dengan 20 SKS perkuliahan per semester.

2. Syarat dan Ketentuan Magang Kampus Merdeka

Ada beberapa ketentuan yang menjadi persyaratan seseorang bisa mendapatkan kesempatan magang. Berikut persyaratan secara umumnya.

  • Merupakan mahasiswa semua jurusan di jenjang S1/D3/D4 yang masih aktif minimal semester 5;
  • Berasal dari perguruan tinggi negeri atau swasta yang terdaftar di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti);
  • Memperoleh persetujuan dari perguruan tinggi masing-masing;
  • Bisa mengikuti kegiatan perkuliahan di kampus selama tidak mengganggu tanggung jawab pekerjaan (di luar jam dan hari kerja);
  • Menyertakan beberapa dokumen pendukung seperti, Curriculum Vitae (CV), transkrip nilai, surat rekomendasi universitas; sertifikat pengalaman organisasi (opsional);
  • Mahasiswa memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) yang terdaftar dalam dapodik dan sudah diverifikasi akan Kampus Merdeka.

3. Pilihan Sektor Industri Program Magang

Peserta bisa memilih beberapa sektor industri yang mereka inginkan untuk ikut magang sesuai dengan bakat dan minat.

  • Teknologi;
  • Kesehatan dan pelayanan;
  • Badan Usaha Milik Negara;
  • Lembaga multilateral dan nonprofit;
  • Jasa, dan lainnya;

4. Cara Daftar Program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka dan Memilih Kegiatan

Ada beberapa langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk bisa mendaftarkan diri di program magang tersebut, berikut langkah-langkahnya.

  • Pastikan sudah memiliki akun Kampus Merdeka, jika belum bisa mendaftar dahulu di halaman kampusmerdeka.kemendikbud.go.id;
  • Punya NISN yang sudah terverifikasi oleh akun Kampus Merdeka;
  • Masuk situs kampus merdeka kemudian klik Program, pilih program Magang atau Studi Independen;
  • Pilih kegiatan lewat kolom yang sudah tersedia berdasarkan pilihan sektor industri;
  • Pilih salah satu kegiatan untuk cek rinciannya serta mendaftar kegiatan tersebut;
  • Mahasiswa bisa memilih lebih dari satu kegiatan namun dalam satu semester hanya bisa mengikuti satu kegiatan saja;
  • Jika tertarik silakan memilih tombol daftar;
  • Kemudian akan muncul formulir dan kolom yang perlu mahasiswa isi untuk pendaftaran;
  • Lengkapi berbagai dokumen yang diminta, seperti CV, transkrip nilai, surat rekomendasi, sertifikat pengalaman organisasi, dan klik selanjutnya;
  • Masukkan data pribadi secara lengkap seperti agama, asal SMA, kontak darurat, akun media sosial, dan sebagainya yang diminta;
  • Saat semuanya sudah maka silakan klik centang setuju untuk menyetujui semua peraturan dan kesanggupan. Beri centang pada kolom untuk menyetujui kemudian klik daftar;
  • Mitra perusahaan akan mengecek dokumen Anda dan semoga berhasil.

Baca juga: Tutorial Cara Menggunakan Kinemaster Secara Lengkap 

Nah, itulah beberapa informasi terkait dengan program pemerintah Kampus Merdeka. Utamanya program magang Kampus Merdeka bersertifikat yang bisa membantu mengembangkan potensi Anda.Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

17 Jan 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download