Cara Registrasi Bibit Investasi dan 5 Tips Untuk Profit

07 Jan 2022 by Laruan, Last edit: 10 Jan 2022

Kredit Pintar – Sekarang ini, investasi melalui instrumen reksa dana sangat banyak digemari oleh masyarakat. Tak sedikit pula banyak bermunculan aplikasi atau platform jual-beli reksa dana, seperti halnya Bibit Investasi.

Lantas apa itu Bibit Investasi? Bibit Investasi merupakan sebuah aplikasi reksa dana yang dibuat khusus untuk membantu investor pemula dalam hal investasi, utamanya investasi reksa dana.

Pada dasarnya, aplikasi Bibit Investasi sama halnya dengan e-commerce yang menawarkan layanan penjualan berbagai produk untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Bagi Sobat Pintar yang masih awam dengan investasi reksa dana, makan aplikasi Bibit sangat cocok untuk Sobat Pintar karena kemudahan dalam penggunaannya.

Bibit Investasi memiliki beberapa keunggulan antara lain dapat menyesuaikan investasi reksa dana dengan profil risiko baik dari toleransi risiko, umur pengguna, bahkan keadaan finansialnya. Hal itu didukung dengan teknologi dari Bibit yang menggunakan riset dari pemenang Hadiah Nobel, Modern Portfolio Theory.

Baca Juga: Coba Beli Produk Reksadana Ini. Prospek Banget di 2022!

Lantas bagaimana cara menggunakan Bibit Investasi? Simak penjelasan berikut yang telah dirangkum dari Kredit Pintar!

Cara Mudah Registrasi dan Membeli Reksa Dana dari Aplikasi Bibit Investasi

Sama seperti platform lainnya, Sobat Pintar harus melakukan registrasi terlebih dulu sebelum bisa menjalankan aplikasinya. Berikut cara registrasi Bibit Investasi dengan mudah:

Cara Registrasi Bibit Investasi

  1. Yang pertama tentu saja Sobat Pintar harus mengunduh aplikasi Bibit di smartphone. Aplikasi Bibit bisa diunggah di App Store ataupun Play Store
  2. Buka dan jalankan aplikasi Bibit.
  3. Klik Register. Kemudian isilah tanggal lahir dan selesaikan enam kuesioner singkat dari aplikasi. Hal ini bertujuan agar Bibit dapat mengetahui profil dan tujuan berinvestasi.
  4. Klik Lanjut. Lalu Sobat Pintar akan diminta mengisi nomor handphone aktif untuk dikirimi kode verifikasi lewat SMS.
  5. Setelah verifikasi selesai, isilah data diri Sobat Pintar sekali lagi. Jangan lupa untuk menyiapkan foto KTP dan foto selfie dengan KTP untuk diunggah.
  6. Selanjutnya, Sobat Pintar harus membubuhkan tanda tangan virtual di kolom yang telah tersedia.
  7. Langkah terakhir, lakukan set up pin dan verifikasi email. Tunggulah proses registrasi akhir dalam kurun waktu 1×24 jam. Pada masa tersebut, tim Bibit bersama dengan KSEI memvalidasi data.

Cara Beli  Reksa Dana Menggunakan Aplikasi Bibit Investasi

Selamat Bibit sudah memverifikasi datamu! Kini Sobat Pintar bisa mulai untuk membeli reksa dana lewat Bibit Investasi. 

Untuk membeli reksa dana, Sobat Pintar bisa memilih nominal mulai dari paling kecil Rp 10.000. Berikut cara beli reksa dana lewat Bibit Investasi:

  1. Di halaman utama, pilih tombol ‘Explore’
  2. Pilih jenis reksadana yang diinginkan seperti obligasi, pasar uang, saham, atau syariah. Lalu klik produk reksadananya.
  3. Penting! Pelajari data dan informasi reksa dana terkait, scroll sampai ke bawah untuk membacanya lengkap. Apabila sudah yakin, klik Beli’.
  4. Masukkan nominal dana yang ingin diinvestasikan. Sobat Pintar juga bisa klik ‘Ubah’ untuk memilih ingin memasukkan ke portofolio.
  5. Pilih ‘Portofolio’ dan klik ‘Beli’.
  6. Klik checklist jika sudah setuju dengan isi prospektus reksa dana, kemudian klik ‘bayar sekarang’
  7. Selanjutnya pilih metode pembayaran yang tersedia seperti LinkAja, GoPay, virtual account dan lain-lain. Klik ‘Bayar’.
  8. Selesaikan pembayaran dan Sobat Pintar telah berhasil membeli reksa dana lewat aplikasi Bibit.

Baca Juga: Kenali Apa Itu Reksadana, Selengkapnya di sini

5 Tips Jitu Bagi Pemula Bibit Investasi Agar Terus Profit

Bagi pemula, memang menggunakan aplikasi bibit agak terlalu rumit karena belum mengetahui semua fitur-fiturnya. 

Nah, tips yang akan Kredit Pintar bagikan di sini tidak terlalu susah karena memang fitur umum yang ada di aplikasi Bibit. Berikut 12 tips jitu bagi pemula Bibit Investasi agar bisa terus dapat profit:

1. Cukup Tampilkan Reksa Dana Syariah

Secara otomatis, akun yang terdaftar di Bibit akan menampilkan reksadana konvensional dan syariah. Sobat Pintar bisa hanya menampilkan reksa dana syariah dengan mengubahnya di bagian profil.

Keuntungan dari reksa dana syariah yaitu adanya jaminan halal secara total sampai transaksi berakhir.

2. Mengganti Profil Risiko

Profil risiko yang dipilih sangat menentukan komposisi investasi reksa dana yang direkomendasikan oleh Bibit.

Sebagai contoh, Bibit mengatur otomatis bagi pengguna baru untuk memilih profil risiko konservatif, istilahnya main aman. Maka efeknya Sobat Pintar akan mendapatkan hasil investasi yang  kecil karena profil konservatif memilih RDPU lebih banyak.

Bagi yang sudah berpengalaman main di Bibit, maka profil risiko juga meningkat menjadi moderat atau bahkan agresif.

Nah, Sobat Pintar bisa mengubah profil risiko sendiri di menu Dana Pensiun, klik ‘Ubah’.

Ubahlah profil risiko sesuai dengan keadaan pasar. Misal saat pasar saham sedang jatuh, umumnya pengguna beralih ke moderat dengan penempatan obligasi lebih besar.

3. Ganti Pilihan Reksa Dana Rekomendasi Robo

Masih dalam pembahasan profil risiko, Sobat Pintar bisa mengubah rekomendasi dari Robo juga, lho!

Perubahan rekomendasi biasanya dilakukan jika pengguna kurang suka dengan produk reksa dana yang ditawarkan Robo Bibit.

Caranya yaitu pada menu rekomendasi Robo, pilih kategori reksa dana yang ingin diubah. Lalu pilih reksa dana yang diinginkan. Namun, jangan asal-asalan ganti ya! Pastikan Sobat Pintar telah memahami produk tersebut dengan membaca prospektus dan fund fact sheet yang tersedia.

4. Membuat Tujuan Investasi di Portofolio

Jika kita tidak punya tujuan, tentu kita akan kebingungan dalam melangkah, sama halnya dalam berinvestasi.

Sobat Pintar wajib mempunyai tujuan yang jelas dalam berinvestasi, sebab beda tujuan beda target, maka beda lagi produk reksa dana yang semestinya dibeli.

Contoh tujuan investasi yaitu antara lain tujuan jangka pendek, menengah, dan jangka panjang.

Jika jangka pendek, sebaiknya beli RDPU. Kalau menengah, bisa beli RD tetap dan untuk jangka panjang, Sobat Pintar bisa beli RD saham atau campuran.

5.  Menukar Reksa Dana Satu dengan Reksa Dana yang Lain

Fitur ini bernama switching reksa dana Bibit yang berguna untuk menukar reksa dana yang Sobat Pintar punya dengan reksa dana lainnya.

Tenang saja, fitur ini bisa diakses gratis dan tak perlu harus jual dulu.

Keunggulan lain dari fitur ini antara lain:

  1. Tidak perlu menunggu penjualan dan pencairan dana selesai yang biasanya membutuhkan waktu selama tujuh hari kerja.
  2. Tidak ada penyetoran uang tambahan
  3. Hemat biaya transfer antar bank
  4. Gratis, tidak perlu biaya tambahan untuk Switching

Baca Juga: Simak Berbagai Alasan Memilih RDPU Sebagai Investasi

Namun, yang perlu Sobat Pintar garis bawahi adalah fitur ini hanya bisa dilakukan antar produk reksa dana di MI yang sama.

Jadi sayangnya Sobat Pintar tidak bisa melakukan switching dari satu MI ke produk MI lain yang berbeda

Itulah penjelasan singkat Kredit Pintar tentang cara registrasi, membeli reksa dana dan tips jitu menggunakan aplikasi Bibit. Tujuannya yaitu agar memudahkan Sobat Pintar untuk menggunakan aplikasi Bibit dan mulai mendapatkan uang dari investasi reksa dana.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
10 Jan 2022
mobile-closeKredit PintarDownload