Deretan dari Saham Blue Chip 2021

08 Mar 2022 by Laruan, Last edit: 21 Mar 2022

Apabila Anda terjun dalam dunia saham, sudah pasti sering mendengar tentang saham blue chip. Dimana bisa dikatakan memang saham dengan sebutan ini adalah primadona. Karena setiap perusahaan yang sahamnya masuk jajaran saham blue chip jelas tidaklah sembarangan. Lalu, perusahaan mana saja yang masuk saham blue chip 2021? Simak ulasannya berikut.

Deretan dari Saham Blue Chip 2021

Baca juga: Serba-Serbi Investasi Hijau yang Perlu Kamu Tahu | Kredit Pintar

Pengertian Tentang Saham Blue Chip 

Sebelum kita masuk ke daftar dari saham blue chip, lebih baik memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan saham yang satu ini. Saham blue chip adalah sebuah saham yang mempunyai jumlah kapitalisasi yang sangat besar dan likuiditas dan performanya tinggi. 

Dimana kapitalisasi besar sendiri adalah dari jumlah saham yang saat ini sedang beredar dan dikalikan dengan harga dari saham tersebut. Jadi, bisa diartikan bahwa semakin banyak jumlah saham yang beredar dan harganya yang tinggi, maka bisa dipastikan bahwa kapitalisasi dari saham perusahaan tersebut sangat besar. 

Kebanyakan saham blue chip memiliki jumlah kapitalisasi di atas 40 triliun rupiah. Sehingga sudah dapat dipastikan bahwa perusahaan yang masuk dalam kategori blue chip adalah perusahaan top dan tidak pernah mengalami masalah besar. Selain itu juga citra yang ada dari perusahaan blue chip sudah sangat baik di mata masyarakat. 

Daftar Saham Blue Chip 2021 Terbaik 

Deretan dari Saham Blue Chip 2021

Dari penjelasan di atas, maka sudah bisa disimpulkan bahwa saham blue chip adalah saham yang memiliki harga yang lumayan tinggi. Berikut ini adalah perusahaan yang sahamnya masuk dalam blue chip: 

Bank BCA 

Daftar pertama saham blue chip di tahun 2021 adalah Bank BCA yang memiliki kode di BEI adalah BBCA. Sebenarnya dari penjelasan akan pengertian dari saham blue chip sebelumnya sudah bisa menjawab kenapa BCA berada di peringkat satu. Dari pelayanan yang sangat maksimal hingga pendapatan bersih yang tinggi, jelas bank ini ada di posisi paling top. 

Bank BCA dikenal mempunyai pengelolaan yang sangat baik dan efisien, tidak heran jika ROI yang bisa didapatkan juga terbilang tinggi bila dibandingkan dengan bank yang lain. Saat ini volume saham yang dimiliki BCA adalah 11.378.100 dengan harga saham yang mencapai Rp. 31.950. Sehingga secara fundamental bank ini pun menjadi incaran banyak investor. 

Bank Mandiri 

Selanjutnya adalah saham dari Bank Mandiri, dimana bank yang satu ini juga mempunyai performa yang sangat baik sekali pada tahun 2020. Mengingat pada tahun tersebut sudah terjadi pandemi, tapi pendapatan bersihnya masih sangatlah tinggi dan bahkan meningkat di tahun 2021. 

Tapi, hal ini juga tidak lepas dari pengalaman Bank Mandiri yang sudah berada di dunia perbankan sangatlah lama. Dimana hingga sekarang bank yang satu ini masih mempertahankan etos kerja dan citra yang baik di mata masyarakat. Jadi, tidak heran jika saham dari Bank Mandiri memiliki kapitalisasi yang terbilang besar. 

Baca juga: Ingin Memulai Investasi? Yuk Belajar Investasi di Platform Berikut | Kredit Pintar

Bank BRI 

Masih dari dunia perbankan, dimana saham dari Bank BRI pun masuk ke dalam kategori saham blue chip. Saham dari bank milik pemerintah ini tidak lepas dari peranan dari pinjaman kredit untuk UMKM. Sehingga tidak heran jika saham BRI selalu terlihat aktif diperjualbelikan di Bursa Efek Indonesia. 

Di tengah terjangan pandemi covid-19 pun tidak mempengaruhi banyak harga saham dari Bank BRI. Bahkan Cenderung stabil, sehingga bisa dikatakan tidak banyak masalah yang terjadi dalam urusan harga sahamnya. Maka daripada itu, banyak sekali investor yang melirik saham dari bank yang satu ini. 

Unilever Indonesia 

Anda pasti sangat akrab sekali dengan perusahaan yang satu ini, dimana perusahaan yang satu ini memberikan kontribusi besar dalam kehidupan sehari-hari masyarakat. Pepsodent dan Lifebuoy adalah dua produk dari Unilever yang hingga saat ini juga akrab digunakan oleh masyarakat. 

ROE atau Return on Equality dari perusahaan ini sendiri cenderung terus meningkat setiap tahunnya. Sehingga tidak heran jika Unilever mempunyai tingkat kapitalisasi yang terbilang tinggi. Dari ROE yang terus meningkat, maka tidak heran jika perusahaan consumer goods ini selalu berhasil mendapatkan keuntungan. 

PT. Indofood 

Daftar saham blue chip di tahun 2021 selanjutnya adalah PT. Indofood. Dengan kode di BEI adalah ICBP, Indofood pun dikenal sebagai perusahaan yang sangat stabil. Produk unggulan dari perusahaan ini sudah pasti Anda ketahui, apalagi kalau bukan Indomie yang juga tidak pernah mengalami penurunan pembelian di masyarakat. 

Selain menjual produk mie instan, Indofood memiliki laba yang jelas sangat tinggi. Pertumbuhan dari perusahaan ini sendiri pun terus terjadi secara konsisten. Sehingga tidak heran jika saham perusahaan masuk dalam kategori blue chip.

PT. Telekomunikasi Indonesia 

Dikenal sebagai PT. Telkom, perusahaan yang satu ini juga masih konsisten memperoleh keuntungan bersih dari tahun ke tahun. Ketika perekonomian negara juga sedang turun, pendapatan dari perusahaan ini senantiasa memperoleh kenaikan secara signifikan. Tidak dari segi laba saja, PT. Telkom sendiri dikenal sangat loyal. 

Dimana mereka selalu membagikan dividen yang sesuai terhadap seluruh investornya. Sehingga tidak heran jika pelayanan yang diberikan perusahaan ini sangatlah baik dan terus berkembang dari tahun ke tahunnya. 

Bank BNI 

Masih dari saham perbankan lagi yang selalu cenderung stabil dari tahun ke tahun, yaitu Bank BNI. Dimana kode saham di BEI adalah BBNI. Meskipun pada awalnya bank BNI lebih terfokus kepada korporasi, ritel dan konsumen, tapi dengan adanya satu anak perusahaan sekuritas dan asuransi membuat saham mereka masuk jajaran blue chip. 

Hingga saat ini sendiri, saham dari Bank BNI paling sering diperdagangkan oleh investor asing. Bahkan dari data yang didapatkan dari BEI, saham dari bank BUMN yang satu ini dicari investor luar negeri dengan total nilai pembelian mencapai angka 8,25 juta lembar. 

PT. Gudang Garam 

Siapa yang tidak kenal dengan Gudang Garam yang merupakan perusahaan pembuat rokok terbesar saat ini. Nama dari perusahaan ini sendiri tidak hanya dikenal di masyarakat Indonesia saja, tapi juga sampai ke luar negeri. Karena memang produk rokok yang dijual oleh perusahaan ini juga sangat luas sekali hingga ke negara tetangga.

Dengan performa perusahaan yang membaik dari tahun ke tahun, memang banyak sekali yang menyarankan untuk berinvestasi saham di perusahaan yang satu ini. Apalagi dengan harga saham yang cenderung naik secara perlahan. Sehingga Anda pun dapat mencoba untuk membeli saham dari perusahaan rokok ini. 

Demikianlah daftar perusahaan saham blue chip 2021 terbaik. Dari seluruh perusahaan yang sudah disebutkan pun dikenal masyarakat secara luas. Sehingga tidak perlu lagi diragukan akan performa, likuiditas hingga kapitalisasinya. 

Baca juga: 6 Jenis Investasi yang Cocok Untuk Anak Muda! | Kredit Pintar

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
21 Mar 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download