Tutorial Cara Menggunakan Kinemaster Secara Lengkap

06 Jan 2022 by Laruan, Last edit: 10 Jan 2022

Kebutuhan akan video semakin bertambah dengan adanya Tik Tok dan Reels. Karena itu penting untuk mengetahui cara menggunakan kinemaster agar bisa menghasilkan video yang baik dengan mudah.

Baca juga: 13 Ide Desain Feed Instagram Untuk Akun Lebih Stylish

Kehadiran software edit video seperti Kinemaster sangat membantu banyak orang. Dengan modal smartphone, siapa saja bisa menghasilkan karya video. 

Sampai sekarang aplikasi yang satu ini menjadi pilihan bagi editor pemula, selebgram, content creator, atau Youtuber. Fitur menarik yang tersedia membuat hasil videonya semakin estetik dan keren.

Kamu bisa menambahkan berbagai macam efek, memotong video, memasukan gambar ke dalam video dan masih banyak lagi. Jika kamu baru pertama kali terjun ke dunia videografi, tampilan antarmuka yang user-friendly juga bisa memudahkanmu. 

Bagi kamu yang ingin belajar menggunakan aplikasi Kinemaster, yuk baca artikel ini untuk mengerti cara menggunakan kinemaster sampai selesai, ya.

Tutorial cara menggunakan kinemaster lengkap

Sebelum mulai mengedit video di Kinemaster, ada beberapa hal yang harus kamu lakukan terlebih dulu. Sehingga bisa memudahkanmu nantinya. 

Menyiapkan konsep dan bahan

Ada cukup banyak hal yang harus kamu perhatikan sebelum membuka aplikasi Kinemaster, seperti konsep, plot, atau cerita yang ingin disampaikan. Siapkan juga bahan-bahan lain berupa potongan video, gambar, atau teks yang akan digunakan. 

Ini adalah langkah penting, apalagi jika kamu ingin menghasilkan video dengan tujuan untuk promosi, iklan, dan hal-hal profesional lainnya. Namun jika untuk hiburan semata, kamu bisa mengambil bahan seperlunya.

Sebaiknya simpan semua bahan di dalam satu folder yang mudah ditemukan sehingga kamu tidak kebingungan saat mengedit video.

Instal aplikasi Kinemaster

Setelah menyiapkan konsep dan bahan, langkah selanjutnya adalah menginstal aplikasinya. Bagi kamu pengguna Android, caranya adalah dengan masuk ke aplikasi Google Play Store lalu ketikan “kinemaster” di kolom pencarian. 

Sedangkan pengguna iOS bisa mencari aplikasinya di App Store dengan keyword yang sama seperti sebelumnya. Klik tombol “install/pasang” lalu tunggu proses instalasinya berjalan hingga selesai, kemudian tekan tombol “open/buka”.

Buat project baru

Ketika kamu berada di halaman awal aplikasinya, tekan tombol “+” di tengah untuk membuat project baru. Selanjutnya akan muncul pilihan aspect ratio, 16:9, 9:16, serta 1:1. Rasio 16:9 berbentuk landscape dan digunakan untuk Youtube.

Sementara rasio 9:16 bentuknya portrait yang cocok untuk status WhatsApp atau Instagram Story. Yang ketiga, rasio 1:1 memiliki bentuk persegi dan digunakan untuk feed Instagram.

Selalu gunakan aspek rasio yang sesuai dengan kebutuhanmu agar hasilnya lebih maksimal. 

Masukan media yang akan digunakan

Sekarang waktunya kamu memasukan media atau bahan-bahan yang kamu siapkan sebelumnya ke dalam aplikasi. Caranya dengan menekan tombol “media” yang berada kanan layar lalu pilih bahan yang akan digunakan. 

Misalnya kamu ingin memasukan gambar, pilih fotonya kemudian tekan tombol “centang” di pojok kanan atas. Jika kamu ingin menambahkan background, klik folder “background” di samping kiri layar. 

Ulangi kembali cara yang sama untuk menambahkan media lain ke lembar proyek. Tambahkan satu-persatu sesuai dengan konsep yang kamu buat sebelumnya.

Menambahkan layer (efek, teks, dan lain-lain)

Di Kinemaster, kamu juga bisa memasukan layer berupa efek (blur dan sebagainya), tulisan tangan, lagu, sticker, dan teks. Caranya juga mudah, cukup klik tombol “layer” dan pilih layer yang ingin kamu gunakan. 

Misalnya kamu ingin menambahkan tulisan ke dalam videomu, tinggal klik menu “text” lalu tulis teks yang sudah kamu siapkan. Setelah selesai, tekan “OK” dan tulisan otomatis bertambah di lembar proyek.

Agar tampilannya lebih maksimal, kamu bisa mengubah font dengan meng-klik tulisan di layar video, lalu pilih menu “Aa” di samping ikon gunting. Jangan lupa tambahkan animasi keluar atau masuk teks dalam menu “In Animation” atau “Out Animation”. 

Cari animasi yang sesuai dengan selera, lalu atur kecepatan menggunakan slider yang ada di bawah. Semakin besar angkanya maka animasinya akan semakin lambat. 

Kamu ingin memasukan guratan bebas seperti emoticon senyum atau tanda tangan ke dalam video? Gunakan menu “Handwriting” saja! Terlebih jika video yang kamu buat adalah video tutorial. 

Setelah memilih menu “Handwriting” kamu akan menemukan ikon pensil berwarna merah, klik ikon tersebut dan gambarkan guratannya sesuai selera. Tekan tanda “centang” setelah selesai. 

Jika kamu sudah menetapkan efek-efek yang akan digunakan, kamu bisa memasukkannya melalui menu “Effect”. Umumnya, Kinemaster hanya menyediakan efek blur di versi gratisnya.

Menu terakhir, yaitu “Overlay” berguna untuk menambahkan stiker ke dalam video meskipun jumlahnya terbatas. 

Baca juga: 8 Fitur Keren di Twitter Blue dan Biaya Langganan

Menempelkan lagu atau musik ke video

Setelah elemen-elemen yang ada di layer, kamu juga bisa menempelkan lagu atau musik untuk dijadikan backsound. Pilih ikon “audio” yang ada di sebelah kanan display video-mu.

Klik satu kali pada judul lagu yang sudah kamu siapkan sebelumnya untuk memainkan preview-nya. Setelah itu pilih tombol “+” untuk memasukkannya ke dalam lembar proyek. 

Terakhir, pilih ikon “centang” untuk menyelesaikan proses memilih lagu. Kinemaster mendukung berbagai format seperti mp3, AAC, dan WAV. 

Membuang bagian yang tidak dibutuhkan

Kamu ingin membuang bagian video yang tidak dibutuhkan? gunakan fitur cut di Kinemaster. Langkah pertamanya adalah memilih video yang dipotong sampai muncul bingkai kuning. 

Tekan simbol gunting dan pilih jenis pemotongan yang akan kamu gunakan. Ada 4 pilihan yang tersedia: 

  1. Trim to left of playhead berarti memotong video di sebelah kiri garis crop. 
  2. Trim to right of playhead artinya memotong video di sebelah kanan garis crop.
  3. Split at playhead adalah memotong video menjadi dua
  4. Split and Insert Freeze Frame akan memotong video menjadi dua dan memunculkan pilihan untuk memasukan video baru. 

Menambahkan transisi pada video

Berikan sentuhan terakhir pada video yang sedang kamu edit menggunakan fitur transisi. Dengan begitu hasilnya akan semakin indah.

Langkah yang harus kamu lakukan pun tidak terlalu sulit. Cari saja ikon yang berada di antara sela-sela media yang ada pada lembar proyek, lalu pilih ikon tersebut. 

Di dalamnya ada berbagai pilihan transisi, seperti picture-in-picture, travel, transisi mirip PowerPoint, dan masih banyak lagi. Setelah memilih jenis transisi, atur durasinya sesuai selera lalu klik ikon “centang”.

Eksport dan share video

Langkah terakhir yang harus dilakukan adalah menyimpan video dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pilih ikon eksport di pojok kanan atas layar smartphone
  2. Sesuaikan resolusi dan kecepatan frame dengan kebutuhan
  3. Klik tombol “export” di bawah layar

Baca juga: Tips Selalu Booyah Dengan Top-Up Unipin FF!

Selesai sudah pembahasan mengenai cara menggunakan kinemaster yang bisa kamu ikuti untuk mengedit video di smartphone-mu. 

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
10 Jan 2022
mobile-closeKredit PintarDownload