13 Ide Desain Feed Instagram Untuk Akun Lebih Stylish

15 Dec 2021 by Laruan, Last edit: 20 Dec 2021

Saat ini, Instagram tidak hanya dimanfaatkan untuk keperluan personal. Sudah banyak perusahaan, mulai dari brand besar hingga usaha rumahan, yang menggunakan Instagram untuk menjaring calon pembeli. Maka dari itu, disini pemilihan desain feed Instagram menjadi elemen penting dalam bisnis.

Gambar 6 1

Memposting foto atau video di Instagram adalah pekerjaan gampang. Namun, bukanlah hal yang mudah untuk mendekorasi Instagram agar orang tertarik mengunjungi feed dan memfollow akun kita. Tidak jarang perusahaan besar merekrut social media specialist untuk membereskan masalah ini.

Pandemi Covid-19 telah mengubah perilaku konsumen dimana kini mereka lebih senang berbelanja secara online. Jika Anda memiliki bisnis online dan menggunakan Instagram sebagai tool utama dalam menggaet pembeli, maka artikel ini untuk Anda.

Kenapa Harus Instagram?

Setidaknya ada dua alasan mengapa pebisnis harus menggunakan Instagram untuk memperbesar bisnisnya, yaitu branding dan menawarkan kenyamanan.

Branding

Instagram menjadi media sosial yang ideal untuk meningkatkan brand awareness. Beberapa hal yang harus Anda tentukan adalah target audiens, jadwal upload konten, dan optimalkan hashtag atau tagar. Instagram bisnis juga bisa digunakan untuk memantau engagement, sehingga Anda tahu postingan mana yang paling diminati orang.

Selain memiliki tujuan jelas, Anda juga perlu konsisten. Tetapkan jadwal posting, bisa harian atau 2-3 kali seminggu. Akan lebih baik jika posting pada jam yang sama. 

Kenyamanan Dalam Sekali Pandang

Sudah pernah scroll feed Instagram yang cantik? Anda sudah bisa melihat garis besar produk dan desain hanya dalam sekilas scroll bukan?

Itulah kelebihan feed Instagram yang dimanfaatkan oleh pelaku usaha. Feed yang cantik lebih mudah memancing orang untuk menekan tombol like dan follow.

Ide Desain Feed Instagram Inspiratif

  1. Garis di Tengah

Desain ini berwujud gambar tengah seirama yang berbeda dengan dua gambar yang mengapitnya. Gambar tengah ini bisa berupa quote, foto hitam putih, atau pembeda lain. Desain feed ini tampak cantik dan elegan, bisa juga digunakan untuk keperluan feed Instagram pribadi.

Kekurangannya adalah Anda perlu meng-upload tiga foto sekaligus dalam satu waktu untuk menjaga garis tengah tersebut. Sama halnya saat menghapus foto, Anda harus menghapus ketiganya.

  1. Desain Per Baris

Modul 3×3 Instagram memang mudah diolah dalam berbagai variasi desain. Salah satu inovasi yang biasa digunakan adalah desain per baris.

Mirip dengan desain garis tengah, desain per baris juga menuntut Anda untuk meng-upload tiga foto sekaligus dalam satu waktu. Bedanya, ketiga foto tersebut harus seirama dan saling terkait. Style feed ini menuntut kekonsistenan dan keseriusan dalam berkonten.

  1. Tiles Theme

Sesuai dengan namanya, desain feed tiles theme selang-seling seperti ubin lantai atau papan catur. Misalnya, pada setiap foto biasa diselingi satu postingan putih polos yang berisi quote dan semacamnya. 

Tipe desain feed Instagram ini terlihat sederhana, tetapi tetap artistik. Pemilik akun juga tidak merasa kesulitan saat mengedit feed Instagram karena tidak terikat dengan aturan modul 3×3. 

  1. Puzzle Theme

Dengan tema feed puzzle, audiens baru paham bentuk foto setelah melihat feed secara keseluruhan. Biasanya pemilik Instagram menggunakan minimal tiga foto puzzle, bahkan bisa lebih. Tingkat kesulitan desain ini lebih tinggi daripada desain per baris atau garis tengah.

Selain setiap foto tidak bisa berdiri sendiri, sisi negatif desain ini adalah Anda harus langsung menghilangkan beberapa foto jika ada satu foto saja yang perlu dihapus.

  1. Border Theme

Sesuai dengan namanya, foto dengan desain feed bertema border memiliki frame tebal. Biasanya frame foto menggunakan warna netral seperti hitam atau putih. Tampilan feed menjadi lebih clean dan enak dilihat. 

Tidak seperti desain-desain sebelumnya yang terikat aturan 3×3, border theme lebih mudah dipelihara karena tidak perlu mengikuti pola. Salah satu variasi yang bisa Anda lakukan disini adalah menggunakan mixed border landscape dan portrait.

  1. Rectangles

Tidak jauh berbeda dengan pola border, desain foto rectangles memiliki bingkai yang tebal, tetapi hanya di atas dan bawah. Apabila semua foto memiliki frame serupa, maka akan tercipta pola feed Instagram yang artistik.

Pastikan foto-foto Anda menggunakan aspect ratio yang sama supaya feed tidak berantakan. Warna frame yang paling sering digunakan ialah putih.

Gambar 6 2
  1. Filter atau Tone Seirama

Setelah puas bermain dengan frame dan puzzle, ide desain feed Instagram berikutnya adalah mengutak-atik filter dan warna. Untuk menyeragamkan nada foto-foto, Anda bisa menggunakan filter yang sama. Filter ini bisa berasal dari filter bawaan Instagram atau dibuat sendiri memakai aplikasi lain.

Aplikasi yang umum digunakan adalah Snapseed, Preview App, VSCO, dan Lightroom. Silakan coba-coba semuanya dan pilih yang paling nyaman.

  1. Bright Theme

Foto dengan style feed Instagram ini banyak menggunakan dominasi warna putih. Bisa juga menggunakan warna terang lain, seperti pink dan hijau. 

Feed Instagram yang menggunakan bright theme terlihat clean dan rapi. Meski komposisi objek fotonya berantakan, tetapi hal ini bisa diakali dengan pemakaian warna putih yang dominan. Objek foto yang bisa digunakan cukup beragam, mulai dari tanaman hingga buku.

  1. Dark Theme

Desain ini tentu berkebalikan 1800 dengan bright theme. Foto dengan tema gelap banyak menggunakan latar belakang dan tone hitam. Bisa dikatakan bahwa banyak orang yang menghindari dark theme karena takut tidak menarik untuk di-follow.

Padahal, dengan komposisi yang tepat, foto dark theme justru memberikan efek elegan dan maskulin. Dark theme bisa dipakai untuk foto model, produk, dan makanan.

  1. Colorful

Apabila Anda kurang suka tone foto seragam karena takut follower bosan, maka desain colorful bisa menjadi alternatifnya. Gunakan warna-warna terang seperti biru, pink, hijau, kuning, dan merah. Jangan terlalu banyak memasukkan unsur warna netral.

  1. Black and White

Fotografer yang berhasil mengeluarkan aura foto melalui medium hitam-putih patut diacungi jempol. Memilih desain feed Instagram dalam black and white mengandung tingkat kesulitan berkali-kali lipat karena foto rawan monoton dan membosankan.

Bagaimana tidak, foto Anda dituntut untuk “berbicara” hanya dalam dua warna. Namun, sesekali hal ini patut dicoba.

  1. Flat Lay

Teknik flat lay adalah hasil potret objek yang ditata dari atas, mirip dengan bird’s view. Pernah lihat foto objek utama plus objek pelengkap di sekelilingnya dan difoto di atas meja atau lantai? Itu adalah teknik flat lay.

Objek foto yang bisa dipotret dengan teknik ini cukup beragam, mulai dari makanan, alat tulis, hingga peralatan rumah tangga.

  1. Color Coordinated

Desain color coordinated membuat pemilik akun menggunakan satu warna yang selalu ada di setiap postingan. Warna itu harus eye-catching, misalnya kuning atau merah. Desain ini sangat cocok untuk akun Instagram bisnis. Terutama jika Anda menggunakan unsur warna yang identik dengan brand. Misalnya hijau untuk Tokopedia dan oranye untuk Shopee.

Itulah 13 ide desain feed Instagram yang bisa Anda coba. Desain ini bisa digunakan baik untuk Instagram pribadi maupun bisnis. Jadi, Anda mau coba yang mana?Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
20 Dec 2021
mobile-closeKredit PintarDownload