Intip 7 Jenis Modifikasi Motor Beat Terbaik

20 Dec 2021 by Laruan, Last edit: 22 Dec 2021

Meskipun hanya sebuah motor bebek berbentuk standar, nyatanya motor Beat bisa dipermak menjadi lebih keren dan bergaya lebih muda. Modifikasi motor Beat saat ini bukan lah hal yang tidak mungkin, sebab sudah banyak orang yang melakukannya. Motor matic ini telah bertransformasi menjadi kendaraan roda dua yang dapat dimodifikasi ke dalam  berbagai bentuk di tangan orang yang tepat. 

Modifikasi Motor BeAT, Ini Ragam Referensi Paling Keren! - Carmudi

Motor beat sebenarnya sudah memiliki tampilan yang elegan dan sangat ramping. Namun, jika dimodifikasi dengan gaya lain, motor ini bisa semakin menawan. 

Untuk memulai modifikasi biasanya yang dilakukan pertama kali adalah mengubah velg, dari yang standar menjadi velg custom sesuai keinginan si pemilik.

Kemudian dilanjutkan dengan mengganti knalpot dan bagian-bagian motor lainnya.

Adapun beberapa contoh modifikasi motor Beat yang bisa diterapkan adalah sebagai berikut.

Baca Juga: Mau Beli Motor Beat di 2021, Mending yang Bekas atau yang Baru Aja?

  1. Modifikasi Thailook

Modifikasi jenis Thailook sedang banyak diminati oleh para pecinta motor saat ini, terutama bagi kalangan anak muda. Gaya Thailook sangat cocok bagi Sobat Pintar yang ingin mempercantik tampilan motor dengan memadu padankan beberapa warna yang mentereng namun tetap senada dan enak dipandang. Modifikasi motor Beat ini sebenarnya hampir mirip dengan jenis modifikasi Ring 17. Namun, tipe Thailook akan sedikit lebih kompleks, dimana modifikasi tidak hanya sebatas pada bagian ring namun juga mengubah beberapa bagian pada body, terutama pada bagian jok motor yang diubah menjadi lebih tipis.

Modifikasi ini juga terlihat pada beberapa bagian motor Beat yang diubah warnanya pada bagian hand grip, pelek, spion hingga foot step. Pemilihan warna sangat penting agar modifikasi menjadi lebih sempurna. Model Thailook yang juga sempat viral belakangan ini adalah mengubah plat nomor menjadi bentuk plat nomor di negara Thailand yang berwarna putih hitam.

2. Modifikasi Ring 17

Modifikasi jenis ring 17 dikenal sebagai salah satu modifikasi yang paling simpel dan paling hemat karena hanya perlu mengganti pelek motor menjadi pelek ring 17. Namun, meskipun hanya mengganti pelek Sobat Pintar harus tetap memperhatikan cara pemasangannya. Jangan sampai pelek ring 17 dipasang secara asal-asalan karena bisa berbahaya bagi keselamatan pengguna motor Beat. Biasanya modifikasi motor Beat menggunakan ring 17 akan disertai dengan penggunaan ban cacing. Sayangnya, ban ini justru membuat akselerasi motor Beat menjadi tidak stabil dan sangat membahayakan apabila pengendara melakukan top speed.

3. Modifikasi Drag Bike

Modifikasi motor Beat selanjutnya yang tidak kalah keren yaitu model drag bike. Modifikasi ini juga terbilang mudah jika dibandingkan dengan jenis modifikasi lainnya karena Sobat Pintar hanya perlu menghilangkan beberapa bagian body motor Beat. Tujuannya adalah agar kendaraan menjadi semakin ringan. Sehingga dapat meningkatkan laju akselerasi motor Beat. Modifikasi ini memungkinkan mekanik untuk mengatur ulang putaran mesin menjadi lebih kencang. Biasanya jika ingin mengubah motor Beat menjadi bentuk drag, Sobat Pintar disarankan juga untuk mengubah sistem suspensi agar bisa mencapai tingkat akselerasi yang maksimal.

Namun, tentunya bila motor Beat telah diubah menjadi motor drag maka Sobat Pintar disarankan untuk tidak lagi menggunakannya dalam aktivitas sehari-hari. Selain tidak nyaman untuk digunakan, motor tersebut dapat membahayakan pengguna lain karena memiliki kecepatan yang sangat tinggi. Sebaiknya Sobat Pintar hanya menggunakan untuk event-event tertentu saja.

Baca juga: Harga Terbaru dan Spesifikasi Motor Beat 2021

4. Modifikasi Low Rider

Jika ingin memodifikasi motor Beat menjadi model Lowrider, Sobat Pintar harus bersiap untuk merogoh kocek lebih dalam. Pasalnya modifikasi jenis ini mengharuskan Sobat Pintar untuk mengganti beberapa bagian motor Beat seperti roda, suspensi, stang dan bagian lainnya. Roda yang digunakan pada model low rider adalah roda yang berukuran besar, dengan suspensi yang lebih keras serta memiliki model stang yang lebih panjang dan tinggi layaknya motor Harley Davidson. Dengan semua modifikasi ini motor akan berukuran lebih panjang daripada ukuran motor Beat standar.

5. Modifikasi Airbrush

Modifikasi motor Beat yang tak kalah mentereng dan banyak dilakukan oleh anak muda adalah modifikasi airbrush. Modifikasi ini dilakukan dengan cara mengubah warna motor Beat dengan warna-warna yang unik dan menarik. Adapun jenis cat yang digunakan adalah cat airbrush, dimana proses pewarnaanya harus dilakukan oleh seorang profesional. Jika tidak, dikhawatirkan hasilnya tidak sesuai harapan.

6. Modifikasi ekstrem

Modifikasi motor Beat selanjutnya adalah jenis modifikasi ekstrim yaitu melakukan perombakan hampir pada keseluruhan body dan mesin motor. Modifikasi ini mengubah kendaraan hampir 70%, dan tentunya Sobat Pintar harus mengeluarkan budget yang sangat besar. Apabila Sobat Pintar melakukan modifikasi ini bisa dipastikan bentuk kendaraan akan sangat jauh berbeda dari penampakan sebelumnya. Sayangnya untuk melakukan modifikasi ini Sobat Pintar tidak bisa sembarangan karena modifikasi harus dilakukan oleh mekanik dan desainer kendaraan profesional.

7. Modifikasi Ceper

Bagi Sobat Pintar yang menyukai kendaraan ceper, Sobat Pintar juga bisa melakukan jenis modifikasi ini terhadap motor Beat kesayangan Sobat Pintar. Hasilnya tidak perlu diragukan lagi, Sobat Pintar akan terlihat jauh lebih keren saat mengendarainya. Cara modifikasi motor Beat ini yaitu dengan menurunkan sistem suspensi serta memangkas body supaya posisi ban bisa menjadi lebih rendah. Meskipun terlihat keren, nyatanya modifikasi jenis ini sudah mulai kurang diminati oleh pecinta motor Beat karena alasan keselamatan. Selain itu, bentuk motor seperti ini juga dianggap menyulitkan pengendara saat akan menyalip atau ketika melewati jalan yang bergelombang.

Baca juga: 3 Cara Penting Memilih Leasing Motor

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
22 Dec 2021
mobile-closeKredit PintarDownload