5 Cara Menanam Bunga Matahari Dijamin Berhasil

19 Feb 2022 by Laruan, Last edit: 04 Mar 2022

Cara menanam bunga matahari tidak bisa disamakan dengan cara menanam bunga yang lainnya. Menanam bunga matahari memerlukan cara khusus agar ia dapat tumbuh dengan sempurna hingga Anda bisa menikmati hasil yang memuaskan. 

cara menanam bunga matahari

Ada langkah khusus yang mesti Anda lakukan agar bunga matahari bisa tumbuh dan menghasilkan bibit unggul. Oleh sebab itu, pelajari terlebih dahulu cara dan proses penanaman bunga matahari mulai dari pembibitan sampai panen. 

Bunga matahari adalah salah satu jenis tanaman unik yang populer dan banyak disukai orang. Berkat keunikannya, harga bibit bunga matahari diberi nilai yang cukup tinggi. Bunga nasional dari Ukraina ini memang menarik untuk dibudidayakan. 

Secara tampilan, bunga matahari memiliki ukuran yang lebih besar dari ukuran bunga-bunga lainnya. Warnanya juga kuning cerah sehingga terlihat lebih mencolok. Bagi para pecinta bunga dan tanaman hias pasti akan tertarik untuk membeli bunga ini. 

Namun, daripada Anda membeli bunga matahari yang sudah besar, lebih baik Anda membeli bibitnya saja. Selain harganya yang murah, Anda juga bisa sekaligus belajar menanam bunga matahari. Bila Anda tertarik mempraktikkannya, coba lakukan cara berikut ini: 

1. Siapkan Lahan Tanaman

Tentukan lahan Anda menanam bunga matahari sekarang juga. Beberapa opsi yang bisa menjadi alternatif pilihan adalah melalui media hidroponik, tanah, atau sebagainya. Opsi ini bisa dipilih dan disesuaikan dengan tempat Anda. 

Bila tempat tinggal Anda memiliki lahan kosong untuk ditanami bunga matahari, maka opsi yang cocok adalah lewat media tanah. Namun jika Anda tinggal di apartemen atau rumah susun dengan sedikit lahan, maka cara hidroponik adalah yang paling pas. 

Baca juga: “Cara Menanam Daun Bawang dan 5 Syarat Tumbuhnya

Pemilihan media tanam ini sangat penting karena dapat menentukan keberlangsungan hidup bunga matahari yang Anda tanam. Jika Anda salah memilih media tanamnya, maka hasilnya justru akan gagal. 

Pun ketika Anda memilih media tanah, Anda Juga perlu mempertimbangkan banyak hal sebelum mulai menanam bibit bunga matahari. Media tanah yang sebaiknya dipakai adalah tanah gembur. 

Jenis tanah ini mengandung banyak unsur hara yang bagus untuk tanaman. Jika tanah yang ada di tempat tinggal Anda tidak memiliki karakteristik seperti ini, campurkan saja tanahnya dengan pupuk kompos dan sekam bakar. 

2. Seleksi Bibit Bunga Matahari

Menyeleksi bibit yang mau ditanam juga merupakan bagian dari cara menanam bunga matahari. Cara ini harus dilakukan secara hati-hati dan teliti agar tidak salah pilih bibit. Untuk bisa mendapatkan bibit yang unggul, Anda memang perlu melakukan cara ini. 

Dalam proses seleksi bibit bunga matahari, ada beberapa jenis bunga matahari yang bisa dipilih untuk pembibitan. Mulai dari jenis Autumn Beauty, Mammoth, Early Russian, Big Smile, dan lain-lain. 

Masing-masing bibit bunga matahari memiliki kualitas dan karakteristik tanaman yang berbeda. Pilihan Anda boleh ditentukan dari warna, bentuk, hingga ukuran bibit bunganya. Di tahap inilah kualitas bunga matahari yang tumbuh akan ditentukan. 

Kualitas bibit bunga matahari yang unggul bisa dikenali lewat ciri-ciri berikut ini. Coba cek apakah bibit yang Anda punya memiliki salah satu ciri-ciri tersebut? So, let’s check it out! 

  • Batangnya basah. 
  • Warna bunga kuning seperti matahari. 
  • Ada biji-biji yang muncul di bagian tengah bunga. 
  • Ukuran bunganya besar. 
  • Tinggi tanaman berkisar antara 1 meter sampai 3 meter. 
  • Daunnya berbentuk hati dan tunggal. 

3. Pertimbangkan Jarak Menanam Antar Bunga 

Demi mendapatkan hasil panen yang berkualitas, perhatikan pula jarak antara bibit bunga yang Anda tanam. Usahakan letak bibit tidak terlalu berdekatan maupun terlalu berjauhan. Jarak tanam paling ideal adalah sekitar 45-50 sentimeter.  

Jarak itu akan memberi ruang bagi bunga matahari tumbuh. Sehingga bunga yang tumbuh nantinya tidak mengganggu pertumbuhan bunga matahari lainnya. Di setiap lahan tersebut, taruhlah 2 biji bunga matahari dalam satu lubang tanah. 

Baca juga: “Cara Menanam Bunga Telang di Rumah, Ikuti 12 Langkah Ini!

Masukkan dua bibit bunga matahari ke dalam lubang yang tersedia. Lalu, timbun dengan tanah gambut atau tanah yang sudah dicampur dengan pupuk dan sekam. Terakhir, sirami tanah yang masih gembur tersebut dengan air secukupnya. 

4. Lakukan Perawatan Bunga

Jika Anda ingin hasil tanaman bunga matahari Anda tumbuh subur, maka satu-satunya cara yang harus ditempuh adalah melakukan perawatan. Cara ini termasuk ke dalam rangkaian cara menanam bunga matahari yang baik dan benar. 

Jika Anda ingin melakukan perawatan pada tanaman, sebaiknya memang dilakukan secara rutin. Misalnya, menyiram tanaman setiap dua kali sehari, yaitu di pagi dan sore hari. Lalu, berikan pupuk dua kali dalam seminggu agar tanaman tumbuh dengan baik. 

Modal yang Anda keluarkan untuk perawatan tanaman ini tidak besar kok. Bahkan kalau Anda beli di tempat budidaya tanaman hias, harga pupuk dan sekamnya bisa lebih murah daripada harga pasaran. 

Dari segi cara perawatannya juga tidak boleh sembarangan. Untuk mendapatkan tanaman dengan kualitas baik, caranya harus khusus. Misalnya di proses penyiraman. Siramlah bunga di area sejauh 7-10 sentimeter dari tanaman. 

Pemberian pupuk pun demikian. Berikan pupuk kompos dengan kadar sewajarnya. Artinya, jangan berlebihan saat memberikan pupuk pada tanaman. Sebab, pemberian pupuk yang berlebihan dapat membuat batang tanaman menjadi busuk. 

5. Basmi Hama Secara Rutin 

Musuh utama seluruh jenis tanaman, termasuk bunga matahari adalah hama. Agar bunga matahari bisa tumbuh subur, maka hama harus segera diberantas. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk meminimalisir terjadinya kerusakan yang lebih parah. 

Baca juga: “Cara Menanam Strawberry Hidroponik di Daerah Panas” 

Lantas, apa saja jenis-jenis hama tanaman yang membahayakan itu? Hama tanaman sangat banyak jenisnya, beberapa di antaranya ialah hama hewan seperti burung, tikus, serangga, cacing, tupai, dan ular. Selain hama hewan, ada juga hama penyakit seperti jamur berbulu, virus mosaik, dan jamur tepung. 

Solusi untuk mengatasi masalah hama pada bunga matahari adalah dengan menyemprotkan cairan pestisida. Cairan berisi campuran obat kimia khusus tanaman ini bisa Anda beli di tempat-tempat budidaya tanaman. 

Untuk harganya sendiri sangat variatif, tergantung dari jenis obat hama yang Anda pakai. Jenis pestisida yang paling mahal biasanya yang terbuat dari bahan kimia. Sedangkan pestisida dengan harga terjangkau biasanya terbuat dari bahan organik. 

Lima cara menanam bunga matahari sebagaimana yang telah dijelaskan dapat Anda terapkan sendiri. Menanam bunga matahari membutuhkan usaha dan kesabaran dalam proses pembibitan dan penanamannya. Namun, Anda akan mendapatkan hasil yang sesuai jika Anda berkeinginan kuat untuk menanam bunga matahari sendiri.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, sebuah perusahaan fintech resmi yang terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Ikuti terus artikel di blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
04 Mar 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download