Cara Menanam Bunga Telang di Rumah, Ikuti 12 Langkah Ini!

16 Jun 2021 by kreditpintar
Cara Menanam Bunga Telang di Rumah, Ikuti 12 Langkah Ini!

Dikenal sebagai nama ilmiah Clitoria Ternatea, bunga telang adalah sejenis bunga dengan warna ungu cerah yang khas dan dapat mewarnai taman, beranda, atau jendela rumah. Bunga ini memiliki nuansa warna biru, putih, ungu, dan terkadang merupakan campuran dari dua warna karena penyerbukan silang. Bunga telang juga memiliki variasi kelopak ganda. Tanaman ini sangat mudah untuk dipelihara dan dapat beradaptasi dengan sebagian besar lingkungan selama cuacanya cukup hangat. Jika Sobat Pintar ingin menambahkan bunga ini ke koleksi taman Sobat Pintar, segera ambil sarung tangan berkebun, beberapa bibit dan simak cara menanam bunga telang berikut ini.

Cara menanam bunga telang di dalam pot bunga

Berikut ini adalah cara menanam bunga telang di dalam pot bunga:

1. Rendam benih di dalam air selama 12 jam 

Tuang biji Sobat Pintar ke dalam mangkuk, lalu rendam dalam air dan diamkan semalaman. Benih bunga telang membutuhkan air untuk menyiapkan tunasnya.

Sobat Pintar bisa menemukan benih di sebagian besar toko perlengkapan taman, atau mengeluarkannya dari polong yang tumbuh di tanaman merambat bunga telang. 

Sobat Pintar juga bisa menggunakan bagian dari tanaman yang sudah ada asalkan ada akar yang menempel.

2. Siapkan pot dengan tanah

Isi pot berukuran sedang dengan campuran pasir, kompos, dan tanah. Pastikan pot memiliki lubang drainase di bagian bawah agar tanaman tidak tergenang air.

Campurkan pasir, kompos, dan tanah pot dengan perbandingan yang sama untuk membuat campuran yang dapat mengalirkan air dengan baik, lalu isi pot sampai penuh. 

3. Gali lubang kecil sedalam 2.5 cm

Gali lubang kecil sedalam 2,5 cm di dalam tanah. Lubang tidak harus terlalu dalam — cukup sekitar 2,5 cm. Tusuk 1 jari ke dalam tanah dan buat sedikit lubang agar bisa menaruh benih. Gunakan 1 pot untuk 1 benih bunga telang. 

4. Tanam biji ke dalam lubang yang sudah digali

Masukkan 1 biji ke dalam lubang dan tutupi dengan tanah. Ratakan tanah pot dengan lembut di atas lubang untuk menutupinya, tetapi jangan sampai terlalu keras.

5. Siram benih 

Sirami benih dengan baik agar tumbuh di tanah. Tanaman ini menyukai air, jadi berikanlah lebih dari yang Sobat Pintar kira mereka butuhkan.

Pastikan tanah basah, dan jangan berhenti menyiram sampai Sobat Pintar mendengar air mengalir keluar dari lubang drainase di dasar pot

6. Letakkan pot di tempat yang terkena sinar matahari

Letakkan pot di tempat yang terkena sinar matahari sehingga mendapat sinar matahari 6 hingga 8 jam setiap hari.

Jika Sobat Pintar ingin menyimpan tanaman di dalam rumah, letakkan di sebelah jendela yang cerah. Jika Sobat Pintar ingin menanam benih di luar, letakkan pot di tempat yang terang di balkon atau teras. 

Cara menanam bunga telang di taman

Berikut ini adalah cara menanam bunga telang langsung di taman atau kebun:

1. Pilih lokasi dengan sinar matahari yang cukup

Pilih lokasi yang mendapat sinar matahari 6 hingga 8 jam per hari. Jauhi pohon dan semak besar, dan pilih tempat yang memiliki kanopi cukup terbuka. Semakin banyak sinar matahari yang didapat tanaman ini akan semakin baik

2. Periksa tanah dengan drainase yang baik

Periksa kondisi tanah apakah bisa dilalui air dengan baik sebelum menanam bunga telang. Setelah hujan lebat, lihatlah di sekitar halaman atau taman Sobat Pintar. Jika masih ada genangan air setelah 1 hingga 2 jam, mungkin bukan lokasi yang baik untuk bunga telang.

Jika tanah cepat kering dan terlihat berpasir, lokasi tersebut cocok untuk ditanami.

3. Tanam benih di dekat dinding atau pagar

Tanam benih atau stek tanaman di dekat dinding atau pagar untuk penyangga tanaman merambat. Jika Sobat Pintar tidak memiliki dinding atau pagar di dekatnya, pasang teralis kayu atau kawat ayam agar tanaman merambat bisa merambat.

Bunga telang tidak dapat tumbuh tanpa struktur, jadi hal ini sangat penting

4. Gali lubang sedalam 2,5 cm untuk menanam benih

Gali lubang sedalam 2,5 cm. Pilih tempat di taman yang ingin Sobat Pintar tanam, lalu gali lubang kecil dengan ujung jari Sobat Pintar.

Taruh benih atau akar dari potongan di dalam lubang tersebut. Jika Sobat Pintar menanam dengan benih, masukkan satu biji ke dalam lubang Sobat Pintar dan tutupi dengan lembut dengan tanah.

Jika akan menggunakan stek dari tanaman yang sudah ada, masukkan akar ke dalam lubang lalu tutupi dengan tanah sehingga hanya batangnya saja yang menonjol.

5. Beri jarak sekitar 20 -3o cm

Beri jarak terpisah setiap tanaman 20 hingga 30 sentimeter. Pastikan setiap lubang cukup jauh dari yang lain sehingga bisa menyebar begitu mulai tumbuh. 

6. Siram area atau benih yang sudah ditanam

Sirami area yang sudah ditanami dengan benih bunga telang dengan baik agar dapat tumbuh. Bunga telang menyukai kelembaban, terutama ketika baru ditanam. Ambil selang atau pot siraman Sobat Pintar dan beri air yang cukup agar akarnya bisa tumbuh di dalam tanah. 

Beberapa tips dalam menanam bunga telang

  1. Cahaya dan temperatur: Bunga telang dapat tumbuh dengan baik di bawah sinar matahari yang cukup. Temperatur yang cocok untuk menanam bunga telang adalah di antara 19 – 28 derajat celcius. 
  2. Jumlah air: Bunga telang yang baru ditanam harus disiram secara teratur untuk menyerap nutrisi dari tanah. Setelah bunga tumbuh dewasa tidak perlu disiram terlalu banyak. 
  3. Pupuk: Bunga telang tidak membutuhkan pupuk, tetapi Sobat Pintar bisa menambahkan pupuk organik 1 atau 2 kali dalam setahun. 
  4. Memelihara bunga: Pangkas sesering mungkin bagian yang rusak atau mati. 

Pemilihan tanah dalam menanam bunga telang

  1. Bunga telang lebih menyukai kualitas tanah yang kaya dan berpasir dengan nilai pH dari 6,6 hingga 7,5.
  2. Untuk hasil terbaik, pastikan tanah memiliki drainase yang baik dan terdiri dari kompos dan bahan organik.
  3. Pertimbangkan untuk mencangkok ketika tanaman telah mencapai ketinggian minimal 6 inci.
  4. Gali lebih dalam dan lebar, untuk memindahkan sistem akar dengan mudah.
  5. Singkirkan tanah berlebih dan komponen yang tidak diinginkan darinya.
  6. Gali lubang baru, dua kali ukuran sistem akar saat ini.
  7. Pindahkan bunga telang ke dalam lubang baru, pastikan untuk mencampurkan banyak kompos dan tanah asli.
  8. Sirami tanaman dengan teratur sampai akar tumbuh sempurna.

Bagaimana? Mudah bukan menanam bunga telang? Bunga telang adalah salah satu tanaman yang cukup mudah untuk dipelihara. Jika Sobat Pintar ingin menanam bunga telang, Sobat Pintar bisa mengikuti langkah-langkah di atas. 

Sekian cara menanam bunga telang baik di pot maupun di taman langsung. Jangan lupa juga tips untuk merawatnya dengan baik yang sudah disebutkan di atas.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload