Simak Berbagai Cara Mempromosikan Produk Menarik

20 Feb 2022 by Laruan, Last edit: 07 Mar 2022

Cara mempromosikan produk adalah salah satu poin yang perlu diperhatikan dalam menjalankan usaha penjualan, baik barang maupun jasa. Apakah Sobat Pintar termasuk di dalamnya? Jika iya, simaklah ulasan singkat berikut ini terlebih dahulu.

Pada dasarnya, konsumen hanya akan tertarik untuk menggunakan produk jika melihat promosi yang menarik. Oleh karena itu, jika Sobat Pintar sedang memulai usaha, alangkah baiknya jika mempertimbangkan langkah-langkah jitu untuk mempromosikan produk seperti yang tertera dalam laman ini.

Baca juga: Tingkatkan Penjualan Dengan Desain Produk Yang Memikat, Kenali 10 Prosesnya!

Cara Mempromosikan Produk dengan Harga

Sebelum membeli produk, perhatian utama konsumen tentunya jatuh pada harga. Oleh karena itu, Sobat Pintar harus mampu menawarkan harga yang terbaik, terlebih jika produk yang sama sudah banyak muncul di pasar.

1.Diskon

Cara mempromosikan produk yang paling umum adalah memberikan diskon. Sobat Pintar dapat memberikan diskon saat soft opening atau di momen-momen tertentu. Contohnya yakni diskon ulang tahun, diskon pada hari-hari besar, diskon pada saat tanggal-tanggal cantik, dan lain-lain. 

Diskon yang dikeluarkan pun bervariasi, sesuaikan dengan pertimbangan Sobat Pintar. Memang benar bahwa semakin besar diskon yang diberikan tentu akan semakin menarik bagi konsumen. Namun jangan sampai diskon yang diberikan berujung boncos bagi Sobat Pintar, ya!

2.Buy 1 Get 1

Cara lain untuk menggaet konsumen adalah dengan menawarkan buy 1 get 1, yakni dengan harga yang sama namun dapat memperoleh produk lainnya. Adapun produk yang dijadikan sebagai bonus bisa berupa barang yang sama atau jenis lainnya. Sesuaikanlah dengan stok yang dimiliki oleh Sobat Pintar.

Jika ada manfaat lebih yang bisa diperoleh tanpa harus merogoh kocek tambahan, tentunya menarik bukan bagi konsumen? Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika bentuk promosi yang satu ini juga dipertimbangkan oleh Sobat Pintar.

Berpromosi Melalui Iklan

Mempromosikan produk melalui iklan juga tidak boleh dilewatkan. Bahkan dapat dikatakan bahwa iklan adalah ujung tombak dalam mempromosikan produk. Sobat Pintar tidak perlu khawatir, dengan pesatnya perkembangan era digital, mengiklankan produk sudah tidak harus melalui stasiun televisi besar atau media cetak yang tentunya menghabiskan banyak biaya.

1.Media Sosial

Di masa kini, hampir semua orang memiliki akun media sosial. Selain membuat konten-konten menarik pada akun media sosial produk, Sobat Pintar juga dapat memanfaatkan fitur ads yang terdapat pada Instagram, Twitter, dan Facebook.

Selain itu, Sobat Pintar juga dapat memanfaatkan jasa promosi yang disediakan oleh akun-akun tertentu. Akun dengan jumlah pengikut yang banyak tentunya peluang yang baik untuk mempromosikan produk. Sobat Pintar tidak perlu repot-repot, cukup membayar sejumlah fee saja berikut materi produk, lalu akan dipromosikan oleh akun tersebut.

Selain kedua poin di atas, masih ada cara mempromosikan produk yang cukup identik dengan media sosial. Sobat Pintar dapat memanfaatkan jasa endorse yang disediakan oleh para influencers. Sistemnya pun sama dengan jasa promosi pada akun non-influencers. Intinya Sobat Pintar cukup duduk manis saja dan menantikan kehadiran konsumen berkat aktivitas promosi yang dilakukan oleh influencers.

Baca juga: Majukan Bisnis Online Dengan Promosi Endorsement

2.Google Ads

Google Ads adalah opsi lain yang dapat dimanfaatkan oleh Sobat Pintar untuk mempromosikan produk secara daring atau online. Sesuai namanya, fitur ini disediakan oleh Google dan memang sudah jamak pula untuk dimanfaatkan oleh para pelaku usaha di Indonesia.

Dengan fitur ini, produk milik Sobat Pintar dapat muncul ketika konsumen sedang berselancar di Google menggunakan perangkat apapun. Jika konsumen mengetikkan kata kunci (keyword) tertentu, produk Sobat Pintar akan muncul di laman pencarian. Produk milik Sobat Pintar juga bisa ditampilkan pada jaringan situs Google seperti YouTube, Gmail, dan lain-lain.

Selain contoh-contoh di atas, Google Ads masih menyediakan kemudahan lainnya dalam mempromosikan produk Sobat Pintar. Sobat Pintar cukup membuat akun Google Ads saja, prosesnya tidak rumit dan cepat. Lalu sesuaikan dengan anggaran yang dimiliki dan pilihlah opsi yang sekiranya paling ampuh untuk menarik konsumen.   

Event Sebagai Ajang Promosi

Menyelenggarakan kegiatan atau event juga pilihan yang menarik untuk mempromosikan produk. Apakah harus menyelenggarakan event besar? Jangan khawatir, Sobat Pintar ikuti saja pilihan-pilihan berikut ini.

1. Giveaway

Cara mempromosikan produk yang cukup ampuh adalah dengan mengadakan giveaway. Dengan program ini, Sobat Pintar memberikan sejumlah produk sebagai hadiah kepada orang-orang yang beruntung. Umumnya program ini diselenggarakan melalui media sosial dengan berbagai cara.

Salah satu metode yang kerap dijalankan yakni dengan membagikan postingan atau tag beberapa kawan/kerabat pada akun produk. Dengan demikian, akan semakin banyak orang yang mengetahui produk milik Sobat Pintar, bahkan juga bisa menggaet banyak followers baru. Selain itu tidak menutup kemungkinan jika orang-orang beruntung yang memperoleh giveaway akan membeli produk di kemudian hari, bisa juga ikut mempromosikannya pada orang lain.

2. Sampel Gratis

Memberikan free sample atau sampel gratis tidak kalah menariknya dengan opsi-opsi yang lain. Dengan metode ini, Sobat Pintar memberi kesempatan kepada calon konsumen untuk menjajal terlebih dahulu produk yang ditawarkan. Dengan demikian, calon konsumen dapat merasakan langsung keunggulan produk yang ditawarkan oleh Sobat Pintar.

Ada berbagai momen yang bisa dimanfaatkan oleh Sobat Pintar untuk memberikan sampel gratis. Misalnya saja saat sedang ada bazar di tengah kota atau pada saat car free day. Bisa juga dengan mengiklankan terlebih dahulu di media sosial bahwa akan ada pembagian sampel di tanggal dan tempat tertentu.

3. Sponsor

Metode yang satu ini cocok jika Sobat Pintar memang memiliki anggaran lebih untuk melakukan promosi. Sobat Pintar dapat berpartisipasi untuk menjadi sponsor pada acara-acara tertentu. Terlebih jika acara tersebut dihadiri oleh banyak massa yang sesuai dengan target pasar.

Dengan menjadi sponsor, tersedia berbagai kesempatan untuk mempromosikan produk. Selain lip ads atau iklan yang disampaikan oleh pembawa acara, Sobat Pintar juga dapat membagikan sampel gratis kepada para pengunjung. Bahkan Sobat Pintar juga bisa membangun stan dan menjual produk sepanjang acara berlangsung.

Baca juga: Dapatkan Untung Besar dengan Promo Bundling

Dengan demikian, tidak hanya kesempatan berpromosi saja yang diperoleh, namun juga ada celah untuk menggaet konsumen secara langsung (tatap muka). Bagaimana Sobat Pintar? Sungguh kesempatan yang menarik untuk dicoba bukan? 

Demikianlah berbagai cara mempromosikan produk yang dapat diterapkan oleh Sobat Pintar. Jika pun Sobat Pintar membutuhkan suntikan dana untuk melakukan promosi, maka tidak perlu khawatir. Cukup ajukan saja pada Kredit Pintar, prosesnya mudah dan tentunya bersahabat bagi Sobat Pintar.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
07 Mar 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download