Tingkatkan Penjualan Dengan Desain Produk Yang Memikat, Kenali 10 Prosesnya!

06 Sep 2021 by Laruan

Pernahkah Sobat Pintar ke supermarket lalu melihat dua shampo dengan efektivitas sama namun ada satu hal yang membuatnya lebih menarik, rupanya itu adalah bentuk botolnya yang unik, sehingga membuatmu penasaran. Fitur botol yang unik disebut dengan desain produk. 

Manusia sebagai makhluk visual, cenderung memilih sesuatu berdasar dari penampilannya, dengan demikian komponen visual merupakan salah satu parameter penentu daya saing. Desain yang menarik dan efektif sangat diperlukan untuk lingkungan yang sangat kompetitif, baik bentuk fisik ataupun bentuk digital.

Waspada Penipuan Dengan Kartu SIM!

Apa itu Desain Produk?

Desain kemasan adalah proses yang digunakan desainer untuk memadukan kebutuhan pengguna dengan tujuan bisnis untuk membantu merek membuat produk yang sukses secara konsisten. Desainer produk bekerja untuk mengoptimalkan pengalaman pengguna dalam solusi yang mereka buat untuk pengguna mereka—dan membantu merek mereka dengan membuat produk berkelanjutan untuk kebutuhan bisnis jangka panjang

Tingkatkan Penjualan Dengan Desain Produk Yang Memikat, Kenali 10 Prosesnya!

Dalam kasus produk yang kompleks seperti aplikasi, proses desain kemasan dapat melibatkan puluhan profesional – desainer grafis, designer UX, animator, spesialis pemasaran, analis bisnis, peneliti perilaku pengguna, dll. Ini adalah proses multilangkah yang kompleks di persimpangan teknik, manajemen, dan grafis. Desain kemasan memberikan pemahaman yang komprehensif tentang seperti apa produk akhir, rasanya, tugas apa, dan dengan alat apa yang akan diselesaikannya.

Apa Saja Komponen Dalam Desain Kemasan?

Tingkatkan Penjualan Dengan Desain Produk Yang Memikat, Kenali 10 Prosesnya!

Secara formal, desain kemasan dapat dibagi menjadi tiga komponen mendasar, yaitu 

1. Kegunaan: Produk hebat sangat berguna, menggabungkan fungsionalitas hebat, dan biasanya memecahkan masalah bagi pembeli Sobat Pintar.

2. Penampilan; Tidak hanya berguna dan efektif, tampilan dalam produk sangatlah penting untuk menarik minat pembeli, dan menunjukkan maksud dan isi dari produk anda. 

3. Kualitas: Seksama dalam membuat produk dan kehati-hatian akan menunjukkan betapa pedulinya anda sebagai penjual kepada pembelinya. Dengan demikian kualitas yang baik bisa dilihat dari bagaimana rapihnya serta keseragaman dari produk-produk anda. .

Tujuan Desain Produk

Desain menentukan nilai jual, fungsionalitas dan kegunaan produk itu sendiri. Dari sudut pandang produsen, produk harus diproduksi secepat, semurah, dan akurat mungkin. Dengan demikian, desain kemasan harus memberikan kompromi yang seimbang antara tujuan konsumen dan produsen.

Bagaimana Proses Pembuatan Desain Produk?

Tingkatkan Penjualan Dengan Desain Produk Yang Memikat, Kenali 10 Prosesnya!

Untuk menentukan desain kemasan yang efektif dan efisien, diperlukan beberapa cara. Berikut langkah-langkah dalam proses desain kemasan meliput sepuluh langkah yang dilakukan anda sendiri atau dengan tim.

1. Brainstorming

Yaitu proses diskusi, mengeluarkan ide sebanyak-banyaknya dan mengambil ide terbaik yang minim resiko dan maksimal akan keuntungannya.  Brainstorming terdiri dari tiga fase:

  • Definisi masalah dari produk yang dijual. 
  • Mengeluarkan ide sebanyak-banyaknya. 
  • Pemilihan ide yang paling layak di antara yang diusulkan. 

2. Mendefinisikan Produk

Setelah brainstorming, ketika semua ide yang layak untuk produk masa depan dipilih,. Pada umumnya hasilnya adalah daftar yang cukup abstrak dan mentah. Pada tahap ini, tips terbaik adalah merapihkan dalam bentuk tabel agar lebih tertata arah desain.

3. Melakukan Riset Pengguna

Tugas ini diselesaikan oleh pemasar dan analis bisnis. Hasil penelitian ini memberikan dasar untuk membangun apa yang disebut potret pelanggan. 

4. Membuat sketsa

Setiap proyek besar dengan anggaran yang signifikan hanya akan mendapat manfaat dari pembuatan sketsa. Sebelum waktu diinvestasikan dalam mencari solusi, arah pencarian harus dikoordinasikan dengan klien. Sketsa memungkinkan untuk mempersempit arah ini ketika memilih konsep utama, dan hanya kemudian bekerja dengan komposisi, tata letak, pengeditan, penyempurnaan konsep, dll., akan mengikuti.

5. Pembuatan prototipe

Pembuatan prototipe memungkinkan untuk menghindari banyak kesalahan dan koreksi di masa mendatang. Ini akan membantu menghemat waktu, uang dan saraf, baik dari pelanggan dan pemain.

6. Spesifikasi Kompilasi

Pembuatan daftar spesifikasi memungkinkan meninjau semua persyaratan untuk produk jadi dan solusi yang mungkin secara detail maksimal. Juga, spesifikasi ini harus berisi batas akhir tanggung jawab, tenggat waktu, dan biaya. Dokumen-dokumen ini akan sangat penting pada tahap pengembangan produk.

7. Memproduksi Sampel Pabrik

Memproduksi sampel pra-produksi akan membantu Sobat Pintar memahami apakah ide inti produk akan layak dan menarik bagi pengguna.

8. Pengujian Sampel

Sampel pengujian memungkinkan Sobat Pintar untuk mengidentifikasi kekurangan produk atau inkonsistensi dengan persyaratan secara tepat waktu. Manufaktur dan pengujian sampel dapat diulang sebanyak yang diperlukan sampai mereka sesuai dengan semua persyaratan dan mendapatkan cukup umpan balik positif dari pelanggan.

10. Memberikan Jaminan Kualitas

Kegiatan jaminan kualitas mencakup semua tahap pengembangan produk, termasuk pelepasan dan pemeliharaan lebih lanjut. Namun demikian, tanggung jawab utama mereka terletak pada memastikan kualitas produk jadi. Dalam hal pengembangan aplikasi, tim QA bertanggung jawab atas pengujian pra-rilis yang dilakukan untuk memastikan kualitas solusi yang dirilis, sesuai dengan spesifikasi persyaratan, dan harapan audiens target (ditentukan pada tahap pembentukan pelanggan potret).

Bagaimana Mengevaluasi Desain Produk?

Untuk memperoleh penilaian yang objektif terhadap desain kemasan yang dihasilkan, sebaiknya menggunakan analisis SWOT, yaitu: 

  1. Strength: Apa keunggulan produk Sobat Pintar?
  2. Weakness: Apa kelemahan produk Sobat Pintar? 
  3. Objectives: Apa kemungkinan untuk promosi produk Sobat Pintar? (seberapa mudah untuk mempromosikannya di pasar, apa keunggulan kompetitifnya, saluran promosi apa yang paling layak, seberapa sukses dalam jangka panjang, dll.).
  4. Threat: Apa saja kemungkinan ancaman terhadap keberhasilan promosi produk Sobat Pintar? 

Kesalahan yang Harus Dihindari

Desain kemasan tidak lepas dari kesalahan, berikut adalah tips yang harus diperhatikan ketika merancang produk  baru:

1. Mengkompromikan antara estetika dan fungsionalitas. 

Desain kemasan yang ideal adalah yang menggabungkan fungsi yang bermanfaat dan estetika yang positif. Hindari membuat produk yang merepotkan hanya karena ingin membuat produk lebih indah. 

2. Melanggar tenggat waktu. 

Saat menetapkan tenggat waktu, cobalah untuk mempertimbangkan semua kemungkinan penundaan dan situasi force majeure, yang berarti melanggar kerangka waktu. Jika tidak, Sobat Pintar menempatkan diri Sobat Pintar pada risiko memberikan proyek “mentah” dengan desain yang belum selesai.

3. Melanggar kekayaan intelektual. 

Ini terutama menyangkut komponen visual produk Sobat Pintar. Pastikan dengan hati-hati bahwa tim desain Sobat Pintar tidak secara tidak sengaja (atau sengaja) meminjam ide yang mudah dilihat dari proyek lain. Tidak hanya menanggung ancaman kegagalan total proyek Sobat Pintar di pasar, tetapi juga litigasi yang mahal.

Tim sering mencoba melakukan dengan spesialis yang ada dengan memperluas keahlian dan tanggung jawab mereka bahkan jika mereka sebelumnya tidak memiliki pengalaman. Lebih baik membayar lebih tetapi beralih ke professional  bidang kegiatan yang Sobat Pintar butuhkan, daripada memaksa anggota tim Sobat Pintar untuk belajar dalam “kondisi lapangan”.

Kesimpulan

Mari kita simpulkan berbagai pengetahuan dan tips diatas: Seperti yang dapat kita lihat, merancang produk baru adalah proses multilangkah yang agak rumit yang membutuhkan partisipasi spesialis yang beragam. Itulah sebabnya, jika Sobat Pintar berniat untuk menjadi unggul dalam pasar yang bersaing, Sobat Pintar pasti tidak dapat melakukannya tanpa bantuan para profesional sejati.

Survey Berbayar, Apakah Menguntungkan? Kenali di Sini!

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload