Dapatkan Untung Besar dengan Promo Bundling

12 Oct 2021 by Laruan

Jika Sobat Pintar orang yang hobi belanja terutama belanja di marketplace atau online shop, maka Sobat Pintar akan sering menemui paket promosi yang menggabungkan dua atau lebih jenis barang yang berbeda,  biasanya dengan melakukan pengurangan harga pada produk kedua atau bahkan gratis sama sekali untuk pembelian kedua. Metode promosi seperti ini lah yang disebut dengan bundling. 

Ada banyak sebutan yang biasanya digunakan oleh penjual dalam memaketkan promosi sistem bundling ini, seperti “paket kombo”, “kombo hemat”, atau “super hemat”. Hal ini bertujuan tidak lain untuk menarik pelanggan agar berbelanja lebih banyak. 

Agar semakin meyakinkan promo dilakukan pada masa-masa tertentu seperti promo Lebaran atau promo Hari Natal. Dengan demikian konsumen akan menanti datangnya hari tersebut, dan biasanya penjualan akan membludak terutama pada jenis-jenis barang yang dipromosikan. 

Bagi Sobat Pintar yang punya jualan online dan berkeinginan untuk meningkatkan hasil penjualan produk tertentu di toko Sobat Pintar, maka strategi harga paket ini dapat menjadi pilihanmu dalam melakukan promosi. Untuk dapat memahami lebih dalam tentang trik harga paket, mari kita simak ulasan berikut ini.

Yuk kenali dulu apa itu bundling promotion

Sebelumnya telah kita singgung sedikit bahwa harga paket promotion merupakan suatu bentuk atau strategi penjualan yang menjadikan dua atau lebih produk ke dalam satu paket penjualan. Hal ini menyebabkan pembeli hanya perlu melakukan sekali pembayaran untuk mendapatkan beberapa produk tersebut dengan harga miring.

Model penjualan seperti ini sedang marak dilakukan di berbagai marketplace di Indonesia, harapannya adalah mereka dapat menarik lebih banyak pembeli dan meningkatkan penjualan produk mereka secara signifikan. Strategi ini sangat umum dilakukan dan termasuk salah satu metode pemasaran yang paling ampuh untuk meningkatkan antusias konsumen. 

Cara yang dilakukan cukup sederhana yaitu dengan mengemas beberapa barang dengan kemasan yang menarik, biasanya dalam bentuk bingkisan atau kotak khusus. Jadi, Sobat Pintar juga bisa buat jualan online Sobat Pintar menjadi lebih menarik dengan trik seperti ini. 

Apa saja tipe-tipe promosi bundling?

  1. Campuran

Ini adalah jenis harga paket yang paling sering digunakan. Penentuannya adalah berdasarkan riwayat pesanan yang pernah dibeli oleh konsumen. Lalu, beberapa produk tersebut digabung dalam satu paket. Sebisanya produk yang digabung adalah produk yang masih berkaitan satu sama lain, sehingga dapat digunakan secara bersamaan oleh pembeli.

Pada promosi jenis ini biasanya pembeli diperkenankan untuk membeli produk secara terpisah, tapi jika ia membeli dalam satu paket maka akan mendapatkan diskon. 

  1. Murni

Untuk jenis promosi ini pembeli hanya bisa mendapatkan produk dalam satu paket berdasarkan harga yang ditawarkan. Tidak ada produk yang dijual secara terpisah. Strategi ini justru memberikan batasan kepada pembeli yang hanya ingin membeli salah satu produk saja. Biasanya trik ini justru dapat menurunkan penjualan.

  1. Produk sejenis

Tipe ini bermaksud untuk menawarkan beberapa potongan harga kepada konsumen yang membeli produk serupa dalam jumlah yang lebih banyak. Misalnya, jika konsumen membeli sepuluh produk yang sama maka ia akan mendapatkan satu produk lagi dengan gratis. 

Teknik penjualan seperti ini banyak dilakukan oleh para pedagang produk kecantikan dan perawatan perempuan. Penjual akan memberikan kelebihan kepada pembeli karena telah memesan barangnya dalam jumlah banyak melalui potongan harga atau penggratisan produk. Selain itu, pembeli juga masih diuntungkan karena tidak perlu melakukan pengiriman barang berkali-kali yang dapat menguras biaya. 

  1. Produk lebih

Strategi Harga paket adalah yang paling tepat digunakan untuk menghabiskan sisa-sisa produk lama yang belum laku dijual sehingga penjual dapat menggantinya dengan produk-produk yang lebih baru. 

Tipe ini dilakukan dengan cara menggabungkan dua atau lebih produk yang terdiri dari produk yang laris di pasaran dengan produk lebih. Tujuannya adalah agar produk lebih atau produk lama ini bisa segera terjual. 

Menyimpan produk terlalu lama juga dapat menyebabkan biaya perawatan yang tinggi dan lama kelamaan kualitas barang dapat menurun bahkan tidak bisa lagi dijual. Untuk menghindari kerugian yang besar teknik seperti ini sangat dianjurkan. Dengan begitu,  bisnis online mu dapat terus bertahan. 

Lalu apa kelebihan yang akan Sobat Pintar peroleh dengan strategi harga paket?

Strategi promosi ini sudah terbukti dapat meningkatkan penjualan produk pada banyak marketplace. Yuk liat apa saja keuntungannya bagi jualan online mu.

  1. Meningkatkan jumlah pesanan

Keuntungan yang paling nyata yang dapat Sobat Pintar rasakan dari strategi promosi ini adalah naiknya nilai penjualan tokomu dari masa ke masa. Tidak hanya itu, jika Sobat Pintar memiliki toko online di sebuah market place maka toko mu akan jauh lebih banyak dikunjungi oleh calon pembeli.

Dengan menggabungkan beberapa barang dari toko dan memberikan diskon khusus untuk itu, Sobat Pintar akan menarik jumlah konsumen yang lebih banyak, karena mereka pasti lebih tertarik untuk membeli paket tersebut dari pada membeli barang satu per satu, alhasil jumlah produk yang terjual dari tokomu meningkat pesat.

  1. Meminimalkan biaya iklan dan distribusi.

Dengan strategi pemasaran seperti ini Sobat Pintar dapat menekan pengeluaran untuk biaya iklan produk, karena Sobat Pintar dapat memasarkan beberapa produk sekaligus dalam satu kali promosi. Bahkan Sobat Pintar dapat melupakan membuat iklan cetak untuk setiap produk yang dapat memakan biaya besar dan menggantinya dengan penggabungan beberapa jenis barang sebagai satu paket produk.

Kelebihan selanjutnya yaitu Sobat Pintar dapat meminimalkan biaya pengemasan dan pengiriman, karena Sobat Pintar tidak perlu lagi mengemas produk satu per satu. Sobat Pintar dapat menghemat penggunaan kotak dan berbagai pengaman yang diperlukan untuk pengemasan. Selain itu Sobat Pintar juga dapat menghemat biaya pengiriman, karena Sobat Pintar dapat mengirim beberapa barang sekaligus ke dalam satu alamat pembeli.

  1. Mengurangi barang-barang lama yang susah terjual.

Salah satu kelebihan menarik yang bisa Sobat Pintar dapatkan dari strategi promosi ini adalah Sobat Pintar dapat mengurangi barang-barang lama yang bertumpuk di gudang tokomu. Menyatukannya dengan barang paling laris dalam satu paket promosi adalah strategi yang paling ampuh untuk dilakukan.

Stok barang lama akan menjadi masalah bagimu jika dibiarkan terlalu lama. Biaya perawatan meningkat dan biaya promosi yang terus berjalan.  Dengan teknik ini, paling tidak Sobat Pintar dapat mengembalikan modal yang telah Sobat Pintar keluarkan sebelumnya. Lalu menyusun strategi baru untuk mendapat produk baru yang lebih laris di pasaran. 
Jika memungkinkan Sobat Pintar juga dapat melakukan pinjaman modal, agar usahamu lebih berkembang. Sobat Pintar tidak perlu khawatir dengan bunga yang besar serta proses pencairan yang lama, karena kini ada kredit pintar yang dapat membantumu mewujudkan mimpimu memiliki toko dengan produk berlimpah. Hanya dengan satu proses, pinjamanmu akan segera cair.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
15 Oct 2021
mobile-closeKredit PintarDownload