Inilah Cara Memisahkan Halaman PDF Secara Singkat

11 Jan 2022 by Laruan, Last edit: 17 Jan 2022

Dokumen yang memiliki format PDF lebih sering digunakan karena memiliki tampilan rapi, sehingga enak dipandang. Biasanya, format ini selalu digunakan dalam ebook pelajaran atau lainnya. Namun, jika file PDF yang dibuat memiliki ukuran besar, maka Anda harus tahu cara memisahkan halaman pdf menjadi beberapa bagian.

Inilah Cara Memisahkan Halaman PDF Secara Singkat

Baca juga: Anti Ribet! Ini Cara Mengompres PDF Yang Terlalu Besar

Kini, cara memisahkan halaman pdf bisa Anda lakukan secara online maupun offline sesuai keinginan. Sebab, ada banyak aplikasi desktop maupun website yang bisa Anda akses untuk memisahkan halaman pdf hanya dalam waktu singkat.

Jika Anda ingin mengetahui cara memisahkan halaman pdf ini, maka bisa ikuti beberapa langkahnya berikut ini.

5 Cara Memisahkan Halaman PDF Mudah dan Cepat

Cara memisahkan halaman PDF bisa Anda lakukan melalui aplikasi atau website yang dapat Anda akses melalui browser secara online. Tentunya, proses pemisahan halaman PDF ini hanya membutuhkan waktu singkat, tanpa perlu menunggu lama. Bagi Anda yang sudah penasaran bagaimana cara pemisahan halaman PDF, maka bisa simak informasinya berikut.

  1. SmallPDF

SmallPDF merupakan salah satu situs yang bisa Anda gunakan untuk memisahkan halaman PDF untuk mengurangi kapasitas ukurannya. Website ini sangat populer di Indonesia, sebab proses pemisahan halamannya hanya berlangsung beberapa detik saja.

Tak hanya memisahkan halaman, Anda juga bisa menggabungkan halaman PDF dalam beberapa file sekaligus. Selain itu, fitur lain yang dimiliki oleh SmallPDF adalah melakukan convert pdf ke word, ppt, JPG atau sebaliknya.

Adapun cara memisahkan halaman pdf menggunakan SmallPDF, yaitu:

  • Silakan masuk ke dalam situs SmallPDF melalui browser pada smartphone maupun laptop atau PC Anda.
  • Jika laman situs sudah terbuka, Anda bisa klik ‘Pilih File’, kemudian unggah file PDF yang akan Anda pisahkan beberapa halamannya. Menariknya, tak hanya dapat memilih file dari penyimpanan internal atau eksternal HP, Anda juga bisa mencari file dari Google Drive, Penyimpanan Cloud, serta Dropbox.
  • Apabila sudah berhasil memilih file PDF-nya, Anda bisa langsung klik ‘Open’ saja.
  • Jika sudah berhasil diunggah, silakan klik opsi ‘Ekstrak tiap halaman menjadi PDF’ agar bisa memotong PDF menjadi per halaman.
  • Selain itu, Anda juga dapat memilih opsi ‘Pilih halaman yang akan diekstrak’, jika hanya ingin beberapa file saja yang dipisahkan.
  • Apabila proses pemisahan halaman PDF telah selesai, Anda bisa lanjut klik ‘Unduh File Sekarang’ agar bisa menyimpan file yang sudah dipisahkan halamannya.
  1. Gunakan PDF Candy

PDF Candy merupakan salah satu situs untuk memisahkan halaman PDF yang memiliki fitur lengkap serta bisa diunduh dalam bentuk aplikasi desktop. Sehingga, Anda bisa menjalankan PDF Candy secara offline, tanpa perlu buang-buang kuota banyak.

Apabila Anda ingin memisahkan halaman PDF menggunakan situs atau aplikasi PDF Candy, maka bisa ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  • Silakan buka situs https://pdfcandy.com/split-pdf.html pada browser hp atau komputer maupun laptop Anda.
  • Jika laman situs sudah terbuka, langsung saja klik ikon ‘+’ atau ‘Tambah File’ agar bisa membuka file PDF yang akan Anda pisahkan.
  • Anda juga dapat memilih file yang tersimpan dalam Dropbox maupun Google Drive.
  • Apabila sudah memilih file PDF yang akan dipisahkan halamannya, silakan klik ‘open’, lalu tunggu hingga prosesnya selesai.
  • Kalau sudah terbuka, klik opsi ‘Halaman Tunggal’ agar bisa melakukan pemisahan per halaman. 
  • Klik ‘Pisah PDF’ agar bisa segera memulai dan tunggu hingga prosesnya selesai.
  • Jika pemisahan halaman PDF ini sudah selesai Anda lakukan, silakan pilih ‘unduh file’ agar bisa mendownload file yang halamannya sudah terpisah tersebut.

Baca juga: Cara Menggabungkan File PDF dengan Cepat

  1. Sejda
Inilah Cara Memisahkan Halaman PDF Secara Singkat

Cara memisahkan halaman PDF selanjutnya bisa Anda lakukan melalui bantuan website Sejda. Situs ini terkenal sebagai salah satu pengolah PDF yang menggunakan bahasa Inggris. Apabila Anda ingin mencoba untuk memisahkan file PDF menggunakan laman ini, maka ikuti beberapa langkahnya berikut ini.

  • Silakan masuk ke link https://www.sejda.com/split-pdf terlebih dahulu.
  • Apabila sudah masuk ke dalam laman situsnya, Anda bisa memilih ‘Upload PDF Files’ yang memiliki warna hijau. Sehingga, Anda dapat memilih salah satu file PDF yang akan dipecahkan halaman demi halamannya.
  • Klik ‘Open’ dan tunggu sampai file PDF yang Anda pilih selesai diupload. Selanjutnya, klik opsi ‘Extract Every Page Into a PDF’ agar memisahkan semua halaman yang terdapat dalam file. 
  • Namun, jika Anda hanya ingin memisahkan beberapa halaman saja, maka dapat memilih opsi ‘Select pages to split’.
  • Kalau sudah menentukan pilihan yang tepat untuk memisahkan file PDF, Anda bisa langsung klik ‘Continue’ dan menunggu sampai prosesnya selesai.
  • Kemudian, Anda akan melihat pop up muncul yang memberitahukan bahwa dokumen Anda sudah selesai di proses. 
  • Klik ‘Download’ agar bisa mengunduh file yang sudah dipisahkan halaman demi halaman PDF-nya.
  • Anda juga bisa menyimpannya dalam Google Drive maupun Dropbox atau membagikan langsung ke perangkat lainnya.
  1. Nitro PDF Professional

Nitro PDF Professional memiliki banyak sekali fitur menarik, salah satunya memisahkan halaman PDF secara sederhana dan cepat. Bagi Anda yang ingin memisahkan file PDF menggunakan aplikasi ini, maka ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

  • Silahkan download aplikasi Nitro PDF Professional ke dalam laptop atau PC agar bisa segera menggunakannya.
  • Kalau sudah terpasang, Anda bisa membuka aplikasi dan klik pada menu ‘open’ agar bisa membuka file PDF yang halamannya akan dipisahkan.
  • Jika dokumen PDF yang Anda pilih sudah terbuka, maka pilih fitur ‘Split’ agar bisa memisahkan halaman demi halaman file PDF tersebut.
  • Setelah fitur itu Anda klik, maka akan muncul menu ‘Split Pages’, lalu pilih ‘Splitting Method’.
  • Selanjutnya, pilih ‘Into file of’, kemudian masukkan angka 1 pada kolom ‘Pages’ agar file PDF itu bisa terpisah per halaman nya. 
  • Terakhir, klik ‘Split’ agar bisa segera mulai memproses dan mengunduhnya jika sudah selesai.
  1. Ilove PDF
Inilah Cara Memisahkan Halaman PDF Secara Singkat

Cara memisahkan halaman pdf terakhir yang bisa Anda pilih adalah menggunakan situs bernama Ilove PDF. Adapun cara memisahkan file per halaman PDF ini adalah sebagai berikut.

  • Silakan masuk ke dalam situs https://www.ilovepdf.com/split_pdf pada browser hp atau laptop Anda.
  • Klik ‘Select PDF File’ agar bisa mengupload dokumen PDF yang akan Anda pisahkan halaman-halamannya. 
  • Jika sudah  berhasil diupload, pilih opsi split yang Anda butuhkan. Dalam hal ini, Anda bisa memilih opsi ‘Split by ranges’ yang berfungsi untuk menyeleksi beberapa halaman untuk dipisahkan. Sementara opsi ‘Extract All Pages’ berfungsi untuk memisahkan keseluruhan halaman PDF tersebut.
  • Apabila sudah memilih salah satu opsi, silakan klik ‘Split PDF’ dan tunggu hingga proses pemisahan halaman selesai, sehingga Anda bisa mengunduhnya saat itu juga.

Baca juga: Cara Mengecilkan Ukuran PDF Menjadi 200 KB!

Itulah beberapa cara memisahkan halaman pdf yang bisa Anda lakukan secara online maupun offline. Bagi Anda yang tidak memiliki perangkat hp maupun laptop untuk melakukan hal ini, maka bisa ajukan pinjaman online kepada Kredit Pintar terlebih dahulu. Tenang saja, meminjam dana disini dikenakan bunga yang rendah, lho.

Kredit Pintar merupakan salah satu platform pinjaman online terbaik yang memberikan bunga rendah serta mampu menjamin keamanan data para penggunanya. Tak hanya itu, dana yang Anda ajukan bisa cepat cair hanya dalam beberapa menit saja. Oleh karena itu, ikuti blog Kredit Pintar agar menemukan beragam promo serta informasi menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
17 Jan 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download