Cara Menggabungkan File PDF dengan Cepat

19 Nov 2021 by Laruan, Last edit: 21 Nov 2021

Semakin berkembangnya teknologi saat ini, orang memilih untuk mengirim dokumen dalam bentuk digital atau softcopy karena lebih mudah untuk dibuka di berbagai device serta tidak mudah hilang jika dibandingkan dengan hardcopy. Format dokumen digital sendiri juga ada berbagai macam mulai dari docx sampai pdf. Untuk memudahkan pengiriman dokumen biasanya digabungkan dalam bentuk pdf karena cara menggabungkan file pdf pun sangat mudah saat ini.

PDF merupakan singkatan dari Portable Document Format adalah sebuah format untuk dokumen yang dikembangkan oleh perusahaan Adobe Systems. Banyak yang menggunakan jenis format ini untuk dokumen yang akan dikirimkan karena format pdf dapat menjamin dokumen tidak diotak-atik oleh orang yang tidak bertanggung jawab, selain itu dokumen juga menjadi lebih terjaga dari orang-orang yang ingin melakukan hal merugikan seperti melakukan plagiarisme.

Keuntungan lainnya menggunakan pdf adalah, dokumen tidak akan berubah atau berantakan susunannya jika dibuka dari berbagai device seperti ponsel, tablet, ataupun laptop. Dokumen dengan format pdf saat ini sering digunakan khususnya saat mengumpulkan berkas melamar kerja atau pendaftaran ke perguruan tinggi di mana semua berkas harus digabungkan dalam satu dokumen pdf, oleh karena itu banyak orang yang mencari cara gabung pdf.

Berikut ini adalah cara gabungkan file pdf dengan memanfaatkan beberapa media bantuan seperti aplikasi atau website gratis.

Cara Menggabungkan File PDF dengan smallpdf.com

Jika Anda mencari cara menggabungkan dokumen pdf di mesin pencarian Google, website ini akan muncul karena smallpdf.com memang telah menjadi website yang cukup populer bagi orang-orang yang sering menggunakan pdf. Website ini memungkinkan Anda untuk melakukan lebih dari menggabungkan file pdf saja, ada banyak fitur yang dapat membantu Anda dalam melakukan pekerjaan. Untuk menggabungkan file pdf lewat situs ini caranya adalah:

1. Buka website smallpdf.com, lalu pilih fitur ‘Merge PDF’.

2. Setelah itu klik ‘Choose Files’, lalu pilih dokumen pdf yang Anda ingin gabungkan dan tunggu proses mengunggah file selesai.

3. Kemudian klik pilihan ‘Merge files’ dan klik ‘Choose option’.

4. Pastikan file pdf yang akan digabungkan sudah sesuai urutannya dengan yang diinginkan, jika ingin menambahkan file lain klik tanda ‘ADD MORE’, tapi apabila sudah sesuai Anda bisa langsung pilih ‘MERGE PDF!’.

5. File pdf secara otomatis akan tergabung, Anda hanya harus menunggunya. Dan setelah proses penggabungan selesai, bisa langsung mengunduhnya dengan klik ‘Download File’.

Cara Menggabungkan File PDF dengan CombinePDF.com

Situs selanjutnya yang bisa Anda gunakan untuk menggabungkan file-file pdf Anda adalah combinepdf.com. kelebihan dari situs ini adalah Anda bisa mengganti bahasa pengantar website menjadi bahasa Indonesia sehingga lebih mudah mengoperasikannya, selain itu situs ini juga memungkinkan Anda untuk menggabungkan 20 file sekaligus. Adapun cara gabung pdf lewat situs ini adalah:

1. Buka website combinepdf.com.

2. Ganti bahasa pengantar website sesuai dengan bahasa yang Anda inginkan.

3. Pilih kotak biru bertuliskan ‘Unggah File’.

4. Setelah melakukan pengunggahan, pilih kotak dengan tulisan ‘Gabungkan’.

5. Gabungan file pdf akan langsung terunduh ke perangkat yang Anda gunakan.

Cara Menggabungkan File PDF dengan pdfmerge.com

Selain dua website di atas, website pdfmerge.com juga menjadi website langganan bagi orang yang ingin menggabungkan dokumen pdf mereka karena tidak perlu download aplikasi dan pengerjaannya yang cepat. Cara menggabungkan file-file pdf melalui situs ini adalah:

1. Buka website pdfmerge.com

2. Pilih ‘Choose File’ dan Anda akan melihat pilihan sumber file yang akan diunggah yaitu dari perangkat, Google Drive, atau Dropbox. Setelah memilih file, file tersebut akan diupload.

3. Anda bisa periksa urutan penggabungan file pdf apakah sudah benar atau belum, dan jika ingin menambahkan file yang ingin digabung bisa klik ‘Add Files’. Setelah semuanya sudah benar, klik tulisan ‘Merge Files’.

4. Kemudian, setelah menunggu selama 5 detik proses penggabungan, Anda bisa mengunduhnya dengan klik pilihan ‘Download File’.

Cara Menggabungkan File PDF dengan Adobe Reader

Sebelum mulai menggabungkan file pdf dengan menggunakan aplikasi ini, pastikan bahwa Anda telah mengunduh dan menginstalnya pada perangkat Anda. Jika sudah terinstall, ikuti langkah di bawah ini untuk mulai menggabungkan file pdf Anda.

1. Buka aplikasi Adobe Reader, setelah masuk, klik tab ‘Tools’ yang ada pada pojok kiri tampilan layar aplikasi.

2. Pilih menu ‘Combine Files’, lalu kemudian pilih ‘Add Files’ untuk menambahkan file pdf yang akan digabung menjadi satu.

3. Setelah memilih file yang akan digabung, klik pilihan ‘Combine’.

4. Secara otomatis file pdf milik Anda sudah selesai digabungkan. Untuk menyimpannya Anda bisa menyimpan pada folder yang Anda inginkan, caranya dengan klik tab ‘File’ dan pilih ‘Save as’.

Cara Menggabungkan File PDF dengan Adobe Acrobat

Merupakan perangkat lunak yang dikembangkan oleh Adobe Systems, Adobe Acrobat juga bisa digunakan untuk mengedit file pdf termasuk menggabungkan file pdf dalam jumlah banyak sekaligus. Cara gabungkan file pdf dengan menggunakan software ini adalah:

1. Install terlebih dahulu software Adobe Acrobat pada perangkat Anda, biasanya pada beberapa komputer software ini sudah terpasang. Namun, jika belum ada, install dengan versi Standar atau Pro dan usahakan bukan versi trial.

2. Setelah terinstall, pilih tulisan ‘Create’ yang terdapat pada toolbar utama aplikasi. Jika tidak menemukan pilihan tersebut, cari tulisan ‘Create PDF’, buka menu ‘View’ pada toolbar, dan pilih ‘Task’ yang dilanjutkan dengan memilih ‘Show All Task Buttons’.

3. Pada menu ‘Create’, klik pilihan ‘Combine Files into a single PDF’ di mana menu ini berfungsi sebagai alat untuk menggabungkan beberapa dokumen menjadi satu file pdf.

4. Klik ‘Browse’ dan carilah file yang ingin digabungkan. Setelah klik ‘OK’, file yang telah dipilih akan disalin pada kotak putih di sebelah kanan layar tampilan.

5. Anda bisa menyortir dokumen agar sesuai dengan urutan yang diinginkan, lalu klik ‘Combine Files’ dan pilih tulisan ‘OK’.

6. Setelah proses penggabungan selesai Anda bisa menyimpan gabungan file pdf tersebut pada perangkat yang digunakan dengan memilih pilihan ‘Save As’. Setelah itu file pdf otomatis akan berada pada perangkat Anda.

Cara Menggabungkan File PDF dengan PDFelement Android

Berikut ini adalah cara menggabungkan file pdf di Android Anda yang lebih simple dan praktis.

1. Download dulu aplikasinya, jika sudah Anda bisa langsung membukanya.

2. Unggah file PDF yang ingin Anda gabungkan sebagai salah satu cara menggabungkan file pdf di Android

3. Klik ikon yang berada di pojok kanan atas layar untuk memulai edit mode.

4. Pilih dua file atau lebih yang ingin digabungkan dan klik ikon ‘Combine’. Setelah itu, cara menggabungkan file pdf pun selesai.Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
21 Nov 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download