5 Tips dan Cara Membuka Usaha Sendiri di Rumah

20 Sep 2022 by Kredit Pintar, Last edit: 21 Sep 2022

Memulai bisnis bisa dari rumah loh! Emang bisa cara membuka usaha sendiri di rumah? Bisa banget, tapi memang membangun bisnis sendiri apalagi dari rumah itu tidak semudah yang dibayangkan.

Sobat pintar harus menyusun strategi dan berani mengambil resiko agar bisnis yang sobat jalankan dapat berjalan optimal. Membuka usaha sendiri di rumah bisa berpotensi mendatangkan keuntungan jika dilakukan dengan perhitungan matang, berani, dan konsisten.

Apalagi situasi pandemi sekarang ini yang menuntut kita untuk melakukan aktivitas dari rumah, maka tak ayal jika minat masyarakat untuk buka usaha di rumah menjadi meningkat.

Banyak figur pengusaha dan wiraswasta sukses yang semakin muncul diberitakan oleh media sosial sehingga masyarakat pun tertarik untuk menekuni bisnis sendiri.

Namun, seringkali masyarakat terlalu ikut-ikutan tren atau bahkan tergiur oleh keuntungan yang diberitakan media, padahal dibalik kesuksesan mereka, pasti pernah mengalami kegagalan.

Hal itulah yang tidak diperhatikan masyarakat sehingga dalam menjalani bisnis sendiri malah berujung pada kerugian, karena tidak melihat pertimbangan lain, tidak konsisten dan tidak mengambil cara-cara yang tepat. 

Dalam membangun bisnis sendiri, terutama buka usaha dari rumah, sobat pintar harus paham terlebih dahulu tentang mindset wirausaha. Selain itu, sobat juga perlu menemukan strategi, tips, dan cara membuka usaha sendiri di rumah agar berhasil dalam menjalankan bisnis. 

Berkaitan dengan hal tersebut, banyak orang yang ingin tahu bagaimana cara membuka usaha sendiri di rumah? Sebenarnya pertanyaan semacam ini hanya dapat dijawab oleh diri masing-masing, karena kemampuan dan passion tiap orang berbeda-beda

Akan tetapi, artikel ini akan memberikan 6 rekomendasi cara membuka usaha sendiri di rumah agar bisnis yang sobat jalankan dapat mendulang kesuksesan, berikut cara-caranya:

Baca juga: Kiat Sukses Membangun Bisnis Sendiri dari Bawah

Bagaimana Cara Membuka Usaha Sendiri di Rumah?

  1. Pastikan Sobat Mempunyai Tekad dan Niat

Tekad dan niat sangat penting dalam merintis bisnis pertama kali, sobat perlu mengetahui mindset para wirausaha yang tidak pantang menyerah, berani mengambil resiko, dan pandai memanfaatkan peluang. 

Pastikan sobat tidak sekadar ikut-ikutan tren menjadi “pengusaha”, karena hal tersebut malah merugikan diri sobat sendiri. Jangan memulai bisnis apabila tidak memiliki niat yang konsisten.

Jika sobat sudah memiliki niat dan tekad, maka langkah selanjutnya adalah menyusun rencana bisnis. Rencana bisnis atau business plan merupakan hal yang penting dalam merintis bisnis, karena di dalamnya memuat visi, misi, hingga tujuan sobat.

Text, whiteboard

Description automatically generated

Rincian business plan mencakup latar belakang, target audience, skema produksi, analisis kompetitor, hingga perancangan modal awal. Oleh karena itu, business plan dapat dikatakan sebagai panduan sobat dalam membuka bisnis di rumah.

Baca juga: Cara Membangun Bisnis Mulai dari Nol!

  1. Mempersiapkan Modal dan Mempertimbangkan Segala Resiko

Cara membuka bisnis sendiri di rumah selanjutnya adalah mempersiapkan modal dan mempertimbangkan resiko. Ini sangat penting, karena modal merupakan ujung tombak pertama dalam menyiapkan bisnis. 

Ketahui modal dan analisa resiko yang ada, jangan sampai sobat tidak memperhitungkan kedua aspek ini. Jika sobat bingung karena tidak punya modal, maka bisa mengajukan kredit pinjaman ke Kredit Pintar. 

Atau sobat juga bisa menjalankan bisnis di rumah tanpa modal, yaitu dengan cara memanfaatkan sumber daya yang ada, seperti fasilitas internet, memanfaatkan kemampuan, dan menjalin relasi. Kredit Pintar akan memberi rekomendasi pekerjaan yang bisa sobat coba dari rumah tanpa modal, yaitu:

  • Membuka jasa freelancer, seperti freelancer desain grafis, penulisan, fotografi, hingga editing.
  • Mendaftar Shopee Affiliate
  • Membuka jasa digital marketing 

Baca juga: Ingin Punya Usaha tapi Tidak Ada Modal, Ini Tips Membuka Usaha Tanpa Modal

  1. Menentukan Strategi Branding tentang Keunikan Produk yang Dijual

Cara membuka bisnis sendiri di rumah selanjutnya adalah menentukan strategi branding tentang keunikan produk yang sobat jual. Strategi ini sangat penting, karena akan menarik minat target audience. Strategi branding dapat disusun ketika sobat memahami business plan yang sobat buat. 

Sama seperti penjelasan business plan, sobat perlu riset dan analisa terkait target audience, kompetitor, hingga strategi pemasaran. Keunikan produk berpengaruh besar terhadap minat target audience atau calon pembeli. 

Oleh karena itu, ketika sobat membangun bisnis sendiri di rumah, maka usahakan menjual produk yang sekiranya dapat menarik minat orang banyak. Tentukan strategi brandingnya sekarang!

  1. Senantiasa Belajar dari Kegagalan dan Jangan Takut untuk Memulai

Seringkali masih banyak orang yang gagal menjalankan bisnis di rumah karena tidak konsisten atau bahkan terlalu takut untuk memulai. Singkirkan perasaan ragu dan takut, jika niat dan tekad sudah bulat, maka sobat perlu berani bertindak. 

Jangan takut gagal, karena setiap kegagalan pasti ada pelajaran dan hikmah. Banyak pengusaha yang hanya disorot kesuksesannya, padahal di balik itu ada proses dan perjuangan panjang. 

  1. Mengelola Keuangan dengan Baik dan Hemat

Jika sobat mulai mendapatkan hasil dari membuka bisnis di rumah, maka uang yang didapatkan jangan langsung dihabiskan. Kelola dengan baik, alangkah baiknya ditabung. 

Hitung setiap pengeluaran dan pendapatan, lakukan evaluasi. Pengelolaan finansial yang sehat dan detail tentu akan membuat ekosistem bisnis menjadi lebih berkembang. 

Bisnis dari rumah pun bisa menghasilkan cuan yang banyak apabila sobat pandai mengelola keuangan dan melihat peluang.

Bagaimana Cara Membuka Bisnis di Rumah yang Sukses dan Bertahan Lama?

Cara Membuka Usaha Sendiri di Rumah dengan Modal Minim | kumparan.com

Setelah mengetahui cara membuka bisnis di rumah, kini sobat tinggal mewujudkannya. Apabila sobat telah berhasil menjalankan bisnis di rumah, maka pertanyaan selanjutnya adalah: Bagaimana cara membuka bisnis di rumah yang berhasil dan bertahan lama?

Jawaban sederhananya ada 3 poin

  • Pisahkan kebutuhan pribadi bisnis: Hal ini sangat penting, agar sobat tidak terlena ketika mendapatkan banyak penghasilan dari bisnis sobat. 

Ketika terlena, maka sobat akan menghambur-hamburkan penghasilan tersebut untuk kebutuhan pribadi yang sebenarnya bersifat konsumtif. 

Alangkah lebih baik apabila dana dari bisnis tersebut digunakan untuk mengembangkan bisnis agar lebih besar.

  • Selalu melakukan evaluasi: Lakukan evaluasi jika ada kerugian maupun komplain dari customer. Untuk meningkatkan kepercayaan pembeli, maka sobat perlu memperhatikan aspek-aspek pelayanan, jangan sampai mengecewakan pembeli.
  • Jangan ragu untuk belajar dan meminjam modal demi perkembangan bisnis sobat: Teruslah belajar dan jangan ragu untuk meminjam modal demi mengembangkan bisnis. 

Jangan mudah merasa puas atau tinggi hati, tetap membumi dan terus mengasah keterampilan bisnis sobat.

Demikian penjelasan tentang cara membuka bisnis di rumah, satu hal yang penting adalah sobat harus berani mengambil resiko dan menanamkan mindset wirausaha sejati di diri sobat. 

Jangan sekali-kali ingin membuka usaha di rumah hanya karena ikut-ikutan tren, pahami diri sobat dan memaksimalkan keterampilan maupun peluang. Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
21 Sep 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download