Ingin Punya Usaha tapi Tidak Ada Modal, Ini Tips Membuka Usaha Tanpa Modal

14 May 2021 by kreditpintar
usaha tanpa modal

Apakah mungkin sebuah membuka suatu usaha tanpa modal? Jawabannya adalah sangat mungkin. Perkembangan teknologi informasi sangat membawa dampak positif bagi masyarakat, salah satunya adalah dalam dunia wirausaha dimana dengan memanfaatkan teknologi informasi sebuah ide usaha dapat terwujud tanpa memerlukan modal uang. Namun suatu usaha tetap membutuhkan pengembangan internal untuk meningkatkan produktivitas dan ruang lingkup usahanya. Solusinya adalah dengan mengajukan pinjaman modal di kredit pintar, yaitu perusahaan platform penyedia pinjaman online yang memberikan segala kemudahan sehingga dapat membantu pelaku usaha dalam mengembangkan usahanya. 

Tips Membuka Usaha Tanpa Modal

Banyak sumberdaya baik dalam diri kita sendiri maupun di lingkungan sekitar kita yang dapat dijadikan modal usaha tanpa membutuhkan biaya. Berikut adalah beberapa tips membuka usaha tanpa modal yang dapat dijadikan inspirasi dalam membuka usaha.

1. Manfaatkan sumber daya yang ada

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, berbicara soal modal usaha tidak melulu membicarakan tentang uang. Pertama kita bisa memanfaatkan sumber daya yang ada dalam diri kita, yaitu kemampuan dan keahlian. Pada proses pertama ini hal yang paling penting adalah mengenal diri sendiri terlebih dahulu, mengenal kelebihan dan kekurangan diri, dan menyadari bahwa diri kita menguasai suatu keahlian tertentu. Keahlian dan kemampuan diri inilah yang akan menjadi modal utama dalam membuka usaha. Keahlian dan kemampuan tersebut dapat dimanfaatkan sebagai modal untuk membuka usaha jasa atau usaha-usaha lainnya. 

2. Atur keuangan dengan baik

Tips membuka usaha tanpa modal berikutnya, setelah memahami kelebihan diri masing-masing dan memulai untuk membuka usaha, aturlah keuangan dengan baik. Usaha yang baru dimulai mungkin tidak akan serta merta langsung mendatangkan keuntungan yang besar. Simpan keuntungan tersebut dan dikumpulkan untuk diputar kembali menjadi modal pengembangan usaha. Intinya adalah melakukan penghematan pengeluaran, dan mengutamakan pengeluaran untuk hal-hal yang penting saja. 

3. Jangan terburu-buru

Jangan terburu-buru dalam berbagai hal. Sebuah usaha tidak akan berkembang sangat cepat apalagi usaha yang dilakukan dari nol. Lakukan semua hal secara perlahan dengan tetap fokus kepada tujuan awal usaha tersebut dibentuk. Selain itu banyak kasus orang yang mengundurkan diri dari pekerjaan lamanya demi fokus berwirausaha. Namun sebenarnya ini adalah langkah yang salah, karena dunia usaha terutama usaha baru rentan untuk mengalami kerugian sehingga akan berkemungkinan kerugian tersebut akan menjadi ganda karena sudah terlanjur mengundurkan diri dari pekerjaan jika tidak dijalankan dengan strategi yang baik pula. 

4. Jangan takut gagal, nikmati prosesnya

Sangat wajar jika sebuah usaha mengalami naik turun yang fluktuatif. Yang harus dilakukan saat mengalami hal tersebut adalah dengan menikmati keseluruhan prosesnya dan jangan takut akan adanya kegagalan. Jadikan kegagalan yang dirasakan sebagai proses untuk dapat mengatur strategi baru yang lebih baik kedepannya. 

5. Manfaatkan fasilitas internet

Perkembangan teknologi memberikan banyak dampak positif bagi pelaku usaha. Dengan kehadiran internet pemasaran produk atau jasa yang kita produksi dapat dilakukan dengan mudah melalui media sosial dan website. Kita bisa terlebih dahulu mempromosikan produk sebagai produk pre-order dan pengerjaan dapat kita lakukan setelah konsumen membayar uang muka. Selain itu fasilitas internet juga menjadi ide-ide usaha baru berbasis teknologi. 

Ide-Ide Bisnis Tanpa Modal yang Kekinian

Berikut adalah beberapa ide usaha tanpa modal yang dapat kita jadikan inspirasi untuk memulai sebuah usaha.

1. Jasa desain grafis

Membuat usaha jasa desain grafis menjadi salah satu jenis usaha yang cukup menjanjikan di era digital sekarang. Banyak pihak yang memerlukan jasa desain grafis mulai dari online shop, perusahaan, maupun perorangan. Usaha ini dapat dilakukan tanpa modal uang sedikitpun, hanya perlu memperdalam keahlian desain dan menguasai lebih banyak aplikasi dan software yang dapat dipergunakan untuk membuat desain grafis. Kunci dari usaha ini adalah konsistensi dan kreativitas sehingga konsumen akan berdatangan dengan sendirinya.

2. Menjual foto

Menjual foto di internet menjadi tren baru di era digital sekarang. Siapa saja dapat menjalankan bisnis ini, tidak perlu fasilitas kamera canggih hanya dengan menggunakan smartphone kita sudah bisa menghasilkan foto yang layak untuk dijual di internet. Sama seperti jasa desain grafis, kunci dari usaha ini adalah konsistensi dan kreativitas kita dalam menangkap objek yang menarik untuk difoto. Semakin unik foto yang kita ambil maka akan semakin tinggi harga yang akan kita terima.

3. Jasa coding dan pemrograman

Kembali lagi di era digital semua hal telah bersentuhan dengan teknologi. Jasa pemrograman banyak dibutuhkan oleh perusahaan startup dan fintech seperti kredit pintar yang mengembangkan usahanya dengan pengaplikasian teknologi. Membuat usaha coding dan pemrograman sebenarnya bukan suatu hal yang mudah bagi semua orang, membutuhkan kemampuan dan keahlian khusus dalam memahami bahasa pemrograman agar bisa menjadi profesional di bidang ini. Namun hal apapun bisa dipelajari asal ada kemauan, banyak pelatihan-pelatihan pemrograman dengan harga terjangkau bahkan terdapat beberapa kelas gratis yang dapat kita ikuti sebagai modal awal untuk terjun kedalam dunia usaha ini.

4. Online marketing

Untuk menjadi seorang online marketing modal yang kita butuhkan adalah keahlian dalam memanfaatkan platform-platform yang ada di internet untuk dijadikan media marketing, seperti website, blog, dan media sosial. Jasa online marketing sekarang banyak dibutuhkan karena arah pengembangan pemasaran perusahaan sudah mengarah ke pasar online. Tentunya bisnis ini dapat menjadi penghasilan yang menjanjikan apalagi target marketing yang diharapkan perusahaan bisa tercapai.

5. Penulis lepas

Bagi yang hobi menulis bisnis yang satu ini bisa dijadikan usaha yang menjanjikan. Tren penulisan artikel SEO, copywriter, dan penulisan konten telah merajalela dan dibutuhkan oleh perusahaan maupun usaha-usaha kecil sebagai salah satu media promosinya. Modal yang kita butuhkan adalah kemampuan literasi dan kreativitas dalam menyusun konten agar terhindar dari plagiasi. Modal tersebut dapat dipelajari dengan cara yang cukup mudah, yaitu perbanyak membaca sehingga kita akan terlatih untuk menulis dengan baik.

6. Dropship dan reseller

Menjadi dropshipper dan reseller sudah populer sejak media sosial mulai menjamur. Prinsipnya adalah mempromosikan dan menjual suatu produk, namun tidak memerlukan modal karena produk akan didistribusikan langsung dari agen. Tugas kita hanya mencari konsumen sebanyak-banyaknya dan mendapatkan keuntungan dari setiap produk yang berhasil terjual. Untuk menjalankan usaha ini modal utama adalah aktif di media sosial untuk mempromosikan produk dan tentunya pantang menyerah untuk mencari konsumen.

Itu tadi tips membuka usaha tanpa modal dan ide-ide usaha tanpa modal kekinian yang dapat kita jadikan inspirasi dalam memulai usaha. Perlu diingat dalam mengembangkan usaha yang sudah dijalankan kita membutuhkan modal uang untuk meningkatkan produktivitas seperti membeli peralatan dan perlengkapan baru untuk mendukung usaha kita. Jika modal sulit untuk dikumpulkan, manfaatkan pinjaman modal yang disediakan oleh Kredit Pintar untuk membantu pengembangan usaha.

kredit pintar
mobile-closeKredit PintarDownload