Cara Membuat Sabun dengan 2 Bahan Utama

19 Jan 2022 by Laruan, Last edit: 25 Jan 2022

Cara membuat sabun adalah tutorial yang banyak dicari. Membuat sabun sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan, bahkan oleh ibu rumah tangga. Kegiatan ini juga bisa dilakukan kapan saja selama langkah pembuatan yang ditempuh sudah benar dan tepat.

Sabun batangan bisa dibuat dengan memanfaatkan berbagai bahan organik. Menyiapkan bahan yang benar dan tepat adalah kunci utama untuk membuat sabun batang yang penuh manfaat. Ada dua elemen yang dibutuhkan dalam pembuatan sabun, yaitu bahan basa dan bahan lemak.

Cara Membuat Sabun dengan Persiapan yang Tepat

Pertama-tama, Anda harus mempersiapkan beberapa bahan yang terbaik untuk membuat sabun batang sesuai dengan keinginan Anda. Seperti yang sudah disinggung tadi, persiapkan terlebih dahulu bahan lemak serta bahan basa. Berikut ini beberapa pilihan bahan yang bisa Anda pakai.

Bahan lemak

Segala bahan lemak sebenarnya bisa dipakai. Anda bebas menggunakan minyak kelapa maupun minyak zaitun atau minyak lainnya. Tapi perhatikan bahwa setiap lemak mempunyai sifat yang berbeda dan akan membuat sabun batang mempunyai sifat yang berbeda juga.

Minyak zaitun misalnya, akan sangat berguna kalau Anda sedang mencari cara membuat sabun yang bisa melembabkan. Sayangnya, sabun batang yang dibuat dengan menggunakan minyak zaitun tidak bisa menghasilkan banyak busa.

Minyak kelapa mampu memberikan busa yang banyak. Tapi sayangnya minyak kelapa ini akan membersihkan kulit dengan totalitas. Akibatnya, kulit bisa menjadi terlalu kering.

Cara Membuat Sabun dengan 2 Bahan Utama

Bahan alkali

Ada dua jenis bahan alkali yang sering dipakai untuk membuat sabun. Yang pertama merupakan natrium hidroksida yang digunakan dalam pembuatan sabun batang. Lalu yang kedua adalah kalium hidroksida, yaitu bahan alkali yang dipakai untuk membuat sabun cair.

Kalau Anda tertarik untuk mempelajari cara membuat sabun yang berbentuk gel, gunakan kombinasi antara kalium hidroksida dan natrium hidroksida. Kedua bahan tersebut bisa dibeli di berbagai toko ritel maupun secara online.

Selalu berhati-hati dengan kedua bahan ini karena bahan yang sangat penting dalam pembuatan sabun ini sangat korosif dan bisa berbahaya.

Cara Membuat Sabun dengan 2 Bahan Utama

Baca juga: Cara Menghitung Volume Tabung Dengan Cepat

Bahan Lengkap untuk Membuat Sabun

Ada tiga metode yang sering digunakan dalam pembuatan sabun. Ketiga metode tersebut adalah melt & pour, hot process, dan cold process. Proses pembuatan sabun yang akan Anda lihat di bawah ini adalah yang paling mudah untuk dilakukan di rumah.

Pertama, persiapkan dulu semua bahan serta peralatan ini sebelum mulai membuat sabun sendiri.

  • 1 cup minyak kelapa untuk memunculkan busa pada sabun.
  • 1 cangkir minyak zaitun.
  • 250 ml minyak lain yang sesuai selera Anda, bisa menggunakan minyak safflower, minyak bunga matahari, atau minyak almond.
  • 1 cup alkali atau natrium hidroksida yang berperan penting dalam cara membuat sabun.
  • 250 ml air dingin, utamakan memakai air murni atau air suling.
  • Toples kaleng.
  • Cetakan sabun.
  • Botol kaleng.
  • Kacamata pelindung dan sarung tangan.

Setelah semua bahan sabun lengkap, siapkan area kerja lalu pakai pakaian pelindung dan sarung tangan untuk melindungi tubuh Anda dari bahan-bahan yang berbahaya. Selanjutnya, pelajari langkah yang benar untuk membuat sabun di rumah.

Baca juga: Cara Membuat Layangan Wau yang Mudah Dipraktekkan

Cara Membuat Sabun dengan 2 Bahan Utama

Langkah Benar dan Tepat untuk Membuat Sabun

Kalau semua bahan sudah siap, Anda bisa langsung memulai proses pembuatan sabun. Semua langkah yang perlu Anda ikuti ada di bawah ini.

  1. Ukur air dan masukkan ke toples kaleng, jangan lupa siapkan juga sebuah sendok. Lalu ukur alkali sesuai dengan takaran yang sudah ditentukan. Tuangkan alkali perlahan-lahan ke dalam air. Jangan menuangkan air ke alkali karena bisa berbahaya.
  2. Cara membuat sabun yang berikutnya adalah mengaduk campuran alkali dan air dengan hati-hati. Ketika air mulai menjadi jernih, diamkan campuran tersebut. Sambil menunggu, ambil toples pint lalu masukkan tiga jenis minyak bersama-sama dengan takaran yang sama
  3. Hangatkan campuran minyak dalam microwave selama satu menit. Periksa suhu minyak tersebut dan periksa cairan alkali. Suhu alkali seharusnya sudah menurun dan mendingin. Suhu yang terlalu rendah membuatnya menyatu dengan kilat tapi sabun jadi rapuh dan kasar.
  4. Masukkan minyak ke dalam toples pencampur lalu campurkan dengan alkali. Aduk menggunakan spatula atau sendok yang tahan panas selama 5 menit. Setelah 5 menit, cara membuat sabun selanjutnya adalah melanjutkan mengaduk atau mencampur dengan blender.
  5. Warna campuran sabun akan menjadi lebih cerah dan teksturnya juga akan menjadi lebih kental. Diamkan lagi sampai tekstur sabun tampak seperti puding vanila. Setelah itu barulah Anda bisa menambahkan minyak esensial, herbal, atau yang lainnya.
  6. Campurkan semua bahan tersebut hingga benar-benar merata sebelum menuang adonan ke cetakan sabun. Tutup cetakan yang berisi cairan sabun dengan menggunakan plastik wrap. Lalu letakkan dan bungkus cetakan sabun mandi dengan handuk.

Cara membuat sabun dengan menggunakan handuk ini bisa membantu menjaga agar sisa panas tidak menghilang. Dengan begitu, proses saponifikasi pun bisa terjadi dan sabun bisa segera digunakan.

Cara Membuat Sabun dengan 2 Bahan Utama

Tips Penting dalam Membuat Sabun Mandi Sendiri

Dalam membuat sabun mandi di rumah, ada beberapa tips penting yang sebaiknya Anda perhatikan:

  • Setelah mendiamkan adonan sabun di dalam cetakan selama 24 jam penuh, periksa adonan sabun tersebut. kalau adonan masih lembut atau hangat, tunggu dan diamkan lagi selama kurang lebih 12 sampai 24 jam berikutnya. 
  • Tapi kalau adonan sudah mengeras dan dingin, balikkan adonan sabun tersebut diatas rak kue atau kertas roti. Jika Anda mengikuti cara membuat sabun diatas dengan menggunakan cetakan berupa loyang roti, potong sabun menjadi beberapa batang.
  • Sangat penting untuk membiarkan sabun di suhu ruang selama minimal 4 minggu. Balikkan sabun setiap minggu sehingga seluruh sisi sabun bisa terkena udara. Anda juga bisa meletakkannya di rak agar sirkulasi udara sabun bisa terjaga dengan baik.

Bagi beberapa orang, membuat sabun sendiri di rumah terasa cukup merepotkan. Tapi cara ini sangat efektif kalau Anda ingin berhemat dan membuat sabun sendiri untuk digunakan dalam waktu yang lama. Atau Anda juga bisa membuat sabun dan memberikannya sebagai hadiah kepada sahabat.

Baca juga: Ide Masakan Sehari-Hari Rumahan yang Sederhana

Terapkan Cara Membuat Sabun dengan Bahan Terbaik

Agar proses pembuatan sabun bisa berlangsung dengan lancar dan Anda bisa menciptakan sabun mandi batang dengan kualitas yang bagus, siapkan bahan-bahan yang berkualitas. Untuk membantu Anda mempersiapkan bahan yang terbaik, Kredit Pintar siap untuk membantu Anda.

Gunakan aplikasi keuangan Kredit Pintar untuk memperoleh pinjaman dana yang bisa Anda pakai untuk mempersiapkan bahan pembuatan sabun terbaik. Aplikasi Kredit Pintar diawasi langsung oleh OJK Indonesia sehingga sangat aman dan terpercaya untuk digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Download aplikasinya di Play Store maupun di App Store lalu daftarkan diri Anda segera. Dengan begitu, Anda bisa segera memperoleh dana dengan nominal yang sesuai kebutuhan Anda. Setelah memperoleh cukup dana, langsung siapkan bahan dan ikuti petunjuk cara membuat sabun di atas.

Cara Membuat Sabun dengan 2 Bahan Utama

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
25 Jan 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download