Cara Menghitung Volume Tabung Dengan Cepat

17 Jan 2022 by Laruan, Last edit: 11 Mar 2022

Menghitung volume bangun ruang, seperti tabung merupakan salah satu materi yang pasti Sobat Pintar dapatkan jika belajar matematika. Untuk membantumu belajar, inilah cara menghitung volume tabung dengan cepat, mudah, dan akurat!

Sebelum kita lanjut ke pembahasan rumus volume tabung serta cara menggunakannya, ada baiknya untuk mengetahui yang mana sih bangun ruang tabung itu? 

Baca juga: Cara Gratis Belajar Bahasa Inggris

Apa Itu Bangun Ruang Tabung

Tabung merupakan salah satu bangun ruang yang sering dipelajari di materi matematika. Tabung pada dasarnya memiliki batas yang terdiri atas dua sisi yang sejajar dan berbentuk melingkar, sehingga memiliki sisi lengkung. 

Ciri-ciri yang dapat ditemukan di sebuah bangun ruang tabung yaitu memiliki dua sisi yang memiliki bentuk lingkaran. Lalu, ada satu sisi yang yang memiliki bentuk bidang lengkung. Nama lain dari bidang lengkung ini adalah selimut tabung. Selain itu, tabung juga memiliki dua buah rusuk lengkung. 

Tabung tidak memiliki sudut karena memiliki bentuk yang sama di setiap sisinya. Atau, semua sisi yang bangun ruang tabung miliki adalah sisi lengkung, sehingga tidak ada pojokkan atau sudut.

Jika Sobat Pintar sudah mengerti apa itu bangun ruang tabung dan pengertian volume, yuk pelajari tentang cara untuk menghitung volume tabung.

Cara Menghitung Volume Tabung

Untuk menghitung volume tabung, sebenarnya dapat diselesaikan dengan rumus Luas Alas x Tinggi bangun. Luas alas bangun tabung adalah lingkaran, maka kita harus membedah luas lingkaran terlebih dahulu, sebelum mulai menghitung volume tabung. 

1. Luas Lingkaran

Luas lingkaran = πr2 (phi x jari-jari lingkaran)2

Nah, jika Sobat Pintar sudah mengetahui cara untuk mencari luas lingkaran, yuk ketahui cara untuk menghitung volume bangun ruang tabung.

Baca juga artikel berikut: Belajar Bahasa Jepang Menyenangkan dengan Aplikasi Ini

Maka, rumus menghitung volume bangun ruang tabung akan didapatkan sebagai berikut.

2. Volume Bangun Ruang

Volume bangun ruang tabung = πrˆ2t (phi x jari-jari lingkaran)2 x tinggi bangun ruang

Selanjutnya, hal penting yang harus diingat saat menghitung volume bangun ruang adalah satuan yang digunakan. Gunakan cm3 (pangkat tiga atau kubik) untuk menyatakan volume bangun ruang.

3. Kenapa Menggunakan Kubik?

Kenapa satuan luas dan volume itu bisa berbeda, ya? Berikut adalah penjelasannya secara singkat.

  1. Luas bangun datar

Jika melihat rumus perhitungan luas bangun datar, Sobat Pintar akan menemukan fakta bahwa hanya ada satu komponen yang memiliki satuan kuadrat. Seperti di rumus luas bangun datar lingkaran. Yang dikalikan hanyalah phi (π) yang tidak memiliki satuan dan jari-jari kuadrat. 

Sehingga, hanya ada satu satuan yang memiliki kuadrat, maka hasilnya adalah kuadrat.

  1. Volume bangun ruang

Selanjutnya, jika melihat rumus perhitungan volume bangun ruang, Sobat Pintar akan mendapatkan tiga komponen yang dikalikan. Contohnya, melihat rumus volume tabung, yaitu phi (π) yang tidak memiliki satuan dikali jari-jari dengan satuan kuadrat dan tinggi dengan satuan satu (pangkat satu).

Sehingga, ada dua satuan yang ditambahkan, yakni kuadrat dan pangkat satu. Oleh karena itulah, volume bangun ruang akan menggunakan kubik atau pangkat tiga untuk menyatakan satuannya.

Kalau sudah mengerti cara untuk menghitung volume bangun ruang tabung sekaligus mengetahui satuannya, yuk simak contoh soal volume tabung berikut.

Contoh Soal Volume Tabung

Diketahui ada sebuah bangun ruang tabung yang memiliki jari-jari alas sepanjang 20 cm dan tinggi tabung 50 cm. Maka, hitunglah volume bangun ruang tabung tersebut!

Pertama-tama, uraikan soal tersebut menjadi:

r = 20 cm

t = 50 cm

Sedangkan, untuk π (phi), Sobat Pintar dapat menggunakan yang mudah untuk dijumlahkan. Karena, π (phi) memiliki dua bentuk, yakni 22/7 dan satuan 3,14. Maka, datamu akan bertambah seperti berikut.

r = 20 cm

t = 50 cm

Π = 3,14

Nah, jika sudah menemukan semua data yang diperlukan, selanjutnya jabarkan rumus volume bangun ruang tabung.

πrˆ2t

Masukkan semua data sesuai dengan rumus yang telah dijabarkan. Maka, hasilnya adalah:

3,14 x (20cm)ˆ2 x 50 cm

Ingat, karena r (jari-jari) adalah kuadrat, ubah terlebih dahulu agar mendapatkan hasil kuadratnya.

3,14 x (20 cm x 20 cm) x 20 cm = 3,14 x 400 cmˆ2 x 50 cm = 62.800cmˆ3

Dengan demikian, Sobat Pintar akan mendapatkan hasil akhir untuk volume bangun ruang tabung yakni 62.800cmˆ3.

Bagaimana, tidak sulit bukan? Jika masih merasa kesulitan, ini ada tips untuk mempermudah perhitungan volume bangun ruang. 

Tips Menghitung Volume Bangun Ruang

Beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mempermudah dan meningkatkan kemampuanmu dalam menghitung volume bangun ruang adalah sebagai berikut.

  1. Jangan mengingat rumus, tetapi pahamilah rumus. Dengan memahami rumus, Sobat Pintar akan selalu mengingat rumus yang telah dipelajari. 

Baca juga artikel berikut: Cara Belajar Rumus dari Brainly

  1. Rajinlah untuk berlatih soal. Dengan rajin latihan soal, Sobat Pintar akan terbiasa dengan berbagai jenis dan bentuk soal. 

Demikianlah cara menghitung volume tabung beserta tips untuk meningkatkan kemampuanmu dalam menghitungnya. Semoga artikel ini dapat membantumu, ya!

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
11 Mar 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download