8 Sekolah Termahal di Indonesia: SPP Diatas 100 Juta

28 Jul 2022 by Laruan, Last edit: 28 Jul 2022

Berbicara tentang pendidikan di Indonesia, salah satu masalah yang kerap menjadi sorotan dan keluhan orang tua adalah mengenai biaya sekolah yang semakin naik tiap tahunnya. Ini dia sekolah termahal di indonesia.

Kenaikan biaya ini berlaku untuk semua jenjang mulai dari PAUD, SD, hingga jenjang kuliah. Meskipun itu adalah sekolah negeri, namun tetap saja orangtua harus menyiapkan dana pendidikan anak-anak mereka sedini mungkin.  

Sekolah termahal di Indonesia

Baca juga: Mengenal Sekolah Intelijen Negara, Penasaran?

Nah, berbicara tentang masalah biaya dan pendidikan ini, tentu saja semua orang tua ingin memberikan yang terbaik bagi anak-anak mereka, termasuk di dalamnya memberikan pendidikan yang terbaik. 

Oleh karena pendidikan merupakan investasi dan bekal terbaik bagi masa depan anak maka sangat wajar bila ada banyak orang tua yang berusaha mendaftarkan anak-anak mereka ke sekolah-sekolah terbaik meski biaya yang harus dikeluarkan tidak main-main. 

Bahkan meski sekolah tersebut mematok biaya pendidikan yang bagi orang awam saja itu rasanya tidak masuk akal. Namun bagi yang memang punya orang tua kaya, tentu saja mereka tak akan segan untuk menggelontorkan dana besar demi pendidikan anak-anak mereka. Seperti beberapa sekolah yang akan kami bahas berikut ini. Tidak hanya mahal, namun mampu menjadi sekolah termahal di Indonesia. 

Penasaran apa sajakah sekolah-sekolah untuk anak para sultan dan crazy rich tersebut? Let’s check it out!

Daftar Sekolah Termahal di Indonesia

Berikut adalah daftar sekolah-sekolah termahal yang ada di Indonesia, yaitu:

Jakarta Intercultural School (JIS)

Sekolah internasional swasta yang terkenal ini sudah didirikan sejak tahun 1951 lho. Sebagai sekolah dasar dan menengah internasional paling besar di Indonesia, sekolah ini pada awalnya dibangun bagi anak-anak ekspatriat yang tinggal di Jakarta. Dan kini, sekolah ini telah menjelma sebagai salah satu sekolah bergengsi serta termahal di Indonesia. 

Sebagai salah satu sekolah internasional ternama, JIS diakreditasi langsung oleh Council of International Schools serta Western Association of Schools. Bahkan Departemen Luar Negeri AS menyatakan bahwa kurikulum yang dimiliki oleh JIS punya fokus internasional yang kuat dan menganggap bahwa Jakarta Intercultural School merupakan salah satu sekolah internasional terbaik yang dapat mempersiapkan siswa masuk ke universitas-universitas yang ada di Amerika. 

Sebagai informasi, ada beberapa sekolah yang masuk di bawah naungan JIS diantaranya adalah dua sekolah dasar (SD) di Pondok Indah dan Pattimura serta satu sekolah utama untuk siswa jenjang SMP dan SMA di daerah Cilandak, Jakarta Selatan. Saat ini, JIS memiliki sekitar 2.400 siswa yang berasal lebih dari 60 negara. 

Sebagai sekolah yang memiliki fokus internasional yang kuat, JIS menggunakan kurikulum internasional seperti International Baccalaureate (IB) diploma dan Advanced Placement (AP) dalam kegiatan belajar-mengajar sehari-hari.

Lalu, berapa total biaya yang harus Anda siapkan untuk masuk ke dalam salah satu sekolah termahal di Indonesia ini? Well, sebagai referensi dan informasi bagi para orang tua yang tertarik untuk menyekolahkan anak-anak mereka di JIS, total dana yang harus Anda siapkan agar bisa bersekolah di sini adalah sekitar 496 juta rupiah per-tahunnya. Tentunya biaya ini bisa makin tinggi tiap tahunnya. 

British School Jakarta (BSJ)

Berada di bawah perlindungan Kedutaan Besar Britania Raya di Indonesia, sekolah termahal di Indonesia yang satu ini sudah berdiri sejak tahun 1973 dan menerapkan kultur Inggris dalam proses pembelajaran dan pendidikannya sehari-hari. 

Sejak didirikannya, sekolah ini sudah mengalami relokalisasi dari tempat awalnya di Pondok Indah ke Bintaro oleh karena makin banyak orang tua yang berminat menyekolahkan anaknya di sekolah ini. 

Sebagai informasi, jenjang pendidikan yang disediakan oleh BSJ adalah dimulai dari jenjang kindergarten, primary school hingga secondary school. Dan sebagai sekolah internasional ternama, tentu saja BSJ memiiki beragam fasilitas keren mulai dari kafetaria, lapangan tennis, dance studio, gym, sport center, hingga kolam renang yang berstandar olimpiade. 

Bahkan murid-muridnya juga diberi kesempatan untuk bersekolah sepakbola langsung dengan Manchester City Football School lho! Jadi wajar bila biaya yang harus disiapkan untuk masuk ke sekolah ini akan sangat menguras kantong. 

Per-tahunnya, Anda harus menyiapkan dana sekitar 308 juta rupiah untuk jenjang SD, 353 juta rupiah untuk yang SMP, serta sekitar 387 juta rupiah untuk yang International Baccalaureate. 

HighScope Jakarta

Sekolah internasional yang satu ini memang unik bahkan paling unik dibandingkan sekolah-sekolah yang ada dalam daftar ini. Selain memberlakukan pembelajaran bilingual dengan kurikulum Cambridge, HighScope juga memakai sistem multi age. Artinya, di sekolah ini ada dua grade sekaligus yang bisa belajar secara bersama-sama di dalam satu kelas. 

CNBC Indonesia tahun 2020 melaporkan bahwa bagi para orang tua yang ingin menyekolahkan anak-anak mereka di SD HighScope hingga lulus, mereka harus menyiapkan biaya hingga 502 juta rupiah. 

Tak hanya itu, bila misalnya anak Anda masih pada jenjang TK saja, orang tua harus menyiapkan biaya masuk hingga 18 juta rupiah serta SPP sekitar 6,4 juta rupiah per-bulannya.

Academic Colleges Group (ACG) School 

Sekolah termahal di Indonesia

Berlokasi di kawasan Jakarta Selatan, ACG School yang memiliki nama panjang Academic Colleges Group, merupakan jaringan atau cabang sekolah yang berpusat di New Zealand. 

Sekolah ini menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa pengantar dalam kegiatan belajar-mengajar sehari-hari. Hal ini wajar mengingat sebagian siswanya berasal dari 36 negara berbeda. 

Baca juga: Jangan Lupa Catat, Kalender Pendidikan 2022 untuk Semester Genap

Untuk itulah, tak aneh rasanya bila sekolah yang berada di lokasi Pasar Minggu ini menyediakan program IB Primary Years dengan memakai kurikulum University of Cambridge International Examinations. 

Dengan kurikulum internasional yang digunakannya, maka fasilitas-fasilitas yang disediakan sekolah pun juga berstandar internasional. Mulai dari laboratorium, auditorium, technology center, hingga athletic track.

Jika ingin menyekolahkan anak-anak Anda di sekolah ini, harap siapkan dana sedini mungkin karena biayanya sangat fantastis. Untuk jenjang SD saja, Anda harus menyiapkan mulai dari 235 juta hingga 310 juta rupiah. 

Biaya tersebut belum termasuk biaya transport sebesar 19,3 juta rupiah, biaya pembangunan sekitar 37,6 juta rupiah, serta biaya untuk English Language Support (ELS) sebesar 37 juta rupiah per-semesternya.

The New Zealand Independent School 

Sekolah termahal di Indonesia lainnya yang tepat berlokasi di kawasan Kemang, Jakarta Selatan adalah The New Zealand Independent School. Sekolah mentereng yang satu ini benar-benar mengukuhkan dirinya sebagai sekolah internasional karena rata-rata guru yang mengajar adalah warga negara asing (WNA). Bahkan kurikulum yang digunakan adalah kurikulum Cambridge. 

Jenjang pendidikannya dimulai untuk murid-murid pada usia 18 bulan atau pre-school hingga yang sudah berusia 15 tahun atau setara dengan grade 9. Ada banyak aktivitas yang disediakan untuk para siswa mulai dari kegiatan-kegiatan olahraga, musik dan paduan suara serta seni seperti melukis. 

Bila di sekolah negeri atau swasta biasa jumlah murid bisa mencapai hingga 30-an orang dalam satu kelas maka di sini, satu kelas dibatasi hanya untuk 20 orang murid saja. Untuk biayanya sendiri, sekolah ini mematok harga cukup fantastis untuk jenjang dasar dan menengah seperti Playgroup, TK, SD, dan SMP. 

Mulai dari yang playgroup, biaya yang harus disiapkan adalah sekitar 53,3 juta rupiah sementara bagi yang akan masuk TK sekitar 93,3 juta rupiah. Bagi yang ingin anak-anaknya masuk SD di sekolah ini, Anda harus menyiapkan biaya hingga 210 juta rupiah sementara untuk yang jenjang SMP bisa mencapai 215 juta rupiah. 

Singapore Intercultural School Bona Vista

Berada di kawasan Jakarta Selatan, sekolah yang dulunya dikenal dengan nama Singapore International School ini menerapkan kurikulum gabungan dalam kegiatan belajar mengajar. Dua kurikulum yang dimaksud adalah kurikulum Cambridge dan metodologi khusus pendidikan Singapura. 

Untuk bisa masuk ke sekolah ini, para calon siswa wajib mendapatkan skor tinggi dalam bidang akademik tertentu sesuai standar yang telah ditetapkan oleh sekolah serta lolos ujian wawancara. 

Selain itu, orang tua juga harus siap mengucurkan dana mulai dari 39 – 185 juta rupiah agar bisa menjadi siswa di SIS Bona Vista. Namun, tenang saja. Anda juga bisa mendapatkan beasiswa saat bersekolah disini tentunya setelah memenuhi persyaratan tertentu seperti yang telah ditentukan oleh sekolah. 

Global Jaya School – Tangerang Selatan, Banten

Salah satu sekolah termahal di Indonesia lainnya yang tak kalah mentereng adalah Global Jaya School yang berada di kawasan Tangerang Selatan, Banten. Sekolah ini memiliki jenjang sekolah mulai dari TK-A hingga yang setara dengan SMA atau yang biasa mereka kenal sebagai IB Diploma. 

Sekolah termahal di Indonesia

Baca juga: 7 Asuransi Pendidikan Terbaik Bagi Masa Depan Anak

Saat ini, sekolah yang dibangun oleh Jaya Group dari Ciputra ini sudah memiliki lebih dari 600 siswa. Untuk menunjang kegiatan belajar-mengajar di sekolah ini, pihak sekolah membangun fasilitas-fasilitas yang memiliki standar internasional seperti gym, basket, lapangan tenis, sepakbola hingga teater untuk berbagai acara pentas seni di sekolah. 

Tentunya, dengan berbagai fasilitas yang dimilikinya, biaya yang harus disiapkan juga tidak main-main. Biaya pengembangannya saja sekitar 23 juta rupiah satu kali tiap tahun sementara SPP-nya berkisar antara 63,8 juta rupiah hingga 149,6 juta rupiah per-tahunnya. 

SMA Pelita Harapan Lippo Cikarang

Sekolah internasional yang satu ini merupakan salah satu cabang sekolah internasional yang ada di Swiss. Dengan status seperti itu, tak heran rasanya bila siapa saja yang ingin bersekolah di sini harus siap mengeluarkan biaya yang mahal untuk mendapatkan pendidikan. 

Dengan memakai kurikulum Cambridge, dana yang harus Anda siapkan adalah 9.000 dolar Amerika atau sekitar 130 juta rupiah. Dan biaya tersebut belum termasuk dengan biaya tambahan atau penunjang lainnya misalnya biaya untuk seragam dan buku-buku.

Bagi yang ingin bersekolah di sekolah internasional yang satu ini, ada salah satu fakta menarik yang mesti Anda tahu. Yakni, ada sekitar 30 persen dari siswa yang bersekolah di SMA Pelita Harapan Lippo berasal dari Negeri Ginseng, Korea Selatan lho!

Demikianlah beberapa daftar sekolah termahal di Indonesia. Mahal banget, bukan? Namun meski biayanya mencekik leher, tetap saja ada banyak orang tua yang berminat untuk menyekolahkan anak-anak mereka di sekolah-sekolah tersebut. 

Jadi, alih-alih bangkrut karena tak ada peminat, malahan sekolah-sekolah di atas sangat laku dan menjadi incaran banyak orang tua yang rela untuk merogoh kocek mereka dalam-dalam demi bisa memberikan pendidikan terbaik kepada anak-anak mereka. 

Berminat menyekolahkan anak-anak Anda kelak di sekolah-sekolah di atas? Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech berizin dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
28 Jul 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download