Mengenal Sekolah Tinggi Intelijen Negara, Penasaran?

14 Jun 2022 by Laruan, Last edit: 20 Jun 2022

Apakah Kamu tertarik untuk menjadi seorang Intelijen Negara? Mungkin Sekolah Tinggi Intelijen Negara bisa menjadi opsi yang tepat untuk bisa Kamu pilih. Sebagai sekolah kedinasan, STIN bisa menjamin lulusannya untuk langsung bekerja mengabdi pada Negara. 

Sekolah Kedinasan STIN 2021: Syarat, Kuota, dan Cara Daftar

Banyak keuntungan yang bisa Kamu dapatkan ketika berhasil menjadi mahasiswa atau Taruna STIN. Selain kuliah gratis, Kamu bisa mendapatkan fasilitas asrama, konsumsi, seragam hingga diangkat menjadi CPNS setelah lulus nanti.

Baca Juga: Hal-Hal Seputar Pinjaman Pendidikan yang Harus Diketahui

Mengenal Sekolah Tinggi Intelijen Negara

Sekolah Tinggi Intelijen Negara atau STIN merupakan salah satu perguruan tinggi yang berstatus kedinasan dan dikelola langsung oleh Pemerintah, lebih tepatnya di bawah naungan Badan Intelijen Negara. 

Perlu Kamu ketahui, Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) masuk ke dalam lima besar sekolah kedinasan terfavorit. Empat sekolah lainnya yaitu Politeknik Keuangan Negara STAN, Institut Pemerintahan Dalam Negeri, Politeknik Statistika dan Politeknik Imigrasi. 

STIN baru terbentuk tahun 2004, dimana perguruan tinggi kedinasan lainnya sudah berdiri sebelum tahun 2000-an. Keberadaan Sekolah Tinggi Intelijen Negara diharapkan bisa mencetak kader penerus agen rahasia Indonesia, terutama di Lingkungan Badan Intelijen Negara. 

Sebagai Sekolah yang memberi kesempatan Tarunanya untuk menjadi Indonesian Cyber Task Force dan ahli di bidang biomedical hazard, STIN menjamin lulusannya dengan status CPNS. Kepastian kerja setelah lulus membuat STIN atau sekolah kedinasan lainnya menjadi paling favorit setiap tahunnya. 

Sekolah Tinggi Intelijen Negara berusaha menyiapkan mahasiswanya untuk menjadi anggota intelijen yang berkompeten baik akademik maupun keahlian profesionalnya. 

Masa pendidikan yang harus ditempuh selama berada di STIN yakni empat tahun dengan mempelajari mata kuliah umum dan ilmu keintelijenan. Mata kuliah umum mencakup ekonomi, sosial, politik, hukum dan sejarah dan diwajibkan untuk menguasai satu bahasa asing. 

Taruna STIN diberikan pilihan beberapa bahasa asing seperti Arab, Mandarin, Jepang dan Prancis. Bahasa Inggris tidak termasuk bahasa asing karena Taruna STIN sudah diwajibkan menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa pengantarnya. Perlu Kamu ketahui, sejak awal perkuliahan Taruna wajib memilih dan menguasai bahasa asing. 

Visi Sekolah Tinggi Intelijen Negara

STIN berkomitmen kuat untuk menjadi Perguruan Tinggi Intelijen bertaraf Internasional, tentu saja yang memiliki keunggulan dan kewibawaan agar bisa mewujudkan keamanan nasional. Oleh karena itu, Taruna dilatih kemampuan intelektualnya sekaligus dilatih fisiknya dengan baik.

Dua kemampuan di atas sangatlah penting, karena di Lapangan nanti Taruna pasti terlibat pada situasi-situasi yang mengharuskan menggunakan dua kemampuan tersebut. Terlebih lagi kemampuan fisiknya, setiap Taruna harus memiliki fisik yang kuat agar bisa menghadapi segala macam kondisi ketika bertugas di Lapangan nanti. 

Meski terbilang masih muda, kualitas pendidikan Sekolah Tinggi Intelijen Negara sudah bisa diperhitungkan secara akademik. STIN berada di Sumur Batu, Babakan Madang, Bogor Jawa Barat, lokasi yang mudah dijangkau oleh semua orang. 

Sebagai bentuk keseriusannya, Perguruan Tinggi itu sudah memetakan kurikulum pendidikan dengan baik dan rapi. Hal ini terlihat dari penyusunan sasaran, fungsi dan tujuan pendirian Sekolah Kedinasan STIN itu. 

Karena ingin menciptakan kualitas lulusan terbaik, STIN menetapkan sistem seleksi yang sangat ketat. Ada dua jalur seleksi yang bisa Kamu ikuti jika tertarik menimba ilmu intelijen di STIN yaitu jalur umum dan jalur talent scouting. 

Sebagai informasi, jalur umum terbuka untuk lulusan SMA, SMK dan MA dari seluruh Indonesia. Ada dua persyaratan yang harus diperhatikan ketika menggunakan jalur umum yaitu persyaratan umum dan persyaratan administrasi. 

Sedangkan jalur Talent Scouting sedikit berbeda karena dibuat secara khusus untuk menyeleksi calon taruna terbaik sesuai ketentuan dan penilaian STIN dan Badan Intelijen Negara. Bakat, prestasi, ketokohan dan kemampuan lain yang bisa mendukung tugas intelijen menjadi bahan pertimbangan penilaiannya. 

Keunggulan Sekolah Tinggi Intelijen Negara

Simak Ini Dia 5 Sekolah Kedinasan Paling Banyak Diminati Per 21 April 2022  - BIMBEL KEDINASAN Kursus, Seminar, Workshop, Training PTK

Ketika memilih STIN sebagai sekolah kedinasan, maka ada beberapa keunggulan yang bisa Kamu banggakan di antaranya:

Akreditasi Unggul

Dalam memilih perguruan tinggi, Akreditasi menjadi salah satu faktor yang harus dipertimbangkan juga. Semakin baik akreditasinya maka sistem pendidikan dan fasilitas yang dimiliki oleh sebuah perguruan tinggi semakin terjamin. 

Begitu pun dengan Sekolah Tinggi Intelijen Negara yang telah memiliki akreditasi unggul berdasarkan Surat Keputusan 1019/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2020. Setiap calon mahasiswa atau Taruna tidak perlu meragukan lagi akreditasi yang dimiliki oleh STIN. 

Banyak Jurusan dan Program Studi

Setiap calon Taruna atau mahasiswa STIN, berhak memilih jurusan yang tersedia. Mulai dari Strata 1, Pasca Sarjana (S2), Magister Terapan Intelijen Medik dan Program Doktoral (S3). 

Untuk Strata 1 tersedia empat jurusan, yaitu S1 Jurusan Agen Intelijen, S1 Jurusan Cyber Intelijen, S1 Jurusan Teknologi Intelijen dan S1 Jurusan Ekonomi Intelijen. 

Program Pasca Sarjana (S2) juga sama, ada empat jurusan yaitu Magister Terapan Intelijen Medik, Magister Terapan Intelijen Ekonomi, Magister Kajian Intelijen, Magister Terapan Teknologi dan Cyber. 

Kemudian Magister Terapan Intelijen Medik dibagi kembali menjadi jurusan Chemistry dan Nuclear Hazard juga Jurusan Biological Hazard. 

Terakhir, untuk Program Doktoral (S3) memiliki jurusan Analisis Strategi Intelijen.

Baca Juga: Penuhi Kebutuhan Pendidikan, Inilah Fintech Pinjaman Pendidikan Tanpa Jaminan dan Syarat

Biaya Kuliah Gratis

Sebagai sekolah kedinasan, seluruh biaya pendidikan Taruna Sekolah Tinggi Intelijen Negara ini sudah ditanggung Pemerintah. Kamu tak perlu lagi memikirkan biaya pendaftaran hingga biaya asrama dan yang lainnya. 

Fasilitas Lengkap

Menimba ilmu di STIN dijamin tidak akan menyesal karena memiliki fasilitas lengkap dalam menunjang keberhasilan belajar para Taruna. Berdiri di atas lahan seluas 10 hektar, di kawasan Sentul, Bogor Jawa Barat maka fasilitas yang ada bisa lebih maksimal. 

Renovasi gedung telah dilakukan beberapa kali mulai dari gedung rektorat, gedung auditorium, asrama taruna, gedung perkuliahan, laboratorium bahasa hingga tempat ibadah. 

Selain itu ada beberapa fasilitas tambahan lainnya seperti ruang kelas, e-Library Knowledge Center, Lab Bahasa, Lab Cyber, Lab Intelligence Device, Lab Tembak Bawah Tanah, Stadion Sepak Bola hingga Poliklinik.

Syarat Masuk Sekolah Tinggi Intelijen Negara

Minat Masuk Sekolah Tinggi Intelijen Negara? Cek Nih Pendaftarannya - Semua  Halaman - Hai

Apakah Kamu tertarik untuk menjadi Taruna Sekolah Tinggi Intelijen Negara? Mungkin Kamu harus mengetahui terlebih dahulu persyaratannya di bawah ini.

  • Merupakan WNI yang berkelakuan baik dan tidak pernah terlibat tindak pidana, bisa dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian. 
  • Pendidikan minimal SMA/SMK/MA, bukan lulusan paket C. Nilai rata-rata ijazah minimal 80.
  • Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama masa pendidikan berjalan. 
  • Bagi perempuan, belum pernah melahirkan. Sedangkan laki-laki belum pernah memiliki anak biologis. 
  • Tidak bertato atau tidak memiliki bekas tato, nantinya akan ada pemeriksaan ketat anggota tubuh. 
  • Tidak memiliki tindik atau bekas tindik pada bagian tubuh manapun yang tidak lazim pada perempuan. 
  • Sehat jasmani, rohani dan tidak pernah mengalami patah tulang akibat kecelakaan atau lainnya. 
  • Tidak buta warna, apabila berkacamata maksimal ukuran 1 baik plus ataupun minus. 
  • Untuk tinggi badan, perempuan minimal 160 cm dan laki-laki minimal 165 cm dengan berat badan seimbang sesuai ketentuan. 
  • Usia ketika pendaftaran menjadi Taruna STIN serendah-rendahnya 16 tahun dan tidak lebih dari 21 tahun, dibuktikan dengan Akta Kelahiran. 

Sekolah Tinggi Intelijen Negara patut dijadikan impian oleh semua orang, terutama bagi Kamu yang memiliki minat di bidang intelijen Negara. Setiap rangkaian seleksi STIN tidak dipungut biaya, kecuali biaya mengikuti SKD.

Baca Juga: 8 Tahapan untuk Mendaftar Sekolah Online

Artikel sekolah tinggi intelijen negara ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
20 Jun 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download