Penuhi Kebutuhan Pendidikan, Inilah Fintech Pinjaman Pendidikan Tanpa Jaminan dan Syarat

02 Mar 2021 by Andro
pinjaman pendidikan

Pinjaman Pendidikan, atau pinjaman siswa, adalah program pinjaman untuk siswa. Biaya pendidikan sendiri tidak terbatas pada uang sekolah yang harus Anda bayarkan setiap semesternya saja, tetapi juga sudah termasuk biaya sekolah /kuliah dan biaya hidup.

Tahukah Anda, program pinjaman pendidikan bukanlah hal baru di bidang pendidikan. Beberapa negara menerapkannya lebih dulu, seperti Amerika Serikat, Thailand, Kanada, Finlandia, bahkan negara tetangga kita Malaysia.

Tentunya semua lapisan masyarakat harus bisa mengenyam pendidikan tinggi. Faktanya, Finlandia, di mana pemerintah Finlandia telah membebaskan biaya pendidikannya, masih mengeluarkan pinjaman pendidikan – tetapi tujuan dari dana pinjaman pendidikan adalah untuk membayar biaya hidup siswa.

Penuhi kebutuhan siswa, Kredit Pintar melayani pinjaman uang online tanpa jaminan dan syarat langsung cair. Selengkapnya!!

Kebutuhan Pinjaman Pendidikan di Indonesia

Indonesia sendiri menghasilkan dana pinjaman pendidikan untuk alasan ekonomi dan pendidikan. Dengan meningkatnya kegiatan di bidang pendidikan, tentunya diharapkan dengan adanya pinjaman pendidikan ini akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi.

Di Indonesia, hanya 8% penduduk berusia di atas 16 tahun yang berhasil menyelesaikan pendidikan tinggi. Selain itu, proporsi penduduk usia 16 tahun ke atas yang tamat pendidikan tinggi 17 kali lipat proporsi penduduk yang sama dengan tingkat ekonomi terendah.

Nah, fakta (disayangkan) ini niscaya menjadi masalah yang sering dihadapi anak muda yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi: biaya yang terbatas.

Berbeda dengan pendidikan dasar dan menengah, sebagian besar biaya pendidikan menengah ditanggung pemerintah dalam program Bantuan Operasional (BOS), sedangkan biaya kuliah perguruan tinggi menjadi urusan masing-masing perguruan tinggi dan siswanya.

Oleh karena itu, dapat dilihat dari data di atas bahwa hanya masyarakat dengan tingkat ekonomi yang lebih tinggi yang dapat memperoleh pendidikan yang lebih tinggi, dan ini tidak mengherankan.

Saat ini, angka partisipasi (APK) pendidikan tinggi di Indonesia hanya 31,5% -yang rendah dibandingkan dengan 78% di negara-negara ASEAN lainnya (seperti Singapura) atau Malaysia (50-60%).

Penyedia Layanan Pinjaman Pendidikan Indonesia: Bank dan Non-Bank

Presiden secara khusus mengedepankan “tantangan” dalam agendanya untuk memberikan pinjaman pendidikan kepada bank, khususnya yang tergolong BUMN.

Namun selain perbankan, produk pinjaman dana pendidikan di Indonesia juga disediakan oleh entitas non perbankan seperti perusahaan yang bergerak di bisnis financial technology.

Pertama, kita akan membahas pinjaman pendidikan yang diberikan oleh bank. Berdasarkan laporan CNBC, fakta membuktikan bahwa bank-bank domestik telah membentuk program pinjaman universitas melalui kredit tanpa jaminan (KTA).

Beberapa bank yang menyediakan produk pinjaman dana pendidikan khusus adalah BRI, BNI, dan BTN, meski pengaturannya masih terbatas pada lembaga pendidikan yang bekerja sama dengannya. Tentunya suku bunga yang ditawarkan tiap kursus berbeda-beda.

Misalnya, BNI menetapkan tingkat bunga tahunan sekitar 11% untuk produk pinjaman pendidikan. Suku bunga tahunan BRI adalah 5% -6%. Sementara itu, BTN menawarkan bunga tetap 6,5% selama 5 tahun.

Pinjaman pendidikan bank memiliki batas atas atau atas dana pinjaman yang cukup besar, bahkan ada yang dapat memberikan pinjaman hingga Rp 200 juta. Jangka waktu pengembalian pinjaman relatif lama.

Dalam pinjaman untuk dana pendidikan biasanya dikeluarkan oleh bank diperuntukkan orang tua yang ingin menyekolahkan anaknya. Oleh karena itu, jika Anda sebagai pelajar yang ingin mengajukan pinjaman untuk biaya pendidikan harus didampingi oleh orang tua. Bukankah ini terlihat rumit?

Kredit Pintar Memberikan Pinjaman Uang Online Tanpa Jaminan dan Syarat Langsung Cair

Sama seperti layanan pinjaman di atas, Kredit Pintar merupakan perusahaan financial technology yang menyediakan layanan pinjaman uang online tanpa jaminan dan syarat langsung cair. Keunggulan Kredit Pintar yaitu bunga rendah, likuiditas tercepat dalam 1 jam dan paling lambat 24 jam.

Probabilitas persetujuan juga tinggi, 92%. Hanya saja batas pembayarannya sangat kecil. Anda hanya dapat meminjam Rp. 600.000 hingga 2,3 juta.

Seperti perusahaan pinjaman online lainnya, Kredit Pintar juga memberlakukan denda keterlambatan. Denda keterlambatannya lumayan kecil 0,8% per hari. Selain itu, Bunga rendah hanya 18,92% per bulan.

Keunggulan Kredit Pintar, Pinjaman Uang Online Tanpa Jaminan dan Syarat Langsung Cair

kredit pintar

1. Hanya 15 menit

Hampir semua perusahaan fintech menyebutkan bahwa mereka bisa menyediakan dana dengan proses yang cepat.

Nah, di Kredit Pintar waktu yang dibutuhkan untuk mengisi data dikatakan hanya 10 menit, dan dua kali verifikasi akan segera dilakukan untuk memastikan keamanan dan menghindari penipuan, namun kecepatannya sangat cepat, 1 × 24 jam.

2. Kemudahan Membayar

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan ATM, M-Banking, dan semua cabang Alfa Group untuk proses pelunasan dan kemudahan pembayaran cicilan, yang juga menjadi salah satu keunggulan dalam peminjaman. Pendanaan dari Kredit Pintar.

Kredit Pintar juga memberikan layanan pelanggan sebagai bentuk komitmen mereka untuk selalu memberikan layanan pelanggan yang berkualitas.

Dan untuk membantu menyelesaikan berbagai masalah yang muncul selama penggunaan aplikasi atau proses pengajuan.

3. Edukasi Pelanggan

Selain memberikan solusi keuangan bagi mereka yang sangat membutuhkan dana, Kredit Pintar juga membantu mengedukasi nasabahnya.

Oleh karena itu, Kredit Pintar tidak memperbaharui pinjaman dan tidak mengajukan pinjaman baru untuk membayar pinjaman lama, sehingga nasabah harus terus melunasi hutang tersebut.

Jika nasabah tidak bisa mencicil pinjaman tepat waktu, maka tim Kredit Pintar akan bekerja sama untuk mencari solusi tanpa perlu terus memperbaharui pinjaman agar tidak ada pihak yang dirugikan.

4. Tidak Memiliki Target

Kredit Pintar tidak menargetkan pada pembiayaan dalam pinjaman online.

Namun, perseroan berkeyakinan penyaluran pembiayaan dan pinjaman pendidikan diharapkan lebih baik dibanding tahun sebelumnya. Dan ini untuk memastikan layanan terbaik bagi pelanggan.

Selain itu, diharapkan pada tahun 2022 masyarakat lebih memahami dan memilih financial technology yang diawasi oleh OJK.

mobile-closeKredit PintarDownload