7 Asuransi Pendidikan Terbaik Bagi Masa Depan Anak

20 Feb 2022 by Laruan, Last edit: 09 Mar 2022

Sobat Pintar, jika Anda berencana memiliki anak atau bahkan sudah memiliki buah hati yang lucu nan menggemaskan, hendaknya sejak saat ini mulai mempersiapkan asuransi pendidikan terbaik. Hal ini penting agar Sobat Pintar sebagai orang tua dapat memberikan pendidikan yang berkualitas demi masa depan anak.

7 Asuransi Pendidikan Terbaik Bagi Masa Depan Anak

Perkembangan zaman yang semakin pesat, terlebih di era digital seperti saat ini, membuat siapa saja perlu membekali diri dengan kemampuan yang mumpuni. Tidak hanya soft skill saja, hard skill pun tidak boleh dilewatkan begitu saja. Bahkan kini sudah menjadi salah satu aspek yang meningkatkan daya saing.

Oleh karena itu, tidaklah mengherankan jika industri pendidikan juga ikut tumbuh pesat seiring dengan kebutuhan zaman. Total biaya yang dibutuhkan mulai dari tingkat dasar hingga pendidikan tinggi pun semakin meningkat setiap tahunnya. Dengan demikian, mempersiapkan asuransi pendidikan adalah pilihan tepat bagi Sobat Pintar.

Baca juga: Pengertian Asuransi dan Tips Memilih Asuransi Yang Tepat

Manfaat Asuransi Pendidikan

Ada berbagai manfaat yang akan diperoleh jika Sobat Pintar mempersiapkan asuransi pendidikan terbaik bagi anak. Manfaat utamanya tentu saja menyediakan kebutuhan finansial akan kebutuhan pendidikan anak. Di samping itu, Sobat Pintar juga menyediakan proteksi biaya pendidikan jika suatu waktu ada kejadian yang tidak diinginkan (kecelakaan/meninggal) dan membuat Anda tidak mampu membiayai kebutuhan anak.

Manfaat lain yang diperoleh tentunya adalah persiapan untuk menghadapi laju inflasi. Sebagaimana yang sudah diketahui secara umum, nilai uang selalu mengalami penurunan setiap tahunnya. Oleh karena itu, keberadaan asuransi dapat menutup biaya pendidikan yang selalu meningkat setiap tahunnya sesuai nilai uang yang sedang berlaku.

Jenis Asuransi Pendidikan

Sebelum menghadirkan asuransi pendidikan terbaik bagi anak, alangkah baiknya jika Sobat Pintar memahami jenis-jenisnya terlebih dahulu. Simak penjelasan singkatnya berikut ini.

1. Dwiguna / Endowment

Sesuai namanya, jenis asuransi yang satu ini memiliki 2 manfaat bagi Sobat Pintar. Selain memberikan perlindungan jiwa, jenis asuransi ini juga menyediakan pengembalian uang pasti bagi Sobat Pintar.

Jika orangtua wafat atau cacat seumur hidup, maka pihak asuransi akan menanggung biaya pendidikan. Namun jika tidak ada klaim yang diajukan, maka uang premi akan dikembalikan kepada tertanggung. 

2. Unit Link

Seperti halnya jenis sebelumnya, asuransi ini juga memberikan 2 manfaat. Selain investasi bagi pendidikan anak, asuransi ini juga memberikan manfaat perlindungan jiwa. Sudahkah Sobat Pintar mengetahuinya?

Jika orangtua meninggal atau cacat seumur hidup dan masih dalam masa pertanggungan, anak akan memperoleh pengembalian uang premi. Di sisi lain, jika masa pertanggungan sudah habis, tertanggung tetap dapat memperoleh kembali uang premi sesuai hasil investasi. 

Jenis yang satu ini memang terbilang cukup berisiko. Premi yang dibayarkan oleh Sobat Pintar nantinya akan diputarkan pada instrumen investasi. Sedangkan dalam investasi, ada kalanya portofolio mendapat hasil yang bagus dan di waktu lain bisa saja jatuh.

3. Syariah

Manfaat yang diperoleh melalui asuransi ini pada dasarnya sama dengan kedua jenis sebelumnya. Yang membedakan hanyalah sistem kerja dan dasar operasionalnya. Asuransi pendidikan syariah dikelola sesuai syariat Islam, yakni mengedepankan prinsip bagi hasil dan gotong royong dengan nasabah.

Baca juga: Tips Memilih Asuransi Online dan Cara Mendaftar

Pilihan Asuransi Pendidikan Terbaik

Menjatuhkan pilihan pada asuransi pendidikan terbaik bagi masa depan anak memang bukan perkara yang mudah. Sobat Pintar hendaknya jeli dan cermat dalam menimbang serta membandingkan berbagai produk yang tersedia. Oleh karena itu, simaklah uraian singkatnya berikut ini.

1. BCA Life

7 Asuransi Pendidikan Terbaik Bagi Masa Depan Anak

Bank swasta terkemuka di Indonesia ini menghadirkan Proteksi Edukasi Maksima. Adapun jenis produk ini adalah asuransi dwiguna. Sobat Pintar dapat membayarkan premi dalam jangka waktu 3-15 tahun dengan biaya mencapai 60 jutaan setiap tahunnya. 

2. Mandiri

7 Asuransi Pendidikan Terbaik Bagi Masa Depan Anak

Bank berplat merah ini menghadirkan produk yang bernama Asuransi Mandiri Perlindungan Sejahtera. Produk ini termasuk dalam jenis asuransi dwiguna. Selain perlindungan biaya pendidikan dan risiko cacat/meninggal, produk ini juga menawarkan loyalty bonus. Adapun minimum premi per tahunnya adalah 3.6 jutaan saja. 

3. Prudential

7 Asuransi Pendidikan Terbaik Bagi Masa Depan Anak

Sebagai salah satu penyedia jasa asuransi terkemuka, Prudential menghadirkan produk PRULink Edu Protection. Sesuai namanya, produk ini termasuk jenis asuransi unit link. Melalui produk ini, Sobat Pintar dapat memberi proteksi bagi keluarga dalam satu polis. Premi per bulannya mulai 500 ribu rupiah saja dengan nilai keuntungan hingga 30 juta rupiah per polis. 

4. Astra Life

Sebagai salah satu raksasa dalam dunia bisnis di Indonesia, Astra juga menghadirkan jasa asuransi bagi masyarakat. Dengan produk yang bernama Astra Life, Sobat Pintar dapat memperoleh perlindungan lengkap. Anda dapat membuka laman resminya dan pilih berbagai produk yang ditawarkan dan tepat bagi proteksi pendidikan Anak.

5. Manulife

Melalui Manulife Education Protector, Sobat Pintar tidak perlu merasa was-was dengan biaya pendidikan anak. Dengan sistem unit link, selain proteksi pendidikan, maka anak juga akan memperoleh manfaat atas nilai investasi yang dapat dirasakan di masa depan. Adapun premi yang dibayarkan setiap bulannya berkisar mulai 1 jutaan saja.

6. Sequis

Sequis pun juga turut serta dalam kancah penyediaan jasa asuransi pendidikan. Melalui produk yang ditawarkan, Sequis memberikan proteksi bagi 2 hal sekaligus, yakni pendidikan dan jiwa.

Sobat Pintar juga dapat memperoleh keuntungan hingga 200% jika pembayaran premi dapat diselesaikan dalam jangka waktu 10 hingga 16 tahun. Adapun biaya pertanggungan minimumnya adalah 20 juta rupiah.

7. BNI

Bank BUMN yang satu ini juga tidak ingin ketinggalan dalam menyediakan produk asuransi pendidikan. Melalui Solusi Pintar, benefit dapat dirasakan mulai dari jenjang pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi. Masa pertanggungan berkisar antara 9 hingga 17 tahun dengan biaya premi sebesar 5 juta rupiah setiap tahunnya.

Tips Memilih Asuransi Pendidikan bagi Anak

Ada berbagai pertimbangan yang perlu dipahami oleh Sobat Pintar sebelum menjatuhkan pilihan. Jika tidak cermat, bukannya proteksi namun masalah yang akan diperoleh dan hanya menambah keruwetan hidup. Tentunya Sobat Pintar tidak ingin seperti itu bukan?

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat diikuti oleh Sobat Pintar:

  1. Tidak tergiur dengan manfaat investasi
  2. Menentukan target dana pendidikan dan sesuaikan preminya
  3. Meninjau rekam jejak penyedia jasa asuransi
  4. Pastikan bahwa uang premi dan uang pertanggungan seimbang
  5. Memperhatikan periode atau jangka waktu asuransi

Baca juga: 9 Jenis-Jenis Asuransi di Indonesia yang Berlaku

Memilih asuransi pendidikan terbaik bagi anak memang bukan perkara mudah. Berdasarkan tulisan ini, tentukanlah pilihan dengan cermat dengan menimbang serta membandingkan berbagai aspek yang ada. Jangan menunda terlalu lama, semakin dini persiapannya, akan semakin baik pula bagi masa depan anak Anda.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
09 Mar 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download